Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan yang Bisa Menetralkan Tubuh Setelah Makan Berlebihan

Makanan yang bisa menetralkan tubuh setelah makan berlebihan apa saja sih ya? Well, akhir pekan kemarin judulnya makan! Sabtu siang, undangan pertama ke resepsi pernikahan teman. Ambil menu lengkap dari meja prasmanan. Lalu, lanjut menuju menu gubukan. Antri gulai kambing, coba sate ayam, icip siomay, ditutup es krim dan jajanan pasar. Malam harinya, pergi ke hajatan pernikahan anak saudara. Menu kurang lebih sama, dan langsung santap semua!
 
Esoknya, Minggu siang datang ke undangan reuni sekolah dengan berbagai menu asal kampung halaman yang berlimpah. Ah, lupa diri, akhirnya semua diicipi. Malam harinya, hadir di arisan RT. Ada soto Betawi komplit jeroan yang menggoda iman. Makan lagi sampai kekenyangan! Saat di rumah menjelang tidur, badan mulai kliyengan, kaki dan tangan seperti kesemutan, perut mual, kepala pusing tujuh keliling. Aduh, setelah dua hari makan besar, badan rasanya seperti dihajar!

Apakah dirimu pernah mengalaminya? Saat akhir pekan makan gila-gilaan dan setelahnya merasa badan tak karuan? 

Makanan yang Bisa Menetralkan Tubuh

Nah, Berikut Ini Makanan yang Bisa Membantu Menetralkan Sistem Tubuh Setelah Pesta Makan yang Kita Lakukan!


1. Air


Minum air yang cukup akan membantu proses pencernaan, mulai dari membantu memproduksi air liur, melarutkan makanan dan melumasi makanan masuk ke kerongkongan. Air juga merupakan media eliminasi dari sisa metabolisme, dimana sisa itu dikeluarkan lewat saluran kemih, saluran cerna, saluran napas dan kulit. Selain itu, air juga membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan dari paru dan permukaan kulit dengan membawa kelebihan panas keluar tubuh.

2. Teh hijau


Teh hijau akan membantu menurunkan kadar LDL / kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga kadar kolestorel baik/HDL, membantu menurunkan tekanan darah darah, membantu mengatur kandungan kadar gula dalam darah.

3. Pisang


Kaya Potassium yang berguna untuk melancarkan peredaran darah dan kalium yang membantu mengatur tekanan darah. Pisang juga mengandung serat yang baik untuk mengurangi resiko sembelit.

4. Jahe


Membantu relaksasi otot di saluran pencernaan sehingga melancarkan gas agar bisa keluar dari tubuh. Teh jahe atau jus jahe juga akan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

5. Jeruk


Kandungan vitamin C pada jeruk akan meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pencernaan makanan. Buatlah segelas jus jeruk atau makan buah jeruk yang segar.

Nah, Coba Saja Beberapa Makanan/Minuman Tersebut untuk Mengurangi Efek Akibat Berlebihan Makan! 


Dan ingat, kalau lagi hadir di perjamuan, kontrol diri itu perlu. Berhentilah makan sebelum kenyang! Makan secukupnya, daripada berlebihan lalu menyesal sesudahnya.💓


Stay Healthy

signature-fonts
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "5 Makanan yang Bisa Menetralkan Tubuh Setelah Makan Berlebihan"