Resep Blueberry Muffin

Blueberry muffin adalah salah satu resep sederhana yang dulu kerap saya buat saat tinggal di Amerika. Praktis bikinnya, serumah suka, juga istimewa selainya karena berasal dari blueberry segar yang saya beli atau hasil petik blueberry serasa di kebun sendiri. Meski sejatinya saya bukan ahli berkreasi di dapur dan rasa hasil masakan pun pas-pasan, tapi kalau ternyata makanannya disukai suami dan anak-anak, hati pun senang, yekan?


Pengalaman saya, sampai punya anak dua, masak tiap hari, kadang coba-coba resep hasil browsing atau sharing dari teman...terus praktikkan. Meski kadang hasil enggak sesuai dengan harapan asal lidah yang di rumah oke-oke saja, sudaah bikin yang masak bahagiaaa....haha


Blueberry Muffin


Tips Memasak Buat Pemula


Etapiiii, ada sedikit tips memasak buat pemula saat mencoba resep baru, diantaranya:


1. Baca Resepnya 

Resep masakan mencantumkan semua bahan masakan yang harus disiapkan, cara memasak dan informasi/tips yang terkait. Jadi jangan remehkan langkah pertama ini. Baca baik-baik resepnya dan ikuti petunjuknya. 


2. Siapkan Semua 

Bahan apa saja yang diperlukan dan peralatan apa yang harus dipakai, siapkan sesuai resepnya. Lakukan kalau harus memanaskan air terlebih dahulu, membersihkan sayuran dan memotongnya bentuk dadu atau mungkin harus melumuri daging dengan bumbu dan menyimpan di lemari es lebih dulu. Juga, apakah panci atau wajan yang dibutuhkan. Semua siapkan! Sehingga saat semua siap, kita enggak perlu mencari ini itu saat di depan tungku. 


3. Jangan Tinggalkan Dapur 

Mungkin di resep disebutkan, kukus selama 10 menit. Itu bukan berarti, kita bisa pergi ke depan televisi atau laptop ngelanjutin nonton drakor dan meninggalkan kompor yang sedang menyala. Tindakan ini berbahaya, karena jika lupa, masakan bisa gosong bahkan api dapat menjalar kemana-mana. Lebih baik tetap di situ menunggu, sembari merapikan dapur atau mencuci peralatan yang baru digunakan. 


4. Lupakan Improvisasi 

Karena masih pemula, lebih baik tidak coba-coba mengganti jenis, jumlah bahan dan petunjuk yang ada di resepnya. Karena saat satu sendok teh garam dikurangi, lalu mengubahnya menjadi satu sendok makan, jangan heran kalau hasil masakan nanti jauh dari harapan. 


5. Gagal – Coba Lagi ( Enggak Enak – Masak Lagi) 

Ala bisa karena biasa. Kalau kita sering mencoba lama-lama masakan akan makin sempurna rasanya. Semula kita memasak untuk diri sendiri, lalu untuk keluarga, lama-lama bisa memasak untuk menambah penghasilan. Siapa sangka, kan? 


Muffin (sumber: www.americanmuffin.com)


English Muffin
English Muffin (sumber: www.tasteofhome.com)

resep blueberry muffin
Cupcakes (sumber: www.biggerbolderbaking.com)


Muffin itu Apa?


Nah, saya memilih bikin resep-resep sederhana biar praktis bikinnya. Diantaranya ya blueberry muffin berikut ini. 


Mengapa muffin? 


Lagi-lagi saya akrabnya dengan penganan mirip cupcake ini, sejak tinggal di negara Paman Trump. Aneka muffin biasa dijual atau dibuat sendiri sebagai menu sarapan, teman minum kopi, camilan dan bahkan jadi sajian pesta ultah anak-anak. 


Tapi muffin Amerika ini berbeda dengan muffin Inggris. Meski sama-sama dijadikan menu sarapan pagi, namun muffin Amerika memiliki bentuk dan rasa yang jauh berbeda dengan muffin Inggris. Umumnya muffin Amerika memiliki dua variasi rasa, yaitu rasa gurih (seperti muffin keju atau muffin jagung) dan rasa manis (seperti muffin blueberry, muffin cokelat atau muffin pisang).


Sementara muffin Inggris (English Muffin) terbuat dari campuran tepung gandum, mentega, susu, sedikit gula, dan ragi. Bentuk muffin Inggris umumnya bulat pipih. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang di atas wajan datar atau pan. Muffin Inggris ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan pagi, dan dilengkapi dengan lelehan mentega di bagian atasnya, telur mata sapi, daging, keju, serta kentang goreng. (contohnya: sajian sarapan pagi di McD). Selain itu, muffin ini juga dapat disajikan dengan olesan selai atau madu.  


Nah, muffin ini memiliki penampakan mirip dengan cupcake, bahkan mereka menggunakan cup dan cetakan yang sama. Tapi keduanya, berbeda dalam hal:


  • Tekstur kue: muffin lebih berat dan padat sedangkan cup cake lebih lembut
  • Cara membuat: muffin adalah kue yang mudah dan cepat dibuat. Kita bisa mencampurkan semua bahan kering kemudian mencampurkannya dengan bahan basah. Berbeda dengan cupcake, bahan-bahan harus dimasukkan satu per satu dengan urutan yang tepat
  • Penyajian: cupcake biasanya dihias dengan berbagai topping, dari krim hingga gula icing aneka bentuk. Sedangkan muffin biasa disajikan apa adanya dengan puncak yang merekah dan potongan-potongan isi yang terlihat menggoda 



Blueberry Muffin

Resep Blueberry Muffin

Blueberry Muffin


Ini Dia Resep Blueberry Muffin


Baiklah, sekarang kita coba yuk bikin Blueberry muffin! 

Resep asli Blueberry Muffin ini sih dari Youtube, dengan sedikit mofidikasi #halah enggak ding hihi, diubah karena disesuaikan ketersediaan bahan kwkw. Iya, karena saat punya blueberry segar (atau frozen) di bagian atasnya saya beri hiasan blueberry. Jadi rasanya makin yummy!! Tapi karena lagi enggak punya, jadi di skip aja...


Bahan:

500 gram terigu

1 sdt baking powder

1/2 sdt garam

1/2 sachet margarine (100 gram)

250 gram gula pasir

2 telor

100 ml susu cair

selai Blueberry


Cara Membuat:

Campur rata tepung terigu, baking powder, garam

Kocok margarine, masukkan gula, masukkan telur (kocok tidak sampai mengembang, sekedar tercampur rata saja)

Campur kedua adonan selang-seling dengan susu cair

Masukkan setengah adonan ke cetakan, beri isian selai blueberry, tutup setengah adonan lagi

Panggang selama 20 menit. Sajikan!


Resep Blueberry Muffin



Nah, mudah bukan cara membuatnya? (Bu Siska Soewitomo mode on kwkw). Pas buat camilan saat Belajar Dari Rumah baik bagi anak dan emak....😁

Oh ya, kalau teman-teman pernah bikin muffin jugakah di rumah?


referensi:

http://www.bogasari.com/tips/tips-perbedaan-muffin-dan-cupcake
https://sajiansedap.grid.id/read/10753365/perbedaan-muffin-inggris-dan-muffin-amerika



Happy Cooking

signature-fonts

27 comments

  1. Terima kasih sudah berkunjung teman-teman:)

    ReplyDelete
  2. Nah, mudah bukan cara membuatnya? :D

    Aku tuh kalo lihat tayangan masak-memasak, baking dll, kayaknya kok gampiiill, pengin coba.
    Tapi pas eksekusi, ga tau kenapa, hasilnya sering bikin kuciwa ekekekekek

    ReplyDelete
  3. Padahal mcd itu perusahaan amrik tapi kenapa menyajikan muffin gaya inggris, ya? Hihihi.. Muffin memang mudah sih dibanding cupcake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena yang bisa dikasih topping lembaran patties, keju, telur (yang dijual McD) adalah muffin Inggris, kalau muffin Amerika dimakan gitu aja. Maka McD jualnya muffin Inggris hihihi...- kebetulan #mantanmanajerMcD saya :D

      Delete
  4. Wuaah jadi pengen makan muffin, Mak.

    Benar itu klo praktik masak jangan pusing sama tampilannya dulu. Yang penting yang di rumah suka sama rasanya. Soal bentuk nanti bisa bahus sendiri klo rajin latihan masaknya. 😍

    ReplyDelete
  5. Aku suka bikin juga nih Muffin tapi seringnya yang coklat belom pernah kalo blueberry, keknya seger yaaa muffin blueberry.

    Huhu, bahan2nya masih ada stok dikulkas, tinggal di eksekusi nih. Nah bener banget tips diatas jangan tinggalkn dapur klo lagi eksperimen, soalnya ku pernah ninggalin, mpe gosong donk.

    ReplyDelete
  6. Hhhm enaknya, bluberry muffin.
    Senangnya bikin muffin itu, cepat ya, gak pakai ribet, tinggal diaduk-aduk aja dan panggang. Muffin cocok juga buat sarapan, karena padat dan cukup mengenyangkan. Makin nikmat ditemani secangkir kopi, susu atau teh hangat.

    ReplyDelete
  7. Iya kalau baca ini kayaknya mudah. Nggak tau deh kalo praktikin sendiri. Aku suka makannya tapi kalau bikinnya hmmmmm kudu pas lagi mood banget. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Wah makasih banyak resep muffinnya, ini omong-omong jadi berapa pcs ya mba? hehehe, sukanya nyoba porsi gak terlalu banyak dulu soalnya biar kalau gagal pas masak-masak ga berasa sia-sia banget hahaha

    ReplyDelete
  9. Saya belum pernah bikin muffin mbak.
    Haha iya, kalau nyoba resep emang harus tanpa improvisasi. Ngikuti resepnya aja, bisa jadi hasil masakannya gagal, nggak sesuai harapan.

    ReplyDelete
  10. Nah benar Mbak, sebagai pemula kita dilarang untuk improvisasi menu. Jam terbang kita belum cukup untuk gonta-ganti kontent. Biar aman untuk tahap pemula ikuti aja semua yang dituliskan dalam resep. Nanti kalau tangan sudah lemes baru deh kita tahu akan diimprove di mana

    ReplyDelete
  11. Saya baru tau kalau ada muffin AS sama muffin enggris mbaak hahaha...TFS.
    Btw itu tuh penyakit sayaaa, belum canggih memasak tapi sok2an improve karena ketersediaan bahan ataupun karena males mengikuti step by step. Ya jhelash jadi gagal dong hahahah (tapi nggak kapok :D)

    ReplyDelete
  12. Mbak, 1 resep muffin ini bisa dapat berapa cetakan? Soalnya telurnya cuma 2 butir. Kebetulan mau ada hajatan 7 bulanan adik, bisa nih buat nambah-nambah cemilan bikin kue muffin.

    ReplyDelete
  13. Aku suka banget muffin tapi belum pernah bikin sendiri, ternyata cukup simple ya Mba, wah must try nih walau tetap gak boleh underestimate sebelum benar² nyoba sendiri, mengingat kemarin² bikin kue yang dipanggang ternyata failed, wkwkwk. Baru bisa kukus²an aja.

    ReplyDelete
  14. Aku nggak pernah bikin kue mbaaa.. ga telaten soalnya hehehe.. Biasanya beli aja tuh muffin di toko roti. Kalau muffin itu teksturnya lebih padat dibandingkan cupcake. Paling suka tuh yang rasa coklat. Tapi nyobain yang blueberry pun tak ada salahnya. Pengin icip dooonkk... ;)

    ReplyDelete
  15. Iyaya, kak...
    Asa beda tempat, kuenya jadi beda nama.
    Kalau di Indonesia mirip bolu kukus.

    Tapi engga diink, beda bahan.

    Suka ngemil muffin kecil-kecil beli di Griya.
    Belum pernah masak sendiri.

    ReplyDelete
  16. Akujuga gitu kalau pas punya resep makanan, percobaan pertama memang sesuai sama resep mbak, baru kedua, dan selanjutnya dimodifikasi ihihihi
    Kalau bikin muffin belum pernah nyoba mbak. PAdahal resepnya dn pembuatannya sederhana sepertinya ya mbakk *_*

    ReplyDelete
  17. Aku sering bikin juga waktu anak-anak masih balita, biar mereka gak perlu jajan sembarangan. SEringnya bikin mufin coklat, isi strawbery jam, atau yang isi jagung manis gitu

    ReplyDelete
  18. Wah wah boleh-boleh nih nyoba juga bikin blueberry muffin. Anak-anak pasti suka. Mereka suka dengan roti blueberry

    ReplyDelete
  19. Belum pernah coba sih kalau muffin. Lihat resepnya nggak terlalu sulit untuk dipraktikkan. Coba ah kalau lagi libur kerja.

    ReplyDelete
  20. wah bu Sisca tyt gak jadi gantung panci nih? haha.. jadi pengen cobain resepnya.. anakku auka banget muffin apalagi pake selai blueberry

    ReplyDelete
  21. Waah baru tau kalau muffin Inggris dan Amerika itu beda. By the way Mbak Dian ternyata pintar bikin kue juga yaa

    ReplyDelete
  22. Latihan bisa membuat makin terampil ya.. Sukak deh ngeliat hasil muffin nya Mbak Dian. Ini berapa kali percobaan bisa sampe gini Mbak?

    ReplyDelete
  23. Andalanku kalau di bandara ln nyari muffinnya mcd buat sarapan hehehe

    ReplyDelete
  24. aku lebih suka muffin yang gurih mbak, gak tahu deh itu dari Amrik atau Inggris hihihi favoritku ya pakai butter saja dan pakai telor ceplok, adududu enakeeee

    ReplyDelete
  25. Aku suka muffin biasanya yang suka di kirim sama tanteku enak rasanya kak dan pastinya gurih banget

    ReplyDelete