Resep Pempek Palembang

Pempek Palembang, kuliner tradisional Indonesia yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan yang digemari oleh masyarakat Indonesia dari penjuru Nusantara, termasuk saya. Pempek bisa dibuat dari ikan tenggiri atau ikan belida yang diambil dagingnya, atau bisa juga dari bahan ikan lainnya yang kini sudah banyak dicoba. 

Nah, cara membuatnya agak tricky bagi saya, beberapa kali coba hingga nemu resep yang pas sungguh butuh usaha. 

Pempek Palembang

Apa Saja Tips dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Nah, tips membuat Pempek Palembang ini pertama ikan harus segar dan dingin agar pempek bisa kenyal dengan sendirinya. Karenanya banyak orang yang menggunakan es batu saat mencampur ikan dengan sagu. Tujuannya supaya daging ikan menjadi kenyal. 

Oia, perbandingan Ikan : Tepung Kanji Maksimal 1:1 karena akan mempengaruhi rasa pempek. Sebab jika tepung kanji terlalu banyak, pempek akan menjadi keras dan liat. Sebaliknya kalau sedikit, pempek lebih empuk, namun kadang hasilnya akan keriput.

Tergantung pada selera kita. Kalau suka yang kenyal, tepung kanji kasih agak banyak. Tapi jika suka yang empuk, gunakan sedikit saja tepung sagu. Paling tidak, jumlah ikan dan tepung sagu harus setara, 1:1. Kalau mau lebih mantap, perbandingan ikan dan tepung sagu adalah 1:1/2.

Kemudian, pencampuran ikan dan sagu sebaiknya tidak diuleni agar hasil pempek tidak liat. Cukup campur dengan cara diaduk cukup sampai rata. 

Lalu, tambahkan minyak dalam air rebusan. Agar pempek tidak lengket di dasar panci. Ini membuat pempek juga akan tampil mengkilap setelah matang persis seperti yang dijual.

Bukan Ori, karena Pempek Tenggiri ini Dibuat oleh Orang  Kediri! 


Baiklah, karena punya ikan tenggiri, kita bikin pempek saja yaaa....

Pempek Palembang

Bahan :

500 gram ikan tenggiri
100 gram tepung terigu
150 gram tepung kanji
5 siung bawang putih
1 butir telur
Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :

✅ Kerok ikan tenggiri, haluskan! Ikan bisa diganti dengan ikan belida, gabus, parang-parang, kakap, tuna, dan lainnya. Asal yang banyak daging ikannya, bukan lemaknya.

✅ Bikin bubur tepung terigu. Caranya : tepung terigu, air, garam, gula, bawang putih halus, dimasak sampai menjadi bubur.

✅ Campurkan adonan ikan, bubur tepung, tepung kanji, uleni hingga kalis.

✅ Bentuk kapal selam, mirip bentuk pastel (bukan kapal terbang yaaa-susaaah), lenjeran(lonjong) dan bulat. Yang kapal selam isi dengan telur.

✅ Rebus di air mendidih sampai mengambang.

✅ Goreng saat hendak disajikan.

Cuko

Bahan :

5 siung bawang putih
1 sdm ebi
10 biji cabe rawit ( tergantung selera)
1 sdm asam jawa
2 buah gula merah

Cara Membuat :

Rebus bawang putih halus, ebi halus, cabe halus, gula merah halus, asam jawa halus, lalu saring.....(Setelah makan ini bakal halus hati, lembut budi)

Sajikan : pempek+cuko+mentimun (jika suka). Oh ya, berharaplah agar hujan, karena enaaaak dimakan saat kedinginan. Selamat Mencoba.😍


Happy Cooking

signature-fonts

No comments