Inilah 10 Hobi yang Berbiaya Hemat tapi Banyak Manfaat

Teman: “Kamu rajin sekali sih nulis ini itu!”

Saya: “Iya, hobi sih!Kalau lagi keki sama suami atau jenuh sama urusan anak dan rumah, yaa aku nulis!

Teman: “ Oh gitu! Kalau aku cari camilan, makan!”

🙈😁

Temaaan, menekuni hobi mempunyai banyak manfaat antara lain untuk sarana menenangkan pikiran, memuaskan kesenangan, menyehatkan, menambah teman juga bisa jadi sumber pendapatan. Hanya saja kadangkala hobi membutuhkan biaya mahal yang belum tentu bisa dijangkau oleh sembarang orang.






Lalu, adakah hobi yang berbiaya hemat tapi punya banyak manfaat?


1. Membaca

Membaca akan menambah pengetahuan, meningkatkan konsentrasi, menambah kemampuan analisa serta mencegah kepikunan. Cukup dengan pergi ke perpustakaan terdekat atau membeli buku berharga miring di pameran atau bursa buku bekas, kita akan bisa berkeliling dunia dengan membaca.


2. Menulis

Kita cuma perlu alat tulis dan kertas untuk menulis artikel atau sebuah cerita. Bisa kita kirimkan ke media cetak/online atau ditulis di blog pribadi. Hobi ini bisa menjaga ingatan, mengasah ketrampilan berkomunikasi, menyebarkan pengetahuan juga jadi sumber pendapatan.


3. Memasak

Hobi memasak akan menghemat pengeluaran, menyehatkan badan, membuat tidak jajan sembarangan, memenuhi kepuasan batin, lebih disayang keluarga dan bisa jadi peluang usaha.


4. Lari

Bukan lari dari kenyataan ya..😀

Saat cuaca cerah tinggal ganti baju, ambil sepatu olahraga lalu lari keliling kompleks perumahan/taman/lapangan. Dengan rutin berlari, berat badan bisa seimbang, pikiran tenang, menyehatkan jantung dan meningkatkan fungsi pernapasan. Jika serius ditekuni juga bisa jadi sarana mendulang prestasi lewat berbagai lomba lari. 


5. Bercocok tanam

Sempitnya lahan bisa disiasati dengan sistem tabulampot, hidroponik juga vertikal. Untuk benih/bibit bisa didapat dari sampah dapur, misalnya biji cabe, tomat dan papaya atau beli di kebun bibit yang kini banyak ada. Selain rumah jadi indah dan sejuk, hobi ini bisa menenangkan pikiran, sebagai terapi penyembuhan penyakit dan menghasilkan panenan yang bisa dimakan/dijual.


6. Menggambar

Yang kita butuhkan hanya alat dan media gambar. Manfaatnya bisa meningkatkan kecerdasan emosional, meredakan stres dan menambah pendapatan.


7. Menjahit

Menjahit baju sendiri akan menghemat biaya, menghindari baju kembaran dengan orang lain, mengasah kreatifitas dan bisa jadi sumber penghasilan.


8. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat aksesoris, tas, aneka hiasan rumah, merajut, miniatur mobil, dan lain-lain, bisa melatih kesabaran, meningkatkan kreatifitas, menghemat/tidak perlu beli dan bisa jadi ladang usaha.


9. Elektronik

Hobi ini membuat kita lebih kreatif dan terampil, menghemat pengeluaran karena jika ada barang yang rusak di rumah bisa diperbaiki sendiri dan bisa dikembangkan jadi usaha jasa.


10. Memancing

Hobi ini akan melatih kesabaran dan konsentrasi, ajang wisata/liburan dan bersosialisasi, terapi kejiwaan dan bonusnya bisa makan ikan hasil tangkapan.


Jadi, tunggu apalagi? Ayo tekuni hobi! Selain bakal sehat raga, jiwa pun makin menyala semangatnya!

Mungkin, teman-teman ada tambahan untuk hobi yang berbiaya hemat tapi banyak manfaat?😍


#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day18





Salam Semangat

Dian Restu Agustina






No comments:

Post a Comment