[Review] Training Seluk Beluk Job Review 


Push yourself because no one else is going to do it for you.

(Doronglah dirimu, karena tak ada orang lain yang akan melakukannya untukmu)

Sebuah quote yang menurut saya benar adanya dan dalam maknanya. Motivasi memang harus kita tumbuhkan dari diri sendiri dan oleh kita sendiri. Dan, dorongan untuk maju musti kita pupuk agar kesuksesan yang menjadi impian bisa tergenggam di tangan. Ingat, semangat untuk menghebat akan terus ada jika kita senantiasa menjaganya. Hingga kita perlu mendorong diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Begitu juga dengan saya. Sebagai blogger pemula, saya pun bercita-cita untuk makin profesional dalam berkarya. Sebenarnya, sejak lama saya ingin belajar ilmu blogging pada pakarnya dengan mengikuti kelas blogging yang ada. Tapi, karena waktu yang belum tepat akhirnya keinginan itupun lama tertunda. Memang, mengikuti pelatihan bukanlah sebuah keharusan bagi seorang blogger jika ingin menimba pengetahuan. Toh, belajar bisa darimana saja, misalnya dengan membaca buku, mencari ilmu di dunia maya atau mengasah keahlian bersama komunitas yang ada. Namun, tentunya makin lengkap rasanya, jika bisa mendapatkan pelatihan langsung dari blogger profesional untuk memperkaya wawasan. Apalagi, blog saya sudah pakai domain sendiri (TLD), bukan subdomain (gratisan) lagi, yang tentunya jadi salah satu modal untuk lebih serius menekuni dunia blogging ini.

Memang, saat awal ngeblog, saya masih memakai subdomain blogspot.com. Kemudian saya migrasi ke blog berbayar, dimana proses migrasi ini saya kerjakan sendiri. Saya mencari informasi di artikel-artikel yang memuat info tentang tutorialnya, membacanya dengan seksama dan mencobanya. Dan, ternyata saya bisa! Berikutnya, segala sesuatu tentang blog, saya pelajari sendiri, dari melakukan blog walking, aktif di komunitas menulis seperti Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), dan membaca berbagai artikel terkait. Bahagianya ngeblog pun makin terasa, saat blog saya mulai ramai dikunjungi pembaca. Senaaaang banget rasanya! Apalagi saat blog mulai mendatangkan pundi-pundi rejeki karena memenangi kompetisi. Membuat saya jadi makin semangat lagi.

Selanjutnya, saya jadi tahu kalau blog ternyata bisa dijadikan tempat mendulang uang diantaranya dengan cara mengulas/mereview sebuah produk. Blogger bisa menuliskan review tentang pengalaman saat memakai produk tertentu dengan tujuan membantu usaha teman, meningkatkan trafik kunjungan  juga mendapatkan imbalan dari review yang dituliskan. Hhmm, menarik ya, tapi caranya bagaimana? Ada nggak ya, teknik tertentu untuk membuat review? Terus dapat darimana sih job review berbayar itu? Lalu, berapa ya, imbalan yang akan didapatkan? Ah, begitu banyak pertanyaan berkelebatan yang memicu rasa ingin tahu.


Hingga, pertanyaan-pertanyaan saya mendapatkan titik terang ketika membaca informasi tentang training job review yang saya temukan di wall-nya konsultan Indscript Creative, Mbak Diah Octivita Dwi Purwati. Kelasnya bertajuk "Seluk Beluk Job Review". Keren ini! Apalagi waktu tahu kalau mentornya Mbak Widyanti Yuliandari, Ketua Umum komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), seorang blogger profesional,  penulis buku, PNS, mahasiswa program Magister, pecinta gaya hidup sehat dan ramah lingkungan  dan berbagai profesi lain yang bakal panjaaaang kalau dituliskan. Lebih baik cusss..langsung ke griya mayanya jika ingin lebih lengkap infonya ya, yaitu di www.widyantiyuliandari.com

Yeaayy! Inilah saatnya...Dengan semangat 45 saya pun berniat daftar trainingnya. Eh, tapi begitu lihat tanggalnya, kok waktunya nggak pas lagi ya. Jadwal kelas bertepatan dengan acara pelepasan siswa di sekolah anak saya. Belum lagi pendampingan 10 hari sesudahnya yang berarti bersamaan dengan hari raya Idul Fitri. Ah, saya pun ragu, mengingat lebaran rencananya saya akan mudik hampir 2 minggu. Karena saya berencana tutup laptop selama di kampung halaman lantaran ingin konsentrasi pada ritual silaturahmi setahun sekali. Jadi, bagaimana caranya saya bisa ikut kelasnya, ya? Yaaah, sepertinya batal deh rencana!

Tapi syukurnya, pucuk dicinta, rejekipun tak kemana. Saya berusaha mencari informasi dulu langsung ke mentornya, Mbak Widyanti Yuliandari. Ternyata kelas yang dihelat pada Sabtu, 17 Juni 2017 bisa saja tak dihadiri di jam pelaksanaannya. Karena kelasnya online lewat Facebook group, sehingga kita bisa mempelajari kapan saja karena takkan dihapus materinya. Praktis, kan? Sedangkan, untuk pendampingan akan dilakukan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah lebaran, hingga mudik bakal tetap asyik! Mendengar info ini hati saya lega rasanya. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk jadi mendaftar di kelas Seluk Beluk Job Review ini.


Akhirnya sampailah pada hari H penyampaian materi. Dan, ternyata benar dugaan saya selama ini. Pengetahuan tentang job review saya benar-benar dangkal. Banyak istilah yang bahkan baru saya dengar saat itu. Tapi senangnya, Mbak Wied menyampaikan materinya dengan gamblang. Jika ada yang ingin ditanyakan pun kita tak perlu sungkan menyampaikan. Selain itu, saya juga bersyukur teman-teman peserta training lainnya menanyakan banyak hal yang akhirnya ikut menjawab rasa keingintahuan saya. Rasanya, meski berlangsung online, diskusi kelas kami seperti layaknya kelas konvensional.

Mbak Wied menjabarkan lewat slide, secara step by step, materi tentang apa job review itu. Lalu, bagaimana cara membuat review yang baik.  Juga cara mendapatkan job review. Diingatkan pula akan pentingnya mengoptimalkan sosial media serta membangun hubungan baik dengan klien dan pembaca. Pokoknya, dasar-dasar job review dijelaskan hingga yang baru belajar pun merasa paham.

Setelah dasar dari job review disampaikan, berikutnya dijabarkan tentang perlengkapan apa saja yang diperlukan. Tak lupa, Mbak Wied membagikan tips dan trik saat pengambilan foto, pembuatan profil dan grafis untuk melengkapi review. Tak ketinggalan info seputar rate card, google analytic dan invoice pun disertakan. Hm, benar-benar materi yang lengkap untuk sebuah kelas blogging online.

Oh ya, seselesainya kelas/penyampaian materi, kami ditugasi untuk membuat sebuah review dalam waktu yang ditentukan. Lalu, mentor membahasnya di kelas pendampingan disertai kritik dan saran. Tentu ini membuat kami makin percaya diri untuk membuat sebuah review. Seperti tugas yang saya selesaikan yang juga saya ikut sertakan dalam sebuah lomba. Saya tambah percaya diri mengikutinya setelah tugas dikupas oleh Mbak Wied disertai beberapa kritik dan saran untuk perbaikan. Membuat saya tak lagi baper dan minder dengan hasil karya blogger lainnya. Syukur-syukur siapa tahu bisa menang nanti... kwkwkw...πŸ˜€ Berikut blogpostnya :

http://www.dianrestuagustina.com/2017/06/asus-e202-si-trendi-solusi-komputasi.html

Tak hanya itu, pendampingan selama 10 hari pada training inipun sarat dengan materi bergizi. Awal pendampingan, masih berkaitan dengan tugas yang diberikan dimana peserta diajak berdiskusi tentang kesulitan yang dihadapi. Termasuk juga diajak ikut membaca tugas yang telah dikerjakan peserta lainnya dan mempelajari saran dan kritikan yang diberikan. Sesekali ada penambahan materi berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan peserta atau hal-hal non teknis yang harus diperhatikan saat menerima job review. Seperti pentingnya kejujuran saat mereview dan beberapa etika yang harusnya dipegang selalu oleh seorang blogger. Ingat, jaga attitude! Begitu yang berulang kali diingatkan oleh Mbak Wied. (Siyaaap, Bu Guru!😁) Tak ketinggalan kami peserta diajak saling memfollow akun sosial media yang dimiliki untuk mempererat silaturahmi dan saling menyemangati diri.

Sedangkan untuk tugas kedua, sebagai pengaplikasian materi pembuatan foto untuk judul blog, kami pun ditugasi membuatnya setelah sebelumnya dijelaskan dulu caranya. Dan, berikut ini hasil dari otak atik judul blog yang saya buat setelah mengikuti kelas:






Akhirnya, tak terasa selesai sudah kelas Seluk Beluk Job Review.  Saya pribadi merasa puas mengikuti kelas ini. Pengalaman Mbak Widyanti Yuliandari yang dibagi pada kelas ini membuat saya makin termotivasi untuk mendapatkan job review. Jika terus berlatih, saya tentu bisa membantu mereview produk teman agar makin jaya usahanya, dan satu saat bisa mendapatkan job review berbayar yang bisa bikin pemasukan makin lancar. Aamiin !

Memang yakin bisa? Tentu saja! Kan, sudah ikutan training Seluk Beluk Job Review ini. Jadi, pede aja lagiiii!

Nah, jika kamu berkeinginan belajar tentang job review, training Seluk Beluk Job Review ini bisa jadi pilihan tepat bagimu. Tunggu saja informasi kapan lagi kelasnya dibuka dan cusss langsung daftarin diri yaaa..!πŸ’






12 comments:

  1. Mba pngeen banget bs ikut trainingnya juga..kpan ya mba kira2 ada training kaya gini lagi? Ada infonya kah mba dian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Titik...info di grup IIDN biasanya, atau teman-teman FB yang jadi konsultan Indscript. Biasanya jauh hari sudah ada jadwalnya :)

      Delete
  2. Saya telat daftarnyaaa hiiiiks... Next time mau ikutan yg job review, kmrn ikut yang paket Mbak.
    Penting banget buat makin pede nge-reviewnya... TFS yaa mbak Dian.. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Dira, salam kenal juga..Terima kasih sudah singgah. Yup, nanti di jadwal training berikutnya...semoga bisa ikutan yaaa :)

      Delete
  3. hiks kemarin kelewatan daftar waktu ada kelas ini..next kalo buka pendaftaran lagi harus ikut nih..sukses selalu ya mbak, semoga lancar aplikasi ilmu barunya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, trainingnya nambah ilmu nih...semoga nggak kelewatan jadawal yang akan datang. Btw, terima kasih doanya, Aamiin...semoga ngeblognya lancar juga ya :)

      Delete
  4. itulah asyiknya jika ikutan traning di indiscript, kita yang emak - emak rempong, kadang jika mau kemana-mana mesti bawa krucil, masih tetap bisa nyerap ilmu dengan belajar secara online, saya lebih suka training via grub efbi, jika ketinggalan kelas masih bisa baca slide materi, jika mau bertanya pun bisa juga colekin mentornya. jadi nggak perlu manjat manjat kek di wa dan tele.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita Mbak Rahayu...toss! Lebih mudah di FB grup yaaak ..siiip, siip :)

      Delete
  5. Saya belum pernah ikut train tentang job review sebelumnya dan belum pernah dapat tawaran berbayar untuk mereview :)
    Kalo review pribadi sih udah pernah, seperti review cloth diaper, mooncup dan mie intant non MSG :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..Mbak Intan, saya malah pernah mereview..ini baru belajar dengan ikutan trainingnya dulu :)

      Delete
  6. Jos mbk Dian, ajarin dong buat domain sendiri. Tapi blogku masih apa atuh.... Proses belajar....sukses mbk 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar dulu untuk domainnya mbak, saya waktu itu 125 ribu/tahun untuk (dot)com. Terus tutorialnya saya ikuti step by step untuk pengaluhan dari blogspot(dot)com ke (dot)com, lewat tutorial yang banyak tersedia di blog teman-teman techno blogger, seperti blognya mas Sugeng (dot)id. Atau googling saja cara pindah domain dari blogspot ke com, nanti banyak infonya. Sukses juga untuk mbak Reefa..:)

      Delete