Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Moisturizer Yang Tepat Untuk Remaja

Temaaaan, menjalani masa remaja memang terasa sangat menyenangkan. Di masa remaja, kamu tidak hanya bisa memulai sejumlah hal yang sebelumnya tidak pernah kamu lakukan namun juga akan mulai belajar mengenali diri sendiri. Meski demikian, masa remaja juga ternyata identik dengan perubahan 
hormon di dalam tubuh.

Yup, masalah perubahan hormon tersebut berdampak pada kesehatan kulit seperti munculnya jerawat atau kulit wajah menjadi lebih mudah mengalami breakout. Oleh karena itu, tidak ada salahnya para remaja mengatasinya dengan menggunakan produk perawatan yang tepat, terutama moisturizer atau pelembab.

Yes, moisturizer adalah produk yang wajib dipakai agar kulit wajah selalu terjaga kesehatannya. Namun sebelum menggunakannya dan agar tidak salah pilih produk, berikut ini ada beberapa tips memilih moisturizer untuk remaja yang tepat:

Tips Memilih Moisturizer Yang Tepat Untuk Remaja


1. Pilih Moisturizer yang Bebas Kandungan Minyak

Salah satu cara memilih moisturizer yang tepat untuk remaja adalah dengan menggunakan produk yang bebas kandungan minyak. Moisturizer yang tidak mengandung minyak berlebih lebih aman dipakai oleh kulit remaja yang rentan berjerawat. Terlebih lagi moisturizer dengan kandungan minyak sering menyebabkan penyumbatan pori – pori. Selain itu, moisturizer oil free juga memiliki tekstur yang lebih ringan dan mudah meresap saat diaplikasikan.

2. Pilih Moisturizer dengan Formula Bahan Anti Jerawat

Seperti diketahui bahwa hormon yang tidak stabil saat menjalani masa remaja juga akan berimbas pada produksi sebum. Sehingga tidak heran jika kulit wajah akan menjadi lebih mudah berminyak dari sebelumnya. Hal itu terjadi karena hormon pada tubuh menstimulasi produksi sebum secara berlebih.

Kondisi yang seperti itu tentunya akan menjadikan kotoran, debu, dan zat asing jadi lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit. Oleh sebab itu, tidak ada salahya memilih produk dengan kandungan bahan anti jerawat yang ampuh mengontrol produksi sebum sekaligus membasmi bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa memilih moisturizer dengan kandungan bahan seperti salicylic acid atau bahan alami seperti tea tree oil dan ekstrak lemon.

3. Pilih Moisturizer dengan Formula Bahan yang Mampu Meredakan Peradangan

Para remaja yang bermasalah dengan kulit berjerawat harus menggunakan moisturizer dengan kandungan antioksidan dan peptida. Antioksidan bisa membantu menjaga dan melindungi kulit dari masalah yang disebabkan oleh lingkungan. 

Selain itu, bahan lainnya yang diperlukan dalam memilih produk pelembab yaitu ceramide, niacinamide, asam hialuronat, dan asam salisilat. Semua kandungan tersebut bisa membantu mengurangi jerawat dan kemungkinan bisa juga meningkatkan hidrasi.

4. Hindari Moisturizer Yang Mengandung Alkohol

Bagi kamu yang kebetulan pemiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya tidak memilih moisturizer yang mengandung alkohol. Meskipun alkohol ampuh menyerap kelebihan minyak di wajah, namun alkohol juga bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Hal itulah yang membuat kulit sensitif rentan mengalami sejumlah masalah karena kulit menjadi lebih kering.

Selain jerawat, kulit sensitif juga bisa-bisa mengalami iritasi atau alergi yang cukup serius. Alih-alih memilih moisturizer yang mengandung alkohol, sebaiknya gunakan produk dengan kandungan bahan pelembap tinggi dari bahan-bahan alami seperti misalnya gel lidah buaya, madu, atau yoghurt.

5. Hindari Moisturizer Dengan Kandungan Minyak Kelapa, Petroleum, Dan Wewangian

Hindari menggunakan moisturizer dengan kandungan minyak kelapa, petroleum, dan wewangian, karena minyak kelapa bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit wajah. 

Kemudian, moisturizer yang mengandung petroleum kemungkinan akan terasa terlalu berminyak dan akhirnya menyebabkan munculnya jerawat. Sementara produk dengan kandungan wewangian bisa mengiritasi dan juga menyebabkan kulit akhirnya menjadi kering.


Well, siapa sangka ternyata perawatan kulit untuk remaja cukup selektif, karena hal itu berkaitan dengan kondisi kulitnya yang masih murni atau belum pernah terpapar bahan – bahan kimia pada kulit.

Selain itu, masalah hormon yang masih tidak stabil pun membuat para remaja harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit, terutama moisturizer. 

Nah, salah satu rekomendasi produk moisturizer yang bagus untuk kulit remaja adalah Naturally Speaking Shiny Banana Brightening Pudding Moisturizer

Kenapa produk ini direkomedasikan?

Sebab, moisturizer dengan tekstur pudding ini efektif mampu membantu mencerahkan kulit, memberikan hidrasi, dan menenangkan kulit kemerahan. Kulit wajah akan tampak lebih cerah, sehat, dan terasa lebih lembut.

Moisturizer ini juga diformulasikan dengan kandungan Banana Fruit Exract, Niacinamide, Yam Bean Extract, dan Jojoba Seed Oil. Saat kamu cek daftar komposisinya, produk ini memang benar – benar mengandung Banana. Selain itu, ada juga bahan pencerah, Niacinimde yang nangkring di daftar 
teratas.

Cara pemakaiannya yaitu aplikasikan secara teratur pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan setelah menggunakan serum. Kemudian biarkan moisturizer ini meresap selama 1-3 menit. 

Oia, untuk hasil maksimalnya, aplikasikan moisturizer Naturally Speaking ini secara teratur setelah menggunakan Glam Pineapple Brightening Serum, yaaa...💗



Love

Dian Restu Agustina




Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Moisturizer Yang Tepat Untuk Remaja"