Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Cuma Healing, Festival Favorit di Bali Ini Juga Wajib Kamu Hadiri!

Menghabiskan waktu di Bali untuk liburan singkat memang enggak pernah salah, yagesya? So, manfaatkan promo tiket pesawat ke Bali dari Traveloka untuk healing-mu, Bestie! Yes, menyediakan tiket pesawat dari maskapai terkemuka di Indonesia, kamu bisa membandingkan harga tiket pesawat dari masing-masing tiket tersebut langsung di website-nya Traveloka.

Tenang saja, Traveloka menjamin kemudahan dalam setiap transaksi sekaligus sistem refund dan reschedule yang nyaman karena dibantu oleh customer service yang berpengalaman.


Liburan Seru Bareng Teman yang Bikin Nyaman

Well, pesona Pulau Dewata memang enggak ada matinya. Kamu bisa menikmati keindahan alam sekaligus hiburan modern yang ditawarkan.

Namun demikian, acara liburan ke Bali juga perlu dipersiapkan dengan matang. Nah, berikut ini adalah 
lima hal yang perlu diperhatikan supaya liburanmu makin menyenangkan.

1. Buat Travel Plan

Meskipun berlibur dengan teman, kamu tetap harus membuat rencana perjalanan. Salah satu keuntungannya adalah untuk efisiensi waktu, tenaga, dan yang pasti, uang.

Beberapa hal yang perlu dibicarakan sebelum memutuskan untuk liburan adalah transportasi, akomodasi, durasi liburan dan kegiatan, tempat wisata, serta budget planning.

Dengan membuat travel plan, kamu bisa menghindari kejadian over-budget yang bisa membuat kegiatan sehari-harimu terganggu setelah liburan.

2. Sesuaikan Outfit

Selain membuat travel plan, kamu juga harus menyesuaikan outfit yang dibawa. Jangan sampai kamu ditolak masuk suatu tempat hanya karena outfit yang tidak sesuai.

Secara umum, dikutip dari berbagai website travel guide, dress yang flowy atau celana dan kaos berbahan serat alami adalah outfit ternyaman yang bisa dipakai.

Namun, jika kamu berencana mengunjungi area pegunungan, jangan lupa membawa sweater atau jaket supaya tidak kedinginan.

3. Pakai Alas Kaki yang Sesuai

Sering dilupakan, penggunaan alas kaki yang tepat juga penting untuk diperhatikan. Jika kamu hanya ingin tinggal di hotel dan menikmati fasilitasnya, sandal yang nyaman dikenakan sudah cukup.

Namun, jika kamu berencana untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang mengharuskan untuk jalan kaki, ada baiknya kamu membawa sepatu yang nyaman.

Untuk pecinta olahraga ekstrim, ada baiknya kamu membawa peralatan sendiri untuk menghindari ketidakcocokan ukuran.

4. Sewa Kendaraan

Meskipun sudah membuat travel plan, ada baiknya kamu melakukan survei penggunaan kendaraan yang paling nyaman selama berada di pulau Bali.

Kebanyakan tempat di pulau Bali tidak terjangkau dengan fasilitas kendaraan umum. Dengan demikian, kamu harus mengeluarkan budget lebih untuk menyewa kendaraan. Jika tidak familiar dengan tempat wisata tujuan, ada baiknya kamu menyewa driver berpengalaman.

Kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali persewaan kendaraan di pulau Bali. Namun demikian, jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan dan menyesuaikan jenisnya dengan destinasi wisatamu, ya!

5. Hormati Adat Istiadat

Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang kental dengan adat istiadatnya. Selalu terapkan peribahasa “Di mana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung” selama kamu berlibur.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi tempat sakral, jangan lupa untuk membawa kain untuk menutupi bagian tubuh yang kurang sopan jika terlihat.

Selain itu, selalu bersikap sopanlah kepada para warga. Usahakan untuk menjaga diri agar tidak berbicara kotor ataupun mencela sesuatu supaya liburanmu tetap nyaman.


Event Favorit Wisatawan di Bali yang Membuatmu Ingin Balik Lagi

Sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia, ada banyak sekali event tahunan yang nggak boleh kamu lewatkan.

Salah satu event tahunan yang banyak menyedot perhatian wisatawan adalah acara festival. Berikut ini adalah tiga acara festival di Bali sekaligus waktu pelaksanaan yang bisa kamu gunakan untuk referensi.

1. Pesta Kesenian Bali

Diselenggarakan pada bulan Juni-Juli setiap tahun, festival pesta kesenian Bali menjadi rumah bagi para pekerja seni baik lokal maupun mancanegara.

Berbagai jenis pentas kesenian disuguhkan di festival ini, salah satunya adalah seni tari dan tabuh atau yang lebih sering dikenal dengan gamelan Bali.

Dalam festival ini, setiap kabupaten yang ada di Bali ikut berpartisipasi. Bisa dibayangkan kan, betapa riuhnya acara ini?

2. Festival Layang-layang

Festival kedua yang juga tidak kalah ditunggu oleh para wisatawan adalah festival layang-layang. Festival ini biasanya diselenggarakan pada bulan Juni-Agustus setiap tahunnya.

Bulan Juni hingga Agustus dipilih karena biasanya angin berhembus lebih kuat. Selain sebagai ajang hiburan, ternyata festival ini juga memiliki makna yang religius, lho.

Layangan yang diterbangkan oleh para peserta dianggap sebagai persembahan untuk Dewa Rare Angon. Wah, ternyata kita bisa belajar tentang budaya juga ya, di acara festival.

3. Kuta Carnival

Festival yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah acara karnaval yang dilaksanakan di pantai Kuta, yaitu Kuta Carnival.

Festival yang diadakan setiap bulan Oktober ini sukses menjadi daya tarik wisatawan seluruh dunia. Saat dilaksanakan, jalanan sepanjang pantai Kuta akan penuh dengan acara fashion show, food festival, kesenian tradisional, dan sebagainya.

Para wisatawan bisa menikmati acara ini tanpa harus membayar biaya masuk. Jika kamu berencana untuk mengunjungi acara ini, jangan lupa siapkan uang cash ya!

Demikian tiga rekomendasi festival paling diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali. Jangan lupa sesuaikan rencana liburanmu supaya tidak melewatkan acara-acara seru ini!💗


Happy Traveling

Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Jangan Cuma Healing, Festival Favorit di Bali Ini Juga Wajib Kamu Hadiri!"