Yuk Awali Hari dengan Semangkuk Sarapan Sehat, Lezat dan Praktis!





Teman...

Sejak kecil saya dibiasakan oleh Ibu untuk sarapan. Tiap pagi, Ibu saya yang Ibu Rumah Tangga sudah siap sedia dengan sajian sarapan untuk Bapak dan keenam putrinya. Pasalnya kami bertujuh mesti pagi-pagi berangkat dari rumah untuk bekerja dan bersekolah. Hingga, bagi Ibu sarapan buat kami itu wajib hukumnya. Kata Ibu karena sarapan adalah modal utama bagi kami agar bisa berkegiatan di luar sana.

Nah, karena saya besar di Kediri yang makanan pokoknya adalah nasi, maka sarapan yang dibuat Ibu pun tak jauh-jauh dari menu ini. Apalagi di era itu, roti belum sebanyak kini. Meski demikian Ibu biasa mengkreasikan sarapan dengan variasi sayur dan lauk yang sependek ingatan saya mengenangnya, bikin bertanya-tanya, sejatinya Ibu bangun dari jam berapa ya? Karena menu yang lengkap sebelum jam 6 sudah tersedia di meja.

Dan, itulah yang saya teladani kini. Sebagai Ibu, saya berusaha menyediakan sarapan yang bergizi untuk suami dan buah hati kami. Saya juga "mewajibkan" sarapan di rumah. Tapi berbeda dengan saat kecil dulu, kini saya memvariasikan sarapan bagi keluarga dengan aneka pilihan makanan. Juga tak sama dengan Ibu, saya berusaha menyiapkan sarapan yang praktis agar lebih hemat waktu meski menu tetap sehat, lezat dan bermutu.

Mengapa Harus Sarapan?



Nestle Indonesia
Saya menghadiri  peluncuran NESTUM 101 HEALTHY BOWLS pada Selasa, 29 Januari 2019 

Sebelumnya saya beranggapan bahwa dengan sarapan tentu kita jadi punya tenaga ekstra untuk menghadapi kenyataan berbagai kegiatan. Tapi, ternyata tidak sesederhana itu!

Seperti diungkapkan oleh Dr. Rita Ramayulis, DCN. M.Kes pada  peluncuran NESTUM 101 HEALTHY BOWLS yang saya hadiri baru-baru ini, tentang pentingnya sarapan yang dimulai dari pengertian menurut KBBI, yakni:

  • Makan: memasukkan makanan  pokok ke dalam mulut serta mengunyahnya dan menelan, makanan berada lebih lama di dalam mulut.
  • Minum: memasukkan air (atau benda cair) ke dalam mulut dan meneguknya
  • Sarapan: makan sesuatu di pagi hari

Sehingga pengertian sarapan di sini adalah aktivitas makan dan minum di pagi hari dengan tujuan untuk:


  1. Memberikan energi dan zat bergizi bagi tubuh setelah "berpuasa" sepanjang malam
  2. Menyediakan energi dan zat bergizi untuk menjalankan kegiatan sejak pagi hingga siang hari sehingga produktivitas kerja meninggi dan konsentrasi berpikir dan belajar menjadi lebih baik lagi

Nah, mengingat pentingnya sarapan ini, maka sebaiknya kita mengonsumsi menu yang berkualitas dan bukan hanya sekedar kenyang dan puas.

Sehingga mestinya sarapan itu:


- Mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh, yaitu:
  • Komposisi energi 20-25 % dari energi total yang dibutuhkan dalam sehari
  • Mengandung karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks serta cukup serat, protein, lemak juga mineral
  • Mengandung gula dan lemak jenuh rendah
- Dapat menstimulasi organ pencernaan secara baik. Sehingga mulut, esophagus, lambung dan usus bisa saling berinteraksi dengan baik dalam mencerna dan menyerap makanan yang dikonsumsi.

- Bisa memberikan kepuasan psikologis berkaitan dengan cita rasa makanan


Kenapa Sarapan Itu Harus Dimakan?



Nah, karena sarapan adalah aktivitas makan dan minum maka artinya akan ada proses pencernaan makanan. Di mana proses pencernaan yang benar akan menentukan optimalisasi penyerapan zat gizi.

Mulut sebagai organ pencernaan akan menjalankan fungsinya untuk mengunyah makanan. Mengunyah akan memberikan kesempatan pada makanan untuk bercampur dengan enzim ptyalin sehingga terjadi pencernaan enymatic. Dan pencernaan makanan secara mekanik dan enzymatic yang berlangsung dengan baik di mulut akan mampu menstimulasi pencernaan mekanik dan enzymatic.

Selanjutnya, dengan makan maka kontraksi otot-otot di kerongkongan dan lambung serta produksi enzym pencernaan di lambung dan usus akan menjadi lebih baik. Koordinasi pergerakan motorik tidak hanya terjadi pada organ pencernaan tapi juga akan menstimulasi organ lain termasuk jantung yang berfungsi memompa darah.

Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat gizi menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian kerja otak dan otot akan meninggi. Selain itu mengunyah juga terkait dengan produksi beberapa hormon yang berperan dalam pengaturan nafsu makan. Juga, proses mengunyah dapat menurunkan hormon grealin yaitu hormon yang berperan dalam merangsang nafsu makan dan meningkatkan hormon Cholecytokinin (CCK) yang mampu menurunkan nafsu makan.

Mengunyah Makanan dan Hubungannya dengan Rasa Kenyang dan Nafsu Makan



Meta-analisis mengungkapkan bahwa mengunyah secara signifikan akan mengurangi rasa lapar. Ini disebabkan adanya respon perubahan hormon pencernaan yang berhubungan dengan pengaturan rasa kenyang. Mengunyah makanan lebih lama akan memengaruhi selera dan asupan makanan. 

Juga, saat proses pengunyahan indera pengecap akan terpapar oleh makanan dan hal ini akan membangkitkan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

Selain itu, proses mengunyah merangsang fungsi otak dalam meningkatkan kemampuan kognitif yaitu kemampuan mengingat dan berkonsentrasi.

Tak hanya itu, mengunyah sebagai input sensorik periferal penting untuk merangsang Hippocampus (area otak yang memiliki fungsi penting dalam proses belajar dan daya ingat) sehingga menjaga dan mendukung fungsi kognitif.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan aktivitas mengonsumsi makanan dapat membantu meningkatkan daya fokus. Juga ketika mengunyah maka akan memberikan kesempatan pada makanan untuk bersentuhan dengan lidah lebih lama. Dan karena pada lidah terdapat alat pengecap untuk berbagai rasa maka dengan mengunyah seseorang akan dapat menikmati cita rasa makanan dan memberikan nilai kepuasan. Nah, rasa puas di waktu makan utama ini akan memengaruhi pola makan selanjutnya sehingga bisa menekan keinginan untuk menambah makanan.


Nestle NESTUM dengan GRAINSMARTA Persembahan Nestle Indonesia



NESTUM 101 HEALTHY BOWLS


Nah, setelah tahu alasan kenapa sarapan harus dimakan, maka mari kembali pada menu sarapan yang selama ini kita konsumsi. Sudahkah menu kita memenuhi kriteria sarapan yang seharusnya?

Beruntungnya kita kini hidup di era yang semua ada. Sehingga banyak pilihan makanan tersedia. Enggak seperti jaman dulu yang sarapannya itu-itu melulu...

Hanya saja kita sering dihadapkan pada terbatasnya waktu yang membuat kita lebih memilih sarapan yang sehat, lezat dan...praktis!

Nah, salah satu yang bisa jadi pilihan sarapan yang sehat, lezat dan praktis adalah Nestle NESTUM yaitu bubur sereal sarapan dengan GRAINSMARTA persembahan dari Nestle Indonesia.

Ya, Grainsmarta adalah sereal dengan sumber serat pangan, Vitamin B1, B5, Zat Besi, Kalsium dan tinggi Vit C yang terdiri dari:

  • Multigrain: jagung, beras dan gandum yang membuat kita merasa kenyang lebih lama dan menyediakan energi yang berkelanjutan
  • Serat pangan: sumber serat pangannya larut air sehingg baik untuk membantu mempertahankan dan memelihara fungsi saluran pencernaan
  • Vitamin: kombinasi vitamin B1 dan B5 untuk membantu perubahan karbohidrat menjadi energi serta Vit C untuk membentuk penyerapan zat besi guna mendukung perkembangan kognitif
  • Zat Besi: untuk mendukung perkembangan kognitif dan mencegah anemia serta kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi


NESTUM 101 HEALTHY BOWLS


Tapiii....Kenapa sih mesti Multigrain? Apa kurang kalau hanya jagung, beras, atau gandum saja? Harus ketiga-tiganya yaaa?

Begini ya, Grain/Serealia adalah sereal atau biji yang merupakan sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat atau pati.

Nah, makanan yang terdiri dari Multigrain berarti terdiri lebih dari satu jenis serealia. Di mana contoh serealia adalah: beras, jagung, gandum, barley dan sorgum. Sehingga Multigrain mengandung karbohidrat kompleks yang diperoleh dari beberapa jenis serealia. Ini jika dikonsumsi akan membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna sehingga menyediakan energi berkelanjutan. Selain itu Multigrain juga lebih kaya protein, serat larut air, vitamin dan mineral.


NESTUM - Bubur Sereal Multigrain Sebagai Pilihan Cerdas untuk Sarapan


Dan ternyata Gizi 1 mangkuk  Nestle NESTUM itu setara dengan = Protein pada 1 gelas yoghurt = Kalsium 1 gelas susu = Serat Pangan 1 lembar roti gandum

Karena itu Nestle NESTUM dikatakan sebagai pilihan cerdas saat sarapan:

  • Resep sehat dengan bahan utama Multigrain alami dan rendah gula
  • Multigrain alami terdiri dari Gandum Utuh, Jagung dan Beras. Dengan lebih banyak sereal yang memberi rasa kenyang lebih lama
  • Diperkaya vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien
  • Lezat, sehat dan praktis penyajiannya

Resep Sarapan Bubur NESTUM Ase Betawi



Nah, Nestle NESTUM memang membantu saya menyiapkan sarapan yang sehat, lezat dan praktis untuk keluarga.

Dan, Nestle NESTUM ini tersedia dalam 2 pilihan:

  • Nestum Porridge (ditambahkan susu hangat) dengan 2 varian rasa: Manis dan Original. 
  • Nestum 3in1 (ditambahkan air matang hangat) dengan 3 varian rasa: Susu, Susu+Coklat, Susu+Pisang

Saya biasa memvariasikan Nestle NESTUM ini dengan beraneka menu dan topping agar yang makan enggak bosan. Seperti salah satu menu andalan saya yakni Bubur NESTUM Ase Betawi.

Menu ini terinspirasi dari Bubur Ase Betawi yang kini makin langka saja penjualnya. Di mana pada menu aslinya bubur ini adalah bubur nasi yang disiram dengan kuah semur daging/kentang dan diberi topping asinan Betawi dan ikan teri.

Nah, di sini saya mengganti bubur nasinya dengan Nestle NESTUM yang sehat, lezat dan praktis. Sehingga saya bisa nyicil bikin semurnya malam sebelumnya dan esok paginya tinggal mencampur dengan Nestle NESTUM-nya saja.



NESTUM 101 HEALTHY BOWLS

NESTUM 101 HEALTHY BOWLS



Dan...tada ini dia resep kreasi saya yang bercita rasa Nusantara yang berbahan dasar Nestle NESTUM dari Nestle Indonesia:


Bubur NESTUM Ase Betawi


Bahan:

Nestle NESTUM Original
6 buah telor rebus
12 buah tahu goreng

Bumbu:

6 buah bawang merah
4 buah bawang putih
4 buah kemiri
2 cm kayu manis
4 biji cengkeh
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1/2 sdt jinten
1 sdm gula pasir
1 sdm gula merah sisir
1 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
4 daun salam
2 sereh
Bawang goreng
Irisan daun bawang dan seledri
Air secukupnya

Acar: mentimun dan wortel iris campuri sedikit gula, garam dan cuka jika suka

Cara Membuat:

Haluskan bumbu dan tumis hingga harum. Masukkan telur, tahu dan air. Tambahkan kecap, gula, garam. Masak sampai bumbu meresap.

Siapkan Nestle NESTUM di mangkuk lalu siram dengan kuah semur yang masih panas. Aduk rata. Letakkan telor, tahu dan acar di atasnya. Taburi dengan bawang goreng, daun bawang dan seledri. Sajikan hangat!






Nah, semangkuk Bubur NESTUM Ase Betawi pun siap disantap!!

Hmmm, Lezaat!

Selamat mencoba yaaa dan semoga informasi ini bermanfaat!😍



Happy Sharing


Dian Restu Agustina








38 comments:

  1. Sama, Mama juga selalu mewajibkan sarapan. Katanya biar kuat dan semangat beraktivitas. Saya penasaran sama Nestum 3 in 1, praktis. Kapan3 deh beli di minimarket. Lumayan kan sarapan jadi gak ribet lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..praktis. Bisa jadi andalan biar enggak ribet
      Anak-anak suka juga

      Delete
  2. uwaaahhhh mbaaa, aku mau cobaaa ah. ga kepikir jg, bubur nya diksh lauk semur hahahaha. aku ga terlalu suka bubur nestum ini awalnya krn bosen aja cm bisa dipakein susu ato yoghurt :p. nah tp kalo diksh lauk gurih kyk semur, baru kebayang sih enak juga :D. belanja bulanan mau cari nestum deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Mbak..dikasih kuah gule, kari, sup cream gitu..
      Yang ori NESTUMnya jadi terasa gurih kuahnya

      Delete
  3. Waktu SD dulu aku paling malas kalau disuruh sarapan, biasanya langsung kabut berangkat sekolah.
    Tapi lama kelamaan baru kerasa perut wajib diisi asupan sarapan karena bikin lemas dan kegiatan belajar juga jadi ngga maksimal.

    Biasanya aku suka kerasa eneg kalau hanya sarapan nestum saja, baca post ini ternyata nestum bisa dibarengi semur kesukaanku jadi pengin rutin lagi mengkonsumsinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas...jangan sampai enggak sarapan nanti enggak sanggup hadapi kenyataan kwkwkwk
      Yuk coba sarapan dengan NESTUM

      Delete
    2. Bhahhaaa ..
      Betul ituuu ..
      Perut kosong ngga sarapan bikin susah ngadepin realita daan .. galfok :D

      Ayuuk, kak :)

      Delete
  4. Sama mba, bapakku juga strenght banget soal sarapan nih. Kalau anak-anaknya gak mau nyarap ya udah alamat gak boleh sekolah. Hehe.. makanya aku juga jadi kebiasaan sekeluarga harus nyarap sebelum aktivitas. Nah, nestum ini kayaknya bisa jadi alternatif yang OK nih.

    ReplyDelete
  5. Sarapan buat saya harus karena kalau tidak pasti lemas. Apalagi kalau di kampung saya, itu kalau belum makan nasi, meski sudah makan roti, gorengan, atau apapun tetap saja belum dibilang sudah makan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, banyak yang gitu, belum makan kalau belum nasi hihihi

      Delete
  6. Sama mbak aku pub dibiasakan untuk sarapan dari kecil dan kudu nasi biar setrong kalo kata nenekku. Setelah menikah selain sarapan roti pasti sereal nih mbak soalnya gampang tinggal campur susu doang, terus suami tipe yang gak sarapan pake nasi jadinya aku yg menyesuaikan. Kebetulan lg bosen sama yang itu2 aja, nestum bisa jadi pilihan sarapan selanjutnya deh. Makasi loh mbak info nestumnya. Udah bisa dibeli dimini martkan yah?

    ReplyDelete
  7. Mbak, nanti bubur NESTUM-nya akan memadat dengan sendirinya gitu, ya? Berarti kita tinggal menambahkan lauk pauknya aja, ya? Buburnya sudah ada rasanya atau masih perlu dikasih garam? Aih banyak pertanyaannya, hihihi ...

    Aku penasaran banget pengen nyoba tapi pengalaman memasak bubur instant banyak yang gagal di tanganku hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya , kuah disiram ke bubur sampai tercampur, tinggal kasih lauk dan acar di atasnya

      Delete
  8. Wah enak banget mbak kayanya ini, langsung praktek ahh. Punya nestum di rumah, bahannya juga mudah didapat.

    ReplyDelete
  9. Saya setuju, sarapan itu penting banget.
    Wah, kayaknya perlu dicoba nih Nestum-nya...

    ReplyDelete
  10. klo di kediri sarapan sambel tumpang ya mbak hehe
    aduh enak banget itu
    pasti elzat dan bergizi
    pas banget buat sarapan mbak
    asyik kreasinya

    ReplyDelete
  11. Pengen nyobaaaa kek nya enak. Sebenernya aku kurang suka sih bubur instan kek gini takutnya gak seenaknya mie instan *yaiyalah wkwkw. Tapi kok liat ini penasaran yes keknya enak. Duh ngiler ~

    ReplyDelete
  12. Mbak Dian, ini maksudnya kuah semur disiram saat panas ke Nestum gitu, kah?
    Buburnya jadi coklat gitu kah mbak?
    Hehe maafkan daku yang banyak nanya ini.��

    ReplyDelete
  13. Saya tuh yang termasuk anti sarapan, tapi pas tiba di sekolah perut kriyuk-kriyuk, krupuk kale heheh
    maka jalan keluarnya itu dia, jajaaan..

    Kalau lihat resep Nestle NESTUM ini sepertinya mudah diolah. Baiklah, akan saya coba nanti. Terima kasih resepnya ya mbak.

    ReplyDelete
  14. Nestum ternyata memang bisa diolah jadi apapun selain bubur, aku prnh bkn pancake soalnya pakai nestum yg rasa pisng hhhha

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran dengan nestum, sering lihat di iklan tapi belum pernah coba. Kayaknya enak, apalagi saya penggemar bubur. Dan, ternyata Nestum juga bisa dikreasikan menjadi beragam olahan ya, mba...

    ReplyDelete
  16. di rumah ibu dan nenekku mewajibkan sarapan. Itu jadi kebiasaan sampai sekarang. Resep Nestumnya mau kucoba ah.

    ReplyDelete
  17. Harus belajar lagi ini makanan instant bernutrisi buat enak rempong kaya saya he he

    ReplyDelete
  18. Seringnya sarapan-ku itu ngopi duank. Padahal di rumah anak dan suami sarapan lengkap hehehe aku masih penasaran sama Nestum nih, kayak gimana rasanya dan sepertinya memang praktis dan sehat. Boleh ah rekomendasinya Mbak

    ReplyDelete
  19. Wah sama nih, wajib banget sarapan sebelum beraktivitas
    Dulu, ibuku malah galak bener, gak ada yang boleh keluar rumah tanpa sarapan lebih dulu

    Nah sekarang suami dan Prema juga wajib begitu deh. Tapi ya gak harus nasi
    Btw, sarapan nestum ini tampak praktis, bergizi dan mengenyangkan ya

    ReplyDelete
  20. Kalau aku gak biasa sarapan, paling ngeteh doang , padahal sarapan itu penting yaaa. Nestum ini produk baru ya kak Dian? Ini bubur kan maksudnya bukan oatmeal? Aku penasaran, lumayan nih stok buat sarapan

    ReplyDelete
  21. Kalau sarapannya seperti itu terus mah makin #SemangatCiee buat awali hari dengan ceria, karena memang manfaat sarapan itu udah nggak bisa dibantahkan lagi kan

    ReplyDelete
  22. Wooowww... Enak banget ini sarapannya, jadi pengen nyontek juga ah resepnya. Besok weekend rencana mau belanja, kayaknya sekalian deh mau beli si Nestum dulu. YAng harus selalu diingat adalah "Sarapan itu dimakan bukan diminum"

    ReplyDelete
  23. Owalah ternyata Nestum ini ada dua varian toh yang bubur dan 3 in 1, kukira cuma satu yg original rasa plain trus bisa dimasak gurih atau manis. Blm sempet ngrasain nestum nih hehe

    ReplyDelete
  24. Ulala, mbak dian selalu punya resep yang menarik. Terus gara-gara postingan mbak DIan, aku jadi melihat nestum di banyak swalayan yang kebetulan aku kunjungi. Hahahha

    ReplyDelete
  25. Aku sekarang makin menyadari perbedaan saat hari diawali dengan sarapan atau tidak. Dan bedanya memang signifikan. Dengan sarapan tepat waktu dan rutin, imun tubuh semakin kuat, gak gampang masuk angin juga, kerja lebih konsentrasi dan lebih merasa siap aja dengan berbagai tugas. Apalagi kalau sarapannya sesehat ini ya Mba, jadi pengen beli Nestum deh saat belanja bulanan nanti.

    ReplyDelete
  26. Enak yaa Nestum ini bisa dikreasikan jadi menu sarapan lain yang lebih istimewa. Makin semangat deh sarapannya kalau menunya enak gitu.

    ReplyDelete
  27. NESTUM selalu sedia di rumah saya karena papah mertua kan makannya udah yang bertekstur lembut begini. Jadi saya pilih yang praktis aja pakai NESTUM. Rasanya juga enak

    ReplyDelete
  28. Resepnya kreatifvnih... Bikin pingin nyobain. Perpaduan lauk dan bubur Nestum yang bikin perut makin keroncongan deh bacanya, hahhaha... Saya juga di keluarga selalu harus sarapan pagi, akhirnya sekarang kebiasaan memasak abis subuh.
    Pinfin nyobain deh, apalagi peoduk punya Nestle tak bisa dipungkiri selalu enaaaak:D

    ReplyDelete
  29. Wah.. pantes aku ga kurus - kurus karena jarang sarapan 😅

    ReplyDelete
  30. Aku punyanya rasa coklat. Palingan enaknya di-mix sama buah aja ya. Masih belum ketemu ide buat bikin variasinya. Atau bisa juga tak kasih corn flakes gitu buat kriukannya. Hm... yummy kayaknya.

    ReplyDelete