Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung







Temaaan, wisuda merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh mereka yang sudah berjuang menyelesaikan pendidikan tinggi di kampus yang dijadikan tempat belajar selama ini. Maka tak heran jika wisuda biasa diidentikkan sebagai momen bahagia. Tak hanya untuk diri sendiri yang berhasil menuntaskan masa belajarnya dengan diwisuda tapi juga bagi keluarga terutama kedua orang tua.

Pasalnya wisuda memang tidak terlepas dari perjuangan diri, orang tua, dosen, juga guru-guru di masa lalu. Apalagi tidaklah mudah mengantarkan seorang anak menuju gerbang kelulusan pendidikan tinggi yang bernama wisuda ini. Sehingga, tidaklah heran jika keharuan orang tua merebak ketika melihat sang anak telah berhasil melewati fase ini. Betap tidak, ikhtiar yang dijalankan beriringan dengan doa yang tak berkesudahan, atas izin dari-Nya menjadi nyata. Begitu juga dengan para pengajar, baik dosen maupun guru di masa sekolah dulu yang pernah dijadikan tempat belajar. Mereka pasti lega dan bangga ketika tahu jika siswanya bisa mencapai gerbang wisuda.

(Ah, keharuan saya membuncah meski hanya ikut meliput acara ini via live streaming saja. Pasalnya, jadi ingat juga saat saya wisuda sarjana 21 tahun yang lalu. Betapa bahagia dan mengharukannya momen itu)😍

Nah, demikian juga suasana ketika 209 wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung menjalani prosesi wisuda pada hari Sabtu, 11 Januari 2020 lalu. Nampak wajah-wajah bahagia tak hanya dari peserta wisuda tapi juga dari orang tua, para dosen pengajar juga hadirin yang mengikuti acara. Sehingga tak heran acara yang berlangsung khidmat itu berjalan dengan lancar jaya dan sesuai dengan rencana dan diliputi dengan keharuan luar biasa.

Apalagi acara juga dihadiri oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS). Di mana Beliau yang juga putra sulung (alm) BJ Habibie pada kesempatan ini menyampaikan orasi ilmiah bertajuk: "Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0"

Sebuah orasi dengan tema yang tepat sekali disampaikan saat ini untuk memberikan wawasan dan motivasi bagi wisudawan agar mengembangkan potensi dan berbuat yang terbaik untuk negeri.




Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


Tentang Sekolah Tinggi Teknologi Bandung



Oh ya mungkin masih ada yang belum mengenal Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ya. Sekolah Tinggi Teknologi Bandung atau disingkat STTB/STT Bandung ini resmi berdiri pada tanggal 05 Oktober 1991 dengan Nomor SK Dirjen DIKTI No: 197/DIKTI/Kep/1992. Saat itu jurusan yang dibuka adalah Teknik Industri jenjang S1 yang beraktifitas di kampus STTB di Jalan Kartini No. 10 Bandung Jawa Barat.

Nah, meskipun usia STTB baru dua puluh delapan tahun, akan tetapi Jurusan Teknik Industri STT Bandung ini memiliki sejarah yang cukup panjang di bidang pendidikan dan ilmu teknik industri di Indonesia khususnya di Jawa Barat. Evaluasi terus dilakukan tim manajemen STTB dengan memperhatikan kilas balik profil jurusan teknik industri setelah lebih dari 28 tahun berdiri dengan memperhatikan dan bercermin terhadap aspek internal dan eksternal sebagai acuan bagi keberlanjutan (sustainability) pengelolaan jurusan teknik industri di masa yang akan datang.

STT Bandung didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten di bidangnya dan mampu menghadapi tantangan global, mampu memanfaatkan berbagai peluang yang ada di sekelilingnya, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dengan harapan dapat menjadi seorang pengusaha sukses serta dapat menciptakan kesempatan kerja bagi lingkungannya. STT Bandung sebagai institusi pendidikan yang telah berdiri lebih dari 28 Tahun telah mendapat beberapa kali perpanjangan ijin operasional dari DIKTI (terakhir dengan Nomor : 1396/D/T/K-IV/2009 tanggal 11 Maret 2009) dan untuk jurusan Teknik Industri dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (terakhir pada bulan September 2017 dengan No: 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013) mendapat akreditasi B.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung juga telah berhasil menerapkan pola dan metode yang tepat kepada lebih dari 400 lulusan sehingga dapat diserap oleh berbagai perusahaan, industri maupun wirausaha. Saat ini lulusan STT Bandung banyak yang sudah menempati posisi penting di berbagai instansi dan perusahaan seperti di: PT. DI, PT. LEN, PT. TELKOM, PT. PINDAD, PT. PANASIA, LIPI, Instansi/perusahaan/BUMN lainnya.


Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung



Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


Nah acara wisuda dimulai pada pukul 09.00 pagi dengan pembukaan dari MC diikuti dengan dipersilakannya para wisudawan masuk ke dalam ruangan, dilanjutkan senat perguruan tinggi, tamu VVIP, dan keynote speaker, Bapak Ilham Habibie.

Setelah melalui serangkaian acara pembuka yang dipersembahkan oleh unit tari STTB, Ketua STTB, yaitu Muchammad Naseer, S.Kom., M.T., menyampaikan laporannya. Di mana Beliau mengungkapkan rasa bangganya pada para wisudawan dari tiga jurusan di STTB yang hari itu diwisuda.

Kemudian Beliau juga menjelaskan tentang prestasi dosen di STTB. Yang mana dari 170 pengajar, 96%-nya telah memenuhi syarat dari pemerintah, yaitu memiliki basic pendidikan S2 dan S3. Lalu disampaikan 10 dosen tetap saat ini tengah menempuh pendidikan Doktoral. Sementara sebagian lainnya menerima hibah penelitian dengan nilai total mencapai ratusan juta rupiah. 

Dengan kualitas tenaga pengajar dan fasilitas kampus yang terus meningkat, tidaklah heran jika kampus STTB ini semakin diminati oleh calon mahasiswa. Seperti tahun ini saja penerimaan mahasiswa baru mencapai 1500 orang dengan komposisi 75% berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya, sedangkan 25% lainnya berasal dari luar daerah dan luar Indonesia.

Nah, Alhamdulillah, wisudawan yang diwisuda pada kesempatan kali ini berjumlah 209 orang, dengan komposisi wisudawan dari:
  1. Prodi Teknik Industri 113 orang
  2. Prodi Teknik Informatika 70 orang
  3. Prodi Desain Komunikasi Visual 26 orang

Dan, bertempat di Harris Hotel & Conventions Bandung, wisuda berlangsung dengan dipimpin langsung oleh Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom., M.T didampingi Ketua Yayasan, Dr. Dadang Hermawan.


Sementara beberapa wisudawan yang breprestasi dan diberi penghargaan pada kali ini, yakni:


Skripsi Terbaik TI
  1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T - Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri
  2. Indra Rukmana, S.T - Optimasi Produksi Dyeng Finishing dengan Metode Integer Linear Programing
  3. Zaenal Uyun, S.T - Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Kansei Engineering

Wisudawan Terbaik TI: Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Skripsi Terbaik TIF
  1. Deri Hermawan, S.Kom - Aplikaso 3D Virtual Reality sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android
  2. Regina Sukma Ctra, S. Kom - Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web
  3. Yasti Aisyah Primanjani, S. Kom - Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasi Web Menggunakan Mikrokontroler

Wisudawan Terbaik TIF: Muhammad Rizal Mutaqin, S. Kom 

Skripsi terbaik DKV
  1. Andri Setiawan, S.Ds - Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
  2. Bagus Arya Suseno, S.Ds - Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
  3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds - Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

Wisudawan Terbaik DKV: Tiffani Zeta D, S.Ds


Sementara setelah pemberian penghargaan, acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara STTB dengan PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga, dan Biofarma. 



Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0
(Dr.Ing Ilham Akbar Habibie,MBA)




Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, MBA pada orasi ilmiahnya memaparkan banyak hal yang berkaitan dengan peranan generasi muda dalam penerapan teknologi dan inovasi di era 4.0.

Selengkapnya, Beliau menjelaskan sebagai berikut ini:


Ekonomi di Masa Mendatang Harus Mengandalkan Inovasi

Empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal untuk masa depan:

  1. Berinvestasi ke Human Capital
  2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahun & Teknologi (IPTEK)
  3. Membina dan mendukung Inovasi & Kewirausahaan
  4. Meminimalkan Kemiskinan

*Kutipan dari Presiden Chile, APEC 2013 di Bali

Nomor 1 dan 2 adalah prasyarat untuk 3, ketiga hal ini akan bekontribusi signifikan dan berkesinambungan untuk 4



Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


Inovasi untuk menjawab beberapa Megatrends global yang mengubah Dunia

  • Urbanisasi cepat
  • Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya
  • Pergeseran kekuatan ekonomi global
  • Perubahan demografi dan sosial
  • Geberakan teknologi

Ekonomi di masa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends ini. (https ://www.pwc.co.uk/issues/megatrends.html)


Proses Inovasi:Dari Ide ke Produk/Jasa

Inovasi menyambungkan Teknologi dan Kewirausahaan melalui proses pengembangan Produk/ Jasa yang baru:

  1. Ideasi
  2. Purwarupa
  3. Industrialiasi
  4. Komersialisasi

Catatan: fase 1 biasanya dilakukan oleh sang inovator sendiri, biarpun ide seringkali disempurnakan dengan rekan/mitra. Fase 2 ada mulai ada interaksi dengan inkubator. Fase 3 dan 4 sudah penuh bekerja dengan inkubator.


Inovasi sejati diiringi oleh Teknologi dan Kewirausahaan


Mata Rantai yang menyambungkan Kewirausahaan dan Teknologi:

  • Ilmu Pengetahuan 
  • Teknologi 
  • Inovasi 
  • Kewirausahaan 

Dengan kata lain: Inovasi menghubungkan Teknologi dan Kewirausahaan.


Indonesia Kini






ICT’s STRATEGIC ROLE FOR THE NATION

1. ICT is a strategic infrastructure for all Citizens

  • Citizen depend more and more on ICT. They interact, communicate, coordinate and collaborate now using ICT.
  • Community activities are planned, implemented and monitored while being always connected ICT moves economical resources
  • Business activities in enterprises are running nonstop 
  • ICT is an enabler for economic development in a country

2. ICT is a strategic enabler for Government

  • ICT increases value and enables efficient budget management 
  • Public services are transformed to become more citizen oriented.











Masyarakat (Society) 5.0

















Sifat para Inovator 

Warga yang menerapkan teknologi untuk mendapatkan solusi terhadap tantangan dan kebutuhan baru dengan cara inovatif
Individu itu adalah seorang Inovator
Karakteristika inovator adalah sbb:


  1. An Opportunistic Mindset that helps them identify gaps in the market. Opportunities are at the heart of entrepreneurship and innovation, and some people are much more alert to them than others.
  2. Formal Education or Training, which are essential for noticing new opportunities or interpreting events as promising opportunities. Contrary to popular belief, most successful innovators are not dropout geniuses, but well-trained experts in their field. Without expertise, it is hard to distinguish between relevant and irrelevant information; between noise and signals.
  3. Proactivity and a High Degree of Persistence, which enable them to exploit the opportunities they identify.
  4. A healthy dose of Prudence. Contrary to what many people think, successful innovators are more organised, cautious, and risk-averse than the general population.
  5. Social Capital, which they rely on throughout the entrepreneurial process. Serial innovators tend to use their connections and networks to mobilise resources and build strong alliances, both internally and externally. Popular accounts of entrepreneurship tend to glorify innovators as independent spirits and individualistic geniuses, but

Education is Key!

» Job Loss vs. Job Shift
» Up-skilling, Re-skilling
» Life-long Learning
» STEAM based Curriculum
» Teachers role will change to being mentors, coaches and tutor
» Individual learning goals » etc.

Wisuda XIV sekolah Tinggi Teknologi Bandung


UKM Baru berperan di Ekonomi Inovasi di Masa Depan


  1. Penyedia Lapangan Pekerjaan
  2. Aktor dalam proses Teknologi - Inovasi - Kewirausahaan
  3. Kontributor Substansial terhadap Peningkatan Ekspor, Daya Saing dan Produktivitas
  4. Agregator Pemerataan Kesejahteraan
  5. Stabilisator dan Pendorong Pertumbuhan

Kesimpulan

  1. Ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan pada inovasi untuk mempunyai daya saing tinggi
  2. Untuk mencapai hal ini, masyarakat terutama berusia muda perlu aktif di UKM rintisan (Start-Up) diberdayakan dengan Teknologi (Informasi & Komunikasi)
  3. Proses Inkubasi perusahaan rintisan itu, menghadapi berbagai tantangan, diantara nya perlu SDM unggul (terutama di bidang teknologi), kurang ada nya mentor dan pendanaan (di fase awal)
  4. Membentuk SDM itu adalah kunci, sistem dan proses pendidikan diubah untuk mencapai tujuan
  5. Mengerti dan menguasai rincian dan proses Teknologi - Inovasi - Kewirausahaan adalah kunci untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang


Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung


Dan akhirnya acara wisuda ditutup dengan rangkaian kesan dan pesan dari wisudawan, apresiasi terhadap orang tua, pembacaan doa dan hiburan.

Selamat menyelesaikan satu langkah kehidupan bagi para wisudawan. Semoga langkah-langkah berikutnya akan dimudahkan dan dilancarkan-Nya, cita-cita yang diimpikan tergenggam tangan serta ilmu yang didapatkan berkah bagi diri dan sesama.

Selamat juga untuk Sekolah Tinggi Teknologi Bandung atas keberhasilannya menyelenggarakan acara wisuda ke XIV ini. Semoga STTB makin sukses ke depannya dalam mempersiapkan generasi muda penerus bangsa yang siap berjuang untuk Indonesia tercinta.💖


Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 
www.sttbandung.ac.id
Jl. Soekarno Hatta No.378 Bandung 40235 
Phone. (+6222) 522 4000 | Fax. (+6222) 520 9272 | Hp. +6281 2222 55 777 / +6287 7888 99 777 
Email. info@sttbandung.ac.id |  Twitter/IG/FB: @sttbandung




Salam Bahagia


Dian Restu Agustina














57 comments

  1. Wah barubtau kalau STT Bandung ini sudah ada sejak awal tahun 90 an duh kemana aja ya aku selama ini...lihat Dr. Ilham jadi ingat eyang Habibie..mirip banget. Dan di era revolusi industri 4.0 ini kita harus mampu beraing dalam hal teknologi fan inovasi agar tidak jauh tertinggal

    ReplyDelete
  2. STT Bandung tidak hanya menjadi sekolah tempat mahasiswa belajar teknologi, tetapi juga pengembangan usaha karir dan sumber daya manusia nya juga ya. Semoga lulusan nya sesuai harapan bisa menjadi SDM yang mampu mengimbangi teknologi terkini.

    ReplyDelete
  3. Wah keren banget ya Ilham Habibie
    Orangnya cerdas dan humble, mirip ayahnya

    ReplyDelete
  4. Pasti orang-orang pilihan yang dapat maSuk ke kampis ini plus memiliki kompetensi di luar biasa di bidang technology saat lulus.
    Luar biasa!! Bandung memang tempatnya Kampus-kampis technic terbaik.

    ReplyDelete
  5. Semakin banyak sarjana baru tiap tahun dilahirkan oleh sebuah universitas. Semoga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya mencari pekerjaan

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat pas waktu wisuda duli yang penuh keharuan
    apalagi di acara STT Bandung ini keynote speakernya merupakan orang yang juga saya kagumi yaitu yaitu bapak Ilham Habibie
    Moga saja ilmu ilmu para wisatawan yang didapatkan bisa berguna bagi nusa dan bangsa

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. wahhh calon-calon hebat penerus Pak Habibie nih! Yakin, dengan adanya STTB dan perguruan teknologi sejenis lainnya, Indonesia bakal jadi trendsetter teknologi suatu saat nanti. Sukses par wisudawan wisudawati, berkah & bermanfaat ilmunya!

    ReplyDelete
  9. Lihat wisuda XIV di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung jadi ingat waktu wisuda beberapa tahun silam juga, mbak. Walaupun bukan lulusan terbaik, tapi tetap merasa senang dan bangga akhirnya kerja keras selama beberapa tahun berbuah manis.

    ReplyDelete
  10. Kemarin lihat ekspresi haru wisudawan dan ortunya, saya jadi ikut terharu dan inget situasi yang sama :D

    ReplyDelete
  11. Saat wisuda itu....
    Keharuan tumpah ruah,swdih senang campur aduk karena ingat semua yang sudah membantu sampai berhasilnya hingga diwisuda.
    Dari teman seperjuangan, orang tua yang mensupport,keluarga dll yang nggak bisa disebutin satu satu.

    ReplyDelete
  12. Selamat buat para wisudawan. Jadi ingat nih momen wisuda saya di tahun 2016 lalu, gak terasa 3 tahun udah berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BTW keren ih acara wisudanya turut dihadiri oleh putra Alm.B.J.Habibie. Semoga ilmu yang didapatkan oleh para wisudawan dan wisudawati dapat dimanfaatkan dengan baik.

      Delete
  13. Wah STT meluluskan kurleb 4000 org? Banyak juga ya. Dan lulusannya sudah siap kerja karena sudah ada pemetaan kemampuan siswanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh itu kebanyakan 0 nya kelebihan 1. Btw bener juga kedepannya kita membutuhkan iptek, kemandirian dan wirausaha. Biar bs bantu perekonomian bangsa.

      Delete
  14. Eh, saya kira tadi anak mba Dian yg udah lulus kuliah. Ahihihihi.

    STTB ini jangan dibilang "baru" 24 tahun donk Mba, ini mah udah kampus panjang umur, sudah teruji dengan kata lain. Semoga selalu bisa menciptakan SDM unggul di bidang teknologi yaa.

    ReplyDelete
  15. Huhu... Emang acara wisuda itu jadi moment sakral seumur hidup. Setidaknya walaupun sekali aku udah pernah ngerasain wisuda. Mau ngerasain lagi eh keburu nongol bocah... Buat bocah dulu deh biayanya nanti emaknya Insyaallah nyusul. Menuntut ilmu gak kenal usia.


    ReplyDelete
  16. Lihat postingan ini jadi ingat wisuda 22 tahun lalu .... Ternyata gak jauh beda kita ya hehe

    Keren, ada orasi ilmiah dari Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS).

    ReplyDelete
  17. Judul skripsinya berat-berat ya, tapi udah itulah ya yg dibutuhkan saat ini. Anyway, congrats buat para wisudawanm semoga ilmunya bermanfaat.

    ReplyDelete
  18. hebat hebat dengan judul skripsi yang menurut saya waw tapi kalian bisa selamat ya sudah lulus....

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu ini sekolah tinggi teknologi Bandung dan ada di soekarno hatta dengan jurusan teknik lagi jauh-jauh rekrut luar ternyata di Bandung ge ada yah sekolah teknik selain yang udah sering demger heheh

    ReplyDelete
  20. Asyik banget acara wisuda menjadi lengkap karena kehadiran dari dr. Ing Ilham Mba Dian.
    Semoga harapan beliau agar Rakyat semakin maju di jaman teknologi 4.0 ini menjadi kenyataan. Aamiin

    ReplyDelete
  21. Wisuda itu momen penuh baper buat para sarjana. Dimana kehidupan yang sebenarnya justru baru akan di mulai.keren ya ada pak ilham habibie

    ReplyDelete
  22. Saya suka membayangkan seperti apa perasaan saya saat anak diwisuda jadi sarjana. Baru membayangkan aja udha baper. Selamat untuk para wisudawan. Semoga ilmunya kelak bisa berguna. Aamiin

    ReplyDelete
  23. Saat wisuda,dimana moment mengharukan.
    Karena semua jerih payah perjuangan terbayar sudah.
    Apalagi orang tua,kerabat,sanak saudara juga hadir memberi selamat atas keberhasilan

    ReplyDelete
  24. Momen wisuda mmg selalu bikin haru ya mba.
    Waah ternyata buat hanya pengumuman wisudawan1wati terbaik tp jg ada kategori skripsi terbaik yaaa
    Baru tahu yg model gini

    ReplyDelete
  25. banyak sekali infografis yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan serta tantangan jaman. Semoga mereka yang diwisuda bisa segera berkontribusi bagi bangsa dan negara

    ReplyDelete
  26. Bagus ya kualitas kampus ini, banyak program yang mendukung pembelajaran dan karir mahasiswa kelak..salut buat STTB..

    ReplyDelete
  27. Semoga STTB bisa terus membekali mahasiswanya dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk memajukan Indonesia.Selamat kepada wisudawan wisudawati semoga ilmunya barokah.

    ReplyDelete
  28. wuaw prodinya sangar-sangar ya
    TI, IT, DKV
    itu prodi-prodi masa depan banget
    impian anak-anak milenial banget looh
    wuah dijamin ini wisudawan lulusan STTB bakalan cepat mudah mencari pekerjaan dan bertahan hidup di masa mendatang

    ReplyDelete
  29. Ah wisuda,,,
    11 tahun yg lalu..
    Momen wisuda selalu mengharukan ya..
    Baik bagi wisudawannya sendiri maupun dari orangtua

    ReplyDelete
  30. wuah bangganya nama-nama yang tercantum atas skripsi dan wisudawan/wisudawati terbaik itu ya kak. apalagi memang STT Bandung tidak lepas dengan nama tokoh besar indonesia yaitu B.J. Habibie. ah tak terpungkiri kalau STT bandung ini memang dapat mencetak generasi yang kompeten.

    ReplyDelete
  31. Tetangga saya dulu di Makassar lulusan STT Bandung, Mbak Dian. Dan cerita soal wisuda, saya jadi ingat adik saya, Mbak. Itu pas mau ke JCC, dia salah belok pas di Gatot Subroto. Nyaris telat. Padahal momen itu dia sangat nantikan, apalagi Ibu saya bela-belain datang hehehe.

    Kalau tidak salah, ini ada live streamingnya juga ya, Mbak Dian. jadi para keluarga jauh yang tidak bisa datang, bisa ikut menyaksikan acara wisudanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius, Mas ada web streamingnya juga untuk wisuda ini? Keren banget dong memanfaatkan teknologi utk silaturahmi keluarga. Macam sekolah STT Bandung ini memanfaatkan teknologi untuk momen dimana kekuarga wajib lihat l.

      Delete
  32. Kampus-kampus yang melahirkan lulusan-lulusan yang ahli di bidang teknologi seharusnya lebih banyak lagi. Wisudawan STT bandung semoga bisa memenuhi kebutuhan industri 4.0 dalam negeri.

    ReplyDelete
  33. Wah, hebat. Lulusannya menjawab kebutuhan tenaga ahli yang banyak dicari diindustri. Momen wisuda memang selalu mengharukan dan ditunggu oleh mahasiswanya sendiri dan keluarga..

    ReplyDelete
  34. Manteb nih, salah satu kampus di mana anak bangsa bisa belajar hal2 yang berhubungan IT, desain dll gtu kyknya ya? Di sana jenjangnya masih S1 aja ya mbak? ATau udah ada pascanya?
    Wah ada penghargaan buat skripsi terbaik juga ya, jarang2 soalnya hehe, biasanya wisudawan terbaik aja :D
    Kalau ada keynote speaker keren saat wisuda, biasanya termotivasi yaa

    ReplyDelete
  35. Langsung ada ttd MOU dengan berbagai perusahaan juga ya di acara wisuda ini. Sip banget, jadi pemicu para mahasiswanya agar belajar sebaik mungkin dalam memenangkan persaingan kerja yang makin ketat saat ini.

    ReplyDelete
  36. Perguruan di Bandung ini nyaris menjadi pilihan anak-anak yang ingin melanjutkan kuliah ya. Paling enak memang masa kuliah kalau menurutku, dimana ini adalah fase kita menentukan masa depan. Yang mana di STT Bandung juga sudah banyak mencetak mahasiswa yang kompeten ya.

    ReplyDelete
  37. Makin canggih aja ya mba tantangan teknologi di masa depan. Semoga lulusan Sekolah Tinggi Bandung juga mampu bersaing di masa depan, bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik khususnya di bidang teknologi

    ReplyDelete
  38. Acara wisuda memang selalu jadi acara keren. Apalagi ini dihadiri oleh Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie. Makin banyak info yang bermanfaat deh.

    Di jaman era digital begini, perguruan tinggi juga makin mendapatkan tantangan untuk mencetak generasi penerus yang siap menyambut era ekonomi yang semakin cepat dg berbasis teknologi. Semoga Sekolah Tinggi Teknologi Bandung makin berjaya dan memiliki lulusan-lulusan yang kreatif, inovatif untuk turut serta membangun Indonesia dari segi teknologi.

    ReplyDelete
  39. Wah, mantab sekali, informasimu, Mbak. STTB memang luar biasa, ya. Tak hanya kampus dan perangkat pendukung, tapi juga SDM dan output (lulusannya). Programnya saja sekeren ini.

    Selamat untuk para wisudawan...

    ReplyDelete
  40. Haru banget ya mbak rasanya... Masya Allah.. Wisuda tuh bagaikan titik balik kehidupan mahasiswa yaa mbak. Seakan ia merupakan akhir dari perjuangan padahal ia adalah awal dari perjuangan...

    ReplyDelete
  41. Ini kampus sudah lama ada, tapi saya baru tahu. Wisudanya aja sampai menghadirkan ilham habibie, pasti keren kalau dengar langsung orasi ilmiahnya

    ReplyDelete
  42. Kalau lihat wisuda itu saya suka mengharu biru, apalagi lihat orang tua yang ikut datang menghadiri. saya termasuk yang baru tahu ada STT Bandung, melihat keynote speakernya Ilham Habibi, pasti bagus sekolahnya bukan kaleng kaleng, bisa maenjadi pilihan melanjutkan perguruan tinggi

    ReplyDelete
  43. Luar biasa nih STT Bandung, acara wisudanya ada orasi ilmiah dari pak Ilham Habibie. Pesan-pesan dalam orasinya itu lho bisa sebagai tambahan bekal yang bagus untuk melangkah ke depannya. Catet nih, bahwa inovasi menghubungkan teknologi dan kewirausahaan. Sip!

    ReplyDelete
  44. Ulasannya luar biasa lengkap, teteh...
    Ternyata sehebat ini yaa...anak muda zaman sekarang.
    Semoga bisa meng-influence adik-adiknya untuk berkarya menjadi lebih baik lagi dalam membangun ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

    ReplyDelete
  45. Selamat Dan sukses buat adik-adik mahasiswa STTB yang barusan di wisuda, dengan bekal ilmu yang diperoleh, siap memasuki era revolusi industri 4.0 dan society 5.0

    ReplyDelete
  46. Duh, lihat wisudaan begini jadi inget masa wisuda dulu. Saat terharu, seneng, sekaligus H2C. Btw, semoga lulusan STTB ini bisa memberi sumbangsih yang besar bagi negara :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. inshaAllah bisa kak. melihat pendidiknya saja 96% S2 dan S3. pastinya para lulusan yg jumlahnya 400an ini mendapat ilmu pengajaran yg sesuai silabus dan bs mengimplementasikan dg baij

      Delete
  47. waaah judul skripsinya cetar. btw karakuri itu apaan yaaa. bukan orang teknik sih. dari sini kelihatan banget lulusannya ialah yg kompeten

    ReplyDelete
  48. Woah lengkap banget mbak dan ada presentasi dari Pak Ilham Habibie juga. Pas banget temanya yaa sama isu yang akan kita hadapi.

    ReplyDelete
  49. Wah, kukira tadi yang wisuda Mba Dian. Hehhe.
    Etapi btw itu judul skripsinya ngeri ngeri ya. Tapi skripsi terbaik nomor 2 yang membahas tentang Klasifikasi Ujaran Kebencian sepertinya menarik untuk dibaca Mba

    ReplyDelete
  50. Ya Allah.. jdii ingat momen wisudaku setahun silam :') bener bener perjuangan, berjibaku antara skripsi dan bayi haha jadi baper. Btw beruntung banget bisa dihadiri Pak Ilham Habibie. 😍 Soal STTB aku udah tahue cukup lama tapi belume pernah kesana sih hehe

    ReplyDelete
  51. Btw aku malah gagal fokus dengan nama-nama lulusan terbaik itu. Kebayang ketika ada saudara, anak, suami, atau orang lain searching tentang mereka di google, yang muncul hal-hal prestasi kaya gitu. Dihh.... bangga banget pastinya.

    ReplyDelete
  52. Masyallah bangga banget kali yah punya anak atau keluarga jadi lulusan terbaik dengan kampus terbaik jg

    ReplyDelete