Empat Hari Jadi Putri di Lomba Blog BI

Empat Hari Jadi Putri di Lomba Blog BI. Ketika Pangeran Harry dan sang istri memutuskan keluar dari Istana, banyak yang pro dengan keputusannya. Meski ada juga yang menyayangkan kenekatannya dengan pemikiran kalau sudah di luar istana mau jadi apa, siap enggak nantinya bekerja seperti rakyat biasa dan lain sebagainya. Meski sejatinya alasan Sang Pangeran bisa dimaklumi, mengingat Ibundanya, Putri Diana, pernah menjadi "korban" dari aturan Istana Inggris Raya. Ini yang membuatnya tak mau istri tercinta tertimpa hal yang sama. Memang ya, hidup itu sawang sinawang, hal indah yang nampak di mata orang belum tentu bagi yang menjalankan. Seperti kehidupan para Raja, Ratu, Pangeran atau Putri di sebuah kerajaan, yang kelihatan menyenangkan ternyata bagi mereka sendiri terasa membosankan bahkan bisa menjadi tekanan.




Sementara sebagai rakyat biasa kita kadang haluuuu pengin jadi Raja dan Ratu itu. Sampai-sampai ada yang mengklaim diri menjadi pemimpin kerajaan nganu dan mengangkat diri sendiri jadi Raja dan Ratu. Duh!

Padahal sebenarnya kita tak perlu ikutan halu, bekerja saja sebaik-baiknya, berusaha semampu kita, Insya Allah rejeki akan menyertai dan kita bisa jadi Pangeran atau Putri versi kita sendiri.

Atauuuu..ikut saja BI Netifest berikutnya. Sebuah ajang lomba blog dan video yang dihelat Bank Indonesia yang membuatmu diperlakukan layaknya Pangeran atau Putri dalam beberapa hari.

Enggak percaya? Saya sudah alami sendiri bisa ikutan gelaran BI, gara-gara artikel ini!😁

Penasaran?
Ini dia ceritanya!


QRIS
Sheila On Seven di puncak Malam Penganugerahan Pemenang


Alasan Kamu Mesti Ikut Lomba Blog dan Video BI



Setelah mendapatkan pemberitahuan via email dan selanjutnya dicemplungin ke grup WA untuk Kategori Blog, saya pun mempersiapkan segalanya. Sesuai rundown acara saya bakal check in di hari Rabu, 15 Januari 2020 dan check out di hari Sabtu, 19 Januari 2020, di Hotel Aryaduta Jakarta, tempat berlangsung event-nya. Ini artinya saya akan mengikuti seluruh rangkaian acaranya. Oh ya, ada beberapa peserta yang karena alasan pekerjaan dan keluarga ada yang datang di hari Kamis atau absen di jadwal tertentunya

Dan, memang tepat jika kabarnya cuma BI yang menjamu para finalis lombanya dengan layanan semevvah ini, yakni:


1. Disediakan Tiket Pulang Pergi

Finalis BI Netifest 2020 ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terjauh di ujung barat, ada yang dari Pematang Siantar, sementara dari ujung timur ada peserta dari Maluku. Mereka semua diberikan tiket pulang pergi ke dan dari Jakarta. Disesuaikan dengan moda yang tersedia, ada yang naik pesawat maupun kereta. Sedangkan untuk finalis dari Jakarta, biaya transportasi termasuk dalam uang saku yang dibagi di hari terakhir acara. Asyik, kan ya?


2. Nginap di Hotel Berbintang Lima

Sesampainya di Jakarta, finalis diinapkan di Hotel Aryaduta yang bintangnya lima! Meski saya sudah pernah beberapa kali nginap di hotel berstandar sama (bahkan lebih #eh 😁), tapi ini kan dibayarin BI dan bukan kantor (jaman saya kerja dulu) atau suami hihihi....Ya, bangga rasanya bisa berada di sini, dari hasil ketekunan ngeblog dan semangat untuk berkarya lebih baik lagi dari ke hari. Dan kebayang kan, hotel bintang lima fasilitasnya...Selayaknya tamu hotel lain, finalis bisa menikmati fasilitas yang ada plus laundry gratis saat acara.


3. Jadi Makin Ngerti Apa Itu BI

Saat acara pembukaan, di sela-sela workshop dan gelaran malam penganugerahan ada sisipan materi dari Bank Indonesia yang membuat saya dan peserta lainnya makin paham apa saja tugasnya juga bertambahkah wawasan saya seputar QRIS - Quick Response Code Indonesia Standar Menuju Indonesia Maju, dengan tagline UNGGUL:

  • Universal: inklusif, untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan di domestik dan luar negeri
  • Gampang: transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman
  • Untung: efisien, satu kode QR untuk semua aplikasi
  • Langsung: transaksi cepat dan seketika, mendukung kelancaran sistem pembayaran

(selengkapnya, materi ini saya ulas lebih dalam pada postingan tersendiri tentang QRIS dan BI)


4. Diberikan Materi dengan Narasumber Mumpuni

Ini yang paling bikin happy! Jadi di empat kategori, ada workshop dengan pemateri yang mumpuni di bidangnya. Mereka adalah;
  • Jati Savitri (Head of Content Enrichment & Social Media Medcomid-Metro TV) - Jurnalistik - Creative Content & Social Media - Semua Peserta
  • Angga Dwimas Sasongko (Filmmaker, CEO Visinema - Sutradara NKCTHI, dll) - Kategori Movie Making
  • Wahyu Aditya (Animator - Founder HelloMotion Academy) - Kategori Animasi
  • Thomas Herda (NET Digital Content Producer) - Kategori Vlog
  • Nurulloh (COO Kompasiana) - Kategori Blog

5. Makan, Makan dan Makan

Saat check in di hari Rabu, makan malam memang tidak disediakan. Tapi enggak perlu kuatir karena keluar hotel sedikit saja, penjual makanan berjajar. Mau yang di pinggir jalan atau gerai ayam ternama ada beberapa langkah saja dari sana. Lalu untuk hari Kamisnya, makanan sungguh berlimpah, sampai turah-turah! Dimulai dari sarapan enak di restoran Hotel Aryaduta, coffe break di area meeting room-nya, lanjut lunch di sana, coffe break lagi, dinner di Ball Room saat malam keakraban ditutup coffe break sesudahnya. Sedangkan di hari Jumat, setelah breakfast enggak lama ada coffe break, lanjut lunch setelah Jumatan, coffe break setelah Jelajah Museum BI dan dinner sebelum Malam Penganugerahan. Lalu terakhir, breakfast di Sabtu pagi.

Jadi, lupakan dietmu dulu saat ikutan event ini 😁!!


6. Silaturahmi

Di ajang BI Netifest ini kita bisa bersilaturahmi dengan teman-teman (terutama blogger) yang selama ini hanya biasa bersapa saat blog walking atau di sosial media. Happy pasti! Ada yang sudah sering saling komen di blog, like-like-an di FB atau IG tapi baru punya kesempatan ketemuan. Oalah ini dia si ini dan si itu...Setelahnya pertemanan jadi makin hangat dan erat dan tambah nyambung jadinya colek-colekan di dunia maya.


7. Bangga Warbiyasaaa

Yang namanya lomba ya, apalagi sekelas lomba-nya BI, pasti bikin bangga diri! Keseluruhan peserta ada 1700-an dengan 5 kategori yang dilombakan:

  • Blog Competition
  • Vlog Competition
  • Video 1 Menit Competition
  • Video Animasi Competition
  • Short Movie Competition

Kemudian disaring menjadi 35 finalis untuk masing-masing kategori dan 4 atau 5 nominee lalu diambil juara 1, 2 dan 3. Penjurian memakan waktu sekitar 2 bulan lamanya (Nov dan Des 2019) dengan juri yang tak kalah hebatnya, yakni:

  • Riri Riza - Filmmaker
  • Wahyu Aditya - Animator, founder Hellomotion
  • Kevin Hendrawan - Youtuber
  • Alitt Susanto - Writer, Blogger, Content Creator


8. Bertabur Hadiah

Dari sesi pembukaan sampai penutupan acaranya juga bertabur hadiah. Mulai dari 2 set goodie bag untuk peserta, kartu e-money untuk pemenang games dan juga: jaket, bantal, coklat, powerbank saat sesi materi dan beberapa smartphone di acara puncaknya. Seruuu!!


9. Jadi Tahu Museum BI

Jujur, saya belum pernah mengunjungi Museum BI ini padahal saya bertempat tinggal di Jakarta. Sebabnya, anak-anak saya selalu ada jadwal rutin kunjungan museum di sekolahnya. Jadi hampir semua museum di Jakarta akan kelar didatangi setamat SD nantinya. Itulah yang bikin emaknya santuy ga ngajak anak-anak ke sana. Duh!. Padahal beberapa museum lain kami datangi sekeluarga.

Ternyata, museum ini keren bangets! Kekinian meski bangunannya"kekunoan"!😁
Saya jadi berencana memasukkan museum ini sebagai itinerary kalau ada saudara dan teman yang bertandang ke Jakarta nanti


10. Awarding Night

Yang bikin bangga dan haru adalah adanya Awarding Night sebagai puncak acara. Bertempat di Museum Bank Indonesia Malam Penganugerahan Pemenang Lomba ini berlangsung meriah dengan mendatangkan petinggi BI, artis ternama, para juri, Generasi BI dan tamu undangan lainnya.

Semua larut dalam kemeriahan acara yang hebohnyaaa....!! Apalagi saya seneng bener karena akhirnya bisa nonton secara langsung penampilan Sheila On Seven kemarin. Sampai lupa umur dah ikut kenceng-kenceng nyanyinya hahaha



Pakai QRIS
sumber foto: sosmed BI



See, mantul bener ikutan BI Netifest 2020 kan? Maka jangan ketinggalan ikutan juga tahun depan yaa. Beneran dijamin bakal bahagia jiwa raga. Gimana enggak coba, baru jadi finalis saja sudah berasa jadi Pangeran atau Putri selama 3 malam 4 hari kek sayaaa...

Syukur-syukur rejeki bisa bawa pulang hadiahnya, seperti saya yang Alhamdulillah bisa bawa hadiah 6 juta karena jadi juara 3 di kategori blog-nya. Bahkan kategori Short Movie juara 1 hadiahnya 45 juta lho! Gileee!

Enggak kepengin kamu? 😁

Makanya, ikutin sosmed Bank Indonesia untuk beragam lomba, quiz dan info menarik lainnya yaaa😍





Bank Indonesia 
www. bi.go.id
Twitter: @bank_indonesia | IG: bank_indonesia | Youtube: Bank Indonesia Channel | FB: BankIndonesiaOfficial






Salam Semangat


Dian Restu Agustina


30 comments

  1. selamat mba Dian. Sukses terus yaa, mau juga dong kaya mba dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..terima kasih, Mbak. Yuks semangat, Insya Allah bisa juga

      Delete
  2. Alhamdulillah, peserta yang lolos bikin ngiri banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa, semoga tahun depan kesempatan terbuka juga buat teman-teman lainnya

      Delete
  3. Tahun depan coba ikut ah. Eh,tahun ini ding... hehehehe. Selamat ya Mba.

    ReplyDelete
  4. Iya lho, sampai bingung tahu makan lagi, makan lagi 😁😁😁

    Dirimu bikin ngiri ah, menang mlulu. Bagi tipsnya sini 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sampe kewaregen Mbak..makan melulu hihihi
      Enggak menang terus, lagi rejeki aja :D

      Delete
  5. Keren mah mba Dian pokoknya Weh.
    Btw aku suka point' "makan makan makan" ahhaahha. Semoga kita dipertemukan kembali tahun depan sebagai finalis di acara yang sama ya mbaa πŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..semoga ya..Dirimu dah beberapa kali, bikin ngiri nih:D

      Delete
  6. Masya Allah kerennya yang diundang BI. Saya ikutan lombanya juga dan gak lolos. Baarakallahu fiik, Mbak Kereeeen :)

    ReplyDelete
  7. Selamat ya mba Dian.
    Yang ngikutin acaranya lewat riuhnya tweet aja senang, apalagi finalis dan pemenang acara BI Netifest 2020. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak. Smeoga nanti bisa ikutan dan jadi finalis juga ya

      Delete
  8. Selamat ya, mbak 😍😍😍 semoga prestasinya menular nih. Aku yo ikut mbak. Tapi gak menang. Itu aja aku wes seneng bisa ikutan. Apalagi klo menang kauak mbak ya? Hihi.. Good job mb

    ReplyDelete
    Replies

    1. Makasih Mbak
      Aamiin...nular..nular...lebih bagus bahkan:)

      Delete
  9. Seruuu bgttt,saya ketinggalan info nih
    Tapi emang baru juga sih ngeblog hehe
    Sukses yaaa

    ReplyDelete
  10. Congratssss Mba Diaaann, keren sangaaatt dirimuuu
    sedari awal, aku udah syukaakk dgn gaya bertutur yg ada di blogpost ituu, Alhamdulillah bisa menyabet Juara yaaa
    Baiklaahh, semoga 2020 ini daku bisa mengikuti jejak mba Dian, aamiin aamiiin ya robbal alamiiin

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, meski belum jadi 3 terbaik, bisa dua kali merasakan jadi finalis rasanya itu super super menakjubkan.. Pokoknya selalu SemangatCiee dengan karya terbaik dan jangan lupa ikutan BINetifest 2021 mendatang

    ReplyDelete
  12. Keren banget Mba, you deserve to jadi putri Mba, keceh maksimal dah :)

    Memang sekarang kalau dari pihak pemerintah selalu mengelontorkan dana yang enggak sedikit untuk acara-acara kayak gini ya.

    Semoga di mendatang saya juga bisa ikutan kiprah Mba Dian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..yuk ikutan juga tahun depan dan lomba lainnya Mbak Rey:)

      Delete
  13. Wah asyiknyaaa...
    Dapat hadiahnya (selamat ya) , dapat fasilitasnya, dapat pula ilmunya

    Sukses ya

    ReplyDelete
  14. selamaat mb dian sukses dan sehat selalu seneng bacanya πŸ€©πŸ˜™

    ReplyDelete
  15. Masya Alloh....
    Selamat mbak Dian. Keren banget. Mudah2an saya juga bisa sekeren mbak Dian suatu hari nanti. Menang lomba-lomba dan hadi putri. Eh.

    ReplyDelete
  16. Keren banget mba Dian... Uwuu bikin mupeng maksimal. Rewardnya tentunya sebanding dengan prestasinya kaan.. Mau mgerasain kayak finalis2 atau juara2 itu harus banyaaak belajar lagi.. Semoga bisa, aamiin...

    ReplyDelete
  17. Keren banget mbak Dian, sukses selalu yaa! Semoga tahun depan bisa ikutan lagi dan jadi juara. Doakan bisa menyusul yaaa!

    ReplyDelete
  18. Luar biasa pengalamannya nih mbak DianπŸ˜€ dapat paket lengkap, bisa jalan2, tmbah pengetahuan, silaturahmi dgn teman2,dn stelahnya kenyyyaaaangg pula

    Sukses terus y mbak😊

    ReplyDelete