Kalau ke Jakarta, Jangan Lupa ke Sini Yaaa...




"Lenggang lenggok Jakarta, Bagai pinggul gadis remaja
Setiap pandangan selalu menatap, Penuh harapan untuk menjamah
Lenggang lenggok Jakarta, Suka membuat orang lupa
Terpikat oleh manisnya cerita, Mudah jadi jutawan di sana
Ribuan mimpi-mimpi ada, Menggoda mereka
Jangankan cari surga dunia, Neraka dunia pun ada
Lenggang lenggok Jakarta, Jadi simbol maju usaha
Tak kurang banyak juga yang kecewa, Akhirnya Cuma buang waktu saja"


Jakarta, Ibukota Negara kita memang punya sejuta pesona. Sehingga membuat banyak orang berjuang untuk menaklukkannya, seperti digambarkan dalam lagu bertajuk “Lenggang Jakarta” yang dibawakan penyanyi lawas Andi Meriem Matalatta.

Pegipegi
Monas-ikon Jakarta




Nah, tak hanya menarik untuk dihuni, Jakarta pun sangat menggoda untuk dikunjungi. Siapa yang tak penasaran dengan hingar bingarnya kota Megapolitan yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa saat malam hari dan 15 juta di siang harinya ini.

Juga, Jakarta punya segudang tujuan wisata yang sungguh sangat sayang jika dilewatkan saat kita berada di sana. Baik itu wisata petualangan, alam, kuliner maupun budaya.

Komplit, pliiit ada semua di Jakarta!


Anjungan Papua
Anjungan Papua - TMII


Dan…ditunjang pula, fasilitas di Jakarta itu lengkaaaapnya! 

Sebut saja, transportasi aneka moda ada. Makanan dengan segala rupa dan harga tersedia. Juga, maunya nginep di mana? Di hotel murah di Jakarta, apartment, hotel bintang 4 ataupun hotel bintang 5 di Jakarta? Banyaaaak pilihannya, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Tuh,…kurang apa coba Jakarta? 

Ssst, apalagi nih kalau ngomongin Wisata Budaya.

Nah, ada 2 tempat yang wajib disambangi kalau lagi Wisata Budaya di Jakarta. Yang satu sebagai pusat budaya Indonesia dan satu lagi pusat budaya Betawi - suku asli penghuni Ibukota Negara ini.

Destinasinya apa? Yuk mari kita ulas tempatnya....!


Museum Indonesia
Museum Indonesia - TMII



TMII: Taman Mini Indonesia Indah



Taman Mini Indonesia Indah adalah versi mini Indonesia yang hanya ada di Jakarta. Jika kita ingin mengenal budaya Indonesia yang lengkap tanpa perlu mendatangi seluruh pelosok negeri, paling cocok ya datang ke TMII ini.

Dengan membeli tiket sebesar 15 ribu/orang, kita bisa menjelajahi keberagaman Nusantara baik dari suku, agama, budaya, sejarah maupun segi kehidupan lainnya. 

Buka setiap hari Senin-Minggu dari pukul 07.00 - 22.00, area Taman Mini seluas 1,8 km persegi (180 hektar) ini bisa kita kelilingi dengan angkutan yang sudah disediakan pihak pengelola, diantaranya: penyewaan sepeda, motor, mobil dan kereta wisata.




Sedangkan untuk tempat mana yang akan dikunjungi, sebelumnya lebih baik direncanakan apakah nanti akan berkunjung ke anjungan daerah dulu, museum, wahana, taman ataukah rumah ibadah.

Masing-masing tempat ada yang masuknya berbayar adapula yang gratis. Misalnya untuk Anjungan, Museum Bayt Al Quran/Museum Istiqlal dan Museum Penerangan, masuknya gratis. Dan untuk yang berbayar misalnya Museum Olahraga tiketnya 2 ribu/orang, Museum Keprajuritan 4 ribu/orang dan Museum Indonesia, 15 ribu/orang.

Oh ya untuk melihat area dari udara tersedia Kereta Gantung yang tiketnya berharga 50 ribu /orang untuk hari Sabtu/Minggu/libur (hari biasa 40 ribu rupiah).

Serta ada Titihan Samirono/Aeromovel yang tiketnya berharga 40 ribu/orang. Sebuah kereta yang berjalan dengan tenaga angin di atas jalan layang setinggi 6 meter dari permukaan tanah. Kereta ini berkecepatan 15-20 km/jam yang memungkinkan para penumpang memiliki waktu lebih lama untuk memandang panorama TMII dengan lebih nyaman dan aman.


Museum Indonesia
Museum Indonesia - TMII


Sementara untuk anjungan daerah, lengkap semua propinsi di Indonesia ada, diantaranya Anjungan Papua. Di mana ada 3 bangunan utama yang merupakan replika rumah adat suku di Papua yang berjumlah sekitar 250 suku. Ada juga hasil budaya dan diorama kehidupan masyarakat Papua yang disajikan di dalam bangunan utama dan di sekitar area.

Tak lupa singgahlah juga ke Museum Indonesia di area Taman Mini yang koleksinya mewakili seluruh propinsi di Indonesia. Sebuah museum yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mushola, kios cinderamata juga beberapa bangunan lainnya seperti: Bale Panjang, Bale Bundar, Bale Kambang, Bale Nyepi, Menara Angsa, Soko Tujuh, Kolam, Jembatan Situbanda, Taman Argasoka dan Candi Pletasan.


Museum Indonesia - TMII


Benar-benar tempat yang pas untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang keanekaragaman budaya Nusantara, tidak saja untuk anak-anak saja tapi juga untuk kita semua.

Oh ya, ada banyak event yang digelar juga lho di setiap bulannya di Taman Mini Indonesia Indah ini. Yakin deh, mengunjungi tempat-tempat seperti ini bakal membuat kita makin bangga bertanah air Indonesia.


Setu Babakan: Pusat Perkampungan dan Pelestarian Budaya Betawi



Aneka kios di Setu Babakan


Setu Babakan adalah danau buatan seluas 30 ha yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Merupakan area resapan dan ruang terbuka hijau sekaligus menjadi pusat perkampungan dan pelestarian budaya Betawi.

Pintu masuk ke kawasan ini ada di beberapa titik dan tanpa dipungut tiket alias gratis, hanya dikenakan biaya parkir saja.

Setu Babakan dikelilingi pohon jamblang, kecapi, cempedak, jengkol dan beberapa pohon langka lainnya, khas perkampungan Betawi jaman dulu kala. Hingga bikin sekitar area adem suasananya. Cocok untuk main sepeda air, duduk-duduk menyewa tikar sambil menikmati bekal makanan dan menyewa kuda atau naik delman.






Bisa juga memesan makanan khas Betawi yang dijajakan seperti toge goreng, kerak telor, soto betawi, rujak bebek dan tak lupa bir pletok. Minuman khas Betawi yang meski bernama bir tapi non alkohol karena terbuat dari secang, jahe, kapulaga, gula dan campuran rempah-rempah lainnya yang berharga sekitar 10 - 20 ribu.

Setelah kenyang makan, lanjut menikmati wisata budaya yang disajikan, berupa rumah-rumah khas Betawi. Di mana di bagian tengahnya dilengkapi panggung untuk pentas kesenian Betawi seperti Lenong, Gambang Kromong dan Tanjidor. Selain itu juga ada pelatihan kesenian Betawi yang rutin diadakan di sini. Seperti tiap Minggu pagi ada anak-anak yang sedang berlatih Pencak Silat dan menari.




Puas berwisata budaya, jangan lupa berbagai oleh-oleh pun ada, misalnya dodol Betawi, tape uli, sagon, kembang goyang, biji ketapang dan lainnya. Juga baju khas Betawi sebagai cinderamata yaitu baju Sadariah, baju Kurung, baju Ujung Serong, kaos bergambar tokoh Betawi dan miniatur ondel-ondel.

Pesan Penginapan di Aplikasi Pegipegi


Nah, gimana...jadi jalan-jalan ke Jakarta kan, ya?

Enggak usah bingung nginepnya yaaa.....Cari hotel di Pegipegi saja. Lengkaaap pilihan hotel di Jakarta ada tersedia!

Caranya mudah pula, enggak pakai ribet dan enggak bakalan bikin mumet.





Eh, tapi apa sih Pegipegi?

Pegipegi adalah perusahaan yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat dan tiket kereta api melalui situs web serta aplikasi gratis di Android dan iOS.

Nah, berbasis operasional di Jakarta, Pegipegi secara fokus membantu mengelola kebutuhan liburan ataupun perjalanan bisnis dengan menjadi Fun Traveling Partner bagi semuaaaa masyarakat Indonesia.

Di mana alamat Pegipegi?

Pegipegi berkantor pusat di Jl. Raya Perjuangan No. 23, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11530 - Indonesia.

Tapi, mengapa mesti membeli di Pegipegi?

Karena....: Pegipegi terhubung langsung ke lebih dari 7.000 hotel di Indonesia, lebih dari 20.000 rute penerbangan dan juga 1.600 rute perjalanan kereta api. Sehingga kita bisa menikmati berbagai kemudahan dan penawaran menarik yang akan membuat liburan atau perjalanan bisnis semakin praktis dan menyenangkan.




Lalu, bagaimana cara mendaftar untuk menjadi member Pegipegi?

Kita dapat mendaftar menjadi member Pegipegi langsung di website-nya.

Apa keuntungan menjadi member Pegipegi?

Dengan mendaftar menjadi member Pegipegi, kita bisa mendapatkan promo khusus member, pengumpulan poin (PepePoin) yang dapat ditukarkan, kemudahan akses untuk melihat riwayat pemesanan dan juga menikmati fitur istimewa lainnya.






Bagaimana cara pesan Hotel di Pegipegi?




1. Cari Hotel

Mulai pencarian di halaman utama hotel Pegipegi dengan memasukkan kota/daerah/nama hotel dan data menginap (check-in & lama menginap)


2. Pilih Hotel

Di halaman hasil pencarian, kita dapat langsung memilih hotel yang kita inginkan.


3. Pesan Hotel

Setelah menemukan hotel yang sesuai, kita dapat memilih kamar hotel dan jumlahnya.


4. Isi Data dan Lakukan Pembayaran

Isi data pemesan dengan data tamu yang akan menginap. Setelahnya, review kembali data kita di halaman review. Setelah memastikan data sudah benar, lanjutkan ke halaman pembayaran.


5. Voucher Hotel/E-ticket Dikirimkan

Setelah pembayaran sukses diterima, kita akan menerima email berisi ringkasan voucher hotel berupa e-ticket secara instan, maksimum dalam 60 menit.



pilihan pembayaran Pegipegi



Nah,mudah kan pesan hotel di Jakarta lewat Pegipegi...

Mau apa, hotel murah di Jakarta, hotel bintang 4 di Jakarta, hotel bintang 5 di Jakarta atau apartment di Jakarta? Cuss..ke Pegipegi saja yaaa...!! 💖


Berwisata ke Setu Babakan dan TMII
Mempelajari budaya Indonesia dan Betawi
Mari lestarikan budaya negeri sendiri
Kalau bukan kita,...siapa lagi?

TMII itu Indonesia versi Mini
Setu Babakan itu perkampungan Betawi
Cari hotel di Jakarta kini mudah sekali
Tinggal pesan saja di Pegipegi


Selamat Berwisata,

Dian Restu Agustina







87 comments:

  1. Ih saya bertahun tahun di Jakarta. Hanpir sering banget ke taman mini, tapi belum pernah explorasi dengan detail gitu. Nyesel deh sekarang. Kalo ke sana cuma nongkrong di satu atau 2 tempat, udah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan eksplore lagi mbak...Budaya Indonesia komplit ada

      Delete
  2. Kami suka bingung kalau ngajak anak2 ke Jakarta mau kemana. Takut nyasar. Ke mall boros. Terima kasih rekomendasinya.

    ReplyDelete
  3. Widiih,, seumur2 umur belum pernah main ke Jakarta akunya kwkwkw
    Mupeng main ke TMII dan inget dulu pas kecil sering liat tayangan tivi tentang rumah tradisional yg ada di Indonesia. Dan tempat2 lain yg pengen banget dikunjungin ketika bisa ke Jakarta. wkkwkwk
    TFS Mbak ^_^

    ReplyDelete
  4. Setu Babakan yang masih ada di bucket list. Mbuh kapan ini mau direalisasikan. Padahal ya gak terlalu jauh dan bisa pakek TJ. Tapi melawan malas dan panas Ibukota ki memang butuh perjuangan kok. Ujung-ujung e ke moll dengan alasan ngadem, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkwk..memang ya, padahal tinggal werr...yuk kapan ke sana?

      Delete
  5. Aduduuh... Lihat Monas dan TMII inget anak yang hingga 5 tahun usianya kini blm pernah juga kami ajak main ke sana. Terus masuk list sih, buat liburan tipis-tipis. Setu babakan malah kayanya dia udah pernah itu pun dr sekolahnya, ahaha

    ReplyDelete
  6. Pengen banget ke Situ Babakan deh. Kl ke TMII sihvudah pwtnah, tp dulu. Sekarang pasti sdh bnyk fasilitas tambahan yg menambah semaraknya jalan2 ke Taman Mini.

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Setu Babakan nih padahal dah bertahun tahun di Jakarta, hihi. Mau ke sana ah kapan2. Sama udah lama pengen staycation di Jakarta nih, aku intip pegipegi ah siapa tau banyak hotel oke lagi diskon di sana :D

    ReplyDelete
  8. Whoaaa Jakarta tuh makin kece buanget mba. Libur lebaran kemarin aku k Jkt. Order KA pake pegipegi juga. Very recommended!!
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. jakarta sekarang asyik buat dikunjungi
    apalagi museumnya banyak banget
    terutama di kota tua

    menginap di pegipegi juga aku sering lakukan mbak
    habis diskonnya banyak
    kadang promo gabung sama kereta api
    ah seru

    ReplyDelete
  10. Sudah lupa kapan terakhir berkunjung di sini duh jadi pengen Dateng lagi dan melihat lagi kesempurnaan nya saat ini

    ReplyDelete
  11. Tinggal di Jakarta, tetapi belum pernah ke Setu Babakan... hari minggu ini ada acara festival Betawi di sana...

    ReplyDelete
  12. TMII engga ada matinya yah. Udah puluhan tahun ada aja yg baru. Ada beberapa yg belum aku sambangin nih...

    ReplyDelete
  13. Aku udh enam tahun di ibukota ternyata belom pernah main ke monas.. Cm lewat

    ReplyDelete
  14. Tulisannya nampar nampar mukaku nih.. jujur aja, udah 25 tahun hidup di Jabodetabek tapi kok yaaa ... ngga pernah ke Setu Babakan dan explore Taman Mini habis habisan.

    Insya Allah langsung schedulin ke Setu Babakan dulu ah...

    ReplyDelete
  15. Kalo TMII kita udah pernah nginao 2 malam buat eksplore-nya. Nah, kalo Setu Babakan, belum. Baru tau juga kalo Setu Babakan udah rapi kayak gitu. InsyaAllah jadi tujuan berikutnya kalo pas main ke Jakarta.

    ReplyDelete
  16. Aku Monas cuma liat dr kejauhan, dari stasiun gambir xixixi. TMII juga cuma menghadiri pernikahan sodara ga sempet masuk2 ke anjungannya.

    ReplyDelete
  17. Sekarang..kemana2 makin dimudahkan dengan aplikasi ya mba, termasuk pegi2. Misal mau liburan, tinggal atur2 segala keperluan jauh2 hari

    ReplyDelete
  18. Terakhir ke TMII 7 tahun lalu mba, sama si kakak. pas kemarin ke Jakarta cuman sempet ke Monas ama Kota Tua aja hehehe..itupun nggak sempet naik ke Monasnya. Nggak cukup waktu dan buru-buru mau pulang ke Jawa.

    ReplyDelete
  19. Kalau Jakarta komplit deh. Btw, agak tertarik dengan tulisan 15 juta disiang hari dan 10 juta jiwa di malam hari. 5 juta itu yang tiap hari datang ke Jakarta pulang pergi untuk kerja kah? Penisirin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..pekerja yang tinggal di luar Jakarta (Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, dll)

      Delete
  20. Yah, waktu ke Jakarta, kita malah lupa ke Taman Mini. Ingatnya Monas aja, hehehe. Mudah-mudahan ada rezeki bisa ke Jakarta lagi dan TMII harus masuk list utama. Catet!

    ReplyDelete
  21. Jakarta lengkap ya mbak Dian... Saya jarang ke sana, dulu cm kunjung ke saudara dan Dufan. Skrg jadi pingin deh ke sana lagi. Apalagi ada tempat pelestarian betawi. Kalau ke jakarta pingin kunjung ke sana dan pergi ke Monas:)

    ReplyDelete
  22. Jakarta itu kayak magnet ya mba, menarik semua kalangan. Semua fasilitas lengkap, meski mereka bilang Jakarta macet tp tk pernah menjauh, eh mlh mndekat. Jakarta yg penuh pesona!

    ReplyDelete
  23. Monas dan TMII, dua destinasi hits di Jakarta, sdh lama pengen kesana tapi tiap ke Jakarta masih saja belum kesampaian.

    Peta demografi kota megapolitan yang khas, penduduk siang hari lebih banyak dibandingkan saat malam hari.

    ReplyDelete
  24. Apalagi sebagai orang Jakarta kayak aku ya, gak sah kalau belum ke tempat-tempat ini. Yuk main ke Jakarta, naik apa aja gampang kalau ke Jakarta, nginep juga banyak pilihan, tinggal pesan di OTA seperti di pegipegi, urusan liburan gak ribet jadinya

    ReplyDelete
  25. Wah lengkap infonya.. destinasi keren berikut tempat penginapan. Tapi betul nggak sih...tiap orang tuh pasti punya saudara di jakarta hehe jadi kebiasaan berkunjung ke rumah saudara lalu menginap disana.. Hihi kebiasaan orang kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, lain waktu nginep di hotel mbak biar berasa beda

      Delete
  26. Saya sudah mau 3 tahun di Jakarta tapi belum semua dikunjungi mba.. hihi PR nih 😂

    ReplyDelete
  27. Jakarta banyak juga ya tempat wisata dengan HTM terjangkau.. murah sampai gempor.. Hotelnya juga banyak banget.. tinggal pilih sesuai keinginan dan budget

    ReplyDelete
  28. Ke TMII sudah banyak banget yang bisa dikunjungni ya. Tapi yang paling penting itu foto di Monas

    ReplyDelete
  29. Kenapa kalau ke jakarta aku ke ancol mulu ya mbak..hahaha.. Tertarik nih ke Setu babakan belajar budaya betawi

    ReplyDelete
  30. Aku beberapa kali ke TMII tapi baru sedikit lokasi yang kusambangi. Terlalu luas kapten, gempor kaki ini hahaha.


    Kalau setu babakan ada deket rumah ku itu mba... Pernah mampir ke setu tapi aku beneran belum tahu kalau banyak wilayah yang bisa dieksplor. InsyaAllah kapan kapan mau ke sana lagi

    ReplyDelete
  31. weleh, kok baru tahu di TMII ada Museum Indonesia. Selama ini mampir di anjungan aja atau ke Taman Legenda, bagus tuh ketemu dino.

    ReplyDelete
  32. Banyaaak ya mba tempat kereeen di Jakarta.. pengen ke Situ Babakan yaaa mbaa

    ReplyDelete
  33. Iya banget, ke Jakarta mah gak afdol kalo belom ke Monas dan TMII. Btw, aku jadi penasaran dengan TMII sekarang. Makin lengkap ya. Udah lama deh gak main ke sana.

    ReplyDelete
  34. Hidup di Jakarta menurutku emang serba enak. Murah, nyaman, apa aja ada.
    ngomong2 TMII, aku udah hampir lebih dr 10 thn kesana. Terakhir kesana saat aku SD tahun 80an :))

    ReplyDelete
  35. Wah, Jakarta sebagai ibukota negara memang lengkap semuanya. Kalau saya sih lumayan sering ke TMII, kunjungan edukatif bareng murid murid he..he... Kalau Monas lebih sering ngelewatin.

    ReplyDelete

  36. Berwisata ke Pantai Kuta
    Setelah itu ke Pantai Senggigi
    Kalau Anda jalan² ke Jakarta
    Jangan lupa pakai aplikasi Pegi-Pegi

    ReplyDelete
  37. Fasilitas TMII yg versi mini aku belum kunjungi nih, terakhir kesana cuma ke keong mas & kolam renangnya, kapan2 jadwalin kesana ah, thanks infonya

    ReplyDelete
  38. Asik dan seru ya kalau bisa eksplor wisata Jakarta, apalagi nginepnya di pegipegi ga susah nyari penginapan, pasti dapat yang sesuai.

    ReplyDelete
  39. Saya sambil nyanyi pas baca openingnya Mbak. Soalnya hapal lagunya, apalagi dibawakan penyanyi dari Ujung Pandang yang bergelar, Mutiara dari Selatan hahaha.

    Saya dari 1998 merantau ke Jakarta, Mbak. Dan salah satu tujuan saya itu karena pengih lihat Monas, mau ke Taman Mini, Dufan dan wisata lainnya hahaha. Tinggal Setu Babakan belum.

    Dan sekarang mau wisata ke mana saja enak ya, Mbak. Termasuk Jakarta. Dan saya juga sering menggunakan pegi-pegi, Mbak. Layanannya oke.

    ReplyDelete
  40. PegiPegi mah juara promonya ya mba.
    Paling sering kasih rate hotel yang di OTA lain selalu wao, di PegiPegi bisa turun.

    Jadi kangen ke Jakarta ih.
    Kudu explore lebih banyak lagi kalau ke sana, dan nginapnya kudu minimal 2-3 malam nih :)

    ReplyDelete
  41. Aku belum pernah ke Setu Babakan, rencana kalo weekend mau ke sana bareng keluarga, eksplor budaya Betawi di setu Babakan .

    ReplyDelete
  42. TMII.. duh liat foto mbak jadi teringat 20 tahunan yang lalu pernah ke sini naik kereta gantung, bahagia bisa liat peta indonesia dari atas. Mudah-mudahan next bisa ke sana ajak anak-anak

    ReplyDelete
  43. karena Jakarta menjadi pusat pemerintahan sejak dahulu, jadi lokasi yang selalu menarik untuk saya kunjungi itu yang bernilai sejarah

    ReplyDelete
  44. jadi tau kalau ke ibu kota mesti ke mana aja.apalagi udah ada pegi-pegi dot com lebih asik gak ribet lagi yesss

    ReplyDelete
  45. Jangan lupa ke perpustakaan indonesia, kak. Asik juga buat foto-foto dan buat konten blog di situ. kalau lelah tinggal ke kantinnya. enak

    ReplyDelete
  46. Aku ke monas baru sekali wkwkwk, kalau ke TMII udah bbrp kali. Setu Babakan seringnya lewat depannya aja, blm pernah masuk, kapan2 deh ke sana :D
    Ternyata dalamnya Setu Babakan ada kulineran Jakarta ya? Penasaran sama minuman birnya, bir pletok itu kan ya?

    ReplyDelete
  47. Setuju banget kalau ke Jakarta tapi blm ke Monas rasanya belum afdol ya kak hehe. Jadi pengen ke Monas lagi euy.

    ReplyDelete
  48. Meski udah beberapa kali ke TMII, pasti tempat ini wajib dikunjungi oleh mereka yang berkunjung ke ibukota. Apalagi adanya aplikasi pegi-pegi pasti makin memudahkan untuk perihal menginap.

    ReplyDelete
  49. Kalau ke Jakarta itu yang pertama adalah Monas, kedua adalah TMII. Gak ke keduanya artinya belom nyampe Jakarta 😂
    Emang gampang banget booking di PegiPegi tuh mba, simple prosesnya ga lama, jenis pembayaran beragam.

    ReplyDelete
  50. Pernah ke TMII tapi udah lama bangetttt, zaman masih SMA. Pankapan ke Jakarta lagi mesti jadwalkan untuk ke TMII bawa anak nih, biar bisa tau betapa kayanya budaya Indonesia

    ReplyDelete
  51. dari Medan, Pernah ke Jakarta tapi belum sempat ke Taman Mini.
    Baca tulisan di blog ini jadi pingin main kesana.
    tempanya asri.kebetulan saya suka dengan kebudayaan Indonesia

    Tulisannya jadi referensi saya banget nih mbak

    ReplyDelete
  52. Berlibur ke Jakarta kalau belum ke Monas ya memang belum afdol ya kak hehehe. Karena memang itu ikon dari Jakarta, jadi kudu banget dikunjungi. Terus sekarang makin mudah pula ya pesen hotel, tinggal klik langsung dapat hehe.

    ReplyDelete
  53. wah belum pernah nih ke musem jakartanya, padahal udah 2 kali ke tmii, mungkin harus yang ketiga biar kesana, thanks mbak infonya

    ReplyDelete