Badan Sehat, Berat Idealpun Dapat


before - after

Saat lajang, berat badan suami saya seimbang. Setelah berkeluarga dan ada yang "merawatnya", berat badannya pun meningkat tak kira-kira, jadi mengembang! Penyebabnya : enak makan, enak tidur, olah raga tidak teratur, hingga akhirnya berat badan naik gila-gilaan. Mendapati diri menjadi bulat tak terkendali, ia pun bertekad untuk menurunkan berat badan, sampai ke proporsional. Dan, ini bisa bertahan sampai beberapa tahun kemudian.

Nah, gegara kerja di Aljazair selama dua tahun, kisah lama pun terulang lagi. Sistem kerja on-off di camp, membuatnya jadi jarang menggerakkan badan. Sehari-hari aktivitasnya dari bangun tidur, jalan kaki ke gedung sebelah untuk bekerja, makan siang, kerja lagi, makan malam, balik ke kamar lalu tidur lagi. Begitu terus setiap hari, hingga badan pun beratnya meningkat jadi seperti tahu bulat. 

Hingga, suatu hari, ia pernah terbangun dalam keadaan tidak bisa menggerakkan badan. Dada sesak, sekujur tubuh kaku, sama sekali seperti semua tubuhnya tak berfungsi. Sekujur tubuh seperti mati rasa, tidak bisa apa-apa. Pas, saat sendiri pula! Akhirnya dia berpikir ketidakpedulian pada kesehatannya harus berakhir. Di benaknya langsung terbit niat untuk hidup lebih sehat. Ia berjanji akan menjaga badan, mensyukuri nikmat-Nya dengan cara menjaga kesehatan.

Hal ini, ia jadikan resolusi di tahun baru 2016 lalu, dan berhasil dicapainya. Kini, riwayat kesehatannya bagus (dari hasil medical check-up), merasa lebih bugar, semangat dan pikiran segar, jarang mengeluh capek, dan bonus terbagusnya adalah berat badan yang kembali ideal.

Sebenarnya ia tidak menjalani diet ekstrim. Memang, dalam setahun kemarin beratnya bisa turun sekitar 10 kg, tapi itu semua dijalani dengan santai dan tanpa beban. Karena tujuan awal adalah untuk kesehatan, turun berat badan itu hanya bonus sampingan

Berikut ini gaya hidup yang ia jalani :

Makan dan Minum
  • Pagi   : sarapan pagi di rumah seperti biasa, porsi : nasi/sayur/lauk + kopi. Misalnya : nasi pecel dengan telor mata sapi atau nasi capcay plus tahu dan tempe.
  • Siang : makan siang di kantor , antara lain : nasi sapo tahu dan sate ayam atau nasi gado-gado.
  • Malam : makan malam di rumah sayuran dan buah , contohnya : selada, wortel, tomat, timun, pepaya, pisang, nanas, jeruk, mangga...atau sesuaikan dengan musim buah apa.
Olahraga
  • Pagi atau sore  : treadmill/workout sekitar 60 menit, 4 x seminggu
Hari Bebas : Sabtu dan Minggu makan bebas bertanggung jawab.

Tambahan : Air putih yang cukup ( bawa mug besar di meja kerja), tidur yang cukup sekitar 6-7 jam/hari. Mengurangi camilan yang berlemak.

Itu dia tips sehatnya. Yang mau coba, ayo semangat! Hidup sehat banyak manfaat!

Tidak mudah tapi ngga boleh menyerah ! Bukankah menjaga kesehatan adalah salah satu wujud syukur atas karunia Allah SWT atas badan? Dan, bukankah di dalam badan yang sehat akan terkandung jiwa yang kuat?😉😎

Jadi, mari hidup lebih sehat lagiiii !😍👌💪

workout - daily menu


No comments:

Post a Comment