Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Renovasi Ruang Tamu Jadi Cozy dan Lebih Luas

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan di rumah yang memiliki peran penting dalam kenyamanan hunian. Selain sebagai tempat untuk bersantai dan kumpul keluarga, ruangan ini juga digunakan untuk menyambut tamu yang datang. Oleh karena itu penataan dan dekorasi ruang tamu harus dilakukan sebaik mungkin.

Bagi Anda yang bosan atau kurang puas dengan desain ruang tamu saat ini, maka bisa melakukan renovasi ruang tamu. Mungkin Anda sudah lama tidak mengubah atau menata ulang ruang tamu, atau membeli rumah bekas dan ruang tamunya tidak sesuai harapan Anda serta keluarga.

https://www.freepik.com/free-photo/3d-rendering-loft-luxury-living-room-with-bookshelf-near-bookshelf_36105151.htm#page=2&query=ruang%20tamu&position=30&from_view=search&track=ais



Renovasi ruang tamu bisa dilakukan dengan menambah luas ruangan, mengubah desain, dan memperbarui perabotan. Namun terkadang keinginan untuk renovasi ruang tamu harus tertunda lantaran terkendala biaya. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, mengajukan pinjaman KTA dari perbankan bisa jadi solusinya. Dengan pinjaman KTA, Anda akan mendapat tambahan modal untuk renovasi ruang tamu.

Namun renovasi ruang tamu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena berpengaruh pada kenyamanan dan tampilan hunian. Anda perlu tahu tips renovasi ruang tamu yang cozy dan tampak lebih luas.

Tips Renovasi Ruang Tamu


Mungkin saat ini Anda sudah punya gambaran ruang tamu yang diinginkan, baik dari desain maupun interiornya. Namun Anda bingung ingin memulainya dari mana atau langkah-langkahnya bagaimana. Sebab ada berbagai elemen dalam ruang tamu yang perlu dipertimbangkan saat ingin merenovasi.

Berikut ini beberapa tips renovasi ruang tamu supaya ruangan menjadi nyaman, estetik, dan terlihat lebih luas.

1. Mempertimbangkan Fungsi Ruang

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat akan merenovasi ruang tamu adalah mempertimbangkan fungsi ruang. Apakah Anda ingin menyediakan ruang tamu untuk tujuan utama menyambut sanak-saudara dan teman-teman yang berkunjung? Apakah Anda gemar membaca dan menginginkan ruang yang nyaman tenggelam dalam bacaan? Apakah Anda suka menghabiskan banyak waktu menonton film bersama keluarga atau bermain video?

Jadi tentukan terlebih dahulu ruang tamu Anda akan difungsikan untuk apa. Sebab fungsi ruang tamu akan menjadi pertimbangan saat merancang dekorasi hingga memiliki furniture pengisi ruangan.

2. Merancang Tata Letak Ruang Tamu

Setelah menentukan fungsi ruang tamu, selanjutnya Anda perlu merancang desain atau tata letak ruang tamu. Pastikan luas ruang tamu Anda berbagai perabotan yang ada tidak mengganggu kenyamanan aktivitas keluarga di rumah. Selain itu, saat menyusun tata letak isi ruang tamu pertimbangkan juga keleluasaan akses di ruangan tersebut dan ketika dipakai oleh beberapa orang.

Jika Anda melakukan renovasi tanpa memperbarui atau menambah perabotan, Anda tetap harus mengubah susunan furniture. Anda bisa menggeser posisi perabotan atau bahkan memindahkannya ke ruangan lain dalam rumah Anda apabila tidak diperlukan. Pastikan Anda puas dengan penempatan perabotan atau barang-barang yang mudah diakses.

3. Memilih Material Lantai

Lantai menjadi elemen yang penting dalam menunjang kenyamanan ruang tamu. Oleh karena itu pastikan Anda memilih material lantai yang berkualitas bagus. Namun pastikan juga sesuai dengan anggaran atau budget Anda. Apabila lantai ruang tamu Anda masih bagus, Anda hanya perlu membersihkan atau memoles ulang agar kembali bersih dan mengkilap.

Namun apabila kondisi lantai ruang tamu Anda sudah buruk, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Pergantian lantai akan memberikan perubahan yang signifikan pada tampilan dan nuansa ruangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan karpet sebagai alas pelapis di ruang tamu. Anda dapat memilih karpet dengan warna, ukuran, dan gaya yang sesuai dengan selera keluarga Anda. Jangan lupa pilih karpet yang sesuai dengan gaya dan warna dekorasi di ruang tamu.
 
4. Menentukan Warna Ruangan

Pengecatan ulang penting dilakukan saat Anda merenovasi ruang tamu. Dengan mengganti warna seluruh dinding maka akan memberi tampilan baru pada ruang tamu Anda. Jadi Anda dan keluarga bisa merasa lebih fresh dan tidak bosan berada di ruang tamu. Ada banyak warna cat yang bisa Anda pilih untuk dinding ruang tamu.

Pastikan Anda memilih warna cat yang sesuai keinginan keluarga dan mengikuti konsep dekorasi ruangan. Anda bisa mengecat pada seluruh dinding maupun hanya sebagian ruangan. Selain memakai cat, Anda juga bisa memasang wallpaper menarik dan estetik untuk memperindah ruang tamu. Anda juga bisa memadukan warna cat dengan salah satu motif di wallpaper untuk menciptakan kombinasi yang harmonis.

5. Mengatur Pencahayaan

Ruang tamu memiliki banyak fungsi, mulai dari tempat berkumpul dengan keluarga atau teman-teman hingga ruang untuk membaca dan menonton TV. Oleh karena itu, pencahayaan di ruang tamu harus dipikirkan secara matang demi kenyamanan. Anda dapat memanfaatkan tiga jenis pencahayaan, yaitu ambient, task dan aksen.

Pencahayaan ambient akan menjadi sumber utama dan dapat dihadirkan dari lampu gantung atau lampu langit-langit. Pencahayaan task digunakan untuk keperluan tertentu seperti membaca, menonton TV dan lainnya yang dapat menggunakan lampu lantai sekitar area duduk Anda. Sedangkan pencahayaan aksen termasuk lampu dinding dan lampu meja yang menambahkan sentuhan dekoratif pada ruangan.

6. Memperbaiki atau Memperbarui Furniture

Memperbaiki perabotan yang sudah ada bisa lebih ekonomis daripada membeli yang baru. Namun dengan catatan furniture tersebut masih berfungsi dengan baik dan layak baik dari segi bahan dan warnanya. Apabila furniture Anda sudah rusak, maka sebaiknya ganti dengan perabotan-perabotan yang baru.

Saat membeli perabotan baru, pastikan sesuai dengan kebutuhan untuk fungsi ruang tamu Anda. Selain itu, pertimbangkan juga material, desain dan warna perabot untuk menyesuaikan dengan konsep ruang tamu Anda.


https://www.freepik.com/premium-photo/comfortable-living-room-with-old-fashioned-furniture_8620393.htm#page=5&query=ruang%20tamu&position=35&from_view=search&track=ais)



Ide Dekorasi Ruang Tamu


Dekorasi adalah bagian penting yang akan menciptakan tampilan estetik ruang tamu Anda. Dengan ruang tamu yang estetik maka keluarga Anda maupun tamu yang datang pun merasa nyaman berada di rumah Anda.

Apabila Anda masih bingung memikirkan ingin membuat desain seperti apa, berikut ini beberapa ide dekorasi ruang tamu yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Memadukan Warna Terang dan Gelap

Menggunakan warna cat yang sepenuhnya putih dalam ruang tamu tidak selalu menghasilkan kesan yang menenangkan. Terkadang, hal ini justru dapat memberikan kesan membosankan. Di sisi lain, jika warna gelap mendominasi secara berlebihan bisa menimbulkan rasa terlalu sumpek.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menciptakan tampilan yang dinamis dengan menggabungkan warna gelap dan terang. Kombinasi hitam dan putih dapat membantu menciptakan keseimbangan dalam desain ruangan.

2. Ruang Tamu Berwarna Netral

Anda juga bisa memilih dekorasi ruang tamu dengan warna netral, seperti krem dan abu-abu untuk menciptakan kesan elegan dan tenang. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan dinding putih, dekorasi berbahan kuningan atau perak, sofa abu-abu dan sebagainya.

3. Memainkan Tekstur dan Motif

Banyak orang tidak berani memberikan tekstur saat menghias ruang tamu karena khawatir akan membuat ruangan terasa terlalu ramai dan sumpek. Padahal tekstur bisa memberikan kenyamanan pada ruang tamu. Misalnya menggunakan perabotan berbahan kayu, logam, kaca dan tanaman hias.

Selain itu, Anda bisa menggunakan wallpaper motif untuk tampilan dinding agar lebih atraktif dan tidak membosankan. Anda juga bisa memasang cermin berbingkai kayu yang dapat mempercantik tampilan ruang tamu.

4. Memadukan Ragam Warna Interior

Dekorasi ruang tamu lainnya yang bisa Anda terapkan adalah memadukan ragam warna interior. Tidak ada salahnya Anda memainkan sedikit warna untuk memberikan suasana yang lebih santai dan hidup dari kombinasi dinding dan berbagai perabotan yang ada.

Ada banyak warna populer yang bisa Anda pilih seperti biru, hijau, kuning, oranye dan merah muda. Warna-warna kontras tersebut dapat dipadukan dengan elemen-elemen dari kulit dan kayu, serta mudah disesuaikan dengan warna netral lainnya.

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Renovasi Ruang Tamu


Setelah membaca tips di atas pastinya Anda sudah punya gambaran untuk renovasi ruang tamu. Membuat ruang tamu yang cozy nan estetik memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun tidak perlu khawatir akan besaran dana yang diperlukan, sebab Anda bisa mengajukan pinjaman KTA untuk mendapat tambahan modal renovasi ruang tamu.

Salah satu pinjaman KTA cepat cair yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan untuk membuat ruang tamu nyaman, indah dan tampak lebih luas sesuai keinginan Anda dan keluarga.

Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai PermataKTA, Anda bisa cek di sini.



Salam

Dian Restu Agustina



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

12 komentar untuk "Tips Renovasi Ruang Tamu Jadi Cozy dan Lebih Luas"

  1. Aku termasuk yang suka ngutak ngatik dekorasi ruangan. Seneng aja nata rumah. Sekarang ada plan buat renovasi ruang tamu pake wallpanel

    BalasHapus
  2. Kalau mau yang lebih praktis dan auto terlihat luas, pakai cermin Mba :D
    Auto keliatan luas tuh, cuman emang kudu dipadupadankan dengan warna dindingnya yang pas, biar nggak keliatan kek rumah kaca semata hahaha.
    Enak ya sekarang, dananya bisa pinjam di KTA dulu

    BalasHapus
  3. akutu seriiingg lihat video before vs after rangorang yg renov rumah atau ruangan.
    keknya gemessss gitu, pingin coba jugaaa. karena jd makin enjoyyy d rumah kan ya

    BalasHapus
  4. Segera ke ruang tamu dan ubah jadi lebih cozy.. tapi sayang masih kontraktor mbak

    BalasHapus
  5. Ribet juga ya kalau mau renovasi. Ibaratnya kalau orang lagi gambar, udah bagus, lalu nggak puas. Jadilah hapus satu-satu lagi gambarnya. Namun, kalau untuk kepuasan batin, it's okay biar lebih nyaman juga di rumah

    BalasHapus
  6. Cakep banget, ka Dian..
    Ide merombak ruang tamu ini seru yaa.. berani bermain warna, mencoba interior baru dan eksperimen cat warna ruangan agar ruang tamu bisa maksimal berikut untuk pemanfaatannya di saat ada tamu ataupun untuk ruang keluarga yang hangat.

    BalasHapus
  7. Wah pas banget baca ide dekorasi rumah untuk bakal calon ruang tamu saya nantinya. Padu padan warna cat, furniture, sebaiknya yang tepat biar ruang tamu makin nyaman, tidak terlihat sumpek atau gelap. Biasanya renovasi pun butuh biaya tak sedikit, harus merencanakan anggarannya, apalagi kalau mau ajukan KTA

    BalasHapus
  8. Ruang tamu yang cozy emang nyaman banget ya mbak
    Nggak hanya soal pemilihan furniture saja ya tapi juga tentang pencahayaan ya

    BalasHapus
  9. Wah sekarang mau renovasi dan otak atik rumah bisa pinjam di KTA ya, jadi impian membuat rumah atau ruangan impian bisa segera diwujudkan

    BalasHapus
  10. Renovasi ruang tamu saja bisa menghabiakan waktu dan biaya yang cukup besar juga ya. Tapi ganti ganti posisi furniture bisa membuat suasana baru juga

    BalasHapus
  11. Apa pun kalau ada budget memadai pasti bisa lakukan apa saja
    Apalagi kalau sekadar renovasi beberapa bagian dalam rumah
    Semoga next bisa atur budget

    BalasHapus
  12. Wah kebetulan aku juga suka warna krem, Mbak. Ingin rasanya punya ruang tamu bernuansa krem tetapi sementara masih dalam mimpi. Soalnya masih nomaden.

    BalasHapus