Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisi Liburan Anak dengan Belajar Memasak

Mengisi Liburan Anak dengan Belajar Memasak. Teman....Yang punya putra-putri usia sekolah sudah mulai libur, kan? Kalau anak-anak saya, mulai kemarin sudah libur sekolahnya. Juga sudah terima rapornya. Dan, Alhamdulillah naik kelas semuanya...Oh ya, libur kenaikan kelas kali ini cukup panjang karena berbarengan dengan libur hari raya Idul Fitri. Yang pastinya, bikin orang tua termasuk saya kebingungan dengan kegiatan untuk mengisi liburan. Kebayang kan, liburnya itu dari tanggal 7 Juni sampai 8 Juli! Sebulan penuh...nuh! Sampai bingung Emaknya, mau dikasih kegiatan apa mereka. Karena yang ada, jika enggak disibukkan dengan aktivitas positif, bisa-bisa seharian mereka bergawai ria..Hhhh!





Hmmm, jadi apa musti jalan-jalan setiap hari?

Hihihi..ya enggak juga lah! Kalau jalan terus, bisa-bisa dana buat perlengkapan sekolah di tahun ajaran baru bakal tergerus! Hiks!

Banyak kok kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saat libur sekolah, seperti: bersepeda dengan anak tetangga, bermain bola, bermain boneka, bikin kerajinan dari barang bekas, menggambar, baca buku cerita, bermain peran dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, satu diantaranya adalah mengisi liburan anak dengan belajar memasak.


So Good Chicken Wings


Memasak? Berarti buat anak perempuan, dong?

Noooo, salah besar!

Memasak bukan hanya ranah perempuan saja. Tapi laki-laki pun musti mengerti. Paling tidak nanti dia mandiri dan bisa memasak untuk dirinya sendiri. Hingga saat berumah tangga nantinya, tahu beda garam dan gula di dapur rumahnya tanpa perlu teriak ke istri. Syukur-syukur lagi bisa memasak sekeren Chef Juna yang ada di tipi! Hihihi😀

Apalagi berdasarkan pengalaman saya tinggal di Amerika, yang masak di rumah itu bisa saja suami atau istri. Karena dua-duanya punya tanggung jawab yang sama dalam pekerjaan rumah tangga. Lantaran di sana mereka enggak punya asisten rumah tangga. Jadi enggak harus selalu Ibuk-ibuk yang masak atau jaga anak, seperti kebanyakan terjadi di Indonesia. Makanya saat sering dibilang anak cowok kok diajarin masak, suka sebel saya. Memang kenapa? Paling tidak kalau mereka tinggal sendiri nanti kan bisa masak untuk dirinya sendiri. #malahcurhat 🙈

Padahal banyak manfaatnya jika mengajari anak memasak, diantaranya:
  • Menciptakan kebersamaan keluarga
  • Membangun rasa percaya diri
  • Mengenalkan beragam varian makanan
  • Melatih keterampilan membaca dan Matematika
  • Meningkatkan rasa suka pada buah dan sayuran
  • Menambah wawasan tentang asal-usul bahan makanan dan aneka masakan
  • Mengenalkan budaya makanan daerah lain
  • Mengajarkan keterampilan dasar yang berguna untuk hidupnya nanti

Lebih Baik So Good


Nah, balik lagi ke kegiatan memasak untuk mengisi liburan anak-anak, berikut beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan saat mengajak anak memasak, diantaranya:
  • Awasi mereka dengan saksama
Di dapur banyak hal yang berbahaya yang menuntut kehati-hatian ekstra. Misalnya kompor dengan api menyala, panci dengan air mendidih, minyak panas di wajan....Jadi sebaiknya kegiatan belajar memasak bersama anak ini tetap dalam pengawasan penuh dari orang dewasa.
  • Mulai dari menu yang disuka
Agar belajarnya menyenangkan, mulailah dari menu yang disukai anak. Biarkan mereka memilih ingin memasak apa. Selanjutnya kita yang menentukan agar bervariasi resep makanan yang dikuasai nanti.
  • Pakai kosakata sederhana
Tak perlu memaksa anak mengerti istilah dalam dunia memasak. Daripada menyebut kata memanggang, menyangrai, mengukus, menumis,...yang membuat mereka bingung mengartikannya, sebaiknya sambil tunjukkan saja caranya.
  • Sisipkan pelajaran
Sambil memasak, ajak anak mengenali jenis bahan makanan, asal-usul masakan dan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Sehingga sambil memasak akan bertambah pula wawasan si anak.
  • Berikan penghargaan
Tak peduli hasilnya keasinan, kemanisan ataupun over cooked, yang utama hargai usaha mereka. Berikan pujian atas hasil masakan hingga lain kali anak mau belajar memasak lagi
  • Pilih resep yang mudah
Sebagai pemula, sebaiknya tidak langsung mengajak anak memasak menu yang tingkat pengerjaannya susah. Mulailah dengan yang mudah sehingga untuk memakannya anak tak perlu berlama-lama menunggu.



Nah, salah satu bahan yang bisa jadi pilihan untuk belajar memasak anak adalah SO GOOD Siap Masak. Varian dari SO GOOD yang terdiri dari Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle dan Sausage yang praktis untuk menemani anak belajar memasak. Apalagi untuk hidangan Ramadhan seperti saat ini. Karena dengan SO GOOD Siap Masak enggak perlu pakai lama memasaknya, sehingga bisa dilakukan sambil mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Hmm..ngabuburitnya memasak bareng anak, menyenangkan pastinya!


Tapi, kenapa harus SO GOOD yaaaa?

Karena SO GOOD menyajikan produk berprotein yang berkualitas untuk mencukupi kebutuhan protein sesuai pedoman gizi seimbang. Dimana hal ini merupakan bentuk dukungan So Good dalam mewujudkan bangsa yang berkualitas melalui pemenuhan gizi yang seimbang. SO GOOD terus berkomitmen menghadirkan produk-produk berprotein berkualitas tinggi yang kaya kandungan gizi, lezat, higienis, serta praktis dengan harga terjangkau dan juga bersertifikasi Halal.


Dan berikut salah satu resep berbahan dasar SO GOOD Siap Masak yang bisa dicoba saat belajar memasak bareng anak:

Ayam Goreng Saus Pedas Ala Korea



Bahan
SO GOOD Chicken Wings Spicy - 400 gram

Bahan Saus
  • 2 siung bawang putih, parut halus
  • 4 sendok makan saus tomat botolan
  • 2 sendok makan saus sambal botolan
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan gula pasir 
  • 1 sendok makan minyak wijen
Cara Memasak
  • Goreng SO GOOD Chicken Wings Spicy hingga matang, sisihkan
  • Tumis bawang putih sampai layu dan wangi
  • Masukkan bahan saus, masak hingga mendidih dan kental
  • Matikan kompor
  • Masukkan ayam, aduk hingga permukaannya terlumuri semua
  • Sajikan segera







Tips:
  • Lebih baik resep ini dimasak sesaat menjelang berbuka puasa. Karena jika terlalu lama, ayam tidak akan crispy lagi
  • Belajar memasak saat mengisi liburan Ramadhan sebaiknya dilakukan di waktu mendekati saat berbuka. Sehingga anak tidak tergoda dengan hasil masakannya
Nah, praktis bukan memakai bahan SO GOOD Siap Masak? Selain praktis, SO GOOD juga: terbuat dari bahan baku pilihan yang terjamin (JAPFA Group). teknologi proses produksinya modern, kontrol kualitasnya ketat, rasanya enak dan nikmat, banyak pilihan rasa dan inovatif, fortifikasi Omega 3, mereknya terkemuka dan terkenal produsennya.

Jadi, enggak salah lagi, memang..... Lebih Baik SO GOOD!!😍


Ayam Saus Pedas ala Korea

Selamat Mencoba,


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

28 komentar untuk "Mengisi Liburan Anak dengan Belajar Memasak"

  1. Kegiatan menyenangkan mengajak anak jadi kreatif dan secara tidak langsung mengajarkan anak untuk bersedia ikut membantu tugas orang tua.

    Terimakasih resepnya,kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali..banyak manfaatnya.

      Sama-sama:)

      Hapus
    2. Beruntung punya anak cowok yang ringan tangan dan kelihatan senang membantu kegiatan ortunya..

      Jarang loh,kak .. anak cowok biasanya kan bawaannya pengin main mulu .. hehehe

      Hapus
  2. Jadi ingat saya punya murid dulu, mereka adik kakak cowok keduanya. Sama mamanya diajarin masak walau mereka masih SD. Ketika mamanya sakit, capek, atau lagi pergi, tugas memasak bisa dilakukan sama kedua anaknya. Nice ya, memasak itu memang nggak memandang genre kok, haha... Hebat ini anak2 Mba Dian juga bisa memasak yg simple dan enak dg produknya So Good :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...ini maunya juga gitu, kalau Ibunya capek bisa masak sendiri hihihi
      Ini resep simpel jadi anak-anak mudah bikinnya :)

      Hapus
  3. betul ya, biar mereka terbaisa ke dapur ya

    BalasHapus
  4. Anak cowok juga boleh masak kok,, biar mandiri,, minimal masak telor caplok dan air panas, hehehe

    BalasHapus
  5. Setuju kalau anak laki2 jg perlu belajar masak. Karena seringan klo masakan yg dimasak laki2 lebih enak sih 😂
    Dan nanti akan jd suami yg nilainya plus2 karena bisa tetap makan sehat walaupun istri sakit

    BalasHapus
  6. resepnya catet dulu
    kemarin ada diskon gede2an chicken spicy wing di salah satu tenant mau praktik ah
    enak mbak ya anaknya udah mulai gede bisa diajari masak
    sapa tau nanti bisa bareng buat usaha sendiri
    bantu2 ibunya juga di dapur

    BalasHapus
  7. Kalau anakku libur mulai tanggal 11 Juni sampai 14 Juli, Mak. Waaah seru banget yaaa kalau melakukan kegiatan rumah bareng anak2 tercinta

    BalasHapus
  8. Ganteng-ganteng euy modelnya #galfok hehehehehe... mamam duyuuu....

    BalasHapus
  9. Wah asik banget nih, Teh. Besok mudik, nanti di rumah belajar masak sama mamah ah..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo belajar juga Mas..biar jadi mantu idaman #eh

      Hapus
  10. Anakku libur dari tanggal 11 Juni sampai 14 Juli, Mak. Lambretaaa ...
    Ngences aku liat gambarnya, untung pas bocor nggak puasa hahaha

    BalasHapus
  11. Wah ternyata banyak manfaatnya ya mengajak anak memasak. Next project deh ajak anak lelakiku bongkar bumbu dapur hihi. So good praktis dan bergizi. Difreezer rumah pasti ada produk so good mba Dian :)

    BalasHapus
  12. Harusnya dibaca menjelang buka puasa juga ya mbak. Biar gak ngiler. Hahaha... Makasih resepnya. Saya coba aah

    BalasHapus
  13. duhh bikin laper aja nih bunda :D

    BalasHapus
  14. wuiih keren. Anak-anaknya bisa masak mengalahkan saya nih rupanya. Selamat lebaran yah mbak , salam sama anak-anaknya yang hebat.

    BalasHapus