Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapkan Dana Libur Akhir Tahun Keluarga dengan Reksadana

Melalui Reksadana atau Reksa Dana, Anda bisa melakukan investasi untuk mencapai berbagai jenis tujuan finansial. Salah satunya untuk mempersiapkan kebutuhan dana liburan akhir tahun bersama keluarga.

Akhir tahun merupakan momen yang tepat untuk berlibur bersama orang-orang tercinta. Demi mewujudkan hal tersebut maka Anda perlu membuat persiapan yang matang, terutama masalah biaya.

Sumber: https://www.pexels.com/photo/woman-and-three-children-playing-water-1231365/

 

Tips Merencanakan Dana Liburan Akhir Tahun


Tidak hanya sekadar untuk refreshing, liburan akhir tahun bersama keluarga adalah hal yang penting untuk dilakukan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari momen liburan tersebut.

Dikutip dari The Asian Parent, ahli psikoterapi anak di Inggris Dr. Margot Sunderland mengatakan bahwa liburan bersama keluarga bagus bagi perkembangan otak anak. Hal ini juga sangat baik bagi para orang tua karena bisa jadi penghilang stres.

Tentunya momen liburan tersebut akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan jika kebutuhan dana memadai. Berikut ini beberapa tips perencanaan dana liburan akhir tahun bersama keluarga yang bisa Anda lakukan:

  • Tentukan Destinasi dan Waktu
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan destinasi dan waktu liburan. Poin-poin ini sangat berpengaruh pada jumlah uang yang harus dipersiapkan agar bisa membawa keluarga liburan akhir tahun.

Dalam hal ini Anda akan berlibur saat akhir tahun yang artinya ini merupakan high season. Banyak orang memilih untuk liburan di waktu tersebut. Kemungkinan biaya akomodasi dan transportasi akan semakin tinggi.

Kemudian pilihlah destinasi yang paling sesuai. Pemilihan destinasi ini tentu sangat subjektif tergantung selera masing-masing orang. Nantinya destinasi akan berpengaruh besar pada jumlah dana liburan.

Liburan ke luar negeri tentu membutuhkan biaya yang jauh lebih besar daripada liburan di dalam negeri. Sebaiknya langsung tentukan destinasi secara spesifik agar perencanaan biaya lebih mudah.

  • Buat Rincian Biaya secara Detail
Selanjutnya silakan buat rincian biaya secara detail. Saat membawa keluarga pergi liburan, ada banyak jenis biaya yang harus dipersiapkan. Apalagi jika Anda punya banyak anak, pasti ada banyak detail biaya yang harus dipikirkan.

Tuliskan dulu biaya mayor seperti akomodasi, transportasi, dan lain sebagainya. Lalu tuliskan juga beragam jenis biaya minor yang mungkin harus dikeluarkan selama pergi liburan.

  • Alokasikan Dana dari Penghasilan
Jika memang rencana liburan sudah benar-benar fix, maka Anda harus segera mengalokasikan dana dari penghasilan yang dimiliki. Langsung saja tentukan berapa dana yang harus dialokasikan untuk persiapan liburan.

Tentunya besar alokasi dana ini harus menyesuaikan total biaya yang perlu dipersiapkan tadi. Pastikan dana terkumpul sesuai rencana pada waktu yang sudah ditentukan.

  • Lakukan Investasi
Salah satu cara yang efektif untuk mempersiapkan dana liburan akhir tahun bersama keluarga adalah investasi. Apalagi jika Anda masih punya cukup banyak waktu untuk mempersiapkan kebutuhan dana liburan.

Mulailah berinvestasi di instrumen yang tepat, seperti Reksadana. Dari instrumen ini Anda bisa mendapatkan profit yang optimal dan memanfaatkannya untuk pergi liburan akhir tahun bersama keluarga.

Pastikan perencanaan biaya ini berjalan dengan baik dan diperhitungkan secara matang. Apalagi jika Anda dan keluarga berencana untuk pergi dengan durasi yang cukup lama dan destinasinya jauh, ke luar negeri misalnya.

Cara Optimalkan Reksadana untuk Penuhi Kebutuhan Liburan Akhir Tahun


Jika Anda memang ingin menggunakan keuntungan investasi sebagai dana liburan akhir tahun, maka persiapkan sekarang juga. Ingatlah bahwa keuntungan investasi ini tidak bisa diperoleh secara instan.

Mulailah sedini mungkin agar investasi ini bisa membantu Anda mencapai target dana liburan akhir tahun bersama keluarga. Selain itu Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut untuk mengoptimalkan keuntungan investasinya:

  • Pilih Produk yang Potensial
Tentu sangat penting bagi Anda untuk memilih produk investasi yang paling potensial. Dalam hal ini Anda mungkin harus melakukan banyak riset dan mencari lebih banyak informasi.

Jika memang ingin mendapatkan keuntungan Reksadana yang besar, maka Anda perlu memilih produk yang profitnya menjanjikan. Rekomendasi dari investor yang berpengalaman bisa jadi salah satu acuan bagi Anda.

  • Perhitungkan Jangka Waktu Investasi
Selanjutnya perhitungkan juga jangka waktu investasi. Instrumen ini cukup fleksibel karena bisa dijadikan investasi jangka pendek maupun panjang. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan pilihan produk investasinya.

Jangka waktu investasi ini juga perlu disesuaikan dengan rencana keberangkatan Anda. Tentukan dulu kapan Anda pergi liburan bersama keluarga. Dari sini Anda bisa memperhitungkan jangka waktu investasi yang harus dilakukan.

  • Lakukan secara Konsisten
Demi mendapat profit yang optimal, maka Anda harus berinvestasi secara konsisten. Lakukan pembelian secara rutin dan cobalah untuk lebih bijak lagi dalam melihat fluktuasi nilai investasi.

Saat nilai investasi turun, jangan mudah panik apalagi jika target finansial Anda masih cukup panjang. Lebih baik tetap berinvestasi secara konsisten demi mencapai target yang sudah Anda tentukan.

Sumber: https://www.pexels.com/photo/little-girl-packing-a-suitcase-7368278/

 

Investasi Sekarang Juga bersama Perbankan Prioritas DBS Treasures


Anda bisa mulai berinvestasi sekarang juga melalui perbankan prioritas DBS Treasures. Di sini Anda bisa menikmati beragam keuntungan investasi secara aman dan mudah.

Dana investasi Anda akan dikelola langsung oleh Manajer Investasi profesional. Anda juga bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan registrasi SID (Single Investor Identification), transaksi jual, beli, dan switching.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Investasi Reksadana di perbankan prioritas DBS Treasures akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi Anda. Untuk mendapat informasi lebih lengkap, Anda bisa klik di sini.



Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

8 komentar untuk "Persiapkan Dana Libur Akhir Tahun Keluarga dengan Reksadana"

  1. Wah, kalau bisa liburan akhir tahun bareng keluarga itu pasti rasanya menyenangkan sekali. Tapi sayangnya aku kurang faham dan mengerti soal investasi. Pengen nyoba juga pakai DBS ini, karena sepertinya beda dari yang lain

    BalasHapus
  2. Lagi lagi kembali kepada kekuatan niat dan usaha. Secara untuk konsisten itu emang susah lho khususnya buat saya. Semoga tahun ini bisa disiplin, sehingga akhir tahun nanti bisa liburan sepuasnya karena dananya udah dipersiapkan dari sekarang

    BalasHapus
  3. Kalau saya biasanya hanya menyiapkan dana buat lebaran. Karena pekerjaan di rumah semua, jadi bikin THR sendiri, wkwk. Tapi semua patut disyukuri. Bisa nabung buat liburan, artinya memang Allah cukupkan rezeki kita.

    BalasHapus
  4. Eeehhh iya yaaaa, kalau emang mau merencanakan liburan akhir tahun bareng keluarga ke destinasi impian tuh, nggak ada salahnya untuk dipersiapkan sedari awal tahun. Kalau diajak mempersiapkan dana dulu begini, rencana liburan akhir tahun bisa terlaksana dengan seru.

    BalasHapus
  5. Wah meski buruan nih buat investasi Reksadana di BDS biar akhir tahun resolusi buat liburan tercapai tanpa kita pusing mikir biayanya. Investasi semakin awal semakin baik hasilnya ya kan kak..

    BalasHapus
  6. Investasi reksadana ini mirip sama depositi berjangka gitu gak si mba Dian?
    Tapi ada semacam pembelian gitu ya, jadi seperti nyicil, atau nabung tapi konsisten.
    Eh bener gak sih?

    BalasHapus
  7. Liburan bersama keluarga kalau tidak akhir tahun, ya pertengahan tahun. Jadi momen seru yang menyenangkan. Supaya berjalan lancar memang butuh perencanaan yang matang jadi semua berjalan lancar.

    BalasHapus
  8. Mantul ya Mbak, aku juga orangnya begitu. Merencanakan kehidupan mendatang dari kehidupan saat ini. Nggak suka dengan mengharapkan rejeki nomplok. Iya kalau ada kalau enggak?

    BalasHapus