Ini Dia Obat Sakit Gigi Paling Ampuh dan Bikin Cepat Sembuh!

Obat sakit gigi paling ampuh adalah obat yang paling dicari para penderita sakit gigi. Sakit yang terlihat sepele tapi kalau sudah kambuh rasanyaaa tuh nyut-nyutan warbiyasa. Duh!

Ya, sakit gigi bisa bikin kepala rasanya berdenyut, gusi senat-senut, dan rasa nyeri di sekitar mulut!

Untuk mengatasi hal ini segera datangi dokter gigi secepatnya. Sementara, untuk meredakan gejalanya, gunakan obat rumahan yang dapat meringankan dengan segera.


obat sakit gigi


Yess, obat sakit gigi paling ampuh ternyata ada di dapur kita. Bisa jadi pertolongan pertama saat timbul gejala, syukur-syukur sembuh sakit giginya. Apalagi hari gini, saat pandemi masih wara-wiri, mau ke dokter gigi kok rasanya masih ngeriii. Maka, mencoba menggunakan obat rumahan bisa jadi solusi! 

Tapiiii, sebelumnya kita ulik dulu yuk perihal sakit gigi ini. 

Apa benar sih seperti kata penyanyi lawas Meggy Z "Daripada sakit hati lebih baik sakit gigi?" 

Tentang Gigi dan Sakit Gigi

Well, sakit gigi bisa disebabkan adanya masalah pada saraf di akar gigi atau terjadi iritasi di sekitar gigi. Sedangkan penyebab paling umum dari nyeri gigi adalah infeksi, pembusukan, cedera, atau kehilangan gigi.

Sementara, nyeri terkadang berasal dari daerah lain yang menyebar ke rahang, sehingga muncul rasa sakit pada gigi. Tak hanya itu, bakteri yang tumbuh di dalam mulut juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi berlubang.

Memang, saat membicarakan masalah kesehatan gigi, biasanya fokus kita ada pada masalah gigi semata. Padahal selain gigi, gusi juga memegang peranan yang penting dalam hal kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Nah, untuk mencegah agar tak timbul masalah pada gigi dan gusi kita, berikut tujuh tips ini yang bisa membantunya:

  1. Sikat gigi minimal dua kali sehari dengan cara yang benar. 
  2. Bersihkan gigi dengan benang halus (dental floss) setiap hari untuk hasil optimal
  3. Makan makanan bergizi terutama vitamin C dan kalsium untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi
  4. Minum cukup air setelah makan untuk membantu membersihkan sisa makanan pada gigi dan gusi
  5. Berhenti merokok karena merokok tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi Anda.
  6. Hindari makanan yang terlalu panas dan dingin karena dapat merusak kesehatan gigi dan gusi 
  7. Kelola stres karena stres, akan memicu timbulnya penyakit termasuk gigi dan gusi

Well, tingkat keparahan sakit gigi memang sangat beragam, mulai dari nyeri yang ringan dan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, hingga nyeri yang parah dan tak tertahankan. Rasa nyerinya sendiri dapat terasa berdenyut atau seperti ditusuk-tusuk. Dan tak hanya rasa nyeri, sakit gigi dapat disertai dengan pembengkakan pada gusi, sakit kepala, dan demam. 

Sebaiknya, segera temui dokter bila sakit gigi yang  dialami sudah dirasa parah. Namun sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi di rumah.

Apa saja?

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh


Nah, berikut beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa dilakukan guna meredakan gejala sakit gigi yang datang tanpa diundang:


Berkumur dengan Air Garam

Ini resep jadoel sih ya...Saya ingat sekali, saat kecil sakit gigi, Ibu menyiapkan 1- 2 sendok makan garam dapur, lalu melarutkannya dalam segelas air hangat. Kemudian meminta saya berkumur selama 30 detik dan membuang air garam setelahnya. Beneran enakan lho jadinya!

Ini ternyata karena air garam telah terbukti mampu membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Maka tak heran sejak dahulu berkumur pakai air larutan garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer. 


Mengompres dengan Es Batu

Tak hanya berkumur dengan air garam, saya juga pernah diminta Ibu mengompres pipi yang bengkak karena sakit gigi itu dengan es batu. Yaitu dengan membungkus es batu dalam sebuah handuk kecil lalu ditempelkan ke area pipi yang bengkak selama 15-20 menit, tiga kali dalam sehari. Kompres dingin ini akan membuat bengkaknya mereda, nyeri berkurang, juga berhentinya pendarahan.


Mengunyah Bawang Putih

Bukan hanya air garam dan es batu saja, obat sakit gigi paling ampuh yang ada di rumah kita. Ada juga bawang putih. Caranya simpel saja, satu siung bawang putih dikupas lalu dipotong jadi dua. Kemudian letakkan di bagian gigi yang sakit tadi. Atau bisa juga dikunyah beberapa menit. Bakalan enakeun, deh!

Maklum, rempah yang satu ini memang berifat antiseptik dan antibiotik alami yang bisa membantu melawan infeksi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di gigi kita.

Pantesan jadi reda nyerinya!


Daun Jambu Biji

Nah, bahan ini yang paling mudah juga buat saya, karena tinggal petik dari halaman rumah sebab saya menanamnya.

Buat mengobati sakit gigi, cuci bersih daun jambu biji sebelumnya. Kalau tega langsung kunyah aja daun mentahnya. Kalau enggak suka rasanya yang memang agak-agak, remas saja sebentar dan hancurkan ke dalam air mendidih. Setelah hangat pakai larutannya untuk obat kumur.

Bakalan lega sakit giginya karena daun jambu biji memiliki sifat anti radang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya itu saja, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut kita. 


Minyak Cengkih

Last but not least, ada minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh. Memang sih enggak semua orang biasa menyimpan minyak ini di rumah. Padahal cengkih yang mengandung senyawa eugenol, bisa berperan sebagai antiseptik alami yang dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur.

Ya, minyak cengkih terbukti secara efektif mampu meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu, karena mengandung senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami. 

Caranya, kita bisa menggigit kapas yang sudah direndam atau diberi minyak cengkih ke bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga mencampurkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan dapat digunakan sebagai obat kumur. 


Nah, itulah beberapa obat sakit gigi paling ampuh dan bikin cepat sembuh!!

Tapiii, seampuh apapun obatnya, pencegahan tetaplah yang utama. Termasuk rutin periksa gigi ke dokter juga jadi hal wajib yang harus kita lakukan guna mencegah sakit gigi. Periksakan gigi kita ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali. 

Ingat, semakin dini penyakit terdeteksi, maka perawatan akan semakin sederhana, biayanya lebih murah, dan risiko komplikasi juga semakin kecil!💖


Salam Sehat

signature-fonts

4 comments

  1. Pernah coba pake bawang putih. Dan rasanya nyess banget. Emang perih rasanya, tapi abis itu ga sakit lagi giginya.

    ReplyDelete
  2. Yes.. Yg di atas bisa jadi untuk pertolongan pertama mengatasi sakit, tapi untuk menyembuhkan tetep hrs tindakan ke drg.. Soalnya urusan gigi jarang solusinya adl obat (bahkan drg yg sukses itu yang sedikit ngasih obat)

    ReplyDelete
  3. air garam yang sering walau gak sakit gigi juga selalu rutin kumru2 air garam hangat

    ReplyDelete