Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Kasih Self Reward di Masa Depan? Coba Investasi Dulu!

Self reward masih dianggap pemborosan bagi sebagian orang, karena dinilai bukan hal yang terlalu penting. Padahal self reward adalah kebutuhan setiap orang untuk memberikan apresiasi terhadap diri sendiri. Kamu ingin mewujudkan self reward suatu hari nanti? Mulailah dengan menabung untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan. Bank digital bisa jadi pilihan untuk menyiapkan dana self reward-mu.

sumber: Canva

Kenapa Self Reward Itu Penting?

Tidak akan ada yang lebih baik dalam menghargai diri, selain diri sendiri. Memberikan self reward adalah salah satu bentuk penghargaan bagi diri sendiri. Kegiatan ini sangat penting dilakukan demi kesehatan mental seseorang. Apa manfaat self reward? Mengapa begitu penting untuk memberi self reward? Ini alasannya:

1. Mampu Memberikan Rasa Bahagia

Membayangkan bisa pergi jalan-jalan ke negara impian atau tempat wisata idaman, makan-makan enak, membeli handphone seri terbaru, pasti sangat menyenangkan. Rasa bahagia pasti akan muncul pada saat kamu menerima self reward.

Ketika kamu mampu memberikan hadiah terhadap diri sendiri maka otak akan melepaskan zat yang bernama dopamin, zat inilah yang mampu meningkatkan rasa bahagia dan feeling better.

2. Meningkatkan Harga Diri

Selain mampu membuat bahagia, self reward juga mampu meningkatkan harga diri seseorang. Self reward akan memvalidasi jika kamu layak untuk mendapatkan semua hadiah ini. Oleh karena itu kepercayaan dirimu akan meningkat dengan sendirinya. Self reward sebagai bukti jika semua yang sudah kamu lakukan, layak diapresiasi dan mendapatkan hadiah.

3. Memberikan Energi Positif

Orang yang mendapatkan hadiah pasti akan bahagia dan termotivasi untuk menjadi lebih baik. Hal ini karena kecenderungan manusia akan mengulang hal yang menyenangkan untuk dilakukan kembali. Kamu pasti akan termotivasi untuk bekerja lebih baik setelah mendapatkan self reward, karena kamu termotivasi untuk self reward yang lebih lagi di kemudian hari.

4. Menghilangkan Rasa Lelah dan Stres yang Menumpuk

Self reward sebenarnya adalah berbuat baik kepada diri sendiri setelah membiarkannya bekerja keras. Pada studi Psychological Sciences pada buku Scientific America menyebutkan bahwa berbuat baik pada diri sendiri akan meningkatkan ketahanan mental. Rasa bahagia akan muncul dan mampu menghilangkan rasa lelah karena stres yang menumpuk.

sumber: https://www.freepik.com/free-ai-image/two-young-adults-sitting-indoors-holding-smart-phones-surfing-net-generated-by-ai_47595839.htm#fromView=search&term=bank+digital&page=1&position=20&track=ais_ai_generated

Tips Persiapkan Dana untuk Self Reward

Untuk memberi self reward memang dibutuhkan dana yang benar-benar tidak digunakan, agar tidak mengganggu cash flow bulanan. Jangan sampai mengambil uang tabungan yang akan digunakan di masa yang akan datang hanya untuk membeli self reward, karena ini gak worth it. Kalau kamu memang ingin self reward, maka persiapkan sendiri dananya dengan mengikuti tips di bawah ini:

1. Tentukan Reward yang Akan Dibeli

Untuk memfokuskan tujuanmu, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa self reward yang kamu idamkan. Buatlah daftar hadiah istimewa yang kamu ingin beli sebagai self reward. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak bertindak impulsif dalam memenuhi self reward nantinya.

Kamu bisa memasukkan benda-benda berkaitan dengan hobi atau kesukaan ke dalam list. Bahkan keinginan traveling dan kulineran bisa kamu masukkan jika kamu ingin. Tapi ingat, semua dibatasi dengan kemampuan finansial, semakin banyak self reward yang kamu inginkan, maka semakin kecil alokasi dana untuk investasi atau menabung.

2. Persiapkan Dana dengan Cara Berinvestasi

Dilansir dari situs finance.detik bahwa, kamu bisa mengalokasikan 15-20 % penghasilan untuk self reward. Tentu saja presentasi ini bukanlah hal yang paten dan harus dijalankan, tapi hanyalah kisaran yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Dari alokasi tersebut, kamu bisa mulai melakukan investasi untuk menyiapkan dana.

Saat ini banyak online banking digital yang menyediakan sarana untuk melakukan investasi. Online banking adalah pilihan yang paling tepat untuk berinvestasi menyiapkan dana self reward, karena lebih mudah dan praktis. Ada Reksa dana, deposito, valas atau obligasi yang bisa kamu jadikan pilihan berinvestasi.

3. Membuat Tabungan Tersendiri untuk Self Reward

Keinginan memberikan self reward yang spesial pada diri sendiri kadang membutuhkan biaya yang cukup besar. Misalnya saja membeli tas branded, sepatu branded atau bahkan wisata keliling dunia. Jika memang demikian, maka kamu harus menabung terlebih dahulu untuk mewujudkannya.

Buatlah akun bank tersendiri untuk menabung biaya self reward. Menggunakan online banking akan lebih mudah untuk melakukan hal ini, karena online banking adalah layanan yang bisa digunakan kapan pun. Kamu bisa membuka akun bank di mana saja dan kapan saja. Jadi semuanya lebih praktis dalam menyiapkan tabungan self reward-mu.

4. Jangan Ganggu Budget Bulanan

Memberi self reward akan terasa lebih menyenangkan jika kamu tidak mengganggu budget untuk kebutuhan rutin bulanan, tabungan atau bahkan dana darurat. Niatmu untuk memanjakan diri, tidak boleh sampai mengganggu pemenuhan kebutuhan pokok dan rencana keuangan masa depanmu. Oleh sebab itu menyiapkan budget tersendiri seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, memang perlu dilakukan.

Menabung di Bank Digital Terpercaya untuk Membeli Self Reward

Menikmati self reward sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan jangan berlebihan sampai mengganggu finansial. Persiapkan dengan matang jika ingin memberi self reward misalnya dengan menyiapkan tabungan investasi tersendiri menggunakan produk bank digital dari digibank by DBS.

Kenapa harus di digibank by DBS? Karena banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:
  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik bikin hidup kamu lebih all-out karena tersedia limit kredit ekstra, bayar fleksibel yang bisa dimanfaatkan untuk self reward
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencana untuk masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah, menabung bunga tinggi di 20 dompet
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet karena transaksi harianmu dalam satu aplikasi
Nikmati hasil tabunganmu kelak untuk membeli self reward impianmu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan self reward tanpa mengganggu kondisi finansial. Ingin menabung atau mulai investasi? Cek infonya hanya di sini.💙


Salam

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

13 komentar untuk "Mau Kasih Self Reward di Masa Depan? Coba Investasi Dulu!"

  1. Memberikan self reward menurut saya juga sesuatu yang penting, karena diri kita juga perlu mendapatkan apresiasi yang layak atas perjuangan kita selama ini. Dan memiliki investasi pun adalah bentuk self reward yang sangat bagus karena bisa sekalian untuk persiapan masa depan ya.

    BalasHapus
  2. duh jadi terinspirasi gegara baca ini Mba Dian, saya tuh cuman mikirin self rewards saat ini, padahal bisa juga buat di masa depan ya, dengan cara berinvestasi :)
    Padahal dengan adanya target self rewards, kita bisa lebih semangat investasinya.
    Apalagi dengan adanya kemudahan dari produk bank digital yaitu digibank by DBS :)

    BalasHapus
  3. Bener banget Mbak Dian. Jangan sampe karena mengejar keinginan untuk self-reward eh ujung-ujungnya malah jadi bermasalah dengan finansial. Memiliki dana khusus yang disisihkan solutif banget menurutku. Anggap aja menabung untuk hore-hore ya hahaha.

    Jadi ingat ada semboyan yang dulu sering saya dengar pas masih kerja kantoran. "Work hard play hard." Bekerjalah sekuat mungkin supaya bisa membalasnya dengan menghibur diri sendiri. Tapi tetap ya intinya membiasakan diri untuk nabung dan mengatur keuangan dengan sebaik mungkin.

    BalasHapus
  4. Self-reward mah untuk saya penting banget. Bahkan udah ada jadwalnya sendiri tetapi serasa diingatkan untuk harus tetap jaga kesehatan finansial. Mantap ini ada bank digital dari DBS Digibank. Semangat untuk kita semua!

    BalasHapus
  5. ahhh ini setujuuuu bgt akuu mbaa🥰💯
    jadinya bs kasih reward ke diri sendiri dgn sesuatu yg cethaarrr ulalaaa

    BalasHapus
  6. Inspiratif sekali, ka Dian.
    Aku selalu kepikiran kalau mau kasih self reward. Ada rasa kaya yang "Masa segini aja uda minta self reward?" Gituu teruss..
    Tapi ya dilakukan juga sii... hehhee..

    Jadi kudu ada tolak ukur pencapaian yang jelas dan memberikan self reward sesuai dengan cara memisahkan tabungan sehingga ga ganggu tabungan untuk pos kebutuhan sehari-hari.

    BalasHapus
  7. Selamat ini belum pernah terpikirkan buat ngasih self rewards untuk diri sendiri... Gegara baca ini jadi mulai terpikirkan.. makasih kak.. artikelnya keren

    BalasHapus
  8. Hihi kalau aku malah suka keseringan self reward sampai lupa nabung, tapi sekarang mulai tertib ngatur keuangan.

    BalasHapus
  9. Bentuk self reward itu sangat beragam karena setiap orang memiliki  kesenangan  berbeda. Iyaps bentul tidak ada salahnya mengapresiasi diri sendiri asal tetap harus dikelola dengan bijak terutama soal keuangan. Dengan berinvestasi bisa jadi langkah memanage keuangan juga apalagi kini jg lebih mudah dengan digibank DBS

    BalasHapus
  10. Setuju mbak Dian, self reward ini memang perlu dilakukan sebagai penyemangat diri dan tanda syukur juga ya.
    Jadi gak hanya kerja melulu yang dipikirkan tapi lupa bagaimana membahagiakan diri sendiri

    BalasHapus
  11. self reward emang penting agar semangat meraih impian masa depan ya?
    jangan sampai hidup hemat terus ngerasa nelongso, duh kok gini gini amat
    Dengan self reward, perasaan nelongso ganti menjadi semangat!

    BalasHapus
  12. poin tidak boleh otak-atik budget bulanan ini kudu di rem banget ya mbak. Konsisten dan disiplin biar self reward untuk diri bisa tercapai. Noted

    BalasHapus
  13. aku dari dulu pengen banget buka dBS ini tapi harus di Jakarta, karena di daerah gak ada cabangnya. Nanti pas aku ke Jakarta aku mau coba bikin tabungan DBS.

    BalasHapus