Review Buku: Lovely Nest - Cerita Tentang Rumah dengan Segala Isinya






"Home is where you hang your heart"


Rumah masa kecil saya sangatlah menyenangkan. Meski sederhana, rumah itu penuh kehangatan. Cuma ada 3 kamar untuk kami berdelapan. Bapak dan ibu di kamar depan, 3 anak di kamar tengah, 3 lainnya di kamar belakang. Ya, saya 6 bersaudara perempuan semua. Bersuara layaknya perempuan kebanyakan yang membuat rumah kami riuh rendah dan selalu meriah. Dan, kenangan akan manisnya kebersamaan terpatri hingga kini. Tersimpan di relung hati, sampai nanti!

Kini, rumah yang penuh cinta, itu yang saya inginkan juga dialami oleh anak-anak saya. Seperti halnya saya yang punya memori indah tentang rumah, harapannya mereka pun juga sama nantinya. Anak-anak akan punya ingatan istimewa tentang rumah orang tuanya sehingga kapan saja dan dimana saja mereka akan ingat semua cerita yang pernah ada.

Ya, setiap rumah punya kisah!

Rumah, tak hanya sebuah bangunan tempat kita berteduh di kala hujan, berlindung dari teriknya sang surya, beristirahat setelah terserang penat pun bergelung mencari hangat. Karena rumah adalah tempat kembali, kemanapun kita pergi. Lantaran rumah akan benar-benar menjadi rumah jika penghuninya merasa betah dan selalu ingin kembali untuk menambatkan hati. Karena enggak ada yang lebih lega selain pulang ke "sarang" kita sendiri.


Review buku Lovely Nest


LOVELY NEST



Penulis 
Nike Prima Dewi 
Miranti Andi Kasim

Editor
Prima Rizky

Manajer Produksi:
Nurul Idzni

Tim Produksi
April Ramadhan, Alica Raghda, Ancilla Quena, Dwifanny Zuhra Lubis, Dyantini Adeline

Desain Sampul
Miranti Andi Kasim

Tata Letak
Belynda Alleluis

Fotografer
Nike Prima Dewi, Tim Living Loving, Reita Devita

Penerbit
Living Loving
PT Rumah Inspirasi Kreasi, Jalan Dharmawangsa X A20, Cipete Utara, Jakarta Selatan, 12160

Diterbitkan bersama Geometry Media
Percetakan Gramedia Printing
Cetakan pertama, Oktober 2019

185 halaman full colour, art paper 21x24 cm, Rp 185.000,- (tersedia di Tokopedia Living Loving)


Review buku Lovely Nest
Nike Prima Dewi - Miranti Andi Kasim


BLURB



Rumah tak hanya tempat beristirahat dan berteduh, namun juga bagian penting dari perjalanan kita bertumbuh. Nike Prima Dewi dan Miranti Andi Kasim dari Living Loving mengajakmu mengunjungi delapan rumah, menikmati setiap sudutnya, serta mendengar cerita dari para penghuninya. Bagaimana rumah menjadi saksi kehidupan sekaligus sarana berkembang untuk setiap individu yang tinggal di dalamnya. Temukan pula ide-ide untuk membuat rumah menjadi lebih teratur dan nyaman. Serta karya-karya dari delapan figur kreatif yang siap menjadi bagian dari rumahmu.


Review buku Lovely Nest



About Lovely Nest


Lovely Nest, adalah sebuah buku yang lahir dari artikel bertajuk sama yang menjadi bagian dari LivingLoving yang published sejak Februari 2013. Digawangi oleh dua perempuan inspiratif, Nike Prima Dewi dan Miranti Andi Kasim, Living Loving akhirnya merilis buku ini pada November tahun lalu.

Buku yang ber-tagline "cerita tentang rumah dan segala isinya" dan bersampul manis berwarna hijau muda ini mengusung tema yang ringan, sehingga pas dibaca kapan saja. Seperti yang disebutkan di bagian belakang cover-nya: "Buku ini dapat kamu nikmati di rumah atau saat kangen rumah sambil ditemani secangkir minuman hangat".

Hmmm, memang sebegitu ngangeni kah sebuah rumah?
Iya, jika kita punya kenangan indah!
Kalau tidak?
Buatlah rumah jadi kenangan indah untuk anak kita kelak!💖


Nah, Lovely Nest, terbagi menjadi tiga chapter: At Home With, Life at Home dan For Your Home.
Apa saja isi di tiap babnya?


Review buku Lovely Nest



  • At Home With

Di bagian ini, pembaca diajak bertandang ke 8 rumah dan menikmati cerita penghuninya. Mulai dari kisah awal rumah yang ditinggali, inspirasi desain dan isi serta konsep ideal rumah bagi diri. Tak hanya itu, lebih personal lagi penghuni diminta berbagi tentang berbagai tips seputar rumah seperti cara merawat tanaman, mempunyai hewan peliharaan, aturan yang diterapkan, kegiatan favorit, rekomendasi tanaman hias, playlist kesukaan, resep, ...sampai ke rekomendasi drama Korea mereka. 

Juga, di akhir setiap kisah ada beraneka tips dari Tim Living Loving untuk pembaca, seperti: ide craft yang bisa dibikin bersama untuk bonding keluarga, tips dekorasi rumah, produktif di rumah, tips memaksimalkan ruangan juga dimana kalau bebelian isi rumahnya.

Semua ada!


Review buku Lovely Nest



  • Life at home 

Chapter ini favorit saya, karena bikin jlebb dan melek mata!

Di bagian ini, Lovely Nest mengajak pembacanya untuk mencoba: Padu Padan Pakaian, Mengatur Meja Kerja, Meracik Aroma, Menyulam Memori juga Menulis Indah...Ada aneka inspirasi dan kegiatan yang bisa jadi me time, bonding dengan pasangan atau quality time dengan anak beserta tutorial dan ide aktifitasnya.

Semua di bab ini diulas dan diharapkan pembaca akan 'finding magic in the mundane'.

Karena bagi Living Loving: "Rumah tak harus mewah, tapi harus selalu membuat terasa betah - Membuat kue bersama Ibu. Bermain dengan saudara. Aroma teh hangat di sore hari. Sederhana namaun selalu melekat di hati" (Lovely Nest, hal 145)

Sukaaa sekali!!



Review buku Lovely Nest


  • For Your Home

Chapter terakhir, ada delapan ilustrasi cantik dari ilustrator yang berkolaborasi dengan Living Loving yang bisa kita gunting, kasih bingkai dan jadikan sebagai hiasan rumah. Artwork eksklusif dengan membawa gaya khas masing-masing ilustrator ini adalah buah karya: Puty Puar, Ayang Cempaka, The Babybirds, Askar Moniaga, Martcellia Liunic, N by Nhena, Kathrin Honesta dan Nadya Noor. 

Selain itu ada pula artprint dan paper doll dari Living Loving yang keren!

Review buku Lovely Nest

Tentang Living Loving



Berawal pada Februari 2013, Nike Prima Dewi dan Miranti Andi Kasim memulai perjalanan Living Loving sebagai sebuah blog yang berisi inspirasi seputar rumah, kreativitas, dan gaya hidup. Sekarang, Living Loving berkembang menjadi platform digital yang menampilkan cerita, tips dan bagaimana membuat rumah menjadi lebih nyaman serta inspirasi gaya hidup kreatif.

Sejak 2014, Living Loving menjalankan serangkaian workshop dan sharing session - seperti yang saya ikuti yang bertujuan memaksimalkan kualitas kehidupan di rumah dan menyebarkan kecintaan akan kreativitas, karena kami percaya setiap orang terlahir kreatif. Di Living Loving, kami begitu yakin akan pentingnya momen-momen kecil dalam keseharian. Menikmati teh hangat di pagi hari, obrolan santai bersama orang-orang terdekat, tawa renyah si kecil, hingga nyamannya seprai yang baru dicuci. Semua momen yang menjadikan rumah begitu berarti.

Rumah tak hanya tempat pulang, tapi tempat memulai. Karena segala hal yang baik, bisa kita mulai dari rumah. Temukan inspirasi dan cerita lainnya di:


www.livingloving.net
Instagram.com/livinglovingnet
Youtube.com/livinglovingnet



Review buku Lovely Nest


Well, Lovely Nest, pas banget buat dibaca sebagai penyemangat diri untuk mulai bebenah rumah agar semua penghuninya betah. Tak hanya dari sisi fisiknya saja tapi lebih pada "isi" rumahnya. Agar rumah menjadi muara indah, awal cinta merekah, tempat kita kembali kapanpun tanpa harus menunggu lelah.
Coz, home is not a place, it's a feeling!

Lovely Nest, cerita tentang rumah dengan segala isinya!!💖




Love


Dian Restu Agustina





















22 comments

  1. Wah, dari reviewnya sepertinya buku ini bagus untuk inspirasi pengelolaan rumah dan isinya.

    ReplyDelete
  2. Cakep nih Mbak bukunya. Kira2 kalo dipasaran berapa duit ya Mbak?

    ReplyDelete
  3. Bukunya menarik, apalagi hadir full color dan dikemas dengan sangat baik. Pengen juga bisa mengemas rumah sendiri, apalah daya masih kontraktor.

    ReplyDelete
  4. Saya subscribe channel youtube livinglovingnet, menginspirasi banget memang. Jadi penasaran sama bukunya, kayaknya banyak foto2 cakep di dlmnya ya mbak

    ReplyDelete
  5. Pengen beli bukunya. Aku mau mulai mengatur rumah supaya bisa bikin betah. Jujur selama ini aku ga betah di rumah, termasuk rumah yg dulu pernah kutinggalin Ama ortu. Ntah Napa berasa dingin aja. Kenangan manis ttg tuh rumah aja bisa dibilang dikiiit, sampe jd males mau diinget. Makanya ga pengen setelah berumahtangga ini mengalami yg begitu LG. Setidaknya biar anak2 ttp betah balik ke rumah ortunya nanti. Ga kayak aku yg mau mudik aja lebih milih kampung suami Krn hangatnya lebih berasa :)

    ReplyDelete
  6. Rumah Tangga memang punya cerita yg tak ada habisnya. Adaaaaa saja. Selaisai satu muncul 2 hehe
    Bukunya menari ya, untuk refleksi berumah tangga hehe

    ReplyDelete
  7. Saban hari aku pantengin blog dan akun YouTube Living Loving ini Mbaaaa
    Keren banget emang
    Bikin buku, kerennyaaa pol-polan daahh

    ReplyDelete
  8. Kalau rumah sudah sangat membuat betah maka apapun yang dilakukan akan nyaman di dalamnya begitupun bersama anggota keluarga. Lovely Nest ini jadi reminder untuk menjadikan rumah kita sendiri sebagai tempat yang paling nyaman

    ReplyDelete
  9. Membayangkan 6 orang perempuan berkumpul, saya cuman berdua Mba, dan itupun kakak saya ikut tante saya sejak kecil, jadi saya kesepian di rumah, saking sepinya saya jadi terbiasa.

    Tapi kalau pas libur, kakak pulang ke rumah mama, ampuuunnn rame.
    Sebentar ngakak, sebentar nangis, sebentar teriak, sebentar nyanyi hahaha.

    Itu gimana kalau 6 orang ya hahaha.
    Ipar-ipar saya ada 4 cewek, itupun rameee kalau ngumpul.

    Btw, buku-buku gini inspiratif banget buat mamak-mamak yang suka disain rumah, jadi semangat geser-geser benda di rumah hahaa

    ReplyDelete
  10. Bagus banget review nya
    Tulisan/buku tentang rumah memang menarik ya?
    Karena rumah ranah privacy yang pengelolaannya ngga bisa persis sama. Bahkan inspirasi yang muncul pun bisa sangat berbeda

    ReplyDelete
  11. Bagus banget ya bukunya.
    Temanya nampak sederhana, RUMAH, tapi ternyata isinya woooow. Di lihat dari berbagai segi, menulis dan membahas tentang rumah ternyata tak ada habisnya.

    ReplyDelete
  12. Baca judulnya tasi saya kira bercerita tentang burung. Wakakkak, mentang mentang ada kata nestnya yak. Dasaar Ida.

    Setuju rumah memang tempat kembali ternyaman ya Mbak.

    ReplyDelete
  13. woaaa ada gambar dan foto ruangan yg jg bs dicontek. pengen sekali bikin rumah ramah anak, yg bs disinggahi anak2 tetangga dan membuat mereka betah main. jd azril gak sering sendirian lagi

    ReplyDelete
  14. hwaaa ini sih baca buku yang bikin kangen rumah di Jogja. Ibu saya juga termasuk yang pinter padu padan isi rumah, lhaa saya masih suka asal dan amburadul mix & matchnya, xixixixii

    ReplyDelete
  15. Aku juga mengikuti Living Loving ini sejak blog dan sekarang di Instagram.
    Bagus juga ya bukunya, jadi mau beli dan baca.
    Rumah memang tempat segala cerita keluarga, makanya ingin punya rumah yang hangat :)

    ReplyDelete
  16. Wah, bukunya bagus ya. Penuh wawasan dan ilmu baru. Pastinya nambah insight baru, terutama buat para ibu rumah tangga kayak aku. Mana dengan foto-foto yang cantik nan menginspirasi. Ceki-ceki website-nya aaah...

    ReplyDelete
  17. Bukunya keren ya. Ada inspirasi dari delapan rumah sekaligus aneka tips dalam ilustrasinya ya. Ketjeee. Kedua penulisnya ini arsitek, ya?

    ReplyDelete
  18. Buku yang menginspirasi tentang makna rumah untuk kita. Aku yang merantau perlu baca buku ini agar menyempatkan waktu untuk pulang.

    ReplyDelete
  19. Udah dari kapan itu pengen beli buku ini sejak dipost di IGnya Mbak Puty Puar. Tapi ragu karena takutnya cuma buku foto-foto ide menata rumah. Ternyata ada ceritanya ya, Mbak. Jadi mantap mau beli deh. Makasih, Mbak Dian.

    ReplyDelete
  20. Jadi ingat rumah orang tua saya. Sudah lama saya tak pulang ke sana dan yah setiap rumah punya kisah dan kenangannya sendiri ya Mbak. Btw sepertinya bukunya menarik ya apalagi ditulis dengan bahasa ringan dan banyak ilustrasinya. Bisa jadi ide juga kalau ingin menata rumah agar terlihat lebih freshbdan nyaman.

    ReplyDelete