Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran Bersama Culinaryschools.org!

Halo...Hola!! Selamat Idul Fitri 1445 H teman-teman semua. Mohon maaf  lahir dan batin, yaaaa! Eh, gimana lebarannya? Semoga silaturahminya berkesan dan penuh kenangan! Semoga juga Allah SWT mengampuni dosa dan menerima ibadah puasa kita, serta mempertemukan kembali kita semua dengan Ramadan di tahun depan. Aamiin...

Oia, apa kabar dengan timbangan? Apakah jarumnya makin ke kanan? Hiks, kalau iya, sama kita! Setelah sebulan puasa Ramadan, ditambah dua minggu mudik lanjut jalan-jalan, badan saya makin beraaat, dan angka di timbangan pun bikin terperanjat! Duh!

Gimana enggak nambah berat badannya, segala ketupat, opor, sambel goreng ati, soto, rawon, pecel, sate, gudeg, nastar, kastengels, dodol, emping, kacang, bakpia, ...semua masuk ke perut saya! Sampai-sampai kalau bisa protes perutnya pasti bakal teriak, "Diaaan, apa aja iniii!"Hihihi

Nah, pulang ke Jakarta, saatnya saya kembali ke setelan awal. Semangat lagi turunkan berat badan setelah lebaran, untuk hidup lebih sehat dengan menjalankan diet yang aman. Yup, saya berusaha menghindari diet yang ekstrem, sebab bisa bikin tubuh kekurangan nutrisi penting, hormon menjadi tidak stabil, dan berisiko memicu gangguan kesehatan tertentu. 

Lalu, apa hal pertama yang perlu saya tahu? 

Tips Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran
kiri 47 kg ( tahun 2020) - kanan 57 kg (tahun 2024)


Hitung Dulu Body Fat atau Lemak Tubuhmu

Well, FYI, berat badan saya saat ini termasuk kategori obese alias gemuk! 

Tahunya darimana? 

Dari hasil pengukuran persentase lemak tubuh atau body fat percent calculator di https://www.culinaryschools.org/blog/body-fat-calculator/ . Di mana saya menggunakan kalkulator ini untuk menghitung lemak tubuh secara cepat dengan memasukkan tinggi badan, berat badan, usia dan jenis kelamin. 

Yes, saya saat ini berusia 48 tahun dengan tinggi badan 155 cm dan berat badan 57 kg. Hasilnya bodyfat berada di angka 31,48% yang artinya saya termasuk dalam klasifikasi obese

Galau? Pastinyaaa! 

Mengingat saya saat (((muda))) selalu ideal beratnya, paling banter 50 kg saja. Kecuali saat hamil dan menyusui yang bisa lebih dari itu. Itu pun kelar ASI - anak berusia 2 tahun - berat badan pun turun. Hingga berat badan naik gila-gilaan waktu pandemi. Karena di rumah banyakan rebahan, dan kerjanya makan, makan dan makan, jadilah angka timbangan naik lagi dan lagi hingga di titik ini! Hiks...

Meski enggak cuma faktor itu saja sih ternyata, dari informasi yang menyertai body fat calculator ini, dijelaskan jika massa lemak tubuh memang akan meningkat secara alami seiring bertambahnya usia kita. (jadi sedikit lega nih saya hahaha...)

Oia, ini dia hasil perhitungan body fat percent calculator saya:



Tips Mencapai Persentase Lemak Tubuh Ideal

Well, seringkali timbangan tuh bikin ciut hati. Padahal timbangan hanya memperlihatkan angka dan tidak bisa menunjukkan berapa banyak massa lemak yang dimiliki tubuh kita. Jadi, belum tentu yang badannya kurus massa lemaknya bagus, sebab bisa saja angkanya tinggi karena gaya hidup yang kurang gerak dan pola makan yang tidak sehat. 

Nah, jumlah ideal lemak esensial akan diperlukan pria atau wanita untuk mempertahankan fungsi inti, seperti perkembangan otak, pengendalian peradangan, dan pembekuan darah.

Yang utama sih, angka ideal massa lemak kita, karena kalau rendah lemak tubuhnya, maka dapat terganggu juga fungsi kardiovaskular, menyebabkan masalah kesehatan reproduksi, masalah pencernaan, serta penyusutan organ dalam. Tak hanya itu, lemak juga penting buat melindungi organ dan seluruh tubuh, jadi kalau rendah juga bahaya. 

Sementara, kelebihan massa lemak alias obesitas akan menjadi risiko utama berbagai jenis penyakit, seperti: penyakit jantung dan stroke, diabetes, penyakit sendi, kanker prostat/hati/payudara, dan lainnya.

Jadi, yang paling bagus ya ideal massa lemaknya, enggak lebih atau kurang!

Udah deh, cek di link di atas saja biar lebih jelas untuk tahu berapa body fat atau lemak tubuhmu, dan detil info lain yang sangat membantu! Termasuk tips turunkan berat badan, dengan memulai  sedikit perubahan selangkah demi selangkah, demi mencapai persentase lemak tubuh ideal, di antaranya dengan:
  1. Kurangi Karbohidrat dan Gula: semakin sedikit gula dan karbohidrat yang kita makan, semakin baik karena akan membantu menghilangkan lemak. Jadi kurang-kurangi jajan es teh manis, kopi susu gula aren, kronologi eh crombolony, donat, churros...dan teman-temannya
  2. Tambahkan Lebih Banyak Serat: mengonsumsi lebih banyak serat akan membantu penurunan berat badan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jadi jangan skip lagi makanan nabati seperti sayuran, sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian, yaa.
  3. Makan Makanan Kaya Protein: mengkonsumsi lebih banyak protein seperti telur, daging sapi tanpa lemak, daging dada ayam, makanan laut, ...memiliki efek mengenyangkan, membantu membakar lebih banyak kalori dan membangun otot tanpa lemak.
  4. Coba Pola Makan Nabati: pola makan nabati dapat membantu mengurangi lemak tubuh dengan berbagai mekanisme seperti pengurangan kalori, peningkatan bakteri usus, dan peningkatan sensitivitas insulin. Jadi cobalah beralih ke pola makan nabati untuk variasi dengan mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijan dan kacang-kacangan.
  5. Lakukan Latihan Buat Tingkatkan Massa Otot: selain menjaga pola makan, cobalah menjalani gaya hidup yang lebih aktif dengan bergerak lebih sering, seperti berjalan lebih lama atau berlari cepat untuk membantu membakar lemak. Lakukan latihan yang mengharuskan otot mengerahkan gaya resistif atau latihan ketahanan atau kekuatan, seperti mengangkat beban dan kettlebell, atau menarik tali, push-up, pull-up, dan squat. Juga, latihan kardiovaskular atau latihan aerobik antara lain menari, lari, lompat tali, jumping jack, dan bersepeda. 

Lalu, bagaimana caranya biar tahu berapa banyak kalori yang bisa dibakar dengan rutinitas olahraga?

Gunakan Workout Calculator untuk Pilihan Latihan Terbaikmu

Next, gunakan kalkulator di https://www.culinaryschools.org/blog/workout-calories/  untuk memperkirakan dengan cepat total laju pembakaran kalori di mana tersedia kombinasi hingga 20 latihan yang berbeda.

Mudah saja caranya, cukup masukkan tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, usia, olahraga apa yang kita lakukan, dan berapa lama kita berolahraga, yang memungkinkan kita memilih lebih dari 200 latihan berbeda!





Seperti saya yang saat ini memilih jalan selama 30 menit hampir setiap pagi, yang ternyata bisa membakar 120 kalori...mayan banget nih!

Oia, di link di atas enggak cuma ada berbagai opsi latihan untuk membakar kalori
tapi juga ada tips yang disertakan agar latihan tidak membosankan, seperti:

  1. Berolahraga di Luar Ruangan: enggak harus di tempat gym atau di rumah, jogging di taman, sepeda-an ke perkampungan bakal menyenangkan dan mengurangi stres serta memungkinkan kita fokus pada diri sendiri.
  2. Bikin Workout Playlist: biar makin semangat olga, dengarkan musik kesukaanmu biar termotivasi untuk berlari dan menambah energi. Mau KPop, lagu galau, atau dangdut koplo, monggo!
  3. Berolahraga dengan Teman: enggak aciii olga sendirian, Bakal lebih semangat kalau bareng teman, selain untuk memperkuat ikatan sekaligus mencapai tujuan kebugaran.
  4. Ikut Kelas Latihan: bosan berlari atau bersepeda sendirian, coba saja kelas yoga atau Zumba, enggak cuma makin bugar tubuhmu tapi bisa dapat teman baru
  5. Coba Aneka Latihan: tingkatkan latihan dengan mencoba gerakan baru, gabungkan latihan kardio dan tantang diri sendiri untuk jalani rencanamu

Well, memulai olahraga pasti tak mudah ya apalagi mempertahankannya. Tapi, selama tetap berkomitmen pada tujuan kebugaran, pasti bisa. Yuk, semangat bareng kitaaaa!

Nah, kalau sudah semangat, jika dirimu butuh bantuan untuk melacak kemajuan penurunan berat badanmu, ada lho kalkulator penurunan berat badan!

Weight Loss Calculator untuk Bantu Capai Tujuan Penurunan Berat Badan


Yes, gunakan kalkulator ini https://www.culinaryschools.org/blog/weight-loss/ untuk memperkirakan seberapa banyak kamu perlu mengubah pola makan dan rutinitas olahraga untuk mencapai tujuan penurunan berat badan impian!






Lengkaaap fiturnya, yang bisa bantu kamu turunkan berat badan setelah lebaran ke berat ideal! Di mana kamu juga dapat memasukkan alamat email untuk mendapatkan hasilnya atau mengklik tombol [Dapatkan Laporan PDF] untuk menghasilkan cetakan PDF untuk melihat seberapa baik  kamu mengikuti rencanamu.

Kesimpulan

Well, mencapai berat badan ideal memang tak mudah. Dibutuhkan banyak kesabaran dan komitmen untuk tetap menjalankan rencana agar berat badan impian menjadi nyata! Karenanya, ada baiknya jika kita memiliki alat yang tepat dan mengelilingi diri dengan teman-teman yang mendukung untuk membantu mencapai mimpi ini. 

So, cek aja fitur-fitur yang sudah saya sebutkan tadi, mulai dari body fat calculator, workout calories hingga weight loss calculator yang ada di https://www.culinaryschools.org/ 

Oia, ingat yaa, selain menurunkan berat badan, kita juga menginginkan tubuh yang kuat dan sehat, jadi lakukan dengan cara yang aman dan tidak asal-asalan! Yuk, sama-sama kita berusaha turunkan berat badan setelah lebaran! Semangaaat!!💗


Salam

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

31 komentar untuk "Yuk, Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran Bersama Culinaryschools.org!"

  1. hiks, tinggi Mbak Dian 155 sudah galau dengan BB 57 kg
    Bagaimana saya yang sempat 70 kg dan sekarang sedang berjuang
    Udah sampai 62 kg, tapi mungkin melar lagi karena selama Ramadan enggak olah raga pagi (ngantuk berat)
    Baca tulisan Mbak Dian jadi termotivasi lagi
    Yuk ah, pasti bisa turun BB lagi agar badan sehat

    BalasHapus
  2. Lebaran memang saatnya makan enak-enak.dan beragam ya, Mbak. Dan tanpa sadar, badan pun ikut lebaran. Tinggal kaget pas ngaca dan timbang badan hahaha.
    Makanan memang untuk menurunkan berat badan harus Semangat dan komitmen. Apalagi ada bantuan Culinaryschools.org yang komplit.

    BalasHapus
  3. Samaaa.. Aku abis lebaran juga nambah berat badan banyak banget, butuh diet. Btw baru tau kalau di culinaryschool ada wight loss calculator..

    BalasHapus
  4. ya allah ini infonya sangat membantu sekali. Aku baru tau ada kalkulator perhitungannya di Culinaryschools ini. Bener sekali apalagi abis lebaran ini agak lost untuk makannya. Banyak konsumsi gula dan gorengan auto berisi lagi badannya

    BalasHapus
  5. ya allah ini infonya sangat membantu sekali. Aku baru tau ada kalkulator perhitungannya di Culinaryschools ini. Bener sekali apalagi abis lebaran ini agak lost untuk makannya. Banyak konsumsi gula dan gorengan auto berisi lagi badannya hehe

    BalasHapus
  6. Eh gak nyangka di games ini bisa buat menghitung berat badan juga karena lengkap ada kalkulatornya juga.
    Boleh ceki² nih jadinya biar bisa jaga berat badan

    BalasHapus
  7. Duh, samaan. Semenjak pandemi sampai sekarang, aku udah naik 20 kg mba. Pengen nurunin BB sekitar 15 kg, sampai aku download aplikasi latihan di rumah mba. Pengen cek culinary school juga ah

    BalasHapus
  8. Wah, seru banget bisa cek lemak tubuh juga ya. Kalau kita tahu kesehatan itu pentimg, pasti jadi rajin jaga kesehatan dan pola hidup juga ya. Aku jadi pengin cek persentase lemak tubuh pake tools dari culinary school

    BalasHapus
  9. Kak Dian lengkap banget ini culinaryschool untuk program diet yang sehat. Jadi gak asal turun berat badan saja tapi juga memperhatikan persentase lemak tubuh.
    Wiiih buka ah

    BalasHapus
  10. Saya kira ini website buat main game aja ya, Ternyata emg bisa buat program diet. Jadi, cocok buat orang dewasa, nggak hanya anak-anak.

    BalasHapus
  11. Wow informasi bagus nih
    Saya sempat kaget waktu ikut ziarah Makam Walisongo berat badan saya naik tujuh kg selama semingguan...
    Ya gak naik gimana kerjanya duduk di kendaraan makan dan tidur. Jalan paling pas mau ke makam dan mau ke kamar mandi.
    Sempat bingung mau "diet" kaya gimana biar sehat tapi goal
    Coba nih bakar kalori seperti Mbak Dian ini

    BalasHapus
  12. Belum tentu yang kurus, massa lemaknya bagus. Glek! Aku auto deg-degan nih Mba. Nganjangaaan, selama ini hanya merasa sudah cukup karena berat badan yang segitu-segitu doang padahal ada massa lemak yang belum ketahuan. hadudu ...

    BalasHapus
  13. Kurus belum tentu lemaknya bagus ya... Perhatikan kalimat itu ya...

    Hihi...

    Saya juga jadi penasaran sama fitur body fat calculator, workout calories sampai weight loss calculator nya itu. Secara diam diam saja juga pengen ideal sempurna. Haha...

    BalasHapus
  14. aku juga lega pas tahu body fat meningkat seiring bertambahnya usia wkwk

    Kalau untuk orang yang hemat budget, gimana ya pola makannya?

    BalasHapus
  15. Waash jalan kaki 30 menit hampiur tiap hari ternyata manjur banget ya Mbak .... kudu saya praktekin juga nih. Saya juga baru tahu ada Workout Calculator di Cullinary School. Gratis pula ya .... waah

    BalasHapus
  16. Turunin badan ini perkara sulit bagi saya yang demen ngemil wkwk. Memang bener banget nih asupan gula yang tepat pengaruh banget buat nurunin berat badan. Untungnya di Culinary school ada tools yang bisa bantu kita mencapai berat badan ideal yah

    BalasHapus
  17. Mohon maaf lahir bathin juga Mba.
    Timbangan? Wah, aku udah nggak mau lihat timbangan sejak Ramadhan mba, takuuut hahahaha.
    Terakhir sebelum puasa sih beratku 77 dengan tinggi 170, yhaa ngga usah dihitunglah ya abis lebaran ini seberat apa, udah basih overweight ini mbah huhuhu.

    BalasHapus
  18. Berat badan mbak idealnya 50kg, waduh apa kabar dengan saya yang membengkak sampe 75kg, ok sepertinya memang harus diet untuk menjaga kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  19. Aku sempet intermittent fasting, sempet turun 3 kg. Lah sekarang udah naik lagi, engga turun-turun. Hiks...Nah, belum cek nih aku pakai calculator dari culinaryschools...Hum...memang kurang workout sih...Yuk ah semangaat...

    BalasHapus
  20. Kita sebagai manusia memang selalu butuh pengawasan. Termasuk saat menurutku kan berat badan

    BalasHapus
  21. aku sebenernya demenn olahraga mbaaa
    cuma kurang konsisten dan disiplin.

    kayaknya boljug mau ikut tips ala mba Dian.
    makasiii ya

    BalasHapus
  22. Wah seru banget nih
    Pas banget buat aku yang masih harus berjuang menurunkan berat badan
    Nanti aku coba meluncut ke webnya ah
    Makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  23. Bukan semata-mata ingin langsing saja. Memang pengen sehat juga. Di usia sekarang betapa mudahnya timbangan saya stuck di 50, padahal sebelumnya stabil di angka 47-48. Nggak bisa didiamkan, ya, itu sudah tanda-tanda metabolisme tubuh menurun.

    BalasHapus
  24. Iya betul mba untuk mencapai body goal yang diinginkan perlu kesabaran dan ketekunan.
    Biar lebih semangat kayaknya harus dicoba nih mengajak teman untuk olahraga

    BalasHapus
  25. Aku baru tau kalau di Culinaryschools.org ada berbagai macam kalkulator yang bisa membantu turunkan berat badan. Aku juga terasa sekali, lebaran dan bersilaturahm ke rumah saudara hingga ada hajatan di keluarga besar kami membuat zona nyaman terkait makanan ini jadi ugal-ugalan.

    Pas balik lagi ke Bandung, barrruu aja nimbang uda berasa horor duluan.
    PR banget kudu kontrol asupan makanan yang masuk.

    BalasHapus
  26. Aku jadi coba hitung sendiri
    Mau ah tahu idealnya seberapa
    Kalau lepas masa ngASI mau genjot olahraga dan turunkan BB

    BalasHapus
  27. Hiks akupun susah nih mau menurunkan berat badan secara jika diukur BMI saya sudah termasuk overqeight jadi ya harus diet, secara saya juga ingin tetap sehat sampai tua

    BalasHapus
  28. OTW nih cek2 fitur kalkulator untuk penurunan berat badan. Pas banget dengan kebutuhan saya saat ini yang masih perlu menurunkan beberapa kilogram lagi berat badan saya. Kalau terlalu berat rasanya tidak enak banget.

    BalasHapus
  29. Memang berat sekali memulai olah raga itu mba Dian...
    Hiks...
    Semua work out yang mudah dan menyenangkan dah saya bikin playlist sendiri di youtube, tapi blom eksekusi juga sampe sekarang.

    BalasHapus
  30. Aku yang semula 45, kini 60 lebih, wkwkwk seru nih ya turunin berat badan bareng culinaryschools.org. Ada catatan weight and lossnya.

    BalasHapus
  31. wah keren banget nih culinaryschool ada fitur kalkulator berat badan juga kirain selama ini cuma ada game doang. aku sendiri juga kelebihan berat badan mbak huhu harus turun 10 kilo biar bisa balik ke berat badan sebelum punya anak

    BalasHapus