Jangan Lewatkan Tempat Wisata Berikut Saat Liburan Ke Banjarmasin!


Holaaaa Teman! Tahu Banjarmasin, kan?

Sebagai kota terbesar dan terpadat di Kalimantan, Kota Banjarmasin memiliki beraneka tempat wisata yang mampu menyedot perhatian baik Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara. Kota yang mendapat julukan Kota Seribu Sungai ini, makin membenahi sektor pariwisatanya yang menjadikannya makin ramai dikunjungi.

Apalagi kini kita enggak perlu pusing lagi dengan masalah transportasi, karena telah tersedia Kalstar Aviation yang menjangkau berbagai kota di Kalimantan dengan beragam rute penerbangan. Dan jika teman-teman tetap merasa kebingungan dengan moda apa yang harus digunakan, coba deh buka website Traveloka dan mencari tahu harga tiket pesawat di hari keberangkatan yang kita inginkan.

Oh ya, apabila teman-teman hendak berwisata ke Banjarmasin dengan menggunakan Kalstar Aviation, jangan lewatkan tempat wisata menarik berikut ini yaaaa:

Pasar Terapung Lok Baintan

Sumber; HaluanNews.com
Buat teman-teman yang merupakan generasi 90-an (yang sebaya saya😀), pasti masih hafal sekali dengan semboyan salah satu stasiun TV yang berlatar belakang pasar terapung. Nah, rupanya pasar terapung tersebut berada di Banjarmasin dan bernama Pasar Terapung Lok Baintan.

Pasar ini berlokasi di Sungai Pinang. Dimana konon kabarnya, pasarnya telah ada semenjak zaman Kesultanan Banjar. Berbeda dengan pasar terapung yang berada di Thailand, Pasar Terapung Lok Baintan ini hanya buka dari pukul 06.00 hingga 09.00 pagi waktu setempat. Jadi, pastikan teman-teman datang ke sini pada pagi hari jika ingin merasakan sensasi berbelanja di atas perahu-perahu kecil yang legendaris ini.

Wah, menarik sekali ini! Sangat berbeda dengan pasar yang biasa ada di daerah lainnya, misalnya di Kediri, kampung halaman saya! 

Museum Wasaka

Sumber: SMK Negeri 2 Banjarmasin
Waja Sampai Kaputing! Mungkin ada diantara teman-teman yang pernah mendengar istilah tersebut ketika menonton sepak bola atau saat berkumpul dengan teman yang berasal dari Kalimantan. Istilah ini adalah motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan saat melawan penjajah dulu. Nah, untuk mengenang kisah perjuangan tersebut, dibangunlah Museum Wasaka agar masyarakat awam tahu beratnya perjuangan para pahlawannya. 

Museum Wasaka ini berlokasi di Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Di sini, teman-teman akan menemukan koleksi foto, mesin ketik tua, hingga teks proklamasi yang dibuat pada 17 Mei 1949. Oh ya, kita tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk masuk ke museum bersejarah ini. Senangnya kalau mengunjungi museum yaaa, dengan biaya yang ringan kita bisa menambah pengetahuan .

Wisata Kuliner di Tepi Mahakam

Sumber: Kaltim Post - PROCAL.co
Belum ke Banjarmasin namanya jika belum merasakan Soto Banjar yang terkenal itu. Sebenarnya sih masih banyak pilihan kuliner yang ada di Banjarmasin. Tapi kini, teman-teman enggak perlu kebingungan lagi di mana harus berwisata kuliner di Banjarmasin ini. Karena pemerintah sudah menyediakan lahan khusus untuk pusat kuliner di tepian sungai Martapura. Kita bisa merasakan sensasi makanan khas yang menggoyang lidah dengan pemandangan sungai Martapura yang bersih dan indah. Ditemani semilir angin yang sepoi-sepoi, tentu akan jadi kenangan tersendiri hingga nanti.

Kampung Sasirangan

Sumber: ANTARA News Kalimantan Selatan - Antaranews.com
Dan sebagai penutup perjalanan, teman-teman wajib mengunjungi Kampung Sasirangan yang didapuk sebagai pusat oleh-oleh dan ikon wisata terbaru Kota Banjarmasin. Di Kampung Sasirangan ini kita bisa membeli kain Sasirangan khas Kalimantan dengan harga yang terjangkau. Tak hanya kain, kita juga bisa berburu oleh-oleh seperti tas dan aksesoris khas Banjar lainnya untuk keluarga dan teman.

Akhirnya, jika ada kesempatan ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mengunjungi beraneka tempat wisata tadi ya. Dan, pastikan juga untuk selalu mengecek tiket promo dari Kalstar Aviation untuk liburan yang lebih hemat!

Nah, buat yang berasal/tinggal  di Banjarmasin atau mungkin pernah ke sana, jika ada tambahan info, silakan bagikan di kolom komentar ya, temans!

Sementara buat yang belum pernah ke Banjarmasin, yuks... kapan kesana?💖


Selamat Berwisata,


Dian Restu Agustina



Comments

  1. Banjarmasin kotakuu. sekarang juga ada siring martapura dan tendean, mbak yang bisa dijadikan tujuan wisata. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, terima kasih tambahan infonya Mbak:)

      Delete
  2. Aku selalu tertarik dengan pasar apungnya. Moga suatu saat bisa kesana. Aamiin ^^

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Banjarmasin, mudah2an nanti ada kesempatan berkunjung ke sana. Pasar terapungnya kayaknya bagus bgt ya, bisa sbg tujuan wisata, tp kalo buat yg blm pernah naik perahu, sptnya butuh perjuangan tersendiri untuk menaikinya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuatir kecebur yaaak..belum pernah soalnya:)

      Delete
  4. Banjarmasin bagus ya. Saya belum pernah ke Kalimantan.

    ReplyDelete
  5. Ah jadi pengen ke Banjarmasin.
    Kayaknya yang paling iconic dari Banjarmasin itu Pasar Terapungnya ya kak.
    Jadi ingta iklan RCTI Oke :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. RCTI oke. Di pasar terapung inj 😊

      Delete
  6. Menikmati kuliner khas di tepian Sungai Mahakam, duh... rasanya nikmat sekali tentunya.

    ReplyDelete
  7. Aku suka ke pasar terapung, klo beli pisang goreng. Nti kita dikasih galah yg diujungnya ada pakunya, alat itu kita gunakan untuk mengambil.pisang gorengnya.

    Aku udah 2x datang pd acara lomba jukun bakayuh, yaitu lomba para inu pedagang dr pasar apung...seruuu & keren liat hasil bumi yg dibawa di perahunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik banget ya Mbak..wah suasana yang khas..:)

      Delete
  8. Blm prnh ke kalimantan. 1-1 nya yg pernah aku datangin malah brunei Darussalamnya. Kota di negara sendiri malah belum -_- . Soto banjar aku jg suka mba. Krn asisten mama pernah bikin ini, diajarin ama tetangga yg orang banjar. Enaaak memang yaa :)

    ReplyDelete
  9. Wah, Kampungn Sasirangan ini sangat menggoda. Aku punya koleksi batiknya dan demen banget pengen lihat proaes pembuatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aku juga penasaran sama Sasirangan nih

      Delete
  10. Sama, kalimantan salah satu pulau yang belum kesampaian buat dikunjungi :D
    Belum tau kapan akan kesana

    ReplyDelete
  11. pengen ke sana. tentu aja mau makan soto banjar dan mau merasakan belanja di pasar apung. belum pernah merasakan sensasinya belanja di pasar apung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..belanja di pasar apung pasti sensasninya bedaaa!

      Delete
  12. Kalau ditanya kapan Ke Banjarmasin ? saya jawab " kapan2 ajah yach Mbak, heheheh, soalnya jauh dari tempat saya ( Sumatera ) . :)

    Objek Wisata Perahu Terapung yang ada di Pulau Kalimantan Ini , sangat tenar dan populer sekali sampai ke Sumatera loh, Mbak... :)

    Ingin rasanya foto2 diatas perahu, sambil ngajak becanda ibu2 yang sedang berjualan diatas Perahu. :)

    ReplyDelete
  13. Awas kalau bercanda di atas perahu musti hati-hati...bisa jatuh nanti :)

    ReplyDelete
  14. Wah makasi kisahnya mba, terutama buat saya yang belom pernah ke banjar hihi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog