Milad Ketiga Blogger Muslimah yang Bertabur Berkah



Assalamualaikum.....

Hai..hai..! Long time no see...Ada cerita baru nih!

Alhamdulillah hari Minggu, 10 Des 2017 yang lalu, saya bisa menghadiri acara Milad ketiga Blogger Muslimah. Acaranya dihelat di Proxsis Consulting Group yang berlokasi di  gedung Permata Kuningan lantai 17, Kawasan Epicentrum, HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Acara milad komunitas blogger yang dibentuk pada 1 Des 2014 ini, bertemakan Muslimah di Era Digital. Dan, diikuti oleh 30 peserta, termasuk saya. (Duh, senangnya!) Dimana kami mengikuti keseluruhan prosesi dari Registrasi pada pukul 08.30 dan diakhiri pada pukul 14.30 dengan Penutupan.

Keseluruhan peserta adalah sebagian kecil dari ribuan anggota komunitas Blogger Muslimah yang memiliki tagline keren Membaca Dunia, Menulis Semesta. Sebuah tagline yang berkesinambungan dengan visi dibentuknya, yaitu menjadi mesin penggerak Muslimah untuk aktif menulis di media sosial (blog). Dimana visi ini dijabarkan lagi dalam rangkaian misi yang ingin diemban oleh Blogger Muslimah, diantaranya:
  1. Memberdayakan para Muslimah melalui aktivitas menulis di media sosial (blog).
  2. Mengajak, membantu dan memfasilitasi para Muslimah yang suka menulis untuk memiliki, mengelola dan mengembangkan media sosial (blog) mereka secara baik.
  3. Menjalin rasa kebersamaan antar Muslimah dalam sebuah komunitas dengan tetap menjaga identitas mereka sebagai Muslimah.
Wow, misi yang sangat mulia yaaa...! Inilah yang membuat saya betah berkegiatan di Blogger Muslimah. Jadi, bisa mengikuti acara ini, membuat saya bersyukur sekali. Karena ini adalah acara blogger yang pertama kali saya ikuti sejak aktif nge-blog setahun belakangan ini...Sehingga, dengan semangat '45 emak-emak anak dua, pagi-pagi saya pun berangkat ke tempat acara. Hingga saya menjadi peserta pertama yang paling awal datangnya..hahaha (kerajinan  nih ceritanya).😁

Nah, beberapa saat setelah menunggu, tibalah acara pertama yaitu registrasi peserta sekalian penyerahan goodie bag yang oke bin ketjeee...!
  • Ada gamis biru dari Seply by Ethica yang tambah bikin ayu diriku
  • Blocknote, pulpen dan tumbler dari Proxsis Consulting Group. 
  • Buku "Cakap Bermedia Sosial (Cerdas-Kreatif-Produktif)", terbitan Kemenkominfo. Buku berformat komik yang keren dan pas, tidak hanya buat panduan saya saat bersosial media, tapi juga cocok untuk anak pertama saya yang sudah remaja.
  • Bros cantik dari @ Evaldin_art
  • Bandana rajut dari @ hana_mozlima yang nggak bikin pusing, berbahan lembut dengan pilihan warna yang cantik. (Ssst, kepoin Instagramnya ya..banyak koleksi menarik lho...!)
  • Bros cantik Blogger Muslimah
#EksisdiProxsis

Kemudian di sela waktu menunggu dibukanya acara, peserta dipersilakan mengambil foto-foto di spot instagramable yang telah disiapkan oleh panitia. Karena, nantinya akan ada beberapa lomba foto Instagram dengan tema yang telah ditentukan. Dan, tumpukan hadiah yang dipajang di meja, benar-benar menggoda saya. Bikin doa saya pun terapal, agar nama saya tersebut sebagai salah satu pemenangnya.. hahaha....(ngareeep!)

Horeeee...Hadiah!

Nah, akhirnya sampai jua di pembukaan acara. Diawali oleh pengantar dari MC, Mbak Liswanti Pertiwi yang membuka acara milad dengan ajakan yel-yel penuh semangat: Blogger Muslimah...Alhamdulillah..Tiga Tahun! Yel yang membuat cair suasana dan menambah semangat peserta untuk mengikuti acaranya.

Kemudian ada sambutan dari founder Blogger Muslimah, Mbak Novia Syahidah Rais. Beliau memaparkan latar belakang pendirian Blogger Muslimah, visi, misi yang ingin diwujudkan, beragam kegiatan yang telah diadakan dan rencana ke depan untuk pengembangan.

Novia Syahidah Rais
Founder Blogger Muslimah: Mbak Novia Syahidah Rais

Mbak Novia, seorang penulis yang telah menelurkan beberapa buku ternama ini, juga menceritakan jika niatan awal pembentukan Blogger Muslimah adalah untuk menggugah para Muslimah agar terus menulis. Terutama di media online yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Diharapkan para Muslimah juga bisa membagikan informasi di blog mereka terkait tumbuh kembang anak, dunia muslimah, karya-karya kreatif, bisnis dan sebagainya untuk bahan edukasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Hal ini dilatarbelakangi pada situasi akan begitu banyak tulisan dan berita yang ditulis penuh kebohongan untuk membentuk opini publik. Maka para Muslimah yang biasanya kritis bisa menuangkan opini berimbang melalui blog-blog mereka. Ini diharapkan menjadi edukasi bagi masyarakat agar tidak menelan mentah-mentah sebuah informasi.
Dari sinilah muncul semangat untuk membentuk komunitas Blogger Muslimah yang disambut hangat para Muslimah di berbagai wilayah. Mereka yang tadinya tidak tahu apa itu blog mulai mencari tahu tentang blog. Dan mereka yang tadinya mulai meninggalkan blog akhirnya kembali menekuni blognya. Alhamdulillah. Intinya Blogger Muslimah hanya ingin menggiring para Muslimah untuk bisa menulis di blog secara rutin dan berkualitas dengan semangat berbagi.

Lalu, tentang pemakaian nama Blogger Muslimah sendiri, tentu juga bukan bermaksud untuk mengkotak-kotakkan para blogger. Karena tanpa adanya Blogger Muslimah pun, komunitas blogger sudah menjamur dengan berbagai label masing-masing. Blogger Muslimah juga bersifat terbuka, menerima siapapun untuk bergabung, asalkan dia Muslimah. Boleh berjilbab atau tidak berjilbab. Bukan diskriminasi agama, namun setiap komunitas atau kelompok memiliki tujuan masing-masing, begitupun dengan Blogger Muslimah yang tujuannya memang ingin lebih memberdayakan para Muslimah di dunia blogging ini.

Kemudian, Mbak Novia, yang memiliki blog tinta perak ini, juga memaparkan bahwa Blogger Muslimah berkegiatan online melalui program Pos Tematik, One Day One Post di grup FB Blogger Muslimah dan kegiatan penulisan artikel di website resminya. Beragam artikel kajian tersedia, diantaranya Keluarga, Kepribadian, Literasi, Ragam dan lainnya. Juga ada kegiatan offline yang meliputi Muslimah Eduvisit Program, Meet Up Blogger Muslimah, Milad Blogger Muslimah dan lainnya. Keren-keren dah pokoknya. Nah, kalau kamu blogger dan seorang Muslimah, yuk cusss gabung ah, nggak bakal rugi dah! Banyaaak manfaatnya! Langsung jalan-jalan saja ya, ke website Blogger Muslimah atau di grup FB Blogger Muslimah Indonesia.

Blogger Muslimah
Mas Adit
Kemudian, acara pun dilanjutkan dengan sepatah kata dari pemilik tempatnya, Mas Adit, perwakilan dari Proxsis Consulting Group. Beliau menyampaikan kebanggaan bisa bekerjasama dengan Blogger Muslimah dalam acara milad ketiganya. Beliau menjabarkan tentang Proxsis, sebuah perusahaan yang bergerak dalam konsultasi dengan ragam layanan: Consulting, Professionals Development, Training and Executive Programs, Assessment & Audit, Business Proses Outsourcing, Project Management, Business Technology, Digital. Lengkap banget yaaa, karena Proxsis memang solusi konsultasi terpadu untuk membantu berbagai industri. Jadi, jika kamu membutuhkan jasa yang terkait dengan layanan yang disebutkan, Proxsis Consulting Group bisa jadi pilihan. Silakan langsung ke kantornya di Permata Kuningan atau dapatkan info di nomor 021-29069517.

Dan, karena semua sudah saling mengenal, saatnya masuk ke materi pertama. Tema dari materinya adalah Kepribadian Muslimah - Recognising Ourselves and Others. Pematerinya yaitu Mbak Ratih Sophie Azizah. 

Materi ini mengupas tentang apa itu kepribadian, DISC/alat tes untuk mencari tahu termasuk tipe kepribadian apa kita, tips bersosialisasi dengan berbagai tipe kepribadian yang ada dan Do&Don'ts berkepribadian yang baik bagi seorang Muslimah.

Ratih Sophie Azizah
Mbak Ratih Sophie Azizah
Mbak Ratih yang biasa mengisi kajian materi Keperibadian Muslimah di web Blogger Muslimah ini, memulai dengan konsep DISC, yaitu suatu alat tes untuk mengenali kepribadian seseorang. DISC ini terdiri dari:

  • Dominance (dominan/tegas) 
  • Compliance (cermat/perfeksionis) 
  • Steadiness (stabil/loyal) 
  • Influence (intim/komunikatif)   
DISC, merupakan alat tes kepribadian yang awalnya dipakai dalam perekrutan anggota militer di Amerika. Kemudian berkembang menjadi tolak ukur yang bisa dipakai untuk mengenali kepribadian diri sendiri dan orang lain sehingga hambatan dalam bersosialisasi dan berinteraksi bisa diminimalkan. Selain itu DISC juga menjadi solusi komunikasi dalam hal hubungan dengan pasangan, perencanaan kerja, seleksi karyawan, sales building, pencapaian tujuan organisasi dan berbagai kegiatan lainnya.


Blogger Muslimah
Kepribadian Dominance bercirikan: cepat mengambil keputusan, tegas, berego tinggi, bisa diandalkan, berani mengambil risiko dan berinisiatif tinggi. Mereka yang berkepribadian seperti ini akan menghargai waktu, inovatif, menentang status quo dan berada pada bottom line organizer. Tapi orang yang seperti ini sering melanggar kewenangan, tak suka rutinitas, sok berkuasa dan selalu ingin memimpin yang lainnya. Nah, profesi yang sesuai untuk dijalani adalah: Direktur, Leader, Manager, Owner, Dokter. Tokoh dunia yang bertipe ini contohnya adalah Margaret Thatcher.

Sedangkan seseorang yang antusias, bersemangat tinggi, percaya diri, optimis, persuasif, aktif bicara, impulsif dan emosional termasuk dalam tipe kepribadian Influence. Mereka ini punya kekuatan dalam melahirkan ide kreatif, penyemangat, memotivasi orang lain, berselera humor positif, sanggup menengahi konflik dan pembawa kedamaian. Tetapi mereka punya kekurangan lantaran kurang detail, terlalu banyak menggunakan bahasa tubuh, hanya mendengar yang disukai saja, dan suka mencari popularitas daripada hasil kerja nyata. Untuk pekerjaan yang sesuai bagi tipe ini adalah Presenter, Penyiar, Sales, Pengacara, Selebriti dan Tour Leader. Seorang yang berkepribadian ini salah satunya adalah Bill Clinton. 

Selanjutnya ada Steadiness. Seseorang yang bisa menjadi pendengar yang baik, team player, posesif, stabil, dapat diprediksi, mampu memahami orang lain dan bersahabat. Mereka dalam kelompok akan menjadi orang yang dapat dipercaya dan diandalkan, anggota team yang loyal, taat akan otoritas, sabar dan berempati serta mendamaikan konflik. Akan tetapi mereka cenderung menolak perubahan, butuh waktu lama untuk berubah, menyimpan dendam, sensitif pada kritik dan sulit menentukan prioritas. Orang dengan tipe kepribadian ini, cocok menekuni profesi: Staf Administrasi, Customer Service, Konselor dan Konsultan. Dan, salah satu tokoh yang berkepribadian ini adalah Barrack Obama.

Tipe kepribadian terakhir adalah Compliance. Yaitu orang yang berciri akurat, analitis, cermat, hati-hati, fact-finder, previsi tinggi, standar kerja tinggi dan sistematis. Biasanya mereka dalam kelompoknya akan tuntas dalam berkegiatan, rajin dan hati-hati, berperspektif sumber realitas, menggambarkan situasi, mengumpulkan, mengkritisi dan menguji informasi. Kelemahan yang dimiliki, mereka memerlukan batasan yang jelas, prosedur dan metoda, sangat detail, tidak mengungkapkan perasaan dan cenderung menerima argumentasi. Untuk pekerjaan yang sesuai adalah Staf Keuangan, Ahli Komputer, Hakim dan Notaris. Untuk kepribadian tipe ini contohnya adalah Albert Einstein.

Blogger Muslimah

Nah, kalau sudah tahu berbagai tipe kepribadian, sekarang pertanyaannya adalah: apakah manfaat mempelajari DISC ini?
  • Understanding: berusaha mengerti mengapa seseorang melakukan apa yang dilakukannya.
  • Recognizing: mengenali karakter seseorang dan memprediksi pendekatan apa yang cocok untuk dilakukan.
  • Adapting: saling memahami tipe kepribadian masing-masing.
  • Appreciating the difference: saling menghargai perbedaan tipe kepribadian
Sebenarnya bisakah kepribadian itu berubah? Menurut penjelasan Mbak Ratih, berbeda dengan karakter atau sifat bawaan seseorang yang sulit berubah, kepribadian itu ternyata bisa diubah. Karena kepribadian akan menyesuaikan dengan situasi, kondisi dan lingkungan sekitar. Meski perubahan ini tidak bisa secara drastis. Jadi, jika kamu sudah mengenali kepribadian diri dan pasanganmu, setidaknya berdua bisa melakukan adaptasi dan menghargai perbedaan yang ada. Begitu antara lain manfaatnya mempelajari DISC ini....(bisa dipraktekkin nih nanti di rumah sama Pak Suami..😀)

Nah, untuk prakteknya dan mengetahui tipe kepribadian masing-masing peserta termasuk yang mana, di tengah panyampaian materi, dibagikan lampiran umum deskripsi diri (DISC). Lampiran ini berisikan 24 pilihan pernyataan yang harus dipilih disesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

Salah satu contoh pernyataannya seperti di bawah ini. Pilih salah satu yang paling menunjukkan diri kamu yang sebenarnya:

A.Mampu menyemangati orang lain
B.Mampu berdiri sendiri
C.Suka membayangkan segala sesuatu akan jadi sempurna
D.Suka berhati-hati dalam berbicara

Setelah diisi masing-masing pernyataannya, jumlah terbanyak dari setiap soal itulah, perkiraan tipe kepribadian kita. Apakah itu Dominance, Influence, Compliance ataukah Steadiness. Dan, ta daaaa.. ternyata saya termasuk tipe Influence, pemirsaa! Dengan hasil Influence 9/Dominance 5/Compliance 5/ Steadiness 5. (Hmmm, buat kamu-kamu yang sudah mengenal saya, benar nggak ini ya? 😀)

Tipe Kepribadian: Influence
Nah, karena sudah bisa mendeskripsikan diri sendiri termasuk tipe kepribadian yang mana, maka materi Kepribadian Muslimah pun dilengkapi Mbak Ratih dengan Tips Do&Don'ts menjadi seorang Muslimah, yaitu:
  • Ikuti perkembangan jaman tapi jangan sampai jadi korban. Tak perlu latah, tetaplah menjadi Muslimah. Ikuti aturah syariah dan jadikan kegiatan sebagai ladang berdakwah.
  • Hati-hati bersosialisasi! Boleh berbaur tapi jangan sampai melebur apalagi hancur. Pilihlah teman, komunitas atau organisasi yang bisa membawa diri menjadi lebih baik lagi.
  • Jaga pikiran! Sibukkan pikiran dengan hal yang membawa kebaikan. Jauhkan pikiran buruk yang bisa bikin diri jadi terpuruk!
  • Sertakan Allah dalam setiap pikiran, langkah, hati, jari dan lisan. Sehingga Insya Allah kita akan terjaga oleh-Nya. 
Akhir kata, Mbak Ratih menutup materinya dengan pesan: "Ikatlah ilmu dengan menuliskan dan mengamalkannya!"

Alhamdulillah materi yang sangat bermanfaat sekali. Tak hanya membuat diri bersemangat untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tapi juga, memotivasi diri untuk menekuni ilmu dan membagikan banyak kebaikan pada lingkungan.

Terima kasih Mbak Ratih...🙏

Proxsis Consulting
foto: dok Blogger Muslimah
Setelah materi pertama selesai, tibalah saatnya Coffe Break. Biar yang tadi ngantuk-ngantuk sambil serius menyimak materi bisa melek lagi..hihihi. Benar juga lho, karena kuenya enak-enak dan kopinya bikin segar mata....

Nah..nah, karena tadi sudah dapat baju dari Seply by Ethica Fashion, maka setelah ngopi-ngopi, peserta diminta untuk mengenakannya. Dan selanjutnya, gamis ini dipakai untuk acara Photo Session. Peserta berpose sana-sini untuk selanjutnya diposting di sosial media untuk diikutsertakan dalam lomba yang ada. Pokoknya, gaya peserta nggak kalah dengan model yang ada di majalah. Mereka #SelfiewithSeply memakai gamis cantik dari Seply yang warnanya lembut, kainnya adem, modelnya terkini, dan yang pasti buatan dalam negeri. Pengin bukti? Ini salah satu modelnya...hahaha

Baca juga: Review Seply-Ethica

Ethica Fashion
#SelfiewithSeply
Kelar foto-fotonya, lanjut kita Ishoma. Enaknya di Proxsis Consulting Group ini tersedia tempat wudhu dan sholat yang layak, sehingga kita tidak perlu khawatir saat waktu sholat tiba.

Setelah sholat, perut pun diisi dengan sajian makan siang dari Ayam Bahagia yang enak gila. (Makan lagi...! Memang benar-benar rejeki bisa ikut acara ini..hihihi) Nah, waktu terima nasi boxnya, langsung merasa salut saya. Lantaran pemilihan brand-nya yang berani dan tak biasa, yaitu "Ayam Bahagia". Hm, ayam saja bahagia, kamu kok nggak ya? Bukankah bahagia itu musti kita ciptakan bukan dicari? Jadi jangan kalah sama ayam, ya, ...jangan lupa bahagia!

Blogger Muslimah
Ayam Bahagia yang bikin bahagia
Seperti Ayam Bahagia ini yang bisa bikin saya bahagia setelah menyantapnya. Karena porsinya banyak dan lengkap sesuai kapasitas perut saya hahaha. Ada nasi putih yang pulen, ayam bumbu yang empuk, sayur asem, tempe tepung, lalapan, sambel dan kerupuk...Laziiiiiz habiss! Oh ya, kalau kamu mau coba juga, bisa datang ke Ayam Bahagia, ya. Salah satu cabangnya ada di Jl. Kelapa Kopyor Blok O1/12A, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Atau pesan saja lewat telpon 0811 1968 900.

Nah, karena perut sudah kenyang....Yuks, lanjut ke materi kedua!

Kali ini, pematerinya bikin seger mata karena masih sese-Mas. (Pinter juga nih panitia, pas jam ngantuk, dikasih pemateri muda usia, hahaha...)

Blogger Muslimah
Mas Rian
Mas Rian, coach IT dari Proxsis Consulting Group ini,  membawakan materi bertema: Meningkatkan Traffic Blog dan Website dengan SEO Management.

Materi bergizi yang saat diawali saja, membuat saya langsung merasa nggak tahu apa-apa. Karena ternyata blogging itu banyaaaak ilmunya. Saya jadi mengucap syukur lagi, Alhamdulillah bisa ikut acara ini. 

Nah, Mas Rian mengawali materi dengan menjelaskan pengertian dari SEO (Search Engine Optimization) dan perbedaannya dengan Non-SEO/SEM(Search Engine Machine).

Definisi SEO adalah melakukan proses berupa aktivitas tertentu terhadap situs web sehingga situs web ditampilkan di halaman 1 daftar pencarian Google

Bingung? Simak penjelasannya yuuuuks!


Pertama, Mas Rian membuat contoh dulu dengan mengetikkan kata kunci/keyword "beli laptop" di mesin pencari Google. Lalu, akan muncul barisan web yang memuat konten berisi "beli laptop" tersebut. Nah, di bagian atas, ada beberapa baris yang ada keterangannya "bersponsor/iklan", itulah yang termasuk nos-SEO alias SEM. Sementara, barisan yang ada di bawahnya adalah hasil pencarian SEO.

Jadi ingat:
  • Hasil pencarian SEO = hasil pencarian alami/organik/tak berbayar/non-iklan. 
  • Hasil pencarian non-SEO = hasil pencarian tidak alami/non-organik/berbayar/iklan.

Lalu, apa kelebihan dan kekurangan SEO vs non-SEO itu?

SEO 

Kelebihan:
  • Jika sudah berada di halaman pertama, maka bisa 24 jam seminggu dan terus menerus di situ, sampai ada situs lain yang lebih optimal SEO-nya. 
  • Gratisss, nggak perlu bayar ke Google.
  • Lebih fleksibel menentukan judul
  • Branding 
Kekurangan:
  • Nggak bisa langsung muncul di halaman pertama. Perlu waktu harian, mingguan, karena ada beberapa faktor yang memengaruhinya.
  • Butuh effort lebih (waktu, tenaga, dana)
  • Karena hasilnya lebih permanen maka persaingan lebih tinggi dibandingkan optimasi non-SEO
Non-SEO
Kelebihan:
  • Berada di halaman terdepan di urutan teratas 1,2,3..dan seterusnya.
  • Langsung berada di posisi tersebut tanpa butuh waktu lama, sehingga langsung memberikan keuntungan bagi pemilik webnya.
Kekurangan:
  • Butuh uang! Sesuai dengan sebutannya: iklan(ads), iklan berbayar (paid-ads), PPC(pay per click)
  • Jika anggaran iklan habis, maka iklan berhenti tayang di posisi awal halaman pertama pencarian Google saat itu juga. Jadi sifatnya tidak permanen seperti SEO.
Nah, karena sudah jelas perbedaaannya, kita tinggal pilih yang mana, mau SEO atau non-SEO? Hmm, sepertinya lebih menguntungkan optimasi SEO kan, yaaa..
Meski ternyata SEO itu memang tak mudah. Kita harus buat konten apik dan "suntik" backlink sana-sini. Meski itu semua belum jadi jaminan juga, konten akan masuk di halaman pertama. Hadeeehhh! Lalu harus bagaimanaaaaa?

Untuk itu, yuk mari belajar SEO management agar optimal hasilnya!

Untuk melakukan SEO ada beberapa hal yang harus disiapkan atau dilakukan agar hasilnya maksimal, yaitu:

1. Tahap Pertama: Siapkan Web-nya

Persiapkan web yang akan dioptimasi. Boleh platform apa saja: Blogspot, Wordpress dan lainnya. Ssst, tahu nggak, katanya sih, platform yang paling "disayang" Google adalah Wordpress. Lha, kalau nggak pakai Wordpress, terus bagaimana dong? Lalu, kalau mau ganti bagaimana? Pindah ke lain platform bisa saja, tapi jangan lupa sebelumnya, pastikan back up dulu data-data di blog kita, biar nggak hilang semua. Oh ya, pilih juga platform yang mobile friendly, agar tampilan webnya muncul dengan baik saat dibuka di HP.


2. Tahap KeduaRiset Kata Kunci

Jangan sampai kita mengoptimasi kata kunci tapi tidak ada pencarinya. Pilih keyword yang banyak dicari orang. Google akan memberikan alternatif kata kunci yang bisa dipilih. Tool yang telah disediakan Google untuk pencarian kata kunci ini adalah "Google Keyword Planner"

Caranya:
  • Masuk ke "adwords.google.com"
  • Login Akun Gmail
  • Pilih dan klik "Keyword Planner"
  • Pilih dan klik "Telusuri Kunci Baru" 
  • Ketik kata kunci yang ingin ditargetkan, halaman web dan kategori. 
  • Tampilan hasil penelusuran rata-rata dan kata kunci menurut relevansi.
3. Tahap Ketiga: SEO On Page

Ini adalah proses SEO yang dilakukan hanya di bagian internal situs web saja. Dan, terdiri dari:
  • Title Tags/Meta Tags
  • Heading (H1),(H2),(H3)...dst
  • Struktur URL
  • Alt Text Gambar
  • Kecepatan Loading Page
  • Konten Situs Web
  • Internal Link
Sebenarnya inti dari SEO On Page ini sangat sederhana. Kita berusaha mengoptimasi website supaya:
  • Bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi pengunjung
  • Memudahkan pengunjung mengeksplorasi website
  • Membuat pengunjung betah berlama-lama di sana
  • Mesin pencari mengerti struktur web kita
⇉ Lalu, pertanyaannya adalah..."Susah-susah optimasi untuk menarik hati mesin pencari...Eh, kok fokusnya malah ke pengunjung, sih? Maksudnya g i m a n a?

⇉⇉⇉ Jawabannya: Karena mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung merasa puas atau tidak puas dengan halaman website yang mereka kunjungi.

Selanjutnya, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengunjung?
  • Konten
Buat konten yang berkualitas baik dengan ciri-ciri:
  1. Memberikan manfaat maksimal untuk pengunjung
  2. Punya kelebihan dibandingkan konten sejenis
  3. Disimak dalam waktu panjang oleh pengunjung
  4. Membangkitkan perasaan kagum, bahagia, terhibur
  5. Bisa menyelesaikan permasalahan pengunjung
  • Keyword yang populer dan tepat sasaran
Sertakan keyword yang populer, tepat sasaran dan relevan pada konten, judul, URL dan deskripsi.
  • Pilih judul halaman yang menarik dan mengundang klik
Cara sederhana untuk mengoptimasi judul dengan menyertakan keyword utama yang kita inginkan. Berdasarkan hasil riset menggunakan "Google keyword planner" tadi.
  • URL yang singkat dan deskriptif
Pakai URL yang relevan dengan isi halaman, pendek saja, jangan terlalu panjang. Sehingga saat pengunjung mengetikkan kata kunci, halaman kita akan terbaca oleh mesin pencari.

Contoh: "belajar seo"→ dianrestuagustina.com/belajar-seo/
  • Meta description yang deskriptif dan mengundang klik.
Meta description ini adalah 1-2 kata yang akan muncul dalam hasil pencarian.
  • Sertakan gambar yang berkualitas tinggi dan berukuran optimal
Sertakan gambar agar halaman tidak membosankan saat dibaca. Tipsnya:
  1. Pastikan gambar berhubungan dan menjelaskan isi halaman. 
  2. Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak
  3. Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan
  4. Kompres gambar supaya optimal. Idealnya berukuran 100 kb agar tidak memakan waktu saat loading. Untuk compress image bisa pakai tinypng.com 
  5. Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar
  • Outbond Link
Nah, poin ini penting  buat blogger newbie seperti saya. Yaitu, referensi berupa link ke website lain. Karena, link ke website yang bereputasi bagus dan relevan dengan konten akan membuat reputasi konten kita jadi lebih baik.
  • Internal link untuk memudahkan navigasi
Navigasi berkaitan dengan bounce (pengunjung yang buka halaman web dan langsung keluar). Jangan sampai bounce rate website kita tinggi (lebih dari 50 %), yang bisa jadi disebabkan oleh: kualitas konten yang mengecewakan dan navigasi yang sulit,
  • Social media sharing 
Sharing ke sosial media berdampak tidak langsung terhadap peringkat website. Jadi, share konten ke semua sosial media kita untuk:
  1. Mendapatkan tambahan pengunjung
  2. Branding website agar makin dikenal
  3. Faktor kepuasan bertambah tinggi
  4. Beberapa pengunjung akan memberikan backlink
  • Kecepatan respon dan hambatan kecepatan.
Website yang lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik. Faktor-faktor yang memengaruhi kecepatan ini adalah:
  1. Ditentukan oleh kualitas hosting yang digunakan 
  2. Jumlah file .js dan .css di file 
  3. Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga membuat pengunjung tidak nyaman    
Oh ya, untuk menguji kecepatan web, kita bisa cek di "Google Page Speed Test". Jika skor di bawah 75 berarti memerlukan perbaikan! (Dan, blog saya ternyata skornya 74...hiks! Berarti butuh diperbaiki segera...)

Nah, untuk mendapatkan baclink yang natural berkualitas, cara optimasinya adalah:
  1. Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasinya dengan membangkitkan emosi pengunjung lewat isi dan penampilan web
  2. Meminta atau bekerjasama dengan pemilik website lainnya
  3. Broken link building
  4. Resource link building
  5. Intip backlink dan strategi milik kompetitor di moz.com/researchtools/ose
4. Tahap keempat: SEO Off Page

Proses SEO yang dilakukan di luar bagian situs web atau eksternal. Seperti meletakkan link situs web kita di situs web lain (backlink)

Media sebagai sarana untuk melakukan SEO Off Page  diantaranya:
  1. Akun sosial media
  2. Situs social bookmarking
  3. Link building
  4. Blog dan forum posting
  5. Video 
Kemudian, Mas Rian menanyakan di akhir materi:  "Sebenarnya lebih penting mana antara SEO On Page dan SEO Off Page?"
Tenyata, sama pentingnya! Optimasikan keduanya secara seimbang, agar blog kita muncul di halaman pertama.

SEO + Share Socmed = 💖


Terima kasih ilmunya Mas Rian...🙏

Akhirnya selesai sudah rangkaian acara Milad ketiga Blogger Muslimah. Acara pun ditutup dengan foto bersama dan pembagian hadiah lomba. Dag dig dug para peserta, siapa ya yang memenangi masing-masing kategori. Dan, ternyata nama saya yang pertama disebut sebagai pemenang untuk kategori Lomba Foto Aksesoris Evaldinart. Jiaah, benar-benar nggak nyangka....Alhamdulillah! Ini karena penampilan saya dipercantik bros unyu-unyu yang unik dan menarik. Pas banget sama warna kerudung yang sedang saya kenakan. Oh ya, kalau kamu mau bros atau aksesoris lain, cuss kepoin Ig @ Evaldin_art yaaa! Banyak lho koleksi aksesoris menarik di sana.


Blogger Muslimah
Horeee..., fotonya menang!
Untuk kategori lainnya, diumumkan pula pemenang Lomba Foto Bacdrop Seply, Foto Ruangan Proxsis, Ucapan Milad dan Foodgram Ayam Bahagia. Sementara untuk Lomba Ucapan Milad di Instagram, Lomba Reportase Kegiatan, Lomba Review Ethica&Seply dan Lomba Livetweet akan diumumkan setelah penutupan batas waktunya. 

Selain itu, di sepanjang acara juga dibagikan doorprize untuk peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan pemateri baik dari Mbak Novia, Mbak Ratih maupun Mas Rian. Wah, acara Blogger Muslimah ini memang bertabur berkah....Alhamdulilah! 

Tentu kesuksesan acara tak lepas dari dukungan dari beberapa mitra, diantaranya Supertwin Shop. Sebuah olshop yang didirikan pada 22 September 2014 oleh salah satu anggota Blogger Muslimah, Aisya Avicenna. Supertwin Shop ini menjual produk jaket, jas hujan Sheba, aneka hijab dan buku. Diantaranya Jaket Indonesia Rasa Korea. Korean Hoodie buatan asli Indonesia ini berbahan sweater adidas yang lembut dan nyaman digunakan saat cuaca panas ataupun dingin. Terdapat beragam pilihan warna dengan ukuran bervariasi, dari S sampai 4L, jadi yang punya tubuh big size tidak perlu khawatir. Bagi yang berminat memiliki jaket ini bisa cek di instagramnya @supertwinshop atau tanya-tanya ke WA nya di 087800090037. Dan, inilah penampakan salah satu jaketnya...

Blogger Muslimah
keren jaketnya euyy!
Lalu ada juga, Sheba Jas Hujan Muslimah yang terbuat dari bahan terbaik, pionir jas muslimah cantik, desain elegan, warna yang cheerfull, komitmen kualitas, agen yang terpercaya dan harga terjangkau. Dimana Sheba mengedukasi customernya dengan hastag #RencanakanHariHujanmuBersamaSheba. Sebuah ajakan untuk memiliki Sheba saat sebelum hujan. Hastag lainnya adalah #AlhamdulillahHujan sebuah ajakan mensyukuri turunnya hujan sebagai nikmat dan berkah dari Allah, bukan malah dibenci dan dikambing hitamkan. Yang lagi perlu jas hujan, cus kepoin akun Ig @ Sheba_id yaaa! Banyak koleksi menarik di sana.

Akhirnya, di penghujung acara, panitia yang diwakili oleh Mbak Novia Syahidah Rais mengucapkan terima kasih kepada semua peserta dan mitra atas kesuksesan acara milad ketiga Blogger Muslimah yang sukses digelar dan kelar dengan lancar. Panitia juga memohon maaf khususnya kepada peserta bila ada kekurangan dalam penyelenggaraan. (Sepertinya nggak ada sih menurut saya...😍)

Terima kasih Blogger Muslimah untuk oleh-oleh goodie bag, hadiah dan terutama ilmu juga semangat baru untuk menjadi blogger dan Muslimah yang lebih baik lagi. 🙏

Sampai jumpa di milad keempat tahun depan yaa temans.....(teteup ngarep bisa ikutan..kwkwkw). Dan, buat kamu-kamu yang mau gabung atau pengin tahu lebih banyak tentang komunitas keren ini, cusss bisa langsung ke Blogger Muslimah ya!

Akhirnya, selamat Milad ketiga Blogger Muslimah. Barakallah fii umrik. Semoga makin sukses mewadahi blogger Muslimah di Indonesia dalam berkarya. Aamiin!💖

Blogger Muslimah
Blogger Muslimah...Alhamdulillah..Tiga Tahun!!!


Wassalamualaikum,

Dian Restu Agustina




84 comments:

  1. Lengkap banget ulasannya mbak, happy milad yang ke tiga buat blogger muslimah :)

    ReplyDelete
  2. Top mbak, lengkap dan informatif. Ga mbosenin baca pe akhir. Smg milad ke 4 Blogger Muslimah kita bs ktm lg. Amiiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Nia :)
      Aamiin..Semoga kita bisa jumpa di milad berikutnya.

      Delete
  3. Wah, bener-bener lengkap..kap. Suka deh baca ulasan Mba ini.

    ReplyDelete
  4. Semoga di Milad tahun depan bisa diundang lagi y mbak :D *ngarep

    seru banget acaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Iyaa..biar kita ketemu lagi ya Mbak Elva:)

      Delete
  5. Wah dekorasinya cantik ya bun ditambah materinya itu sesuai yang dibtuhkan oleh kita para blogger. Jadi pngen juga belajar kata kunci secara khusus seperti itu ��

    ReplyDelete
  6. happy milad buat blogger muslimah, jadi pengen tau lbh banyak nih.

    ReplyDelete
  7. Informatif banget ka... emang ya acara kemaren tuh gak cuma seru happy-happy, tapi berfaedah juga setiap ilmu yang dibagikan. See you next time ya kaaa 😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Arin..yup! acara yang seruuu...Apalagi jadi kenal kamu. See you next event yaaa:)

      Delete
  8. Wih, luengkap nih liputannya. Pengen ketawa pas baca: Makan lagi... 😁 Btw, jadi begitu to dunia per-SEO-an ituh. Hmm... Harus banyak belajar lagi nih. Makasih sharingnya, Mbak Influencer 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya nih Mbak Tatiek..SEO kelihatan ribet tapi ternyata nggak susah banget kok..Yuk, sama-sama belajar :)

      Delete
  9. Waaw mantal sekali ulasannya, keren dan kece bgt!

    Ohya bagaimana caranya biar bs gabung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Feli..
      Yuk..gabung di grup FB: Blogger Muslimah Indonesia.
      Juga di website: www.bloggermuslimah.id

      Delete
  10. Huaas seru acaranya
    Cuma bisa menyimak lewat tweet yg heboh.
    Sukses untuk BM di milad ke 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Semoga next event bisa ikutan ya Mbak Anis :)

      Delete
  11. Baca laporannya serasa ikut hadir....seru!
    klo pengen gabung bgm caranya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung di grup FB Blogger Muslimah Indonesia Mbak..Atau di websitenya wwww.bloggermuslimah.id :)

      Delete
  12. Seru banget acaranya yaaaa, aku gak berani daftar karena pas kebetulan periapan anak UAS. Biasanya anak-anak minta perhatian lebih dulu. Semoga next aku bisa ikut acara Blogger Muslimah. Seperti biasa, tulisan Mbak Dian, lengkap kap kap dan banyak banget ilmunya yaaa. Suka warna gamisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mbak Astin...
      Semoga next event bisa ikutan yaa....Dan kita bisa kopdaran :) Aamiin

      Delete
  13. Saya kira hanya cerita tentang acara miladnya saja. Ternyata ilmunya juga dibagi sekalian. Thanks for sharing mbak.milad tahun depan boleh ikutan tak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak...
      Daftar siapa cepat dia dapat, Mbak..semoga tahun depan bisa ikutan yaaa:)

      Delete
  14. Blogger Muslimah keren euiii...pingin juga gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk..gabung Bunda, di FB grup atau website-nya..:)

      Delete
  15. Wah rame banget ya, keren. Sudah tiga tahun .... moga eksis terus dan tercapai harapan Mbak Novia terhadap Blogger Muslimah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Terima kasih doanya untuk Blogger Muslimah , Mbak:)

      Delete
  16. Moga tahun depan bisa gabung di miladnya kembali

    ReplyDelete
  17. wah acaranya keren, padat dan berisi banget... andai ada di Malang aku pasti daftar hhihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu hari nanti diadakan Meet Up di Malang ya Mbak:) Aamiin

      Delete
  18. Mbaak...kalo enggak diulas, saya enggak tahu ada blogger muslimah. Sukseees yes

    ReplyDelete
  19. Suka banget sama model gamisnya Mbak. Pas baca artikelnya gak sabar ngintip toko online Ethica hehe..

    Oya ulasan SEO nya cakep. Diam2 dapat pelajaran bagus disini. Makasih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo cuss ke Ethica...
      Terima kasih, semoga infonya bermanfaat:)

      Delete
  20. Masya Allah, lengkap banget reportasenya. Aku lagi benerin blog nih supaya SEO makin oke.
    Btw, masih belum paham yang ini: Tambahkan atribut alt ketika meletakkan gambar. Maksudnya bagaimana ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Image Properties nggak cuma diisi title tapi alt juga Mbak
      Misalnya: title: judul artikel , alt: judul gambar
      Jadi nanti mesin pencari akan mendeteksi artikel kita lewat gambar yang ada

      Delete
  21. Lengkap banget. Sukaaa. Secara, aku gak ngikutin acaranya *nasib. Kalo ada award buat peserta yg dateng paling pagi, Mba Dian juaranya. Datengnya bareng panitia hehehe. Jgn bosen2 ikut acara2 BM lagi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rewardnya kurang satu..peserta paling pagi hihihi..
      Insya Allah lain kali kalau ada acara BM lagi datang..

      Delete
  22. Happy milad blogger muslimah.semoga makin sukses dan berkah ke depannya. Oiya gamisnya lucu mba *galfok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Iya , karena gamisnya lembut di hati by Seply hihihi:)

      Delete
  23. Salam. Wah keren sekali acaranya. Artikelnya juga bermanfaat sekali bs jadi rujukan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..acara yang ketjee Mbak Rina..
      terima kasih:)

      Delete
  24. aaarrrggghhh... mupeng liat acaranyaa...qodarullah ga bisa ikutan hadir. tapi membaca ini jadi serasa ada di sana. report nya luengkap mba. terima kasih banyak info kerennya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak sama-sama..Semoga next event bisa ikutan yaaa:)

      Delete
  25. Aku masih cinta sama blogspot, mba.

    Etapi skr ikutan aktif di web BM, jadi bisa belajar sekalian deh di wepe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih setia dengan blogspot Mbak..:)

      Delete
  26. Replies
    1. Terima kasih Mbak Lies..Semoga bermanfaat yaa:)

      Delete
  27. Lengkap bangettt reportasenya mbaa.

    ReplyDelete
  28. ini paket komplitt mbak dian, wahh bnyak ilmu yang harus di pelajari mengenai SEO ini

    ReplyDelete
  29. Makasih ulasannya, sayangnya saya masih trimester pertama jadi belum bisa silaturahim. Semoga next event bisa silaturahim yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...semoga next event bisa ya Mbak Laela:)

      Delete
  30. Lengkap sekali reportasinya. Bakal sering balik ke sini nih supaya bisa menyerap ilmunya.

    Btw saya naksir juga sama jaketnya pesan ah...
    Jas hujan juga lagi perlu banget. Cuss ke medsos nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah singgah Mbak...yuk kepoin sosmed nya :)

      Delete
  31. Ulasan tentang SEOnya lengkap banget! Kebayang serunya mba. Mengelus dada semoga suatu hari nanti bisa ikutan event begini :)

    ReplyDelete
  32. Mbak Diaann, saya mau juga dateng ontime *sungkem

    ReplyDelete
  33. Aih bahagianya bisa ikutan Milad BM, sayang aku ngga tinggal di Jakarta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lain kali ada Meet Up BM di kota Mbak yaa...Aamiin:)

      Delete
  34. HEuheuu, belum rezeki saya keangkut ke acara itu, semoga next event bisa ikutan

    ReplyDelete
  35. Komplit sekali bahasannya mbak. Tulisannya juga ga bikin bosan membaca...

    ReplyDelete
  36. Wiiiihh seru bingit acara perayaan ulang tahun blogger muslimah :) Btw aku udah join belum ya? heheheh...Banyak sekali ya manfaat bergabung denga komunitas ini. Dapat ilmu keren ngeblog, bisa dapat juara pula nih mbak cantik Dian : Selamat ya. Salut sama Blogger Muslimah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak..Banyak manfaat yang didapat dari bergabung dengan komunitas. Alhamdulillah, Blogger Muslimah adalah salah satunya.

      Delete
  37. Kepribadian bisa diubah, masih ada harapan hehehe. Cuma ya emang perlu serius berlatih ya mbak. Misalnya yang biasanya gak disiplin mencoba rajin, dll :D
    Nice to meet u mbak, moga kapan2 bisa kopdaran lagi yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa..
      see u at another event mbak..senang bisa ketemu:)

      Delete
  38. Lengkap banget informasinya. Dan saya paling suka sama pembahasannya tentang SEO itu, mata dan pikiran langsung cling! Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  39. Thanks for sharing mba Dian saya jadi belajar banyak di sini. Btw jaketnya keren, boleh juga tuh di ajuin ke blogger JA :D

    ReplyDelete
  40. Ini yang koemn banyak banget ya, sampe ngos-ngosoan nyekrol ke bawah hehe. Belum ulasannya juga kumplit banget. Terimakasih banyak ya Mbak Dian, peserta teladan di Milad Blogger Muslimah hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah singgah Mbak Novia..iya nih banyak yang harus diceritakan, jadilah nulisnya panjaaaaang kwkwkw:)

      Delete