My Jannah Travel - Umrohnya Duluan Bayarnya Belakangan!





Assalamualaikum, teman-teman!

Sudah tahu belum tentang program Semua Bisa Umroh (Umroh duluan bayar belakangan) dari My Jannah Travel ?

"Haaa? Yang bener sajaa? Umroh duluan bayar belakangan? Berarti ngutaaang?"

"Memang boleh gitu?"🙈

"My Jannah? Amanah enggak itu?

Sebentar, sebentar, tenang dulu. Enggak usah kaget begitu. Saya kasih tahu satu persatu..

Yuk, kita simak hukumnya yaaa!

Jadi begini, ada aturan jika kita diperbolehkan memakai dana talangan saat melaksanakan ibadah Haji/Umroh ini, dengan catatan:
  • Pembiayaan aman dan resmi dibawah pengawasan OJK
  • Sesuai Fatwa MUI No. 29 Tahun 2002, diperbolehkan mencicil biaya dengan syarat sumber hutangnya adalah halal dan kita mampu melunasi sesuai dengan waktu yang ditentukan
  • Sesuai kaidah Fikih, pada dasarnya, semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya.

Tuh...enggak apa-apa ngutang kan, meski memang sebaiknya kalau memang ada dana ya dilunasin saja sekalian, ye kan?😍


Semua Bisa Umroh
Jamaah My Jannah


Apalagi syarat Umroh yakni:
  • Beragama Islam
  • Baligh
  • Merdeka
  • Istitha'ah
Dimana ada istitha’ah, atau adanya kemampuan untuk menunaikan dalam persyaratan Haji/Umroh ini.  Artinya, orang yang tidak memiliki kemampuan tidak terkena kewajiban Haji atau kesunahan Umroh.

Lalu siapa orang yang masuk kategori mampu itu? 

Ada penjelasan menarik yang saya lansir dari www.nu.or.id dimana disebutkan oleh penulis kitab Mawahib al-Jalil Syarhu Mukhtashar Khalil bahwa jika ada seseorang tidak bisa sampai ke Makkah kecuali dengan cara berhutang, sedangkan ia sebenarnya tidak mampu membayarnya, maka dalam konteks ini ia tidak wajib berhaji.


Semua Bisa Umroh
Jamaah My Jannah

Berbeda jika orang itu mampu membayar hutangnya. Maka ia dikategorikan sebagai orang yang mampu. Karenanya, ia wajib melaksanakan haji meskipun dengan cara berhutang.

Sebab, kemampuan dia untuk membayar hutang menyebabkan ia dianggap sebagai orang yang sudah istitha’ah (memiliki kemampuan).

مَنْ لَا يُمْكِنُهُ الْوُصُولُ إِلَى مَكَّةَ إِلَّا بِأَنْ يَسْتَدِينَ مَالًا فِي ذِمَّتِهِ وَلَا جِهَةَ وَفَاءٍ لَهُ فَإِنَّ الْحَجَّ لَا يَجِبُ عَلَيْهِ لِعَدَمِ اسْتِطَاعَتِهِ وَهَذَا مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَأَمَّا مَنْ لَهُ جِهَةُ وَفَاءٍ فَهُوَ مَسْتَطِيعٌ إِذَا كَانَ فِى تِلْكَ الْجِهَةِ مَا يُمْكِنُهُ بِهِ الْوُصُولُ إِلَى مَكَّةَ

Barang siapa yang tidak mungkin bisa sampai ke Makkah kecuali dengan berhutang dan ia tidak memiliki kemampuan untuk membayarnya, maka ia tidak wajib haji karena ketidakmampuannya. Ini adalah pandangan yang disepakati para ulama. Adapun orang yang bisa mampu membayarnya, maka dikategorikan sebagai orang yang mampu seandainya ketika ia berhutang memungkin baginya untuk bisa sampai ke Makkah”. (Al-Haththab ar-Ru’aini, Mawabib al-Jalil Syarhu Mukhatshar al-Khalil, Bairut-Daru ‘Alam al-Kutub, 1423 H/2003 M, juz, III, h. 468)

Berpijak dari penjelasan di atas, maka disebutkan berhutang untuk menjalankan Haji/Umroh sebenarnya tidak ada persoalan sepanjang orang tersebut diyakini akan mampu membayarnya.

Lain halnya, jika seseorang berhutang untuk menunaikan ibadah Umroh padahal ia tidak memiliki kemampuan untuk melunasinya. Maka dalam hal ini jelas ia memaksakan diri, padahal ia bukan masuk kategori orang yang istitha’ah tadi.


Semua Bisa Umroh
Pic: Ig My Jannah

Nah, karena tidak semua orang memiliki dana tunai pada saat ini, padahal niat sudah lama ada dan ia mampu membayar nanti dengan cara mencicilnya (istitha'ah), maka Umroh dengan sistem "Umroh duluan bayar belakangan" dari My Jannah ini tentu akan membantu sekali.

Apalagi buat diri yang merindu pada Tanah Suci. Sementara kalau nunggu pergi haji daftar tunggunya panjaaaang sekali. Dimana menurut data Kementerian Agama RI, daftar tunggu calon jamaah haji sudah mencapai 3,7 juta per April 2018. Yang artinya, calon jamaah haji Indonesia mengalami masa tunggu antara 11 sampai 30 tahun!!

"Apaaa? Lama bangets?"

Hiks, memang lamaaa!😭


My Jannah Trip
Jamaah My Jannah

Animo masyarakat Indonesia untuk menunaikan Rukun Islam kelima memang tinggi. Tapi karena keterbatasan kuota haji, maka membuat daftar antrian menjadi panjang sekali.

Hal ini disebabkan pemerintah Arab Saudi memang merujuk pada hasil konferensi tingkat tinggi Organisasi Negara-negara Islam (OKI) yang menentukan kuota haji, yakni 1 per mil penduduk Muslim. Jadi ya jumlah segitu memang ada hitungannya. Dan, pemerintah (juga kita) pun hanya bisa pasrah saja dengan ketentuannya.


My Jannah
Pic: Ig My Jannah


Tapi, berbeda dengan Haji, kalau Umroh, habis niat kita bisa langsung berangkat. Karena perbedaan Umroh dengan Haji diantaranya adalah pada waktu. Umroh dapat dilaksanakan sewaktu-waktu. Sedangkan Haji hanya dapat dilaksanakan pada waktu tertentu, antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah.

Nah, maka sebenarnya ibadah Umroh ini lebih mudah, maka enggak usah dibikin syusyaah, termasuk dalam hal pembiayaannya.

My Jannah
Pic: Ig My Jannah

Adalah PT Rifa Jannah Wisata - My Jannah Travel yang membuka program bernama Semua Bisa Umroh yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang punya niat untuk bisa berangkat.

Mengapa?

Karena program Umroh dari PT Rifa Jannah Wisata - My Jannah Travel ini DP-nya ringan. Dengan dana 5 juta bisa langsung Umroh kemudian cicilan baru dibayarkan setelah pulang. Besarannya pun enggak memberatkan, mulai dari 800rb-an dengan waktu maksimal mencicil selama 2 Tahun.

Gimana? Mudah kan?

Nah, selengkapnya tentang simulasi cicilan My Jannah Travel ada di bawah ini yaa. Kuy, mari disesuaikan dengan kemampuan!


Semua Bisa Umroh
Pic: Ig My Jannah

Hmm...menarik!! Lalu persyaratannya apa saja?

Oh ya...berikut persyaratan Semua Bisa Umroh My Jannah Travel:
  • DP 5 Juta
  • Menyerahkan berkas pembiayaan: Fotocopi KTP, KK, NPWP, Slip Gaji atau Buku Tabungan
  • Cicilan mulai dari 800rb-an (dibayarkan setelah pulang)

Sudah!

Ha, sudah? Itu saja?

Yess, mudah kan...Makanya program My Jannah Travel ini disebut Semua Bisa Umroh!

Oh..iya, cucoook! Terus berangkatnya bersama My Jannah Travel kapan nih?

Keberangkatan mulai 17 Nov 2018, 17 Des, 08 Jan, 07 Feb 2019, 07 Maret 2019, April 2019 (Keberangkatan setiap bulan) 



Semua Bisa Umroh
Pic: Ig My Jannah


Nah, selain persyaratan yang mudah, keuntungan ikut program Semua Bisa Umroh dari My Jannah Travel ini pun melimpah:
  • Terjangkau: skema pembayaran dengan biaya yang bisa diangsur
  • Berangkat terlebih dahulu tanpa menunggu pelunasan
  • Menggunakan akad Ijariah Multijasa yang sesuai dengan prinsip syariah 
  • Pesawat Saudi Arabia atau setara
  • Hotel bintang tiga atau setara

Gimana? Masih penasaran dengan Semua Bisa Umroh-nya My Jannah Travel?

Langsung saja yuk tanya-tanya ke My Jannah Travel 083877557988 atau bisa kepoin sosial medianya di Instagram @myjannahtrip💖

Dan, semoga kita semua dimudahkan dan diberi kesempatan untuk ke Baitullah. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin.


Semua Bisa Umroh
Koper jamaah My Jannah

Semua Bisa Umroh
Jamaah My Jannah






Wassalamualaikum,


Dian Restu Agustina




























34 comments:

  1. Kalo kita di Bengkulu, bisa ikut program ini ga yaaa.. Sangat membantu buat yang ingin umroh, tapi selama ini tabungannya kepake terus buat yang lain. Karena biasanya nih, kalo sistemnya "kredit" begini, bayarnya jadi lebih diprioritaskan :D

    ReplyDelete
  2. Ak baru tau ttg my jannah ini nih. Keren ya bayarnya belakangan. Sekilas was was sih liatnya. Takut kyk kasus yg lg ngetrend kmrn. Tapi kalo udh diawasin OJK sih aman ya. Jd pengen umroh jg deh..

    ReplyDelete
  3. Mbak Dian, jadi kepo maksimal.
    keren juga nih bisa membantu masyarakat kurang mampu.
    Secara kalau nunggu dana kekumpul, kapan berangkatnya?
    Apalagi kalau nunggu sekalian haji, *sigh!

    Jadi pengen umrohin mama saya.
    Saya kepoin deh di sosmednya :)

    ReplyDelete
  4. Wa'alaikumsalam wr wb.
    Saya jadi tertarik, sebelumnya saya coba berusaha untuk mulai menabung untuk agar bisa ke Tanah Suci. Tapi sampai sekarang belum terkumpul. Kalau ada cara begini memang lebih mudah ya.
    Kuota haji Indonesia memang sekarang masa tunggunya sangat lama. Semoga kita bisa beribadah ke tanah suci dan menunaikan kewajiban kita. Aamiin...

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sekarang makin banyak kemudahan buat beribadah yaa.. apalagi dibawah pengawasan OJK, jadi tenang gak takut kena kasus :)

    ReplyDelete
  6. Semoga dengan sistem pembayaran cicil di belakang tidak akan memberatkan ya. Baik bagi jemaan maupun bagi perusahaan yang membiayai..

    ReplyDelete
  7. Wah senang ya mba, kalau mau ibadah banyak fasilitas yang bisa mendukung dan mempermudahnya. Semoga teman-teman Muslim disegerakan bisa menunaikan ibadah umroh dan haji ya...

    ReplyDelete
  8. Alhamdulilah, sekarang ini Umroh makin mudah ya, Mbak. Semoga suatu saat nanti aku bisa Umroh ke tanah suci Makkah. Mulai sekarang aku harus rajin nabung biar nanti bisa Umroh.

    ReplyDelete
  9. Waah sekarang siapa aja bisa umroh juga nih. Tapi kalau aku tetep harus nunggu cicilan rumah lunas dulu kayaknya karena gak sanggup harus nambah cicilan 800rb per bulan lagi :D

    ReplyDelete
  10. Idealnya sih berangkat umroh itu pas ada uang ya. Tapi ternyata boleh juga sistem hutang asal bisa bayarnya. Pastinya memudahkan banget buat yang pengen bangey bisa segera umrah

    ReplyDelete
  11. solusi sekali yah untuk yang ingin umroh tapi nggak bisa atau susah untuk menabung jadi dengan bayar setelah umroh kan jadi bisa komitmen untuk melakukan pembayaran umrohnya, walaupun aq pribadi mungkin tidak akan menggunakan dana talangan ini... thanks for sharing mbak dian

    ReplyDelete
  12. Umroh sekarang memang menjadi pilihan bagi masyarakat ya, karena lebih murah dan tidak menunggu lama seperti naik haji. Untung ada travel umroh seperti my jannah ya, jadi memudahkan orang yang ingin umroh tapi dana terbatas.

    ReplyDelete
  13. Tengkiu infonya, Mbak. Saya bookmark nih postingannya :)
    Iyes, nunggu antrian haji itu bikin nangis. Di Malang termasuk yg padat banget. Tetangga saya sampe ada yg pake KTP Jateng, biar agak longgar antriannya mungkin. Berangkatnya jd ikut kloter sana. So, minat umroh pun tinggi karena ga harus nunggu lama. Apalagi ada tawaran cicilan spt ini. Sambil nunggu si kecil bisa ditinggal pergi jauh, sambil nabung dan nyari info spt ini :)

    ReplyDelete
  14. ya ampun solusi banget jadi kepo ini mau juga umrohin bapak :) langsung cus ah pantau

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah sekarang umroh dipermudah. kadang memang kendala nya adalah maslah biaya dan jadinya kepengen banget.

    ReplyDelete
  16. Allah memudahkan orang-orang yang berniat ibadah di jalanNya ya. Semoga semua umat musim dimampukan pergi haji atau umroh.aamin.

    ReplyDelete
  17. memudahkan sekali bagi muslim yg berniat umroh ya mba. Ringan pula dana dan cicilannya, ini bisa jadi solusi bagi rakyat yg memang sudah begitu rindu pada tanah suci...

    ReplyDelete
  18. Ya Allah pengeennnn.
    Jadi boleh ya mbak sistem utang kyk gini hehe.
    AKu mau itung2 simulasinya ah, kali ada rejeki bisa berangkat tahun depan aamiin :D

    ReplyDelete
  19. Oo ada hadits shahih nya ya boleh berhutang utk umroh. Cuma ga enaknya jadi hutang ya.

    Jadi banyak mau tanya2 deh sama travelnya. Kalau misal setelah berangkat kita mau lunasin full. Pas ada rejeki. Itu bs ga? Karena kan ada ya hutang yg ga bs dilunasi walau ditengah2.

    ReplyDelete
  20. ini menjawab keraguanku tentang hutang untuk pergi umroh atau haji. dan ternyata boleh ya asal sumber pembayarannya halal. sip, makasi info mba

    ReplyDelete
  21. Berarti asal bisa menyanggupi cicilan, diperbolehkan ya berhutang. Alhamdulillah ya jadi mempermudah bagi yang ingin umroh

    ReplyDelete
  22. semoga dgn adanya travel begini, makin banyak orang2 yg bisa berumroh yaa :)...

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah. Makin dimudahkan yang ingin umroh. Smg bisa berjalan terus membantu merealisasikan keinginan umat Islam untuk umroh

    ReplyDelete
  24. subhanallah, menarik asekali penawarannya mbak, makasih infonya ya mbak, saya bintangin, semoga secepatnya bisa umroh, pengen banget saya menginjakkan kaki di tanah suci

    ReplyDelete
  25. Wah, mudahnya. Baru tahu infonya. Makasih ya mbak dian, aku share info ini ke rekan rekan lainnya juga.

    ReplyDelete
  26. Masya Allah, penawaran yang diberikan memudahkan banget untuk yang pada mau ke tanah suci. Barakallah, wah bisa menjadi salah satu alternatif saya nih hihi. Makasih mba infonya, saya bookmark dulu info menariknya.

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah...saya umroh th 94 msh $800.kurs 2500..hehe & haji pun sudah th 2012. Mimpinya pengin umroh bareng anak & menantu..belum tau kapan.
    Patasan haji.& umroh ga pernah sepi krn bisa berhutang dulu. Jadi memudahkan...keren programnya.

    ReplyDelete
  28. Ya ampun pengeeen. Pengen juga ngeberangkatin orangtua. Makasi ya mbak infonya.
    Semoga segera bisa menginjakkan kaki di tanah suci. Bismillah, aamiin

    ReplyDelete
  29. Amiin... Makin mupeng umroh bareng ibu. Hehehe. Btw itu cabangnya mana aja mbak?

    ReplyDelete
  30. Awalnya bacanya bikin deg degan, hah umrah ngutang. Eh ternyata aman dan tentunya boleh secara agama ya mbak. Dan baru tau, kalo bs bayar hutang itu tergolong mampu, huft... . Sehingga gak ada alasan, gak ngepoin my Jannah. .. :) yeyyy

    ReplyDelete
  31. Wah, bagus banget ini programnya. Meski murah tapi pastinya amanah. Buktinya bahkan bisa dibayarkan setelah pulang umroh. Ini baru kece

    ReplyDelete
  32. Waah aku baru tau kalo berumroh bisa dengan berutang. Membantu sih untuk yang mampu melunasinya dan pengen banget ke tanah suci. Tapi kalo aku better menabung aja dulu.

    ReplyDelete
  33. Kalau ditabung ngak ngumpul ngumpul malah kadang habis buat kebutuhan yang lain. Ada aja alasan untuk ambil uang tabungan, bisa jadi alternatif nih kayaknya.

    ReplyDelete
  34. Waah baru tau nih! Makasih Mbaa sharenya. Salam kenal 😊

    ReplyDelete