Tips Investasi Reksa Dana Bagi Pemula




"Sometimes the poorest man leaves his children the richest inheritance"
(Terkadang orang yang paling miskin, mewariskan anak-anaknya warisan yang besar) - Ruth E. Renkel


Temaaaan, kalau ditanya apa yang bikin galau saat saya memikirkan masa depan, diantaranya adalah tentang biaya pendidikan. Yang jadi pikiran, adalah gimana caranya biar bisa nyekolahin anak-anak saya sampai tinggiiii nanti. Ya, saya dan suami memang bertekad memberikan anak-anak kami bekal ilmu yang bermanfaat dibandingkan harta yang bisa habis dalam sekejap. Ibaratnya, orang tua jangan hanya menyodorkan ikan, tanpa memberikan kail serta mengajarkan cara menangkapnya. Sebaiknya orang tua mewariskan ilmu pengetahuan dan memberikan kesempatan anak-anak mereka untuk menambah pengalaman.

Nah, kaitannya dengan persiapan biaya pendidikan dan masa depan, saya dan suami sebenarnya sudah investasi itu ini. Cuma rasanya masih belum optimal nih. Sebabnya, apa yang kami lakukan itu masih ala kolonial alias secara konvensional dan belum pakai gaya milenial.

Investasi yang kami lakukan masih di sektor riil, seperti membeli rumah. Padahal, investasi enggak cuma di sektor riil saja, karena ada juga investasi di sektor finansial yang menjanjikan lebih banyak keuntungan. Diantaranya ada saham dan reksa dana yang bisa dicoba.




Pentingnya Investasi Sejak Dini


Nah, belakangan marak sebuah semboyan yang dianut oleh para milenial yakni You Only Live Once,  hidup ini cuma sekali, jadi yang penting enjoy dan happy!

Senang-senang, beli itu ini, enggak mikir panjang, enggak peduli masa depan, uang yang ada di tangan langsung dihabiskan, enggak butuh tabungan, pokoknya hepi-hepiii sepanjang hari dan yang penting spending dan say no for saving!!

Nah, tahukah teman, jika diteruskan pola pikir seperti ini tentu akan menjadikan kita hidup dalam ketidakpastian di masa depan. Karena masa yang akan datang ditentukan oleh apa yang kita lakukan kini dan nanti. Termasuk perihal keuangan ini.

Kalau kita berprinsip: "muda hura-hura, tua kaya raya, mati masuk surga" ya wassalam lah hidup kita. Lagian mana ada coba yang mudanya hura-hura tuanya kaya raya? Yang ada, jika muda hura-hura ya tuanya bakalan jadi kaum tak berpunya. Duit sudah habis hingga saat tua menangis. 

Nah, maka perlu kiranya kita mengubah persepsi tentang YOLO ini ke arah yang positif sehingga membuat kita jadi lebih  produktif.

You Only Live Once, hidup cuma sekali jika disia-siakan sungguh sayang sekali! Lebih baik mencintai diri sendiri dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Lakukan yang terbaik semampu kita dan tak perlu terlalu memikirkan persepsi orang tentang diri ini. Juga lakukan pengelolaan keuangan yang benar sehingga apa yang kita dapatkan dari hasil kerja keras kita takkan sia-sia. Satu diantaranya dengan cara berinvestasi.





Pasalnya, investasi yang berteman baik dengan waktu ini akan memberikan beberapa kelebihan diantaranya:
  1. Kebebasan waktu: kita bisa kapan saja mau berinvestasi 
  2. Kebebasan keuangan: jumlah yang tidak ditentukan
  3. Kebebasan tempat bisa dimana saja: konvensional maupun online 

Hm, lalu apa tips untuk berinvestasi ini?
  • Komitmen menyisihkan uang menurut pos-posnya
  • Mindset harus berubah: orang punya tujuan masing masing enggak usah lihat rumput tetangga, pikirkan saja diri kita 
  • Pelajari instrumen investasi, intuisi akan diperoleh pelan pelan nanti
  • Pastikan ada logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ada penyataan di bawah perlindungan OJK sehingga uang kita akan aman
  • Hindari investasi abal-abal dan gambling seperti forex
  • Mulai dari nominal yang sedikit dulu jika ragu
  • Untuk reksadana pelajari fact sheetnya dulu, saham apa saja yang ada di situ

Oh ya, bagi yang masih bingung beda reksa dana dan saham itu apa, kalau reksa dana itu ibaratnya naik bus kita serahkan ke sopir untuk kemudi busnya, sedangkan saham, kita sendirilah yang jadi pengemudinya. Nah, salah satu opsi investasi yang bisa dilakukan bagi pemula adalah reksa dana, karena dianggap sebagai investasi yang paling mudah dijangkau dan dilakukan oleh para investor pemula.

Hmmm, beneran nih enggak susah??

Enggak!! Saya sudah mencoba dan ternyata mudah, asalkan tahu tipsnya!😍

Tips Berinvestasi di Reksa Dana




Well, meski berisiko, sebagai investor pemula yang sama sekali belum pernah berinvestasi di instrumen reksa dana, jangan takut dan mengurungkan niat hanya karena tidak tahu caranya.

Nah, beberapa tips berikut bisa dijadikan acuannya:


1. Kenali Dulu Apa Itu Reksa Dana


Reksadana adalah wadah untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang selanjutnya diinvestasikan dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi ke dalam berbagai macam instrumen investasi. Membeli reksa dana itu bagaikan membeli suatu paket yang ditentukan oleh ahli keuangan.

Misalnya, untuk reksa dana saham kita tidak hanya dibelikan 1 saham saja. Tetapi bisa 30-50 saham dalam satu paketnya yang dipilih melalui analisa profesional oleh manajer investasinya, tanpa kita harus memilih sendiri sahamnya satu per satu.

Oh ya, aturan reksadana ini tertera di Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Jadi kita tidak perlu khawatir berinvestasi di reksa dana, karena sudah ada dasar hukumnya, terdata di pemerintah dan resmi sifatnya.


2. Pahami Cara Kerja Reksa Dana

Then, cara kerjanya gimana?
  • Manajer Investasi (MI) menghimpun dana dari investor (masyarakat).
  • Total dana yang berhasil dihimpun tersebut kemudian diinvestasikan ke sejumlah instrumen investasi, seperti pasar uang, obligasi dan saham, sesuai dengan kesepakatan dengan nasabah.
  • Nasabah menerima laporan investasi dari MI mengenai dana yang diinvestasikannya tersebut secara berkala. Secara umum, laporan tersebut berisi: kinerja produk, komposisi aset dan portofolio efek.


3. Tentukan Tujuan Investasi

Tapi, sebelum memulai berinvestasi, kita perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan investasinya. Tujuan ini bisa menjadi motivasi dalam menjalankan investasi karena setiap investasi mempunyai jangka waktu dan profil risiko yang berbeda, sehingga instrumennya pun harus disesuaikan.

Nah, tujuan ini nantinya akan menjadi patokan dalam menentukan reksa dana yang cocok bagi kita setelah mengetahui jangka waktu investasi dan juga profil risikonya. Jadi profil risiko saya bisa jadi akan berbeda dengan profil risiko teman-teman jadi tujuan pun enggak bisa disamakan.



4. Gali Informasi Tentang Reksa Dana Pilihan Kita

Kumpulkan informasi dan keterangan tertulis serta terperinci seperti tentang bagaimana proses uang kita diinvestasikan, siapa yang mengelola investasinya dan informasi lain mengenai produk secara lebih detail perlu kita pelajari juga. Informasi tersebut diharapkan dapat membantu kita untuk memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan yang kita harapkan.



5. Tentukan Dimana Akan Membeli Reksa Dana

Finally, tentukan dimana kita akan membeli reksa dana. Caranya, dengan memilih perusahaan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dengan track record yang terpercaya.

Atau, cara super duper mudah adalah dengan membeli reksa dana-nya di Bibit saja! Tinggal klik, sudaaah, resmi berinvestasi reksa dana kita! Bibit akan menempatkan uang kita ke portofolio reksa dana secara cerdas, tanpa ribet dengan cara yang mudah banget.


Bibit - Robo Advisor Investasi Reksa Dana







Bibit? Apaan tuh?
 #jajamiharjamodeon😁

Jadi gini ya teman-teman, Bibit ini adalah aplikasi reksa dana yang membantu rakyat Indonesia untuk mulai berinvestasi. 1-klik beres!! Siapa saja bisa langsung berinvestasi dengan optimal sesuai dengan level resikonya. Tanpa perlu pengalaman, tanpa harus bingung dan tinggal terima beres. Caranya enggak ribet plus mudah banget!

Nah, teknologi Bibit menggunakan riset pemenang Nobel Prize, Harry Markowitz. Sebuah metode pembentukan portofolio investasi yang dinamakan Modern Portfolio Theory. Di mana dengan menggunakan prinsip Modern Portfolio Theory, Bibit akan menyesuaikan investasi ke reksa dana yang cocok dengan profil risiko, kemudian melakukan rebalancing (penyesuaian) investasi tersebut dari waktu ke waktu sesuai dengan perubahan kondisi keuangan, usia, toleransi risiko, serta kondisi pasar.



Tapi, Bibit Aman, kan?

Amaaaan!! Bibit telah mengantongi ijin resmi sebagai Agen Penjual Reksa Dana dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga terdaftar dan diawasi OJK, jadi dana investasi kita akan aman.

Juga, Bibit terdaftar sebagai APERD (Agen Penjual Reksa Dana). Artinya, dana yang diinvestasikan tidak disimpan dan dikelola oleh Bibit, melainkan akan langsung ditransfer ke rekening penampungan dana investor dari Manajer Investasi masing-masing reksa dana, dikelola oleh Manajer Investasi berlisensi OJK, dan aset investasi akan disimpan di Bank Kustodian. Oh ya, dana kita juga hanya dapat dicairkan ke rekening atas nama kita.



Panduan Bagi Investor Pemula Saat Membuka Reksa Dana di Bibit



Kemudian bagaimana caranya registrasi akun/rekening reksa dana di Bibit?

Mudah bener registrasinya euy,  simak ya:
  1. Buka aplikasi Bibit.
  2. Masuk ke halaman Home Bibit lalu klik Register.
  3. Jawab 6 kuesioner singkat Bibit sesuai dengan profil dan tujuan investasi kamu. Setelah menjawab 6 pertanyaan, kamu akan mengetahui profil risiko, untuk melanjutkan ke registrasi Klik Lanjut Registrasi.
  4. Masukkan nomor Handphone yang aktif dan gunakan di kolom yang tersedia, dan kode referral
  5. Setelah klik Lanjutkan, kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi. Input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia, lalu Klik Lanjutkan.
  6. Kamu akan masuk ke Halaman Register, isi kolom yang ada sesuai dengan data diri.
  7. Upload foto KTP, foto selfie sambil pegang KTP dan tanda tangan.
  8. Klik Daftar lalu kita akan masuk ke halaman Setup Pin.
  9. Di halaman Setup Pin, Set Pin kamu, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin.
  10. Setelah konfirmasi Pin, silakan buka email kamu, lalu klik Verifikasi Email
  11. Data kamu akan di verifikasi oleh tim Bibit dan KSEI, proses registrasi akan selesai maksimal 1x24 jam.









Cara Membeli Reksa Dana Rekomendasi Robo di Bibit



Yeaaay, akhirnya sudah punya akun reksa dana di Bibit, kini saatnya mulai membeli reksa dana yaa. Nah, ada dua cara pembelian yaitu:
  • Membeli reksa dana rekomendasi Robo
  • Membeli reksa dana secara personal sesuai pilihan. 

Dan...karena saya beneran awam, saya pasrah aja dah sama Babang Robo buat pilihin. #eh😁. Jadi setelah saya pilih Rekomendasi Robo, maka:

  1. Untuk membeli reksa dana, kamu tinggal ke halaman Home, lalu klik Investasi Sekarang.
  2. Masukkan nominal dana yang ingin kamu investasikan, lalu Klik Beli.
  3. Baca Prospektus Produk reksa dana yang ingin kamu beli dengan klik Baca Selengkapnya, Check list jika sudah setuju, lalu klik Confirm.
  4. Pilih metode pembayaran apakah menggunakan Go-Pay, Virtual Account atau Transfer Manual, lalu klik Bayar.




8








Apa sih Keunggulan Investasi Reksa Dana di Bibit?


Dududu, beneran banyak keuntungan investasi dana di Bibit ternyata, pasalnya:

  • Bibit adalah aplikasi reksa dana dengan rating tertinggi di Google Playstore dan Appstore
  • Bibit itu satu-satunya aplikasi reksa dana yang bisa bayar pakai GoPay
  • Bibit akan membantu investasi terintregasi dengan lifestyle sehari-hari
  • Investasinya di rancang khusus untuk Investor Pemula
Bibit menggunakan teknologi untuk mempelajari profil kita. Teknologinya secara dinamis akan menyesuaikan investasi berdasarkan umur, penghasilan dan toleransi kita terhadap resiko.

  •  Teknologi yang didukung oleh riset pemenang Nobel Prize
Menggunakan pendekatan Modern Portfolio Theory yang diperkenalkan oleh ekonom Harry Markowitz yang sudah terbukti mampu menjaga risiko dan memaksimalkan keuntungan kita lewat diversifikasi. Teknologi ini mendemokrasikan penelitian akademik, supaya siapa saja dapat berinvestasi dengan cara yang benar.

  • Tanpa perlu pilih reksa dana sendiri dan tanpa ribet
Bibit menggunakan teknologi untuk membantu memilih reksa dana dengan performa yang baik dan dengan biaya yang rendah supaya kita bisa investasi dengan tenang.

  • Tanpa biaya transaksi/komisi
Semua transaksi reksa dana di Bibit tidak dikenakan biaya transaksi beli dan jual

  • Bebas pajak
Keuntungan dari reksa dana bukan merupakan objek pajak

  • Buka rekening reksa dana secara instan
Pembukaan rekening reksa dana melalui Bibit dilakukan full secara online, jadi kita tidak perlu ke kantor Bibit atau ke Bank.

  • Mulai investasi dari Rp 100.000
Kita bisa berinvestasi reksa dana mulai dari Rp 100.000. Siapapun bisa mulai

  • Cairkan dana investasi kapan saja
Dana investasi kita dapat dicairkan kapan saja dengan cepat.




See, mudah bener kan berinvestasi reksa dana di Bibit ini!

Saya aja yang baru coba-coba merasakan kemudahannya dan ingin segera menambah nominalnya. Pas bangets nih jadi salah satu solusi saya dan suami untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak-anak kami nanti.

Maka, dirimu mesti coba juga ya. Segera download aplikasi Bibit dan berinvestasi reksa dana di sana. Karena investasi reksa dana di Bibit mudah banget dan enggak pakai ribet!! 

Oh ya, masukkan juga kode refferal https://bibit.app.link/dianrestu untuk voucher cashback reksa dana Rp. 50.000 buat kamu..iya kamuu! Mayan, kan dapat potongan!😁

Baiklaaah, semoga info ini bermanfaat dan selamat berinvestasi ya teman-teman!!😍

           Masih Ragu dan Memiliki Pertanyaan?
      Hubungi Bibit kapanpun:
hello@bibit.id
0878 7766 6000Via WhatsApp




FB: bibitapp | Twitter: bibitid | IG: bibit.id | Youtube: bibit.app.link



23 comments:

  1. Akutu awam banget soal reksadana ini. Tapi dg adanya BIBIT ini nampaknya jadi lebih mudah ya. Kayanya kudu dibaca berulang-ulang nih. Haha.

    ReplyDelete
  2. wah kumplit ulasannya. jadi tertarik juga buat ikutan investasi reksadana lewat bibit. aku save dulu postingannya. mau lapor pak suami dulu kalo udah pulang dari luar kota nanti. makasi ya mba :)

    ReplyDelete
  3. eh bibit bs bayar pakai gopay? auto donlod nih.kebetulan saya juga demen nabung via reksadana. daripada duit abis buat jajan, kan

    ReplyDelete
  4. Belum terlalu paham tentang reksadana. Jenis reksadana ini macam2 ya, dari profil resiko rendah sampai tinggi. Mau nabung reksadana juga ah buat investasi, tapi mulai dari sedikit dulu :D

    ReplyDelete
  5. gile beneeerrrr cara untuk menarik nasabah ini ya. Kebayang ga sih, dulu kita mana mau buka buka rekening di bank.giliran ada ovo - gopay - dana dan lain lain, kita rela

    sekarang investasi juga gitu, kalo puluhan juta ogah, kalo cara gini, banyak yang tertarik dan ... karena kecil kadang tu duit ya dicuekin aja ya?

    ReplyDelete
  6. wah ternyata pengguna bibit juga ya mom. saya juga baru-baru ini bergabung, setelah menimbang dan memutuskan. awal setor 100.000 sampai sekarang masih belum tambah lagi setornya, anggapnya adalah jangka panjang jadinya 100.000 ajalah dulu

    ReplyDelete
  7. Asyik banget ini mba bisa membayar pakai Gopay. TRus juga angkanya minim juga tak masalah ya mba. Aku sebagai pemula, jadi senang deh dapat info seperti ini

    ReplyDelete
  8. Asik ya sekarang klo mau investasi bisa lewat aplikasi. Baru nyoba yg recehan nih, blom sanggup yg nominalnya gede.

    ReplyDelete
  9. Betul sekali, Mbak..Saya dan suami juga berkeinginan menyekolahkan anak-anak setinggi mungkin, minimal setara dengan pendidikan orang tuanya sekarang. Dan masalah biaya pendidikan ini semakin hari semakin berat juga jika tidak dipersiapkan baik-baik...

    ReplyDelete
  10. Aku juga sedang berinvestasi dengan APERD seperti bibit ini. Emang mudah banget sekarang buat beli RD ya, makanya kalau belum memulai rugi seh menurut aku.

    ReplyDelete
  11. Penting banget buat kita perempuan punya simpenan uang apalagi investasi.. Reksadana ini bisa jadi alternatif yaahh...

    ReplyDelete
  12. Sekarang tuh mau investasi gampang yah, ga usah setor2an ke Bank atau lembaga keuangan lainnnya, tinggal klik selesai deh.

    ReplyDelete
  13. Suami saya yang pinter banget investasi ini itu,deposito juga pernah. Ya itulah buat tabungan masukan anak anak ke perguruan tinggi nantinya.

    Kalau aku masih meraba raba investasi yang sesuai. Kayaknya sih mau investasi emas. Tapi boleh juga nih yang mbak rekomendasikan.

    ReplyDelete
  14. Wow.. lengkap banget, Mba Dian. Sekarang bayak ya aplikasi investasi. Tinggal kita pintar2 dalam memilih aplikasi yg tepat.

    ReplyDelete
  15. Pas banget Mbak, saya lagi belajar nih pengen nyoba reksadana. Kemarin-kemarin nyari perusahaannya di Batam tapi nggak ada. Ternyata bisa online seperti ini ya. Jadi mudah. Noted ah aku bookmark buat baca-baca lagi

    ReplyDelete
  16. Wah, makasih info tentang bibitnya mbak... Ternyata investasi melalui reksadana begitu mudah ya... Cocok banget nih untuk pemula kaya saya...

    ReplyDelete
  17. Duh, baca-baca ini bikin kepengen investasi Reksa Dana lagi. Lumayan awet deh investasi yang bukan uang cash seperti inj. Butuh waktu dulu untuk mencairkannya. Jadi kepengen nyoba Bibit ini.

    ReplyDelete
  18. Sekarang untuk investasi makin dipermudah ya. Aku udah punya Reksadana nih, tapi mau lihat di Bibit juga. Kayanya bisa dimulai dengan nilai nominal 100 ribu

    ReplyDelete
  19. wowww mantul nih... investasi emang wajib.. setidaknya untuk pendidikan anak2. Dengan investasi yang mudah kayak gini.. jadi bisa langsung eksekusi nih..

    ReplyDelete
  20. Invetasi memang penting banget, apalagi kalau yang punya perencanaan masa depan. INi aplikasi investasi baru ya mba. Menarik nih

    ReplyDelete
  21. Kalau sudah sekali sukses, jadi ketagihan untuk investasi lagi dan lagi ya, kak..
    Aku baca reviewnya sangat menarik dan menguntungkan.

    ReplyDelete
  22. Wah, cocok nih buat pemula sepertiku. Caranya mudah, cepat dan nominalnya nggak besar. Bisa dicairkan sewaktu-waktu pula. Aku mau coba ah. Tentunya dengan kode referral Mbak Dian. Mayan kan, cahback bisa buat jajan ma anak-anak.

    ReplyDelete
  23. waah...bisa bayar pakai gopay. Lebih asik lg kalo bisa dituker poin yaa (kasih hati minta ampela hahaha).

    Dan buat saya yg males baca fund factsheet itu emang cocoknya yg dikasih rekomendasi hihi. Pengalaman beli RD si salah satu marketplace RD, saya minta rekomend sama stafnya dong hahaha

    btw, soal forex..kemarin sedikit mencicipi trading forex krn didaftarkan temen. itu pun ga saya lanjut karena bener2 belum ngeh. yg pasti forex mmg bukan instrumen utk investasi tp lebih utk trading

    ReplyDelete