Kapan Waktu yang Tepat Pemakaian Kawat Gigi pada Anak?


Sahabat Ummi, saat usia anak mencapai masa pergantian gigi susu dengan gigi tetap (periode gigi campur), kadang kita temui gigi pengganti tumbuh berjejal. Biasanya, dokter gigi akan melakukan tindakan pencabutan gigi susu di sebelah gigi pengganti untuk memberikan ruang tumbuh, jika penyebabnya adalah kurangnya tempat tumbuh. Tetapi, jika gigi pengganti sudah terlanjur tumbuh berantakan, dokter gigi kemungkinan akan menyarankan pemakaian kawat gigi.

Kawat gigi pada anak berfungsi sebagai alat untuk mengoreksi susunan gigi yang tumbuh berdesakan, tidak serasi atau menyimpang dari pola normal. Sebelumnya dokter gigi akan melakukan pemeriksaan pada gigi, rahang, mulut, pemeriksaan dengan sinar X dan pembuatan cetakan bentuk gigi/rahang untuk  menentukan jenis perawatan yang diperlukan.  Faktor usia anak dan tingkat keparahan keadaan giginya, menentukan jenis kawat gigi yang akan dipakai. 

Jenis-jenis kawat gigi :

1.Kawat gigi lepasan: untuk memperbaiki masalah minor pada gigi anak dalam masa pertumbuhan. Jenis ini bisa dipasang dan dilepas sendiri sehingga tingkat keberhasilannya tergantung pada kepatuhan anak menggunakan kawat gigi secara rutin. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara anak, orang tua dan dokter gigi dalam pengawasan pemakaiannya.

2.Kawat gigi permanen: digunakan untuk mengoreksi letak beberapa gigi sekaligus dan mencegah masalah yang membahayakan kesehatan di kemudian hari. Jenis ini hanya bisa dipasang/dilepas oleh dokter gigi dan terus dipakai sampai perawatan dinyatakan selesai. Keberhasilan perawatan tergantung pada kepatuhan anak untuk memelihara kebersihan gigi dan mulut, menjaga pola makan dan rutin menjalani kontrol perawatan ke dokter gigi pada waktu yang telah ditentukan.

Hasil optimal perawatan kawat gigi pada anak, tergantung pada ketepatan pemilihan waktu untuk memulainya. Dan, kunci utama keberhasilan perawatan adalah sikap kooperatif anak. Beri penjelasan sebelumnya agar anak memahami apa yang akan dilakukan pada giginya, sehingga ia bisa diajak bekerja sama selama menggunakan kawat gigi tersebut.

Perlu diingat bahwa tidak dibenarkan memakai kawat gigi dengan tujuan mengikuti fashion.  Pemasangan kawat gigi yang tidak semestinya akan membuat keadaan gigi tidak harmonis bahkan acak-acakan. Karena itu pemasangan kawat gigi harus dikerjakan oleh dokter gigi yang berpengalaman setelah melalui tahapan-tahapan pemeriksaan, dan bukan di salon kecantikan.

Jadi, lebih baik ajak anak konsultasi ke dokter gigi sejak dini, untuk gigi yang sehat terawat, mengantisipasi masalah kesehatan di masa mendatang dan membuat anak lebih percaya diri di kemudian hari!😄

ummi-online , 2 Oktober 2016
Referensi: berbagai sumber / Ilustrasi: Google / Penulis : Dian Restu Agustina


No comments:

Post a Comment