Wisata Pantai Sari Ringgung Lampung






Provinsi Lampung ternama dengan deretan pantai cantiknya. Ini membuat saya dan suami sampai bingung mau menyambangi yang mana.🙈Tapi, karena lain kali masih pengin balik eksplor Lampung lagi, ya sudah, cari pantai yang enggak jauh dari tempat wisata Puncak Mas saja, tempat yang kami kunjungi pagi harinya.

Dan, ternyata pilihan kami tepat adanya....Enggak nyangka kami nemu spot di ketinggian, di mana dari kejauhan terhampar pantai cantik, masjid terapung, jajaran perahu nelayan, pulau kecil di lautan dan birunya air yang sungguh bikin hati tersentuh. 

Ya, Pantai Sari Ringgung Lampung yang begitu memesona!

Sebuah tempat wisata yang pas benar dikunjungi bersama keluarga.

Mau tahu alasannya? Yuk, baca sampai kelar yaaa....!💓


Lokasi Pantai Sari Ringgung






Pantai Sari Ringgung berlokasi Jl. Way Ratai Km. 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, berjarak sekitar 14 km jauhnya dari pusat kota Bandar Lampung. Bisa ditempuh dengan cukup mudah dari pusat kota dengan akses jalan yang sudah bagus, tempat parkir yang luas sehingga pas buat liburan keluarga maupun rombongan lainnya.

Harga tiket 25.000/orang sudah termasuk wahana permainan waterbom dan ayunan, retribusi kebersihan dan asuransi jiwa.

Sementara biaya masuk kendaraan 10.000 per mobilnya.









Daya Tarik Wisata Pantai Sari Ringgung Lampung



Pantai Sari Ringgung Lampung beneran layak untuk dikunjungi. Enggak rugi datang ke sini, karena:


1. Mudah Aksesnya

Pantai Sari Ringgung bisa dikunjungi dari kota Bandar Lampung dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk rutenya cukup mudah.. Saya lansir dari web resminya: dari Bandar Lampung, pengunjung bisa menuju ke daerah Padang Cermin, Pesawaran. Hingga menemukan plang bertuliskan, “Selamat Datang di Pantai Sari Ringgung”. Sementara jika menaiki angkutan umum, bisa memakai moda bus travel, bus Damri, ojek, maupun angkutan pedesaan. Khusus bus Damri, biasanya bus ini berangkat jam 6 pagi. Sedangkan untuk angkutan pedesaan, bisa menggunakan angkutan kota hingga ke terminal Rajabasa. Dari sana naik angkutan menuju Ramayana, lalu naik angkutan lagi dan turun di gudang lelang, kemudian naik angkutan pedesaan dan turun di gerbang pantai Sari Ringgung.

Oh ya di sepanjang jalan menuju ke Pantai Sari Ringgung akan kita temui beberapa pantai lain yang bisa kita ketahui dari plang petunjuk menuju lokasi.


2. Terjangkau Tiketnya

Untuk pantai dengan tiket seharga 25 ribu dan jam buka dari pukul 6 pagi sampai 6 sore dengan berbagai kegiatan yang dilakukan, fasilitas yang disediakan dan indahnya pemandangan, bisa dibilang sungguh sepadan.









3. Area Pantai dan Tempat Parkir yang Luas

Setelah melewati gerbang akan kita temui hijaunya hutan mangrove dan pepohonan. Begitu memasuki area pantainya akan kita temui tempat yang luas dengan berbagai pilihan kegiatan. Lahan parkir yang luas juga tersedia sehingga tak heran tempat ini jadi tujuan bis-bis wisata, seperti saat saya ke sana ada 2 grup study tour anak sekolah dengan 2 dan 3 bis masing-masing rombongannya.


4. Perahu Penyeberangan

Tersedia perahu penyeberangan (jukung) milik penduduk setempat dengan berbagai kapasitas penumpang jika kita berkeinginan menyeberang ke Pulau Tegal, pulau yang terletak sekitar 25 menit dari Pantai Sari Ringgung atau ke Pasir Timbul dan Masjid Terapung Al-Aminah Lampung sejauh 10 menit dari bibir pantai.

Tarifnya bervariasi, yang dekat 50 ribu, begitu saat saya ditawari. Bahkan karena hari itu hari Jumat, kata pemilik perahu, nanti jelang Salat Jumat akan digratiskan beberapa perahu oleh pengelola untuk mengangkut jamaah.

Tapi, karena kami berencana Jumatan di masjid Agung Bandar Lampung, maka enggak nyebrang di sini dan langsung menuju ke spot tertinggi, Puncak Indah Pantai Sari Ringgung.


5. Tempat Bermain Anak

Tersedia ayunan, perosotan dan tong tumpah persis di bibir pantai yang pasti menyenangkan sekali buat anak-anak bermain di sini. Tak lupa bekal mainan untuk bermain pasir pas juga jika dibawa serta.









6. Pondokan Tempat Rehat

Ada jajaran saung tempat berisitirahat melepas penat sambil menikmati birunya laut di depan mata. Gazebo ini enggak free, karena pengunjung dipungut dibayaran sebesar 100 ribu/pondok/5 jam.

Tapi, kalau jumlah orangnya banyak enggak apa-apa kan, karena bisa menampung sekitar 10 orang. Bisa buat bersantai sembari makan bekal yang dibawa dari rumah atau beli makanan di warung yang banyak ada di lokasi ini.


7. Olahraga Yuk!

Ada lapangan voli pantai dan futsal pantai di sini. Jadi kalau pergi ramai-ramai bawa juga bola yang dipunya dan silakan berolahraga.


8. Water Sport

Tersedia fasilitas water sport, seperti kano, snorkeling,...yang peralatannya disediakan oleh pengelola.


9. Bumi Perkemahan

Dibolehkan berkemah di sini, meski saat saya datang tidak saya temui ada yang sedang camping di lokasi.








10. Krakatau View - Puncak Indah

Ada bukit tempat kita bisa menikmati seluruh kawasan Pantai Sari Ringgung Lampung, di mana jalannya yang menanjak bisa ditempuh dengan mobil pribadi atau berjalan kaki.

Dari sini, puas-puasin melihat birunya laut terhampar, pulau kecil di tengah lautan, deretan pondok di tepi pantai, perahu yang hilir mudik juga hijaunya pepohonan....indah bangets!


11. Kulineran

Mulai dari warung makan, cafe hingga restoran tersedia sehingga enggak perlu bingung saat lapar melanda. Sayang karena saya ke sini sekitar pukul 10 pagi dan tadi sudah sarapan di POP! Hotel Tanjung Karang Lampung, maka perut saya masih aman-aman saja, jadi enggak sempat coba wisata kulinernya.😁


12. Ada Informasi

Tersedia petunjuk yang jelas di lokasi juga ada informasi di website resmi.

Meski, sayang situs ini sepertinya jarang diperbarui.









Tips Mengunjungi Pantai Sari Ringgung Lampung



Nah, berikut tips berkunjung ke Pantai Sari Ringgung Lampung:


1. Pakai Kostum Sesuai

Kenakan pakaian nyaman, tambahkan topi, kacamata hitam juga bawa baju ganti jika memang berniat basah-basahan.


2. Bawa Mainan Anak

Mainan pasir, bola, ban renang...pas buat bermain di sini dan bersenang-senang.


3. Bawa Bekal Makan
Untuk rekreasi keluarga, lebih baik bawa bekal dari rumah dan sewa pondokan serta nikmati makanan kita. Lebih sehat dan hemat pastinya.


4. Perhatikan Waktu

Lebih baik agak pagi atau jelang sore hari ke sini. Karena kalau siang panas sekali. Jangan lupa, jika sudah masuk waktu salat, bisa nyebrang ke Masjid Terapung Al-Aminah yang ada dan menunaikan ibadah salat di sana.


5. Hati-hati ke Puncak Indah

Bukitnya sangat menanjak, Jika kira-kira mobil enggak sanggup lebih baik jalan kaki saja. Enggak jauh banget kok, rombongan anak sekolah yang saya temui juga berjalan kaki. Kalau kami, karena sudah terik matahari, ya naik kendaraan saja ke sananya #dasarmalasjalan😁






Nah, gimana?

Semoga info Wisata Pantai Sari Ringgung Lampung ini bermanfaat ya...Dan, jika ke Lampung jangan lupa singgah di pantainya yang indah!😍




PANTAI SARI RINGGUNG
Jl. Way Ratai No.KM. 14, Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung 35451
www sariringggung com







Happy Traveling


Dian Restu Agustina

















34 comments:

  1. Saya sudah siap-siapbaca tentang tempat rekreasi di Lampung, pas mendapatkan kata SIDODADI, saya bali lagi nengok judulnya .. . perasaan tadi bacanya di Lampung deh koq ada istilah Jawa? Hehehe

    Ternyata memang di Lampung :D

    Harga tiket 25.000/orang sudah termasuk wahana permainan waterbom dan ayunan, retribusi kebersihan dan asuransi jiwa ... murah ini, Mak. Beruntung bnget bisa ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, banyak perkampungan Jawa dan Bali di sini. Mungkin karena dari Pulau Jawa tinggal nyebrang saja. Juga dulu provinsi Lampung adalah salah satu tujuan program transmigrasi penduduk Jawa dan Bali. Maka nama Jawa familiar ada dan beberapa wilayah banyak pura keluarga

      Delete
  2. MasyaAllah, indahnyaaaaaaa
    Aku langsung pengin book tiket ke Lampung sekarang juga nih Mbaaa
    Kece dan menawan gitu ya destinasi di Lampung iniiii

    ReplyDelete
  3. bagus banget pantainya, fasilitasnya juga lengkap.
    Bisa puas ini seharian di sini aja, yang penting bawa bekal makan minum ya mbak.

    ReplyDelete
  4. Pemandangannya cantik ya, mana bersih lagi pantainya, jadi pengen main ke Lampung lagi deh..

    ReplyDelete
  5. Wah mba dian seru banget jalan-jalan keluarganya. Aku baru denger nama pantai ini mba. Ketahuan banget ya belum banyak jalan-jalannya hihihi. Tempatnya enak ya, aksesnya mudah terus murah lagi hahaha. Cocok ini buat liburan keluarga dan bawa anak-anak. Pasti seru ��

    ReplyDelete
  6. Wuoo seru vanget ya Mba... bahkan di laut juga ada perosotan untuk mainan anak

    ReplyDelete
  7. Duh mbak aku serasa liat galeri foto super komplit. Mupeng banget.. memang foto itu gak bisa bohong ya.. mewakili banget cakepnya

    ReplyDelete
  8. Nampaknya aku sudah butuh vitamin sea segera nih, ditambah habis mampir ke blogmu mbak. Jadi ingin membuat rencana liburan ke pantai bersama keluarga juga.

    ReplyDelete
  9. Mau donk ke Pantai Sari Ringgung kalau nanti ke Lampung, semoga ada kesempatannya mampir ke Lampung. Kebetulan ada juga saudara yang tinggal di Lampung.

    ReplyDelete
  10. Mbak Dian habis keliling Sumatera. Puas ya mbak, tapi kok awakmu tetep cuilik langsing gitu sih padahal kulineran, aku iri loh. huehehehe

    ReplyDelete
  11. YAh pas aku ke Lampung nggak ke sempat ke sini. Next deh semoga Allah mudahkan langkahku ke sini. Makasih informasinya ya mba

    ReplyDelete
  12. Sayang banget pas ke Lampung ga sempat eksplor asik nih mba jadi kalau pas ke Lampung bisa juga ke sini :) pengen deh liburan bareng keluarga

    ReplyDelete
  13. Jadi ingin mantai nih, paling jauh mantai ke Santolo aja haha, belum eksplor pantai lain, padahal pantainya indah - indah ya.

    ReplyDelete
  14. Wahhh saya baru dengar nama pantai ini. Jadi penasaran pengen coba juga deh

    ReplyDelete
  15. Nama pantainya unik banget, Sari Ringgung. Airnya masih tampak bersih, saya suka banget dg pantai yang begitu. Jadi pengen main ke Lampung. Secara saya belum pernah ke Sumatera. Semoga suatu saat ada waktu untuk menikmati wisata di Lampung.

    ReplyDelete
  16. Ooo ini di daerah pesawaran ya. Duh jadi mau main kesana. Pas banget nih nanti rencananya mau main ke lampung insya Allah.

    ReplyDelete
  17. Saya udah pernah ke Lampung, tapi sayangnnya nggak bisa mampir ke pantai. Pengen road trip lagi tapi kali ini melipir ke pantai, apalagi pantainya punya banyak fasilitas seperti ini.

    ReplyDelete
  18. Lampung memang terkenal bngt dengan wisata pantainya belum pernah nih ke pantai SariRinggung Lampung bersih y mba dibandingkan dgn pantai kalianda

    ReplyDelete
  19. Waah cantik juga ya pantainya. Lampung kayaknya punya banyak tempat wisata ya mbak. Pengin sih sekali kali mainnya nyebrang bawa mobil gitu ke Sumatra. Main ke Lampung dan Padang . Belum kesampaian juga

    ReplyDelete
  20. Wah.. Jadi ini di lampung ya. Bersih ya pantai nyaa. Senang liatnya. Kalau pantai disini airnya coklat. Huhu. Jadi pengen menjelajah pantai disana

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah sudah pernah ke Pantai Sari Ringgung. Pantainya bagus seperti berada si sebuah teluk gitu Mbak. Paling suka saat sholat di masjid terapungnya.

    ReplyDelete
  22. Waaaah pantainya bagussss bangettt makk. Ini pantainya seru juga ada prosotan yg biasa di kolam renang adaa

    ReplyDelete
  23. Pantainya cakep banget mbak. Air lautnya biru bersih... Tapi kok saya malah gak sreg sama perosotannya itu ya? Bikin suasana alami pantainya hilang.

    ReplyDelete
  24. Waahh...cantik banget ya Pantai Sari Ringgung ini. Terutama masjid terapungnya itu loh bikin penasaran pengin ke sana. Sayang sekali, kapan hari pas main ke Lampung hanya bisa eksplor sebagian Tanggamus aja. Pesawaran malah cuma dilewati aja waktu itu.

    ReplyDelete
  25. Pantainya sangat menyenangkan yaa...
    Ada banyak entertainmantnya, ehehhe...jadi yang main ke sana bisa santuy ajak keluarga.

    ReplyDelete
  26. eh ada waterboomnya segala.unik.banget.berasa main di kolam renang raksasa. tapi wajib diawasi ortu

    ReplyDelete
  27. Harga tiketnya murah banget, liburan ga bikin kantong jebol yaa.

    ReplyDelete
  28. Ternyata di Pantai Sari Ringgung banyak ya yang bisa dieksplore ga cuma pantainya aja tapi ada pondokannya, tempat bermainnya.Masyaa Allah indah.

    ReplyDelete
  29. Wuihhh cakep benerrr pantainya mba. Unik banget itu ada perosotan langsung masuk ke air laut.. pasti anak-anak hepi banget ya... trus trus popotoan di ketinggian dengan view laut ituuu keren beuud sumpeeeh! Ihhh mba Dian kalo nulis trave,ing emang bikin mupeng hahahhaa...

    ReplyDelete
  30. Wow Lampung!
    Sudah lama ada niatan ke sana tapi belum kesampaian. Semoga bisa ke sana dan pantai Sari Ringgung ini jadi destinasi wisata utama. Saya suka pantai soalnya, apalagi naik perahu ke pulau. Kebayang asyiknya.

    ReplyDelete
  31. Nggak nyangka di Lampung pantai wisatanya oke juga ya. Aku belum pernah sekalipun menyambangi pantai di daerah sana. Bayanganku ya pantai lepas gitu kan ngeri kalau buat dolan sama nak-kanak. Malahan ini ada area bermain khusus anak ya. Tambah asyik nih, beneran cocok buat keluarga.

    ReplyDelete
  32. Noted mba. Belum pernah eksplor ke Lampung. Ksyaknya Lampung jg banyak tempat wisata ya mba. Kayak pantai Sari Runggung. Cakep dan fasilitasnya lengkap. Makasih mb udah kasi gambatan pantainya yg keren.

    ReplyDelete
  33. waaah....lengkap banget infonya. Keren nih tempatnya, mupeng liat foto2nya. Kapan ya bisa sampe kesana...

    ReplyDelete