Maison Tatsuya - Paduan Cita Rasa Masakan Jepang yang Lezat dan Teknik Memasak Barat



Merdekaa!!

Meski sudah lewat beberapa hari enggak apa-apa kan kalau saya baru bilang merdeka? Toh kemerdekaan bisa digaungkan setiap saat apalagi di saat hidup sedang lesu dari semangat...#lah malah tjurhat๐Ÿ™ˆ

Jadi ceritanya, tanggal 17 Agustus lalu ada yang ulang tahun. 

Iya, iya saya tahu, Indonesia berulang tahun ke-74. Saya juga enggak akan lupa itu. Tapi, selain Indonesia yang merayakan hari jadinya, saya pun berulang tahun juga.๐Ÿ‘

Ya, saya lahir di hari kemerdekaan tepatnya tanggal 17 Agustus. 
Tahunnya?
Hm..kasih tahu enggak ya?
Pokoknya umur saya dan Indonesia beda 31 tahun lebih muda. Hitung saja sendiri pasnya berapa ya haha

Nah, karena saya sekeluarga di rumah tidak terbiasa merayakan ultah, jadi biasa nya kami hanya pergi makan bersama. Dan yang ultah yang akan menentukan tempatnya.

Dan karena saya males mikir mau makan di mana, saya balikin ke anak-anak saja pengin makan ke mana..#mbuleeet๐Ÿ˜€

Akhirnya, kami pergi ke AEON Mall BSD dan berencana makan malam di sana. 

Nah, karena saya punya voucher Sodexo hasil kerja keras dari event Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin, maka pilih restorannya yang terima voucher ini saja. Sehingga kalau kurang tinggal nambahin dan syukur-syukur kalau pas nominalnya, maklum karena #Ibukenggakmaurugi hihihi

Pilah-pilih, akhirnya beloklah kami ke Maison Tatsuya. Restoran makanan Jepang yang baru pertama ini saya dan si Adik kunjungi tapi kedua kali untuk Bapake dan si Mas.

Terus, bagus enggak restonya? Mantul kah makanannya? Gimana layanannya?

Yuks...berikut reviewnya!




Maison Tatsuya itu Restoran Apa?


Jepaaaang!

Yup, seratus!! Dari namanya saja sudah bisa ditebak ini restoran masakan Jepang, ye kan?๐Ÿ˜€

Tapi bedanya, teknik pemasakannya - katanya- menggunakan Western Style alias teknik memasak ala Barat.

Nah, restoran ini termasuk dalam manajemen Arena Corp (PT Arena Gourmet Indonesia) sehingga bersaudara kandung dengan Hongkong Cafe, Penang Bistro, Seribu Rasa, Joy Luck Pot, Greyhound Cafe, Miyagi dan Menya Musashi.






Maison Tatsuya -klaimnya- menyajikan beragam pilihan teppanyaki berkualitas tinggi dan gaya barat Jepang yang menggoda selera untuk memanjakan lidah kita dalam suasana bersantap santai ala Jepang.

Juga, menggabungkan teknik memasak Barat dengan cita rasa Jepang yang lezat di mana menunya berkisar dari steak panggang arang hingga pasta Jepang dan berbagai teppanyaki yang menggugah selera.

Hm, apakah benar adanya? Lanjut terus bacanya yaaa...





Lokasi Maison Tatsuya Dimana?


Maison Tatsuya punya 4 cabang, yakni di: Gandaria City Mall, Kota Kasablanka, Central Park Mall dan AEON Mall BSD.

Nah, karena saya lebih sering main ke arah Tangerang daripada ke Jakarta (secara Jakarta hampir coret rumah saya), maka nge-mallnya biasa ke AEON  Mall BSD salah satunya.

Dan...ini lokasi tepatnya Maison Tatsuya di mall ini:




Bagaimana Suasana Restoran Maison Tatsuya?



Nah, untuk cabang yang di AEON Mall ini, ada dua sisi, yang satu untuk tempat duduk ala carte dan sisi lainnya untuk teppanyaki & grill.

Dan, kami memilih tempat duduk yang ala carte karena suasana yang lebih casual. Di mana ada puluhan kursi untuk berdua atau berempat, kursi biasa maupun sofa dengan jarak cukup lapang diantaranya.

Juga, terbagi lagi menjadi dua pilihan, indoor maupun outdoor atau di bagian luar mall. Jadi kita tinggal pilih saja lebih suka yang mana.


Maison Tatsuya


Maison Tatsuya


Oh ya, karena restoran ini modelnya open space, jadi kalau mau agak privacy ya ambil tempat duduk di sudut saja, kek saya...

Nah, saat kita sampai depan, akan dicarikan tempat duduk oleh pelayan.

Jadi sistemnya seperti restoran kekinian lainnya di mana kita akan dibagikan oleh pelayan: buku menu untuk memilih pesanan juga sebuah ipad untuk memasukkan pesanan. Tapi, menu yang di buku menu sepertinya ketinggalan. Dan yang di-update yang ada di ipad. Karena beberapa tidak ada di bukunya tapi ada tertera di ipad-nya.

Setelah selesai memesan, serahkan ke pelayan dan tinggal tunggu saja makanan datang.






Sementara sambil mengisi waktu, kita bisa menuju Free Dessert Bar yang ada di bagian depan restoran. Yess, ada free dessert berupa es krim dan topping-nya. Tapi saran saya jangan kebanyakan ngambilnya biar enggak kekenyangan saat makanan tiba.

Di sini ada mesin es krim dan cetakan waffle. Topping tersedia dalam toples bertingkat ada kacang, meses dan nyanyan, bisa ambil apa yang kita mau. Sayang cup es krim-nya mungil banget. Jadi mesti bolak-balik ngisi atau ambil lagi kalau mau nambah isi.

Tapi mayan lah, kan  "freeee..."!

Oh ya, ada juga sate buah: melon, strawberry sama anggur. Di mana jika suka bisa dicelupin ke hot coklat yang tersedia. Serta ada pudding kecil-kecil sebagai pilihan dessert lainnya.


Maison Tatsuya






Apa  Saja Menu di Maison Tatsuya?

Terus makanannya di sini Jepang semua gitu?

Tentu tidak.....ada banyak pilihan menu lainnya yang bisa kita pesan juga, seperti:


  • Light Meal: Ika Karaage, Tokyo Gyoza, Gangnam Honey Chicken, Jeju Garlic Chicken, Takoyaki, Potato Salad, Seaweed Salad, Tofu Salad


  • Meat&Seafood: Galbi Gui, Bulgalbi, Bulgogi, Galbi Jim, Korean Spicy Grill, Hamburg Steak, Chicken Steak, Salmon Steak, Edo Tenderloin Steak, Miyako Sirloin Steak, Chicken Maryland, Tatsuya Hamburger, Jyu Jyu Mix Grill Seafood, Aus Sirloin Jyu Jyu Steak


  • Rice: Tori Chizu Ebi Rice, Toriyaki Ebi Rice, Tempura Mayo Ebi Rice, Tori Mayo Rice, Fish Mayo Ebi, Juicy Chicken Katsu, Tender Beef Bulgi, Kimchi Bokeumbab, Delicious Salmon Teriyaki, Bibimbap, Chicken Katsu Bimbibap, Hamburg Bimbibap, Tatsuyas Salmon Teriyaki, Chicken Teriyaki


  • Pasta: Spicy Tuna, Umami Garlic Prawn, Shrimp Pesto Truffle, Chicken&Spinach Shoyu Cream, Spagheti Napolitan, Bolognese, Spicy Prawn Spaghetti, Spaghetti Chicken Carbonara



  • Hot Pot: Budae JJigae, Haemul JJigae, Kaisen Nabe

  • Side Dish: French Fries, Miso Soup, Corn Fritter, Corn Cream Soup, Rice



  • Drink: Maison Berry Fantasy, Tokyo Delight, Hanabi Fizz, Kyoto Delight, Niwa Tea Breeze, Ginza Mojito Fizz, Coke, Ocha Tea (Refill), Lemon Tea, Black Coffe, Capuccino, Cafe Latte, Blackcurrant Juice, Watermelon Juice, Pineaplle Juice, Honeydew Juice.

Saya Pesan Apa di Maison Tatsuya?


Sebenarnya, begitu lihat buku menunya saya bingung juga. Lidah saya sama masakan Jepang memang berasa "biasa" saja, berbeda dengan anak-anak saya yang lidahnya "Jepang" banget...alias memang penikmat jenis masakan ini.

Apalagi, saya enggak terlalu lapar sekali, karena jarak dengan makan siang yang lumayan dekat tadi. Akhirnya saya pilih light meal saja, sementara Bapake dan anak-anak pilih menu utama.

Jadi yang kami pesan: Hamburg Bibimbap, Juicy Chicken Katsu Baked Rice, Korean Spicy Grill Chicken dan Gyoza Soup. Sementara minumannya: Pineapple Juice dan Iced Lemon Tea.

Lalu, apakah mantuuul rasanya? Kita ulik satu persatu, yuk!


1. Hamburg Bibimbap



Bibimbap a.k.a nasi campur Korea  di Maison Tatsuya dilabeli Hamburg Bibimbap. Dibandrol seharga 89K dan dihidangkan dalam mangkok ukuran besar yang saya melihatnya saja sudah merasa kenyang.

Menu pilihan si Mas ini serupa dengan Bibimbap lainnya, terdiri dari nasi putih, sayuran yaitu kangkung, jamur, wortel, toge dan kol dan ada telor ceplok sebagai lauknya.

Tapi karena ini Hamburg Bibimbap maka ada potongan daging olahan berbumbu saus Gochujang melengkapi menunya. Daging ini tebal dan pas jadi pelengkap bibimbap ini. Tapi, buat yang porsi makannya enggak banyak, lebih baik hindari atau sharing order sama teman saja.

Untuk rasa, Hamburg Bibimbap ini menurut anak saya yang sudah makan Bibimbap di tempat lainnya, lebih mantap jiwa.


Maison Tatsuya



2. Korean Spicy Grill Chicken


Ini menu pilihan suami saya. Pertama dia enggak mau pilih ini karena ada nasinya padahal di set sudah tercantum ada french fries-nya. Lha kok tambah lagi nasi seporsi. Duh...Mungkin karena request para pelanggan yang belum merasa makan kalau belum makan nasi, kali..

Tapi karena penasaran dengan rasanya, maka pesen juga akhirnya. Bener juga, pas datang, makanan yang dihargai 85K ini, porsinya banyak sekali. Ada setumpuk kentang goreng- yang sayangnya kurang cryspi, mix veggies dan ayam berbumbu pedas ala Korea yang yummy. Masih ditambah pula miso soup dan nasi.

Dan, ending-nya apa...: nasinya dihibahkan ke saya... hahaha





3. Juicy Chicken Katsu Baked Rice


Ini adalah menu pilihan si Adik. Datang dalam keadaan panas dengan aroma keju mozzarela yang menggoda. Adalah nasi yang dibumbui, diberi potongan chicken katsu di atasnya, dilelehi keju mozzarella dan dilengkapi telur sunny side up di tengahnya.

Sejatinya, kata si Mas, menu seharga 75K ini enak sekali, si Adik juga berkata sama. Tapi, enggak habis dimakannya karena memang gede porsinya. Juga lantaran si Adik sudah makan es krim dan jajanan duluan, maka kekenyangan.

Tapi kalau menurut saya sih, setelah agak lamaan, seperti sifat keju, kok jadi mengeras teksturnya, enggak juicy lagi. Jadi memang menu ini mesti disantap segera saat keju lelehnya masih terasa.

Akhirnya daripada mubazir, menu yang cuma dimakan setengah ini saya minta dibungkus dan dibawa pulang. #Ibukenggakmaurugi lagiii..hihi


Maison Tatsuya


4. Gyoza Soup


Nah, sekarang sampai ke pilihan saya...: Gyoza Soup, yang sejatinya saya pilih karena enggak mau porsi yang banyak sekali. Etapi datangnya dalam mangkuk besaaar, dengan kuah beraroma khas soup hangat Jepang.

Soup seharga 48K ini, berkuah sedikit pekat lantaran bumbunya, di mana ada gyoza utuh di dalamnya dan irisan telur dadar melengkapinya.

Rasanya, bagi lidah saya lumayan juga, meski agak terlalu kuat penyedapnya atau bumbunya gitu. Mungkin karena saya lebih menyukai soup yang tidak terlalu berbumbu. Tapi, untuk yang sedang flu...soup ini pas beneeer!





5. Pinneapple Juice dan Iced Lemon Tea


Nah, untuk minuman, si Adik yang pesanannya beda dari kami bertiga, Pineapple Juice yang harganya 35K. Sementara saya, si Mas dan Bapake pesen Iced Lemon Tea yang dibandrol 22K.

Ketiganya berasa standar saja, sama dengan di tempat lainnya.







6. Free Dessert


Karena Dessert Bar ada di bagian depan restoran, akhirnya belum sampai pesan, anak-anak saya sudah heboh pengin ambil.

Akhirnya, kami ambil beberapa cup es krim dan pudding. Anak-anak enggak mau sate buah karena sudah kenyang duluan.

Hanya sayangnya, persediaan ini dibatasi, saya melihat pas agak nantinya, kosong stoknya dan enggak segera diisi sehingga ada pelanggan yang mau ambil cuma dapat es krimnya saja.




Review Maison Tatsuya


Lalu, Service-nya Maison Tatsuya Gimana?


Bicara tentang service, waiter-nya ramah sekali. Saat menyambut, menunjukkan kursi, melayani pemesanan, mengantarkan makanan sampai menyampaikan bill pembayaran. Bahkan, salah satunya mendatangi saat kami selesai makan dan bertanya: "Bagaimana, Bu, apakah puas dengan masakan kami?". Yang kemudian berlanjut obrolan singkat tentang rasa dan saran bagi mereka.






Tips Makan di Maison Tatsuya



Oh, ya sedikit tips jika ingin bersantap di sini:


  1. Porsi rata-rata besar, jadi kalau datang pas lapar saja atau pesan menu barengan biar bisa icip-icipan 
  2. Sediakan juga tempat di perut untuk dessert yang tersedia cuma-cuma. Karena sudah dikalkulasi termasuk di harga makanannya, rugi kalau kita enggak ambil nanti hihihi
  3. Ambil dessert belakangan. Terutama kalau ajak anak, biar mereka enggak kenyang jajan duluan..
  4. Buat yang enggak cukup minum segelas setelah makan, pesan minumnya Ocha saja, karena free refill. Semoga nantinya Iced Lemon Tea juga free refill kek restoran Jepang sebelah. #ngarep kwkw
  5. Lebih baik tanyakan kalau tidak tahu isi makanan, karena beberapa menu bernama masakan Jepang, Korea dan lainnya. Daripada ngira-ngira ternyata beda dengan harapan, ye kan?
  6. Beberapa voucher diterima di restoran ini, tapi lebih baik pastikan dulu dengan bertanya saat kita baru tiba. 
  7. Jika enggak habis, bungkus saja enggak apa-apa, Mas-nya ramah bangets kok melayani bebungkusan ini. 




Jadi...


Overall, makan di Maison Tatsuya sepadan sih dengan harganya. Meski ada kurangnya, kelezatannya memang beda dengan restoran biasa penyaji menu yang sama.

Dan saya rasa klaimnya:  "Cita Rasa Masakan Jepang yang Lezat dan Teknik Memasak Barat" harusnya diralat. Karena memang masakan enggak cuma Jepang saja. Karena ada Korea, Italia dan menu Barat Lainnya. Kan, jadi bingung saya, sebenarnya ini restoran Jepang atau apa? Hmm...

Tapi, apakah saya akan kembali makan di sini lagi nanti?

Kalau dapat voucher lagi sih mungkin iya haha...
Atau ada yang ultah lagi di rumah, bolehlah

Okay, baiquelah, semoga infonya bermanfaat yaa. Dan kalau mau kepoin Maison Tatsuya ke sini ajaa:


Maison Tatsuya

Aeon Mall BSD
Ground floor #G-10
Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang, Banten 15345
View in Google Maps
+62212916 8228

Web: arenacorp.com/maisontatsuya | IG/Twitter: @maisontatsuya





Happy Sharing

Dian Restu Agustina






26 comments:

  1. Aku sempet mikir tadi kenapa tiba2 ada menu Korean Spicy Chicken di resto Jepang. Liat menu makanan banyak gitu jadi agak bingung ya milihnya. Apalagi yang lidahnya susah nerima kayak saya. Btw, ultah kita samaan yes.. HBD mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak..HBD juga yaa..
      Iya restorannya membingungkan ini antara Jepang atau Korea๐Ÿ˜

      Delete
  2. Aduh ini menunya bikin kepengen semua hahaha... aku paling gak bisa nahan makan2 yang berbau mie dan kuah kareeee kaya gini...

    ReplyDelete
  3. Duuuh menunya bikin ngiler semua mba diaaan
    tp klo masakan jepang aku yaa paling ngiler sama hot potnya...
    tempting banget liat penampakannya

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ada di Aeon neh deket rumah. Kebetulan aku juga suka banget mbak, makan makanan jepang

    ReplyDelete
  5. kalau aku suka mampir ke Maison Tatsuya yang di Kokas, mbak... duduk di bagian depan sambil lihatin orang lalu lalang sambil mencet2 ipad pesan menunya hehehhe

    ReplyDelete
  6. Maison Tatsuya ini resto Jepang tapi ada taste Korea-nya ya. Kebaca dari menunya ada korea-korranya. Tapi memang biasanya porsi besar sih kalau resto jepang model gini.Kayak resto tetangga kan juga porsi besar banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini agak enggak jelas memang..ada Jepang, Korea, Italia...dan memang jumbo porsinya

      Delete
  7. Mirip2 sama resto M ya mesennya pakai ipad, bedanya yang ini dibagiin sama pelayannya :D
    Baru tau ada resto ini haha, kyke yang terdekat tempatku di Kokas, kapan2 ah nyobain, kyknya menu2nya menarik, kalau ada pasta dan nasi aman juga lha buat anak2 :D

    ReplyDelete
  8. Porsinya hampir semua besar, ya. Kayaknya saya ngosongin perut bener di sini. Soalnya kalau makan sekarang suka gak sanggup banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sayangnya enggak ada Kids Meal. saya di restoran Jepang sebelah pesannya Kids Meal, karena porsinya pas buat perut saya :D

      Delete
  9. Menunya porsi besar. Keliatan. Cocok buat yg suka makan . Tertarik liat Hamburg bibimbapnya. Dan free dessert!! Pecinta gratisan pasti suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa...pesan makan secukupnya lalu kenyangin dengan free dessertnya...kwkwk

      Delete
  10. Menunya Jepang dan western ya. Duh, enak banget. Sekeluarga makan di sini bisa ya. Beda selera bisa diatasi dengan menu yang dua jenis ini

    ReplyDelete
  11. Selamat ulang tahun Mbak. Kalau aku tebak 31 tahun beda usianya dengan kemerdekaan RI berarti aah ya itu. Haha. Beti lah sama usia saya. ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  12. Koq ini makanannya bikin ngiler semuanya sih mba, jadi pengen makan tengah malam nih mba...Oh ya happy birthday ya mba :)

    ReplyDelete
  13. Selamat ulang tahuuuun! aku belum sempat hitung ini ultah ke berapa, ya anggap aja ke 25 deh ya.
    Meriah banget makan di Maison Tatsuya dan porsinya guedeee. Itu sih semangkuk bisa buat berdua. Free dessert-nya ini lho yang menggoda.

    ReplyDelete
  14. Owalah..ulang tahunnya 17 Agustus kemaren tho.
    MET birthday mba Dian semoga keberkahan selalu terlimpah

    Aku liat suasana resto nya apik banget nyaman gitu selain itu menu2 makanannya juga keliatan menggugah selera

    ReplyDelete
  15. Sering dengar Nama resto ini mba. Dari namanya udah merepresentasikan isinya hehe. Waah kayaknya ga semua resto nyeiayanin bebungkusan yak wkwk tapi resto ini iya? Well, listed. XD aamiin- bisa refill lemon tea #lah

    ReplyDelete
  16. Jadi ini Jepang atau Korea?
    Kalau lihat interiornya Jepang ya
    Tapi menu-menunya kayak ala-ala Korea deh
    Kayaknya tempatnya nyaman banget
    Cocok buat makan bareng keluarga

    ReplyDelete
  17. Reviewnya keren, lengkap. Plus tips makan menyesuaikan Maison Tatsuya nya juga. Benar sih, biasanya anak2 kalau udah dapet dessert free bakal lebih banyak ngabisin dessertnya dulu yaa.

    ReplyDelete