[Review] Hotel Cordela Cirebon

Cirebon Part 4

Saat memutuskan jadi pergi ke Cirebon tiga hari sebelumnya, saya sempat ketar-ketir juga. Pasalnya saat mencoba booking di layanan pemesanan hotel online, harga kamar menggila. Padahal kan tanggal merahnya cuma Sabtu ya, jadi bukan long weekend sebenarnya. Apalagi untuk kami yang tinggal di Jakarta yang terbiasa jam kerja/hari sekolah hanya lima hari saja dalam seminggu. Sabtu memang biasa libur, jadi enggak ada bedanya. Tapi buat yang Sabtu sekolah/bekerja ya pasti terasa liburnya..

Nah, saya dan suami sempat berbeda pendapat. Dia minta hotel yang oke yang pastinya harga pun enggak ketje (baca: mahal). Sementara, saya maunya budget hotel dengan alasan cuma semalam, jadi dana bisa dialihkan untuk beli Batik Cirebon nanti (ini pikiran Emak-Emak yang kalau pergi enggak bawa tentengan enggak sah..kwkwkw).

Jadi kali ini karena cuma sehari, enggak usah hotel yang ada kolam renang segala. Nanti saja berenangnya di Jakarta. Begitu kekeuh saya.😀

Akhirnya suami ngalah, dengan banyak persyaratan: baca baik-baik ada tempat parkir memadai enggak, cari yang free breakfast, oh ya kalau bisa ada free Wi-Fi, jangan lupa baca review tamu dan ratingnya...dan lainnya. Hadeh, banyaaaknyaa!

Dan, setelah cek sana-sini saya pun memesan ke Hotel Cordela Cirebon yang terletak di Jl. Cipto Mangunkusumo 111, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon. Hotel ini merupakan bagian dari jaringan Omega Hotel Management. Manajemen hotel yang membawahi Grand Cordela Hotel, Cordela Hotel, Cordela Inn, Cordex Hotel, Alfa Resort Hotel&Conference.

review hotel Cordela
Hotel Cordela Cirebon
Hotel budget berbintang dua ini menarik perhatian saya karena review dari tamu yang menyebutkan: "Mengesankan" dengan rating 8,8 dari nilai sepuluh di sebuah layanan pemesanan online. Wah, ratingnya tinggi ini! Bisa jadi acuan untuk saya merasakan pengalaman yang sama seperti mereka.

Untuk harga per kamar yang saya pesan, Deluxe Business Double adalah 420 ribu/nett. Saya memesan dua kamar, karena anak-anak sudah berusia 8 dan 13 tahun. Dimana sesuai aturan enggak bisa lagi jadi satu kamar bersama orang tuanya/orang dewasa.

Seusai kenyang dengan Empal Gentong H. Apud dan mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon, kami pun langsung menuju Hotel Cordela ini.

Dan di jalan saya sempat berdoa semoga semua sesuai ekspetasi. hihihi

lobby lounge/coffe corner 

Ternyata..memang benar review dari orang-orang. Baru sampai saja, saya terkesima. Pertama sebagai hotel budget, Cordela punya tempat parkir yang sangat memadai yaitu di halaman depan, basement dan di sisi bangunan hotel. Jadi yang dari luar kota dan bawa kendaraan enggak perlu khawatir dengan masalah parkir.

Lalu, memasuki lobby hotel, nampak berjajar sofa set yang cozy sebagai tempat kongkow dan ngopi. Di sudut lobby lounge ini memang ada coffe corner tersedia. Lalu, petugas penerima tamu menyambut saya dengan ramah dan menanyakan kode booking juga meminta kartu identitas untuk difotocopy. Kami berempat mendapatkan kamar di lantai satu, hanya perlu naik satu tangga saja atau bisa memakai lift yang tersedia.

Review hotel Cordela
Deluxe Business Double
Hotel Cordela Cirebon ini terdiri dari 6 lantai dengan 110 kamar dan memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti lobby lounge, functional hall, restaurant dan 24 hours security. Dan mulai beroperasi sejak diresmikan oleh Walikota Cirebon Drs. Nasrudin Azis, SH sejak 5 November 2015.


Begitu sampai di kamar, saya tambah nilai plusnya lagi. Luasan kamar 19 m2 dilengkapi dengan fasilitas: TV cabel, free Wi-Fi, AC, teko pemanas beserta kopi/teh/gula/krimer, 2 botol air mineral, shower dan shower kits. Tersedia pula desk work area dan sofa untuk bersantai di kamarnya. Serta mini safe deposit box sebagai tempat penyimpanan barang berharga juga laundry service. 

Setelah bebersih badan dan istirahat sebentar, saat makan malam kami pun keluar hotel dengan berjalan kaki. Memang letak hotel Cordela ini strategis. Jaraknya dekat ke mal, tempat makan, dan stasiun Cirebon Prujakan.

Review hotel Cordela
shower

Review Hotel Cordela
wastafel dan closet
Akhirnya kami makan di dekat hotel, yaitu di Markas Cafe. Tempat makan yang luas dengan konsep terbuka, menu beraneka dengan harga kaki lima.

Malamnya karena capek, berempat pun langsung istirahat. Saya belum langsung tidur karena masih menemani si Mas yang bawa PR sekolah (hihihi rajin sekali anak ini, diajak liburan bawa PR. Katanya biar kalau hari Minggu kemalaman pulang dia enggak kelabakan...good reason, Mas!) Kalau begitu Ibu pura-puranya ngedraft dulu, mumpung internetnya kenceeeng. Kwkwkw.

Review Hotel Cordela
gaya blogger lagi liburan...kwkwwk!
Nah, saat kami berdua sudah selesai dengan kerjaan masing-masing, tiba-tiba lampu kamar mati! Hadeuh, di hotel kok listrik mati! Segera saya turun pakai tangga ke lantai satu dan memberi tahu resepsionis. Sekitar 5 menit saat kembali lagi ke kamar dengan pikiran terburuk diminta untuk pindah kamar, seorang petugas engineering hotel pun datang. Utak atik saklar, lalu keluar sebentar, enggak lama..ta daaa..nyala lagi lampunya. Yeayy enggak perlu ada drama pindahan kamar jadinya!

Setelah lampu oke, tiba saat rehat...Diringi suara live music entah darimana yang terdengar di telinga. Karena sudah ngantuk berat, penasaran pun lenyap.

review hotel Cordela
Nasi Jamblang
Paginya, setelah bersiap, saya sekeluarga menuju ruang restoran yang letaknya persis di sebelah kamar 101. Jadi pengunjung terpagi kami hihi. Memang rencana hari ini, setelah sarapan kami akan check out untuk lanjut ke Gua Sunyaragi dan Batik Trusmi. 

Menu sarapannya lumayan lengkap. Ada egg corner favorit saya sekeluarga. Di sini saya dan anak-anak pilih omelet sementara Bapaknya senang sunny side-up. (nama beken dari telor mata sapi). 

Review Hotel Cordela
Nasi Goreng/ Kwetiau
Ada hidangan khas setempat nasi jamblang komplit (tapi ditulis nasi uduk), nasi goreng, kwetiau, roti, sereal, salad, kerupuk sambal oncom dan kacang, fruit platter, pisang goreng, ubi rebus, bubur sumsum dan bubur kacang ijo, coffe/tea dan orange juice. Enak semuaa!

Hanya mungkin kurang ditonjolkan makanan lokalnya. Mungkin lain kali sajian lokal lebih dikedepankan, karena seringnya wisatawan seperti saya selalu penasaran dengan cita rasa setempat.

Review Hotel Cordela
tea/coffe, roti, buah, salad, pisgor, ubi rebus, bubur sumsum, burjo, sereal
Ruangan restoran terbagi dua, smoking area dan non smoking area dengan tempat duduk yang simpel. Dan staf yang ada pun sigap dan ramah pelayanannya.

Selesai sarapan dan istirahat sebentar di kamar, kami pun check out dari hotel dengan membawa kesan yang menyenangkan. Oh ya tak lupa mengisi undian yang merupakan program Cordela Hotel Reward dengan hadiah wisata ke Labuan Bajo untuk 2 orang. Undian berlaku untuk tamu yang menginap sampai akhir tahun 2018.

Bismillah, semoga beruntung. Aamiin. 😉

Review Cordela Hotel





Hotel Cordela Cirebon
Jl Dr Cipto Mangunkusumo 111 Cirebon
T: (231) 8332722
F: (231) 8332711
www.cordela-hotels.com
FB: cordelahotelsbyomega
Ig: Cordelahotels

Akhirnya, saya kasih nilai 8 untuk hotel Cordela...

Dan kalau temans mau ke Cirebon, hotel ini bisa jadi salah satu rujukan... 



Selamat Berwisata,

Dian Restu Agustina

18 comments:

  1. Duh, jadi rindu staycation di Hotel, hikss
    Semoga beruntung buat ke Labuan Bajo ya Mbak ^_^
    TFS ya mbak sharingnya
    ^_^

    ReplyDelete
  2. Halo mbak Dian! Wow...seneng ya nginep bareng keluarga di Hotel Cordela Cirebon :) Makanannya kelihatan enak. Toilet dan tempat tidurnya pun nyaman ya buat kita. Apalagi di kamar ada gaya blogger lagi ngetik wkwkkwkw... Nilai 8 boleh juga deh, buat aku kpn2 kalo ke Cirebon.

    ReplyDelete
  3. Hahaaa itu yang dicek persis banget sama suami saya Mbak Diaann. Musti detil foto, rating, review komennya, harganya. Sekarang udah hapal, saya yang nguruti semuanya, ntar tinggal pilih yang mana kwkwkw. Hotelnya kece yaa, bisa beristirahat dengan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkwk..iya Mbak Dira nyaman ini hotelnya karena itu tadi ceki-ceki dulu review dll sebelumnya :)

      Delete
  4. Makin sukaaa deh baca-baca tulisan mba Dian, banyak info yang menarik banget.

    Sip deh bakal di coba kalau ke Cirebon.
    Kece pula lengkap dengan segala macam tempat yang bisa dikunjungi 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh tersanjuuuung akyuu Mbak Reyne..Terima kasih 😍
      Semoga bermanfaat infonya yaaa

      Delete
  5. Ceribon = kampung halaman ? Jangan pernah bosan ya mbak berkunjung ke kota udang ini :)

    Review hotelnya menarik lengkap,detail sampai luas hotel pun tau, kereen..

    Semoga menang ya mba Dian ke labuan bajo nya..
    Saya di ajak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih kayaknya akan ada kunjungan kedua.. ketiga. . dstnya haha
      Aamiin semoga menang ke Labuan Bajo 😀

      Delete
  6. Aku tuh kemaren udah hampir aja booking disini eh qadarullah batal ke Cirebon nya. Next time harus nginep sini lah kalo ke Cirebon, sapa tau bis ake labuan bajo yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, nanti kalau ke Cirebon lagi pilih ini saja...ada bonus undiannya haha #kompor

      Delete
  7. Wih, bookmark nih hotelnya. Saya kalau kemana-mana andalannya hotel busget yg logonya merah aja. Bisa dicoba nanti kalau permohonan ke Cirebon di ACC Pak Swamik.

    Btw aku kalau pergi tuh pengennya ya sok-sokan ngedraft gitu lho, Mbak. Mesti diseneni bojoku. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja hotelnyaa..

      Ini karena kamarnya misah, diriku sama si mbarep, suwami sama si ragil, suwami jadi enggak tahu hihihi..

      Delete
  8. Seneng banget kalau bisa nginap disini, btw gak ada kolam renangnya za mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ada Mbak..ini budget hotel berbintang 2

      Delete
  9. Td kalo liat foto gedungnya dan bagian dalam, aku pikir ini bintang 3, ternyata 2 ya mba. Baguuus soalnya. Ga kkiatan hotel budget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..enggak keliatan, baru kali ini nginep di bintang dua serasa empat atau tiga :)

      Delete