Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Agar Bisnis Muncul di Pencarian Google

Gais, selain masarin bisnismu di sosmed, mikirin cara supaya usahamu muncul di hasil pencarian Google juga bisa menjadi opsi paling asoy buat dapetin pelanggan baru. Di tengah gemerlapnya teknologi digital zaman sekarang, banyak aplikasi yang sering dicoba buat nyari info, dan salah satunya adalah Google, raja mesin pencari di dunia. Jadi, gimana caranya agar bisnismu muncul di Google?

Well fyi, Google tuh sebenarnya mesin pencari yang berfokus pada teks, tapi jangan heran kalau ada juga video keren yang di-upload di platform gede kayak Youtube, Instagram, atau TikTok, yang kadang muncul di hasil pencarian Google. Karena Google adalah mesin berbasis text, jadi cara termudah adalah dengan membuat website.



Nah, berikut ini kita kasih rangkuman beberapa trik biar bisnismu bisa nongol di Google. Semoga bermanfaat, ya!


1. Bikin Web pake WordPress

WordPress, merupakan CMS (content management system) paling happening di dunia, rata-rata website UMKM di Indonesia juga pada dibikin pakai CMS ini. Buat bikin web berbasis WordPress ini sebenarnya sangat simpel, kamu tidak perlu jago koding, dan yang lebih enaknya lagi, banyak tutorial keren yang bisa kamu cek, entah itu di Google atau di YouTube.

Tapi, buat bikin web seperti ini, kamu harus punya hosting dan domain sendiri, dua benda penting ini bisa kamu sewa dengan biaya tahunan sekitar 1,5 jutaan. Kalo mau lebih hemat, bisa bikin sendiri, atau pakai jasa dari beberapa freelancer yang nawarin jasa bikin web berbasis WordPress. Asyik kan?


2. Bikin Blog pakai Blogger


Kalo biaya bikin web pakai wordpress terlalu gede buat bisnis mu yang masih baru, coba deh pake platform blogger. Blogger tuh sebenarnya juga CMS yang lahir dari tangan besi Pyra Labs, yang akhirnya diakuisisi oleh Google.

Nah, keunggulan platform ini, kita enggak perlu beli hosting, soalnya Google udah nyiapin tempat penyimpanannya sendiri, secara gratis. Blog yang dihasilin dari platform ini biasanya punya domain akhiran blogspot.co.id, tapi kita boleh juga pake domain sendiri, yang kamu beli dan tinggal disambungin ke blog kamu.


3. Profil Bisnis ala Divebis.com

Cara ketiga agar bisnismu tampil di hasil pencarian Google adalah dengan memanfaatkan layanan dari divebis.com. Divebis itu sendiri semacam ruang digital buat ngehubungin pemilik usaha sama pelanggan dengan cakupan lokal.

Di sana, kamu bisa bikin profil bisnis dengan lengkap banget, mulai dari deskripsi, layanan, harga, fasilitas, alamat, info kantor, dokumentasi foto dan video, sampe menu call to action ke WhatsApp untuk order dan tanya-tanya, plus halaman review buat pelanggan.

Bukan cuma itu, Divebis juga bakal bantu promosiin usahamu pake SEO Lokal biar muncul di Google. Kalo tertarik, cek websitenya di divebis.com, dan kalo mau bikin profil bisnis, langsung aja cari menu pasang iklan.


4. Bercerita di Medium

Pengen coba yang benar-benar gratis tis tis tis? Kalo kamu jago cerita lewat tulisan, sambil melakukan aktivitas harian, bisa nih manfaatin platform blogging kayak Medium.com.

Medium.com tuh sebenarnya platform penerbitan yang dibikin oleh Evan Williams pada tahun 2012, tempat kamu bisa nulis apa aja yang kamu suka, termasuk produk yang kamu hasilkan.

Jadi, tinggal daftar, buat konten yang sesuai sama produkmu, terus publish artikelnya disana. Jangan lupa sertakan kontak yang bisa dihubungi, kalo ada pembaca yang tertarik sama produkmu.


5. Manfaatin Sosial Media


Beda banget dengan zaman dulu, sekarang sosial media juga udah bisa masuk indeks mesin pencari kayak Google, tapi ya emang cakupannya enggak segede web dari blogger atau wordpress.

Akun dari sosial media biasanya muncul kalo ada yang nyari pake kata kunci yang nyambung sama nama brand kamu. Nah, sosial media yang bisa jadi pilihan kamu antara lain Instagram, TikTok, sampe Twitter. Meskipun peluangnya enggak sebesar bikin web sendiri, tapi tetep menarik buat dicoba.


Well, itu tadi 5 trik yang bisa kamu terapin buat ngeboost bisnismu di mesin pencari Google. Kalo pilihannya jatuh ke bikin web sendiri, entah dari WordPress, Blogger, atau Medium, jangan lupa belajar juga soal SEO ya, biar hasilnya makin bagus.

Tapi kalo kamu lebih prefer pake web kayak divebis, kamu cuma perlu fokus ngebuat konten aja, karena soal SEO dan muncul di Google, tim divebis akan melakukan optimasinya. Mudah-mudahan bermanfaat ya.
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Agar Bisnis Muncul di Pencarian Google"