Tips Aman Berkendara di Tol Trans Jawa



Temaaan, bagi saya, mudik Lebaran tahun ini benar-benar membahagiakan sekaligus mencengangkan. Betapa tidak, saya dan keluarga bisa sampai ke kampung halaman hanya dalam hitungan jam saja! Padahal sebelum-sebelumnya, bisa memerlukan waktu seharian, bahkan lebih. Ya, itu dulu, sebelum perjalanan saya dimanjakan dengan keberadaan Tol Trans Jawa. Kini, semua makin praktis sehingga mudik pun jadi lebih ekonomis.


Traveloka PayLater


Jakarta-Kediri Makin Dekat di Mata dan di Hati


Saya asli Kediri sementara Suami berasal dari Madiun. Sehingga kedua kota tersebut menjadi tujuan mudik kami setiap tahun. Syukurnya Madiun dan Kediri bisa dibilang masih satu zonasi, jadi sekali mudik dua-duanya bisa terjabani.😀

Nah, karena saya sudah merantau sejak lulus SMA, artinya saya sudah berpengalaman mudik selama 25 tahun dari berbagai tempat yang pernah saya tinggali. 

Khusus untuk mudik dari Jakarta, berbagai moda pernah saya tempuh bersama keluarga. Mulai dari kereta api, bis, pesawat dan kendaraan pribadi. Dan, karena kepraktisan buat wara-wiri Madiun-Kediri, beberapa tahun terakhir saya dan suami lebih memilih mudik dengan kendaraan pribadi. Kemudian pilihan ini makin menguat setelah adanya Tol Trans Jawa yang membuat saya tinggal masuk pintu tol di dekat rumah dan keluar di pintu tol di dekat kampung halaman sana. 

Sehingga saat mudik, Jakarta-Kediri yang berjarak 710 km bisa tertempuh dalam 12 jam saja sudah termasuk Ishoma. Pun, saat baliknya... Sampai rasanya seperti mimpi saja!

Tol Trans Jawa


Tips Aman Berkendara di Tol Trans Jawa


Tol Trans Jawa sebagai jalan bebas hambatan memang bisa melancarkan perjalanan. Lantaran kita bisa bablasss tanpa direcoki lampu lalu lintas, pasar tumpah, kendaraan roda dua, pejalan kaki ataupun mesti belok ke kanan atau kiri. 

Tapi....jangan salah, tol ini juga bisa menimbulkan masalah. Salah satunya, karena jalanannya lurusss terusss, maka butuh kewaspadaan ekstra dari si pengendara. Dan, bukan itu saja, beberapa hal memang mesti diperhatikan saat melintasi Tol Trans Jawa.

Apa saja?


Traveloka Paylater
Jembatan Merah Kali Kutho di jalan tol Batang-Semarang


Berikut beberapa tips aman berkendara di Tol Trans Jawa, diantaranya:


1. Kondisi Diri adalah Koentji


Jadi gini yaa...perjalanan darat itu butuh kesiapan stamina bagi pelakunya, khususnya si pengendara. Maka pastikan sejak sebelum hari H kesehatan kudu dijaga, pola makan baik dan istirahat pun cukup. Sehingga pada saatnya bisa wussss...lancar jaya sehat sentosa saat melewati tol Trans Jawa.


2. Siapkan Kendaraan


Apapun jenis kendaraan yang digunakan sebaiknya memang sudah disiapkan untuk perjalanan. Lakukan service kendaraan sebelum keberangkatan dan pastikan tidak ada sistem keamanan dan keselamatan yang mengalami gangguan. Cek semuanya sehingga performa kendaraan bakal maksimal. Pemeriksaan ban dan angin, wiper, lampu dan sinyal, kopling, rem dan kaki-kaki, air radiator, mesin, hingga pergantian oli diperlukan untuk performa yang lebih baik lagi. Sehingga nantinya kendaraan kita bakalan grenggg jalannya di Tol Trans Jawa.


3. Bekalnya Jangan Lupa


Kita enggak bisa prediksi ada satu dan lain hal terjadi di Tol Trans Jawa nanti. Antrian mengular di gardu tol, kemacetan panjang hingga kejadian yang membuat jalan jadi tersendat. Sementara jejualan makanan tak mungkin kita temui dengan mudahnya di kiri kanan layaknya jalan biasa. Kita mesti singgah ke rest area terdekat buat mendapatkannya. Lha kalau rest area juga full gimana? Bisa-bisa kelaparan kita! Hiks...

Maka, sebaiknya sedia bekal makan dan minum secukupnya sehingga sewaktu-waktu perlu, tinggal nyam nyam nyam, kunyah saja sambil jalan. Tapi penting diiingat untuk membawa barang bawaan secukupnya saja dan tidak melebihi kapasitas kendaraannya.


4. Rencanakan Rute dan Rehatnya


Siapkan rencana berkendara di Tol Trans Jawa, mau lewat rute yang mana, akan rehat di mana dan kapan isi bensinnya. Sebaiknya sih setelah maksimal 4 jam berkendara, badan dan kendaraan diistirahatkan. Hal ini untuk menghindari kelelahan dan mengembalikan konsentrasi pengendara juga menjaga performa mobilnya. Oh ya, siapkan juga peta perjalanan, boleh manual atau digital dan tentukan check point tempat kita istirahat nanti. Kalau bisa sih yang all in one, jadi sambil Ishoma, bahan bakar kendaraan bisa diisi juga. Biar enggak berhenti lagi dan lagi.


5. Bawa Uang Tunai dan Isi Juga Kartu Tolnya ya...Jangan Lupa!


Bawa uang secukupnya buat beli makanan, minuman, bahan bakar kendaraan juga pernak-pernik lucu jika mungkin ketemu. Meski di beberapa rest area  Tol Trans Jawa dilengkapi ATM Centre tak ada salahnya kita siapkan dari rumah uang tunainya. Juga yang utama karena semua tol transaksinya melalui uang elektronik, ya siapkan amunisi dengan mengisi saldo yang cukup untuk sampai ke tujuan, Juga, punyai satu kartu ekstra sebagai jaga-jaga. Isi saldo lebih banyak tentu akan lebih baik untuk keperluan ke depannya. (Ssst, jika mudik uang angpao Lebaran juga jangan sampai ketinggalan yaa, ntar dah repot nukarnya lupa pula bawa hahaha)


6. Taati Aturan


Berkendara di jalan tol tentu berbeda sekali dengan jalan non-tol. Dari sisi kecepatan misalnya, sudah diatur dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan 111 Tahun 2015, tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan. Bahwa batas kecepatan paling rendah 60 km per jam dan paling tinggi 100 km per jam untuk jalan bebas hambatan (termasuk di dalamnya jalan tol). Jadi yang mau nyetirnya santai kayak di pantai ya monggo, keluar dari tol saja. Juga, yang merasa jalan tol bisa jadi uji coba-coba serasa Michael Schumaker di ajang balap Formula 1 dunia, ya lebih baik ke sirkuit saja sana.

Selain itu, perhatikan juga aturan di jalan Tol Trans Jawa dan jalan tol lainnya. Sering ada papan yang menyebutkan lajur kiri untuk mendahului. Jadi, setelah nyalip dari sebelah kanan segera menepi ke kiri. Jangan berada di kanan terus-terusan, sampai membuat yang di belakangnya "terpaksa" nyalip dari kiri, padahal itu bahaya sekali.


7. Rehat Jika Merasa Kurang Sehat atau Ngantuk Berat


Juga, tidak memaksakan diri tetap berkendara jika sedang tidak sehat atau merasa ngantuk berat. Lebih baik sih pengemudi diganti atau istirahat dulu sampai siap menyetir lagi. Dan, jika ternyata perlu tempat istirahat yang nyaman sebelum melanjutkan perjalanan...cuss nginep saja di hotel di sekitar exit toll terdekat. Atau tetiba baca nama sebuah kota dan ta daaa, ingat kalau ada destinasi yang menarik di sana. Dan karena jaraknya tinggal sepelemparan batu saja, sayang amat kalau cuma lewat. Mending istirahat sekalian berwisata dan nginep semalam saja.

(Whaaat? Kan belum booking hotelnya, kalau dadakan macam tahu bulat mana dapat? Malah tambah pusing kepala karena mesti muter-muter nyarinya!)


Ttips berkendara di Tol Trans Jawa


Pesan Hotel Dadakan? Enggak Usah Pusing Lagi!


Eitss...hari gini kok  pusing. Kan dah dibantu teknologi! Mau booking hotel online tinggal buka aplikasi Traveloka, karena Traveloka punya fitur andalan yang membantu pengguna memenuhi kebutuhan untuk travel last minute-nya. Diantaranya:



1. Hotel Near Me

Traveloka sangat tahu isi hati kita Karena begitu kita klik Hotel saja, kita sudah ditawari "Menginap di - Hotel di Sekitar Anda...." alias "Destinastion - Hotel Near Me..." kalau dalam Bahasa Inggris-nya. Lalu, pilih saja nama kotanya dan biarkan Traveloka yang bekerja mencarikan hotel sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.


2. Pay at Hotel

Apakah "Pay at Hotel/Bayar di Hotel" itu? Ini adalah fitur yang memungkinkan dirimu memesan kamar tanpa harus membayar terlebih dahulu. Lantaran dengan memilih Pay at Hotel pembayaran bisa dilakukan nanti pada saat menginap, baik secara tunai maupun dengan kartu. Jadi meski untuk pemesanan ditanyakan data kartu kredit kita, ini diperlukan hanya sebagai jaminan, sehingga kita tidak akan dikenai biaya pada saat pemesanan. Enak, kan?


3. Pay Later 

Menyicil pembayaran seringkali menjadi pilihan kita saat bepergian sebagai langkah dalam pengaturan anggaran perjalanan. Dan menyicil pembayaran biasanya identik dengan penggunaan kartu kredit. Sedangkan tidak semua orang memilikinya. Nah, sebagai solusi, Traveloka memiliki fitur PayLater yang dapat digunakan bagi pengguna yang tidak memiliki kartu kredit. Sehingga mereka tetap dapat memperoleh kemudahan dan fleksibilitas pembayaran untuk mengatur perjalanan. Tuh, gampang....


4. Easy Reschedule

Nah, ketika sudah booking hotel terus ada perubahan rencana dadakan yang bikin kita mesti ganti tanggal nginap atau durasi, gimana? Gampang saja, mengubah tanggal inap hanya dalam hitungan klik di Traveloka. Sehingga dengan fitur Easy Reschedule, tidak ada waktu kita yang akan terbuang sia-sia.


Rest Area KM 620B - bekas PG Banjaratma


Traveloka PayLater, Bikin Kita Bisa Liburan Kapan Saja 


Nah, salah satu fitur asyik dari Traveloka adalah PayLater. Yaitu layanan cicilan online yang dapat mewujudkan mimpi para traveler untuk bepergian ke tempat yang diidamkannya. Kemudahan ini membuat semua bisa liburan kapan saja dengan biaya cicilan online tanpa perlu kartu kredit.

Wah..., mudah! Lalu keuntungan PayLater itu apa saja?

  • Beraneka promo dan diskon yang menarik
  • Praktis dan ekonomis: tidak perlu lagi membawa uang tunai secara berlebihan dan proses pembayaran lebih cepat.
  • Reward yang menguntungkan: reward yang bisa di redeem ke produk
  • Lebih hemat dan mudah mengatur pengeluaran:  lebih hemat karena ada diskon yang menguntungkan dan lebih mudah melihat pengeluaran karena platform yang digunakan adalah digital sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja.
  • Layanan kredit online yang memudahkan: layanan menguntungkan dan jangkauannya lebih luas karena bisa dimanfaatkan para pengguna yang tidak memiliki kartu kredit fisik

Rest Area KM 620B - bekas PG Banjaratma

Hmm....lalu bagaimana dengan data pengguna pinjaman dan cicilan online seperti PayLater ini? Jangan-jangan disalahgunakan nanti. Hiks!😏

Traveloka PayLater ini metode pembayarannya adalah secara cicilan tanpa kartu kredit yang dapat dibayar 1 – 12 bulan. Selain memberikan keuntungan dengan kemudahan cicilan, Traveloka PayLater juga menjamin data pribadi penggunanya tetap aman dan terjaga kerahasiaannya, diantaranya dengan:


1. Traveloka bermitra dengan Danamas yang tepercaya

Danamas adalah finance service milik Sinarmas Group yang pastinya tak perlu diragukan lagi rekam jejaknya. Dengan menjadikan Danamas sebagai mitra, Traveloka PayLater berkomitmen menjaga kerahasiaan data seluruh penggunanya. Juga, Danamas ini sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK. So, enggak usah khawatir kita.


2. Traveloka Menghimbau pengguna PayLater ikut menjaga keamanan datanya

Proteksi dari Traveloka dan Danamas sendiri tak cukup, pengguna juga diminta ikut serta menjaga keamanan data pribadinya. Caranya dengan tidak membagikan password atau OTP (One Time Password) pada siapa pun.

Juga, lebih baik pengguna menghindari menggunakan fasilitas publik untuk mengakses akun Traveloka miliknya. Karena, mengakses akun pribadi dengan jaringan atau perangkat publik bisa menyebabkan kebocoran data. Hiiiii, ngeriii!


3. Traveloka membolehkan pengguna PayLater menghapus datanya 

PayLater dari Traveloka ini tidak bersifat mengikat sehingga pengguna hanya akan ditagih jika ada cicilan yang aktif saja. Artinya, layanan PayLater akan mati sementara jika tidak ada cicilan berjalan. Jadi, pengguna tak perlu khawatir akan terus ditagih meski tidak melakukan transaksi. 

Juga, Traveloka membebaskan pengguna yang ingin menghapus datanya setelah pengajuan disetujui. Dengan catatan bahwa tidak ada tagihan aktif pada saat pengguna itu. Caranya dengan menghubungi Traveloka kemudian ajukan permintaan penutupan akun PayLater. Setelah itu, tim Traveloka akan menutup akun PayLater kita secara permanen. 


4. Traveloka memberikan layanan konsumen 24/7 

Traveloka juga menyediakan layanan konsumen 24 jam non-stop setiap harinya untuk menerima keluhan pengguna PayLater. Jadi ketika terjadi transaksi mencurigakan atau ada pihak yang mengatasnamakan Traveloka PayLater dan meminta data pribadi, segera hubungi call center resminya, yaaa... !





Huuuh..lega dan nyaman sih ya? Tapi kalau ada satu dan lain hal, seperti lupa bayar cicilan gimana ya? Jangan-jangan langsung diteror secara membabi buta. Duh!

Enggak lah, cara kerja penagih hutang-nya Traveloka PayLater beretika, kok! Secara legal, para pengguna PayLater memang berutang kepada Danamas. Karena itu, untuk penagihan nantinya akan dilakukan oleh pihak Danamas. Tapi, karena mereka juga merupakan pengguna Traveloka, tentu pihak Traveloka tidak akan lepas tangan begitu saja. Sehingga Traveloka juga akan membantu prosesnya, misalnya dengan mengingatkan pengguna yang mungkin lupa untuk membayar tagihan lewat notifikasi di aplikasi Traveloka.




Nah, bingungnya udah...
Jadi jika dirimu dadakan sedang mencari hotel last minute yang cocok untuk kebutuhan road trip saat melintasi Tol Trans Jawa, ke Traveloka saja yaa..

Baiquelah Teman, tetap utamakan keselamatan serta selamat menikmati perjalanan! 💖



Happy Sharing


Dian Restu Agustina






























61 comments:

  1. duuuuh kapan yaaa aku bisa rasain tol baru ini... cuti pak suami thn ini juga udh ga cukup kalo hrs mudik ... palingan nunggu thn depan :D. tapi aku udah denger cerita dari mama mertua dan mbak ipar yg kemarin mudik ke solo sampe nganjuk, dan mereka juga seneng krn skr bisa lbh cepet mudiknya... ga kebayang dulu yaaa tiap mudik, aku pernah ngabisin 30 jam jakarta solo saking macetnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain tahun depan, mbak...sudah tambah panjang lagi tolnya, semoga:)

      Delete
  2. Setuju mbak, bekal makanan itu penting banget ya, apalagi kalau bawa anak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..jangan sampai jam makan anak enggak ada makanan, kasihan..

      Delete
  3. Keren ini tipsnya semua harus dijalankan emang.
    Dan rehat setiap 4 jam itu sekarnag bisa ngecek pake google maps ya ada i rest area di mana biar sekalian ishoma

    Dan baru tahu Traveloka pay later dan pay now . Untuk yang lelah dan butuh rehat ni perlu banget. Aku pernah bawa anakku habis sunat dan sedih aja wakut itu kena macet di jalan arah Yogya .. trauma rasanya. Dengan fitur ini jadi memudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa di cek di GMaps, rest area terdekat

      Delete
  4. Aku juga pengin sesekali cuss ke Jakarta pake tol enih :D
    Tapi pas Lebaran kemarin, aku naik KA pulang perginya.
    Kapan2 kayaknya asik nih, kalo rombongan rame2 roadtrip!
    --https://bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak...cobain ya roadtrip, makin mudah sekarnag

      Delete
  5. Karena tidak mudik secara rumahku dan suami hanya beda kecamatan, jadinya memanfaatkan tol kalo pas silaturahmi ke sodara yang diluar kota. Mbak Dian sempat foto di SLG ya? Kita deketan sih, aku di Nganjuk. Semoga suatu sat bisa ketemu ya mbak. Terima kasih berbagi info yang bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  6. Berhubung dapat orang Jawa Barat jadi aku belum pernah mba mudik jauh jadi belum pernah juga merasakan tol trans Jawa ini mantap yah bisa pangkas waktunya :D

    btw tipsnya oke mba sama kayak aku pas mudil lewat Cipali jalanannya lurus terus emang butuh kewaspadaan dan juga kendaraanya harus prima juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..jalan lurus bikin ngantuk dan haluuu, bahaya, harus ditemenin melek biar enggak ngantuk

      Delete
  7. Aku juga pernah. Tapi pas belum selesai total jadi masuk tol disemarang. Masih keluar masuk. Baru yang lossss sampe Jakarta Di Brebes. Emang ngurangi waktu tempuhnya kelewat banyak Jadi seneng cepet sampai

    Mudik hari ke berapa mbak? Tahun ini info mudik jauh Dari Kata macet ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah total mbak..tolnya bablas sampai Malang

      Delete
  8. Wohooo kerenlah ya, Jakarta Madiun bisa beberapa jam. Jadi pengen nyoba juga jalur ini. Adikku ada yang tinggal di Ngawi sebelah Madiun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ngawi hampir sama mbak kayak ke Madiun, tol terus dari Jakarta bisa

      Delete
  9. Belum ngerasain jalan tol trans jawa nih, karena ga punya kampung halaman di Jawa, ekekek.

    Belum juga nyobain fitur PayLater dari traveloka ini, kalau pesen hotel di traveloka sih udah sering ya, dan terbukti emang paling murah diantara yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuks kapan-kapan jalan-jalan via tol Trans Jawa:)

      Delete
  10. kebetulan kalau lebaran aku mudiknya gak jauh-jauh banget.Tapi tetep, sebelum dan selama perjalanan selalu prepare yang terbaik. Kondisi pengendara harus fit, yang pasti cukup tidur dan gak pernah maksaim terus jalan kalau udah kerasa lelah

    ReplyDelete
  11. Aku juga ke banjaratmaaaaaa.... iish ini kali mudik yang bikin aku banyak berhenti, tapi jadi banyak pengalaman, meski kena macet tol bekasi (((4 jam)))... ckckckc... Thx tipsnya mba Dian, setuju semuanya ya orangnya ya kendarannya harus fit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik baru mudik juga, aku biasa juga banyak berhenti , kalau jalannya dah oke gini ayo aja

      Delete
  12. Mbaaaaa... salah fokus ama si kakak apa mas ya itu, tinggi bangeeett hahaha.
    Ibunya bentar lagi paling imut sendiri :D

    Bener ya, saya juga baca tulisan teman-teman lainnya, semacam berlomba ama pesawat deh hahaha.
    Bahkan kayaknya lebih cepet naik mobil ketimbang naik kereta api.

    Jadinya kece banget bisa petualangan, kalau hotel mah serahkan aja ke Traveloka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran cepetan mobil dari KA. Bahkan pesawat aku kan harus turun Surabaya terus nyambung ke Kediri, hitungan jamnya bisa hampir sama
      Iya kalau hotel serahkan ke Traveloka:)

      Delete
  13. Enak ya mudik Jakarta Jawa. Bawa mobil pribadi pun seru-seru aja. Coba ke Lampung, baru 2 - 3 jam bermobil, udah dicegat lautan luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu yang enak menurut saya, ketemu laut..kwkwkw

      Delete
  14. Aku udah jajal tol trans jawa ini mbak dan ngwanti-wanti urusan kartu tol soalnya pernah tiba-tiba kartu tol ilang dan sampe panik dan pusing semua. Dan bener banget nih kalau perjalanan jauh enaknya merencanakan urusan rehat juga, pake Traveloka mah udah paling bener ya apalagi pake metode pay later, ga pake pusing pastinya

    ReplyDelete
  15. kalau mau jalan dadakan trus kemaleman juga enak ya mba, tinggal klik traveloka, ga bingung mau nginep dimana

    ReplyDelete
  16. Ooo jadi pay laternya traveloka tuh bayarnya nyicil ya? Iya selama ini saya selalu lihat pay later tuh pakai kartu kredit. Asyik juga ya ga perlu kartu kredit bisa pay later.

    ReplyDelete
  17. perjalanan keluar kota selalu ada cerita.Yang bikin bt itu emang kalo ada kejadian yang bikin kita terpaksa nginep.Nah untung sekarang udah ada Traveloka,berkurang kepanikan

    ReplyDelete
  18. Waah senengnya mudik jadi makin lancar dan nyaman...
    Waah traveloka mang mantap nihh
    Paham banget dg kebutuhan yg dinamis...

    ReplyDelete
  19. Saya baca di beberapa media katanya tahun ini mudiknya lancar Jaya karena ada tol. Tapi kudu hati-hati dan waspada banget. Benar seperti yang disampaikan Mba Dian, karena di jalan Tol Trans Jawa itu lurus banget, bikin pengendara terlena. Jadi jangan sampai ngantuk di sini. And yes, kalau ngantuk memang sebaiknya melipir ke rest area. Kalau perlu booking hotel terdekat dengan traveloka yang bisa pay later.

    ReplyDelete
  20. Mau kemana ? Merasa jauh? Melalui tol aja dan jangan lupa baca artikel ini untuk mengetahui apa apa yang harus di persiapkan di waspasai

    ReplyDelete
  21. Ahahaha bener2 Madiun dan Kediri satu zonasi jd masih enak lha mudiknya :D
    Manteb mbak Dian nyetir sejauh itu. Btw bisa ya ternyata utk booking hotel last minute.
    Hmmm kyknya kalau mendesak banget mungkin aku akan pakai, khususnya paylater tiket pesawat, tapi moga2 tiket pesawat lbh murce lg jd bisa kebeli yak :D

    ReplyDelete
  22. Beberapa bulan kemarin aku juga icip jalan tol Trans Jawa ini dengan rute Jakarta ke Surabaya.

    Setuju mba, jalan tol memang ada plus minusnya.
    Plusnya itu, jalan mulus, lancar bikin tergoda berkendara dengan gas pol
    Minusnya, kudu konsentrasi full karena umumnya jalan lurus dengan view monoton.
    Tapi kalau diminta ulang lagi, aku tak mau, hahaha
    Viewnya monoton!

    Tentang PayLater aku belum pernah coba, malah ini baru pertama kali tahu.

    ReplyDelete
  23. wah aku baru ngerasain tol tran Jawa dari Surakarta - Ambarawa aja mba. Pengennya bisa sampai ke Surabaya next kapan-kapan. Hihihi... Thanks tipsnya ya mba, lengkap banget seperti biasa :)

    ReplyDelete
  24. Seneng nya bisa lewatin tol trans jawa, soon aku ajak kluarga deh klo baby ud launching dan ga repot ya sekarang pesen hotel pun lebih mudah

    ReplyDelete
  25. enaknya sekarang jalan makin terhubung dan pilihan untuk menginap maupun penyelesaian administrasinya makin banyak. Paylater tuh oke bangeeet ya

    ReplyDelete
  26. Senang sekali deh mendengar dan membaca cerita teman-teman yang mudik tahun ini. Karena mudik tahun ini lebih lancar dan nyaman dari sebelumnya. Ini tipsnya kudu ku pelajari juga nih secara baru mau liburan sama suami dan anakku untuk naik mobil.

    ReplyDelete
  27. Asyiknya yaaa pergi ke jawa atau jatim skrng mudah banget bisa lewat tol..pas perjalanan jg yang penting hati2 ya

    ReplyDelete
  28. Senangnya kalau mudik lancar jaya semacam ini. Yang penting memang persiapan segala kemungkinan dan perencanaan yaa.. Mudik nyaman harus disiapkan. Termasuk menyiapkan kondisi tubuh tetap fit dengan istirahat yang cukup. Mengetahui hotel-hotel yang kira2 bisa disinggahi untuk istirahat sangat bagus, jadi kalau butuh booking tinggal pakai aplikasi traveloka saja... Info bagus mb..

    ReplyDelete
  29. Bener banget sih, kalo lewat jalan tol tuh kitanya kudu fit. Kalo udah ngantuk gt emang harus segera cari rest area deh, secara tol itu boring banget 😂

    Btw paylaterku di suspended karena gak pernah dipake 😂 mau daftar ulang ga bisa

    ReplyDelete
  30. Aku belum pernah nyobain nyetir di tol trans Jawa. Hihihi. Tapi senang juga sudah ada jalurnya yang memang bagus

    ReplyDelete
  31. Memang paling enak itu mudik dengan kendaraan pribadi ya, Mbak. Soalnya, bisa juga dipakai wara-wiri pas di kampung halaman. Dan dengan adanya jalan tol, makin lancar jaya perjalanan.

    Hanya memang banyak yang mengingatkan Mbak. Justru pas jalanan lenggang dan lancar jaya, itu waspada harus lebih ditingkat. Misalnya ke asyikan, gas digas pool hehehe.

    ReplyDelete
  32. Aku gak pernah mudik . Kebetulan orangtua dan mertua ku tinggal di Jakarta dan mereka tinggal nya deketan cuma beda gang aja . Pengen deh ngerasain kayak orang orang semangat mudiknya demi orang terkasih .

    Terakhir ke Jogja naik kereta pengen banget bawa kendaraan pribadi biar menikmati akses tol yang sekarang udh jempol mantap kayak yg mbak ceritain.

    ReplyDelete
  33. Aku belom pernah nyobain Trans Jawa ini, yang katanya emang enak deket pulaa. Tapi beneran loh, jalanan yg panjang luruss bener2 kudu waspada ya, kesehatan fisik mesti yg utama..
    Makasih tipsnya loh, pastinya bermanfaat, yang kadang suka lupa baw perbekalan makanan.

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah tol trans Jawa membantu banget ya untuk akses yang lebih cepat dan insyaallaah aman juga. Tapi kubelum pernah kalo naik mobil pribadi..naik bis aja udah enjoy banget..tau2 udah nyampe Jakarta hehe...

    ReplyDelete
  35. Bermanfaat sekali tipsnya Kak. Yang patut diwaspadai juga adalah berkendara maksimal 4 jam. Harus berhenti karena rawan microsleeping.

    ReplyDelete
  36. Tips nya oke banget, suami kalo mau perjalanan darat itu selalu mengecek isi karto tol. Bahaya kalo sampai saldonya kurang untuk bayar tiket tol. Dan urusan booking last minute, aku dan suami sering nih karena suka dadakan kalo traveling

    ReplyDelete
  37. Lho pernah ke Kediri, Mbak?
    Rumah mertua saya di Kertosono, dekat lah dengan Kediri
    Pas mudik kemarin saya ke sana
    Ke Kediri maen ke Transmart-nya saja

    ReplyDelete
  38. Wah, piknik ke Kediri kayaknya enak nih. Bisa manfaatkan fitur pay later juga dari Traveloka. Mumpung masih liburan nih...

    ReplyDelete
  39. Kita sendiri memang harus alert juga ya mba. Ngantuk itu bahayaaa banget dan sebisa mungkin fit saat bepergian

    ReplyDelete
  40. Aku setuju bagian merencanakan rute dan rehatnya mbak. Jangan terburu2 ya. Yg penting kita bisa perkirakan waktu kapan. Trus kita sekuat apa saat nyetir. Plus usahakan bener2 dalam kondisi sehat saat berkendara.

    ReplyDelete
  41. Aku mudik tahun kemarin coba Trans Jawa.
    Pas blom jadi sempurna aja...enak banget. Apalagi sekarang yaa...
    Makin wuuss...

    Beneran, kalo ngantuk, mending mampir rest area dulu deeh...

    ReplyDelete
  42. Bagus juga tipsnya kak trimkasih, bisa dipakai mudik th depan nih

    ReplyDelete
  43. Pantes aja cerita mudiknya seru. Wong booking hotelnya di Traveloka. Bepergian kemanapun jadi gak khawatir lagi ya untuk cari penginapan. Cukup dengan sentuhan jari 😃

    ReplyDelete
  44. Aku juga suka booking hotel dan beli tiket pesawat dari traveloka. Soalnya banyak promo menariknya ya Mba.

    ReplyDelete