Belajar Online? Kenapa Tidak? Ini Dia Tipsnya!


Belajar online? 

Hmm, efektif enggak ya? Memang bisa ya belajar di dunia maya tanpa harus bertemu guru dan siswa lainnya? Apa iya bisa mengena itu ilmunya? Jangan-jangan cuma buang-buang duit saja? Duh!! Bingung akutuuuuh!

Hohoho!

Berapa banyak orang yang masih meragukan keefektifan sistim belajar secara online ini. Pasalnya, sejak dulu kala yang namanya belajar diidentikkan dengan ada guru dan murid yang head to head. Lalu ada teman di kiri kanan yang lagi baca, nulis atau cekikikan. Juga ada buku bacaan di tangan yang mesti dibaca dari halaman ke halaman dan buku catatan yang siyaaap untuk menulis semua penjelasan.

Pokoknya belajar itu ada guru, murid dan buku di ruangan itu!!


strategi belajar online
pic by pexels com



Tapi kini, semua telah diubah teknologi!

No doubt! Belajar secara online memberi banyak fleksibilitas bagi kita untuk mengatur waktu dan tempat belajarnya. Apalagi ketika pada saat yang bersamaan kita harus melakukan tugas yang berlainan. 

Namun, fleksibilitas itu artinya kita harus mengambil beberapa strategi agar sukses mengikuti. Hingga kita harus proaktif untuk menyusun cara agar nantinya belajar kita "sesempurna" di kelas biasa. 


strategi kelas online
pic by pexels com


Nah, berikut adalah 5 tips penting untuk membantu teman-teman agar sukses belajar secara online:


1. Baca Materi

Materi adalah hal penting untuk belajar apa pun. Ini merupakan panduan untuk seluruh pembelajaran. Jadi, unduh semua materi yang mesti kita kuasai, sehingga kapan saja dan dimana saja kita bisa membacanya. 

Oh ya, jika dirimu mengikuti kelas online maka lakukan ini sebelum kelas dimulai. Lalu, baca materinya baik-baik yaaa. Juga kerjakan tugas dan kirimkan sebelum tanggal jatuh temponya. 

Juga, jika ternyata merasa enggak mungkin untuk mengirimkan sebelum deadline tiba karena situasi yang mendesak (lagi sibuk syekaliii, sakit atau keadaaan gawat darurat lainnya) segera hubungi mentor atau penanggung jawab segera.


2. Rencanakan Waktu Belajar Harian

Manajemen waktu sangat penting bagi siswa pembelajaran online. Pengaturan jam belajar tertentu mesti disesuaikan karena sifatnya yang individual. Lantaran ada yang luangnya pagi juga banyak yang sempatnya malam hari. 

Seperti saya, Emak dua anak yang sekolahnya sudah sampai siang hari, waktu terbaik belajar online-nya adalah di saat pagi. Sudah kelar ngojekin anak ke sekolah, lanjut bebenah rumah..., cusss bisa cari ilmu dan bolehlah diselingi intip-intip iPrice dulu.😁

Oh ya, untuk yang ambil kelas atau kursus online, bisa disiasati juga dengan split waktu. Di pagi hari baca materi sementara mengerjakan tugas di malam hari. 

Pokoknya pintar-pintar kitanya saja bagi waktunya, karena kesibukan tiap orang enggak sama, ye kan?


3. Ajukan Pertanyaan

Selanjutnya, jika kita memiliki pertanyaan tentang konten materi atau perlu penjelasan tentang tugas, tanyakan segera kepada mentornya. Tapi, sebelum mengajukan pertanyaan, ketahui dulu apa yang ditanyakan dan mengapa.  Jangan sampai ternyata jawaban ada di materinya. Berarti ketahuan enggak baca kan ya? hahaha

Tanyakan ketidakjelasannya di bagian mana karena mentor pasti akan membantu siswa dan mengharapkan mereka untuk mengajukan pertanyaan agar pembelajaran online ini berhasil sesuai dengan yang diharapkan.


4. Jangan Lupa Berteman

Terhubung dengan "teman sekelas" online untuk menyebarkan semangat belajar dan mendiskusikan apa saja yang berkaitan dengannya itu juga penting ya, Temans!

Dan, untuk keperluan itu kita enggak perlu bingung lagi karena banyak alat komunikasi tersedia saat ini. Kita bisa mengirimkan email pribadi untuk membahas tugas-tugas tersebut, membuat Whatsapp Group, Facebook Group atau grup belajar kecil.

Pokoknya berteman saja agar belajarnya lebih menyenangkan!


5. Berkomunikasi dengan Mentor

Komunikasi ini akan bermanfaat bagi kita baik di dalam maupun di luar kelas. Penting untuk memberi tahu mentor jika materi atau tugasnya tidak jelas. Gunakan mode komunikasi yang disukai oleh mentor (melalui email, WA dan lainnya). 

Selain itu, hal ini juga penting untuk memperluas jaringan profesional dan mengembangkan tujuan karier kita.


strategi belajar online
pic by pexels com


Pada akhirnya, tidak ada strategi sempurna yang menjamin kesuksesan belajar online. Tapi sebelum memutuskan belajar online secara mandiri atau masuk ke kelas online, pastikan mata kita terbuka lebar untuk pengalaman yang berbeda di depan sana.

Faktor pentingnya adalah peran kita sebagai pembelajar. Jadilah "siswa" yang aktif dan nikmati peluang yang diberikan lewat pembelajaran.

Karena yang utama kita butuhkan hanyalah kerja keras dan disiplin...and just go online!



Semoga berhasil!

Dian Restu Agustina

12 comments:

  1. Alhamdulillah, saya dulu bermula dari jadi murid online, sekarang jadi mentor online, heheheh... Serunya sama, harus aktif dan memahami materi:) tipsnya masuk semua nih mbak Dian, masuk pak eko....:D

    ReplyDelete
  2. saya pernah belajar ONLINE di Indonesia Android Kejar(IAK). Tapi agak susah sih kalo ada hal2 yang ingin ditanyakan. Untungnya di IAK selain online para peserta suka bertemu mentor seminggu sekali, dikesempatan itu dimanfaatkan untuk bertanya2.
    Selain IAK saya juga ikut kelas Belajar Taaruf online, sayangnya saya gak begitu menyimak karena sibuk sama pekerjaan :D

    ReplyDelete
  3. Saya sering belajar secara online tapi baru sebatas WA, Tele, Flock dan Google Classroom. Seru juga. Yang terpenting memang manajemen waktu agar bisa baca dan aktif di saat pelajaran dilakukan.

    ReplyDelete
  4. wah kayaknya kalau aku gak bisa, mata selalu perih kalau lama2 lihat laptop

    ReplyDelete
  5. Saya mau nyoba belajar online juga, Mbak Dian. Tadinya sih nggak yakin, soalnya takut nggak bisa nepatin waktu untuk ngumpulin tugas-tugas. Saya suka banget nunda-nunda kerjaan sampe mepet banget. Ini saya baru daftar event menulis online selama sebulan. Mudah-mudahan bisa konsisten ...

    ReplyDelete
  6. temen saya ada juga yg kuliah online dan bikin karier dan pendidikan jadi balance ..

    ReplyDelete
  7. Keren ini tipsnya, Mbak.
    Dan kelas online itu keren.
    Hanya berhasik apa tidak, tergantung orang yang ikut kelasnya.

    Saya kebetukan buka kelas menulis cerita anak. Dan yang serius dan bersemangat selama mengikuti kelas, dialah yang akan berhasil menulis cerita sanpai saat ini.

    ReplyDelete
  8. Belum pernah gabung sih di kelas Online. Selama ini cuma suka baca2 dari internet doang.

    Layak coba kayaknya

    ReplyDelete
  9. Aku juga pernah mba kmrin workshop menulis online lumayan nih bnyk ilmu n tambah teman juga

    ReplyDelete
  10. Belajar dimana pun dan dengan cara apapun semua bisa kalau ada niat ya mba, tidak ada alasan dan tidak ada kata terlambat ya buat belajar. Semangat 💪

    ReplyDelete
  11. dengan teknologi, kesempatan belajar jadi makin luas, ya

    ReplyDelete
  12. Belajar daring itu sebenarnya menyenangkan bagi yang sudah dapat membuat jadwalnya dengan baik, misalnya saya sendiri di dunia pendidikan mulai diakrabkan dengan sistem pembelajaran berkelanjutan bagi guru-guru untuk dapat mempelajari perubahan kurikulum yang dinamis. Makin kesini makin menyenangkan karena tidak perlu ada pengeluaran biaya akomodasi dan waktu lebih efektif karena bisa dilakukan sesuai dengan waktu yang dimiliki.

    ReplyDelete