Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Mudah dan Cepat

Gaiss, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan ketika akan mengajukan pinjaman. Salah satu hal tersebut adalah cara menghitung bunga pinjaman. Informasi mengenai hal ini sangatlah penting karena dengan mengetahui bunga dari pinjaman yang diajukan maka akan memudahkan kamu dan mempersiapkan pembayaran tersebut.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui informasi perihal detail pinjaman, seperti tenor, denda perhitungan bunga pinjaman dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara untuk menghitung bunga pinjaman yang mudah dan cepat? 

Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Mudah dan Cepat

3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Mudah dan Cepat

Well, dalam menghitung bunga pinjaman, ada tiga sistem perhitungan yang bisa dilakukan, antara lain:
 
1. Bunga Flat

Bunga flat adalah bunga yang memiliki sistem perhitungan yang mengacu pada besaran pokok awal pinjaman. Bunga flat relatif memiliki sistem perhitungan yang lebih mudah dibandingkan dengan jenis bunga lainnya. Alasannya karena besaran nilai bunga dan pokok dalam cicilan bulan tetap dan tidak akan berubah.

Jenis perhitungan bunga pinjaman biasanya digunakan untuk Kredit Tanpa Agunan (KTA), kredit konsumtif, kredit mobil, kredit HP dan sebagainya, Bunga flat ini juga memiliki perhitungan dan rumus seperti berikut ini:

Bunga per Bulan = (Pokok Pinjaman x Suku Bunga x Total Jangka Waktu Kredit) /Jumlah Bulan dalam Jangka Waktu Kredit

2. Bunga Efektif

Jenis bunga ini biasanya digunakan untuk menghitung bunga pinjaman koperasi atau bank lainnya. Cara menghitung bunga efektif ini dilakukan dengan cara menghitung nilai sisa pinjaman pokok atau jumlah utang yang belum dibayarkan setiap bulannya. Berikut rumus penghitungannya yang bisa digunakan:

Bunga Efektif = Sisa Pokok Pinjaman Bulan Sebelumnya x Suku Bunga per Tahun x (30 hari/360 hari)

3. Bunga Anuitas

Bunga anuitas ini kurang lebih memiliki kesamaan dengan bunga efektif namun cara untuk menghitung bunga pinjamannya tetap dikalkulasikan dari saldo pokok pinjaman. Dalam perhitungan bunga ini, besaran cicilan pokok akan meningkat. sementara besaran bunganya akan menurun.

Tujuannya yaitu untuk memudahkan nasabah dalam melunasi kewajiban dalam pembayaran utangnya dan tidak lagi merasa kebingungan dengan jumlah yang terus berubah-ubah. Berikut rumus untuk menghitungnya:

Bunga = Sisa Pokok Pinjaman Bulan Sebelumnya x Suku Bunga Tahunan x (30 hari/360 hari)

Produk Credit Decisioning Solution Ascore

Amartha merupakan microfinance marketplace yang sudah sangat berpengalaman selama 12 tahun lewat layanan keuangan inklusif bagi segmen ultra micro. Microfinance ini baru saja meluncurkan layanan terbarunya yaitu Ascore.ai.

Melalui layanan credit decisioning solution ini, Amartha memanfaatkan machine learning yang menyediakan pengukuran profil risiko secara akurat dan juga holistik sehingga bisa membuka peluang bagi berbagai sektor usaha untuk menjangkau pasar yang lebih masif.

Ascore.ai sendiri dibangun dengan lebih dari 1 juta database mitra pengusaha ultra mikro Amartha serta sudah mengalami perkembangan selama tujuh tahun terakhir ini. Teknologi inilah yang digunakan Amartha untuk pengukuran risiko dalam menyalurkan pendanaan atau pinjaman bagi segmen yang belum terlayani di lapisan piramida terbawah.

Dengan bantuan AI (Artificial Intelligence), Ascore.ai akan menghasilkan output berupa penghitungan bunga pinjaman, nilai risiko, pengolahan data dan juga keputusan-keputusan yang berpengaruh pada bisnis (credit decisioning).

Ascore.ai memiliki layanan holistik sehingga bisa digunakan oleh institusi maupun individu. Pada segmen institusi, Ascore.ai bisa menjangkau sektor fintech, lembaga pembiayaan/microfinance, perbankan seperti BPD dan BPR, agriculture, koperasi dan marketplace dengan produk pinjaman atau Paylater.

Sedangkan bagi segmen individu, Ascore.ai menyediakan layanan berupa penghitungan profil risiko dan juga simulator kredit. Untuk menggunakan layanan ini, pengguna bisa mengakses situs Ascore.ai.

Nah, itulah informasi tentang cara menghitung bunga pinjaman dan produk credit decisioning solution yang harus diketahui. Semoga informasi di atas bisa memudahkan kamu untuk mengenal credit decisioning solution lebih dekat. 

Semoga bermanfaat!💕



Salam

Dian Restu Agustina







Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

24 komentar untuk "Cara Menghitung Bunga Pinjaman yang Mudah dan Cepat "

  1. Untuk yang akan meminjam dana ke bank harus banget baca artikel ini agar bisa lebih memahami skema perhitungan bunga bank saat kita meminjam uang. Jangan merasa tertipu dengan bunga bank yang terasa mencekik, padahal mungkin kita nya yang kurang literasi, tidak membaca dengan detail teknisnya sedari awal

    BalasHapus
  2. Informasi yang sangat bagus sekali, sebelum pinjam uang kita harus banget baca artikel ini dan paahami bunga pinjaman dan inovasi Ascore.ai terkait risiko.

    BalasHapus
  3. Ternyata dalam dunia pinjam meminjam ada tiga macam jenis bunga yang harus diperhatikan. Suka dengar orang pada ngomel soal bunga saat ingin melunasi utangnya

    BalasHapus
  4. thanks kak sharingnya, lengkap dan penting banget untuk dibaca. saya dulu pernah melakukan pinjaman tanpa tahu soal bunga2an ini, setelah beberapa lama baru berasa angka bunganya, tpi yaudah tetap dibayarkan krn kewajiban, dan dijadikan pelajarn kedepannya.

    BalasHapus
  5. O la la! Ternyata ada macam-macam ya bunga pinjaman itu. Jujur, selama ini tak pernah saya mikir sejauh ini karena Alhamdulillah enggak pernah utang. Bukannya gimana2, melainkan enggak ada harta benda saya yang bisa dijadikan jaminan oleh lembaga perbankan. Alias, mau ngajuin utang aja saya sudah ditolak persyaratannya hehehe ..

    BalasHapus
  6. Suku bunga sangat berpengaruh pada perhitungan keuntungan dalam sebuah usaha yg mesti di hitung teliti.

    BalasHapus
  7. Baru tahu begini rupanya rumus menghitung bunga pinjaman. Ada macam-macam ya jenis bunga itu. Aku familiar sama bunga flat aja.Makasih sudah sharing Kak.

    BalasHapus
  8. Artikel yang sangat membantu karena aku lagi belajar menghitung bunga pinjaman, yang selama ini mikirnya ribet gitu. Thanks udah share kak.

    BalasHapus
  9. Sekarang ngitung bunga sudah memanfaatkan AI, dan bisa jadi outputnya bisa presisi. Dari semua bunga yanh disebutin, aku sering dengernya bunga flat. Biasanya macam² bunga itu diperuntukkan di mana aja ya kak? Misal untuk kpr kan kebanyakan bunga flat, kalau bunga di koperasi jenis bunganya pakai yang mana ya?

    BalasHapus
  10. Informasi penting ini untuk orang-orang yang mau mengajukan pinjaman, makin dipermudah pula ya sekarang dengan adanya AI, jadi kita dengan tepat mengatur bagaimana strategi finansial ke depan

    BalasHapus
  11. Memang mesti cerdas cermat (lah kayak acara SD) kalau menghitung bunga pinjaman. Mesti jelas di awal dan sesuai dengan kemampuan supaya nggak kelabakan ketika harus membayar.

    BalasHapus
  12. Baru tahu kalap bunganya macem2 jenisnya. Yang penting harus tahu dj awal jangan sampe ada biaya tak diketahui

    BalasHapus
  13. AI makin canggih ya. Penting banget nih paham cara hitung bunga sebelum memutuskan melakukan pinjaman. Agar aman terkendali

    BalasHapus
  14. Informasi yang bagus sekali buat yang mau pinjam uang di bank.

    BalasHapus
  15. Nah ini, gak banyak yang tahu kalau bunga pinjaman itu bisa beragam. Apalagi sekarang makin dimudahkan dengan teknologi. Jadi siapapun yang mau mengajukan pinjaman, bisa buat kalkulasinya dulu agar menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing

    BalasHapus
  16. Sebagai peminjam ini info yang sangat membantu. Ternyata bunga pinjaman itu beragam ya...

    BalasHapus
  17. Aku pengguna aplikasi Amartha mbak, tapi blom pernah coba layanan credit decisioning solution Ascore.ai sih. Buat yg mengajukan pinjaman penting bgt nih buat ngecek pinjaman sesuai dengan kemampuan...

    BalasHapus
  18. Layanan credit decisioning solution ini solutif banget ya buat yg mau mengajukan pinjaman. Jadi kita bisa cek sesuai dengan kemampuan

    BalasHapus
  19. Mbak ternyata bunga bank gini rumus hitungannya nggak hanya 1 ya mbak. Pantes kadang suka ribet banget di belakanangnya ya mbak

    BalasHapus
  20. Solutif banget, metode perhitungan ini wajib banget kita ketahui sebelum melakukan pinjaman

    BalasHapus
  21. Wahhh membantu banget nih informasi terkait cara menghitung bunga pinjaman dengan mudah dan cepat, jadi gak perlu pusing lagi kalau mau minjam uang..

    BalasHapus
  22. Kalau bisa pilih bunga yang flat, pilih itu aja supaya gak kagetan kalauada inflasi atau apa hehe. Baru tahu tentang cara menghitung bunga. Paling selama ini taunya KPR dan bank yang menghitung. TFS infonya mbak.

    BalasHapus
  23. Membantu banget nih kak soalnya aku masih suka bingung sama bunga pinjaman.

    BalasHapus
  24. Kalau sudah diperhitungkan matang-matang, untuk kedepannya jadi lebih tenang dalam pembayaran dan tidak was-was karena semuanya lebih terencana

    BalasHapus