Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Lintas Selatan yang Menawan

Gais, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu, saya sekeluarga mudik ke Kediri. Kami memulai perjalanan di hari Rabu, 20 Desember 2023, cusss lewat tol terus, masuk dari pintu tol Joglo dekat rumah saya, sampai ke kota Madiun untuk nyekar dulu ke makam Mertua saya. Lanjut perjalanan by tol lagi dan turun di pintu tol Nganjuk, kemudian bablas ke kota Kediri, kampung halaman saya.

Memang sejak ada tol Trans Jawa, saya biasanya kalau pulang kampung via tol saja, sebab lebih hemat waktu dan tenaga. 

Tapi kali ini, suami ngajakin coba jalur Selatan saja untuk rute pulangnya, dengan melipir ke sepanjang Jalur Lintas Selatan Jawa (non-tol) yang kabarnya sudah bagus jalanannya dan indah penampakannya. Sekalian kami akan mampir ke beberapa destinasi yang belum pernah kami kunjungi.

Nah, terkait jalur Selatan ini, saat di Kediri saya juga dipameri jika ada Jalur Lintas Selatan yang baru diresmikan dari Tulungagung ke Trenggalek yang katanya cantiknyaaa...

Enggak nunggu lama, hari Jumat saya serombongan mencoba jalan barunya, sekalian main ke pantai di Tulungagung/Trenggalek, yang dulunya dari Kediri mesti ditempuh dengan setengah mati, mendaki gunung - lewati lembah ini.

Lalu gimana? Apakah cakep beneran rute Jalur Lintas Selatan?

JLS Tulungagung


Jalur Lintas Selatan (JLS) Tulungagung-Trenggalek yang Sungguh Molek!

Well, sebagai cah Kediri asli, saya tuh kalau mau ke pantai mesti pergi ke kota Tulungagung atau Trenggalek. Duluuu, rute ke pantai yang ada di kedua kota itu belum bagus, jalanannya berliku, naik turun, enggak terlalu lebar, sehingga memakan waktu cukup lama untuk sampai ke lokasinya. Bisa 2-4 jam di luar kemacetan kendaraan.

Nah, seiring meratanya pembangunan, jalanan makin bagus, sarana prasarana tambah mulus, sehingga destinasi wisata baru pun bermunculan yang bisa jadi pilihan bagi wisatawan. Terbaru, ada Jalur Lintas Selatan (JLS) Tulungagung-Trenggalek yang bisa memangkas perjalanan hingga hampir setengahnya ditambah panorama di sepanjang rute yang sangat memanjakan mata.

Oia, untuk menuju JLS Tulungagung-Trenggalek dari arah kota Tulungagung, kita bisa mengikuti petunjuk arah yang ada atau ikuti saja peta dari aplikasi. Btw, jalanan belum semua bagus ya, ada yang masih dalam tahap perbaikan karena ada kerusakan. 

Dan, harap berhati-hati karena jalanan ini akan melewati perempatan, pasar dan pemukiman padat penduduk sehingga ada banyak titik keramaian yang memerlukan kehati-hatian. 

Saya bersama suami, kedua anak saya, Bapak dan Ibu serta kakak saya, serombongan menikmati perjalanan yang sempat nyasar karena suami salah ambil belokan. Kwkwk. 

Syukurnya enggak jauh banget nyasarnya, setelah nanya seorang petugas langsung diarahkan ke JLS yang bercirikan mulusss jalannya. Maklum bulan Juni 2023 lalu, baru diresmikan, kan..

Nah, sepanjang jalan masih sepi kiri kanan, terhampar perkebunan tanaman cengkeh dan yang lainnya. Sesekali di sisi kiri ada petunjuk arah menuju pantai yang berlokasi di arah bawahnya. Infonya ada beberapa pantai yang kita lewati di sepanjang JLS ini. Jadi tinggal pilih mau singgah ke pantai yang mana yaaa..

Enggak cuma pantai, ada pula rest area yang free, juga tempat-tempat ngopi. Di mana tersedia tempat parkir, makanan/minuman, toilet, musholla, dan yang utama view pantai dan laut Selatan yang cantik dan tenang (tapi menghanyutkan) dari kejauhan.

Saya dan rombongan sempat berhenti di salah satu rest area yang ada, dan pepotoan sejenak plus ke toiletnya. Bersih, rapi dan free (ada kotak sumbangan yang bisa diisi seikhlasnya).

Belum tergoda akan pantai yang kami lewati, bablas saja kami hingga sampai ke Pantai Simbaronce!


Jalur Lintas Selatan yang Menawan
spot-spot cantik di rest area

Tips Menikmati JLS Tulungagung

Nah, jika dirimu berkesempatan juga menikmati JLS Tulungagung nantinya, ingat ya:

  1. Siapkan kendaraan, karena nanti bakalan ada turunan dan tanjakan sehingga takkan ada kejadian mogok di jalan. Demikian juga dengan bahan bakar, karena di sepanjang rute ini belum ada SPBU tersedia.
  2. Pastikan juga pengemudi yang sudah berpengalaman karena meski jalanan mulus tapi ada kelokan/tanjakan/turunan khas kontur pegunungan jadi sbaiknya hanya driver yang sudah terampil yang ada di belakang kemudi.
  3. Jalanan menuju JLS masih ada yang rusak/berlubang-lubang karena masih dalam proses perbaikan, jadi tetap berhati-hati saat mengemudi.
  4. Di sepanjang rute menuju JLS akan melewati perkampungan, sebaiknya jalan pelan-pelan.
  5. Gunakan maps dari aplikasi atau perhatikan petunjuk arah jalan agar tidak nyasar
  6. Karena sesekali nampak view indah di kanan kiri, pengemudi mesti tetap waspada dan berhati-hati, hindari ikutan noleh ke arah view yang indah. Kalau perlu minggir dan parkir aja dulu!
  7. Sempatkan singgah ke rest area atau kafe-kafe yang ada untuk beristirahat sekalian menikmati indahnya pemandangan. Tapi pastikan parkirnya aman dan tak mengganggu pengendara lainnya. Karena saya lihat ada yang parkir ngasal di bahu jalan.
  8. Rencanakan akan singgah di pantai mana, siapkan saja dulu sebelumnya. Saya Googling, deretan pantai yang bisa disinggahi, diantaranya Pantai Midodaren, Pantai Gemah, Pantai Bayeman dan Pantai Klatak, Pantai Mutiara, Pantai Pasir Putih Karanggongso, Pantai Simbaronce, Pantai Prigi, Pantai Cengkrong dan Pantai Damas.
  9. Bawa bekal makanan/minuman di kendaraan, karena selain kafe-kafe (yang belum semuanya buka) belum ada minimarket dan sejenisnya di rute  ini.
  10. Selalu jaga kebersihan dan utamakan keselamatan, sehingga perjalanan nyaman dan menyenangkan!

Nah, gimana? 

Yuk, yuk, yang mau jalan-jalan buat atasi rasa bosan karena di rumah saja, selain kerjain hobi, olahraga dan merawat diri - seperti tips dari teman Blogger Surabaya saya, Mbak Maria, coba deh Jalur Lintas Selatan Tulungagung-Trenggalek dan nikmati pemandangannya yang memesona! 💖


Happy Traveling

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

17 komentar untuk "Jalur Lintas Selatan yang Menawan"

  1. Wah, makasih infonya Mbak. Selama ini keluarga saya kalau mau ke timur selalu lewat tol, pertimbangannya supaya lebih lancar dan cepat.
    Ternyata sekarang jalur selatan sudah lebih bagus ya. Kapan-kapan mau juga lewat selatan ah, sekalian nostalgia zaman dulu kala hehehe.
    Eh saya jadi penasaran ingin juga menikmati keindahan pantai di jalur selatan. Pemandangannya bagus bagus yaa

    BalasHapus
  2. Seru banget mbak Dian melintasi jalan lintas selatan bersama keluarga, jadi ingin roadtrip juga lewat jalan lintas selatan Tulungagung-Trenggalek ini deh. Sekarang pembangunan jalan sepertinya sedang gencar ya mbak jadi nggak takut untuk road trip.

    BalasHapus
  3. wah saya belum nyoba jalur ini mbak.
    Akhir tahun kemarin, pas ada tugas ke Tulungagung, dikasih tahu orang sana kalau JLS ini sudah bisa tembus sampai Pacitan bahkan Jogja.

    BalasHapus
  4. Berarti harus isi bensin sampai full banget ya mba sebelum memulai perjalanan lewat Selatan kayak gini. Enaknya lewat jalur biasa kayak gini tuh selain jalurnya beragam, pemandangannya juga macem-macem banget ya mbak (dan bagus bagus), plus bisa mampir mampir lebih cepat kalau mau pipis, ihihi.

    BalasHapus
  5. Mba kirain itu emangs engaja mampir di spot cantik ternyata spot cantiknya itu di rest areanya yaa. Wah kok bisaan sih bikin rest areanya dg bonus pemandangan seindah itu, bener bisa buat rest untuk perjalanan panjang

    BalasHapus
  6. Aku bukannya gak suka sama jalur selatan, tapiii hihii.. yaitu tantangannya yaa.. kalau dari Bandung ke Surabaya lewat Selatan tuh selain lebih jauh, jalannya juga berkelok-kelok. Tapi beneran indah banget sii.. pas uda mulai masuk Jawa Tengah tuh.. Kudu berenti di beberapa spot yah.. Jadi mindful travelling, melihat dan berinteraksi dengan warga sekitar.

    BalasHapus
  7. Whoaaa cantiiikkk bgt yah mbaaa
    pantainya indaahhhh
    mirip bgt dengan pantai d pacitan

    kadang aku juga lwt JLS klo mau ke pacitan

    BalasHapus
  8. Aku yang belum pernah trip luar kota dengan menggunakan kendaraan, melihat pemandangan laur selatan ini cakep banget ya mbak. Terus melihat foto mbak Dian juga cakep itu pemandangan pantainya.

    BalasHapus
  9. Sekarang sudah banyak tol dan perjalanan jadi lebih cepat. Cuma kalau emang pengen jalan-jalan, lewat jalur lain tuh pasti punya cerita tersendiri. Btw, pemandangan lautnya terlihat cerah

    BalasHapus
  10. Iyeeeppp.. bener banget, Mbaakk. Jalur Lintas Selatan tuh pemandangannya indaaahhh....memang nggak seakomodatif jalur utara sih ya, tapi bener breathtaking view banget si kalau berani menerima tantangan lewat selatan. Lanjut ke JLS Malang, Mbak... pantai-pantainya luar biasa dan banyaaaakk.

    BalasHapus
  11. Waah keren banget maak, aku trauma lewat non toll banyak yg naik motor jadi gas rem mulu kan...

    Sejak jalanan dah bagus belum lewat lagi next mau cobain

    BalasHapus
  12. Kapan main ke Jawa Barat? Jalan lintas selatan di jabar juga saya ini sudah lebih mulus dan pemandangan nya cantik alami. Sst... Cianjur Selatan yang awalnya pelosok dan jalannya ajib, kini pun sedikit dikenali karena adanya jalan lintas selatan ini...

    BalasHapus
  13. jalur lintas selatan sekarang memang viewsnya cakep mak. dari Jogja ke Jatim lewat selatan aja pantainya masya Allah. Cuma memang jalurnya belum serapi pantura ya. makanya ga heran sejak bandara Jogja pindah ke jalur selatan semakin bagus jalannya sekarang

    BalasHapus
  14. Duh jadi pengen road trip lewat rute jalur lintas selatan deh jadinya. Sepanjang perjalanan pasti betah ngeliatin pemandangan yang sayang banget buat dilewatin

    BalasHapus
  15. Cantik banget ya view-nya. Jangan sampai pengemudi lengah ini, sih. Better memang menepi dulu kalau mau ikutan menikmati keindahan alam yang memanjakan mata. Karena ini jalur baru, belum banyak penjual makanan dan minuman yang buka, ya. Jadi perlu bawa makanan sendiri atau mampir di kafe.

    BalasHapus
  16. Seru nih jadi semacam berpetualang ya. Kalau melewati jalur baru penting banget ya prepare kendaraan dan bensin karena kita blm tahu kondisi di sana

    BalasHapus
  17. Wah seru banget tripnya yaa, aku belum pernah jajal JLS ini jadi penasaran serunya yaa berasa bertualang

    BalasHapus