Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memasak untuk Pemula

Tips Memasak untuk Pemula!! Jadi, temaan, tahu kan memasak selalu diidentikkan dengan perempuan? Padahal, keterampilan memasak semestinya dilatih sejak dini tidak hanya untuk anak perempuan tapi juga laki-laki. Sehingga saat dibutuhkan nanti, ia paling tidak bisa memasak untuk dirinya sendiri. Karena suatu hari nanti, anak-anak akan hidup terpisah dari orang tuanya, untuk melanjutkan sekolah, bekerja atau berumah tangga.




Nah, jika teman-teman termasuk yang jarang masuk dapur, ingin belajar memasak atau hendak mengajari putra-putri, berikut ini tips memasak untuk pemula yang layak untuk dicoba : 



Resep masakan mencantumkan semua bahan masakan yang harus disiapkan, cara memasak dan informasi/tips yang terkait. Jadi jangan remehkan langkah pertama ini. Baca baik-baik resepnya dan ikuti petunjuknya. 


2. Siapkan Semua

Bahan apa saja yang diperlukan dan peralatan apa yang harus dipakai, siapkan sesuai resepnya. Lakukan kalau harus memanaskan air terlebih dahulu, membersihkan sayuran dan memotongnya bentuk dadu atau mungkin harus melumuri daging dengan bumbu dan menyimpan di lemari es lebih dulu. Juga, apakah panci atau wajan yang dibutuhkan. Semua siapkan! Sehingga saat semua siap, kita tak perlu mencari ini itu saat di depan tungku.


3. Jangan Tinggalkan Dapur

Mungkin di resep disebutkan, kukus selama 10 menit. Itu bukan berarti, kita bisa pergi ke depan tivi atau pegang hape, meninggalkan kompor yang sedang menyala. Tindakan ini berbahaya, karena jika lupa, masakan bisa gosong bahkan api dapat menjalar kemana-mana. Lebih baik kita tetap di situ menunggu, sembari merapikan dapur atau mencuci peralatan yang baru digunakan.


4. Lupakan Improvisasi

Karena masih pemula, lebih baik tidak coba-coba mengganti jenis, jumlah bahan dan petunjuk yang ada di resepnya. Saat satu sendok teh garam menurut kita kurang, lalu mengubahnya menjadi satu sendok makan, jangan heran kalau hasil masakan nanti jauh dari harapan.


5. Gagal – Coba Lagi ( Ngga Enak – Masak Lagi)

BIsa karena biasa. Kalau kita sering mencoba lama-lama masakan anda akan makin sempurna rasanya. Semula memasak untuk diri sendiri, lalu untuk keluarga, lama-lama bisa memasak untuk menambah penghasilan. Siapa sangka!


Selamat mencoba ya!❤


*artikel yang telah disunting tayang di ummionline
#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day16



Happy Cooking,

Dian Restu Agustina









Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Tips Memasak untuk Pemula "