7 Tindakan Preventif Penting Agar Kita Terhindar dari Virus COVID-19



Sudah menjadi rahasia umum kalau penularan virus COVID -19 atau Corona menggunakan trik ‘Kutu Loncat‘ dengan menunggangi  media  tetesan atau percikan sebagai kendaraannya, lalu hidupnya berpindah dari satu orang ke orang lainnya. (Oalah, virus zaman now kok gini amat yah.......!!) Parahnya, kita manusia awam, enggak tahu mana  saja tetesan atau percikan yang mengandung  Virus COVID-19 ini. Lha wong COVID-19-nya  saja berbodi  nan super cilik. Jadi mana bisa kita melihat secara live virus corona yang sudah bergentayangan di berbagai negara penjuru dunia.


www.dianrestuagustina.com



Namun jangan  khawatir, ada 7 Tindakan Preventif  Penting Agar kita Terhindar dari Virus COVID-19, semoga bermanfaat dan berguna buat kita semua.

Yuk, kita simak....!

Bawa Masker Cadangan

Pernahkah terpikir oleh teman-teman untuk membawa masker cadangan ketika akan keluar rumah? Semoga saja pernah terpikir ya... Soalnya, membawa masker cadangan itu amatlah penting untuk menghindarkan diri kita dari keberingasan virus COVID-16, eh COVID -19, maksudnya. Coba kita bayangkan, kalau seumpama kita berada di tempat umum terus di kiri kanan kita ada orang yang sedang bersin plus pake drama batuk-batuk pula. Kira-kira apa yang kalian pikirkan saat itu ? Horor banget pasti saat berada di situasi seperti ini!  Oke..oke, anggap saja, masker kain yang kita pakai belum 4 jam pemakaian sesuai anjuran penggantian, Tapi kalau di sekitar kek gini pasti ngeri!

Nah, untuk kenyamanan dan keamanan, ketika berada di luar rumah, amatlah penting membawa masker cadangan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang terjadi. Ingat, masker itu seperti sebuah pintu yang menutup area penting, hidung dan mulut, yang menjadi jalur masuk virus COVID -19  ini. Maka jika pintunya rusak, bisaa ambyaaaar!!


Membawa Hand Sanitizer Sendiri

Agresifnya jari tangan yang suka ubek-ubek wajah bisa membawa celaka di saat pademi virus corana. Apalagi untuk sebagian kecil orang yang suka melakoni hobi ngupil, gigit kuku, isap jari,.... sudah tentu akan berbahaya sekali. Sebab, tahu kan aksi memegang muka ini adalah cara ampuh berindahnya virus COVID-19 dari tangan ke dalam paru-paru kita? Nah, dengan membawa hand sanitizer sendiri, maka kita bisa mensterilkan kedua tangan kita terlebih dahulu, sebelum tangan kita tersebut khilaf memegang area muka. Membawa hand sanitizer sendiri juga sangat penting sebagai langkah preventif, apalagi di tempat-tempat tertentu tidak menyediakan peralatan untuk pembersih tangan. So, selamatkan tangan kita dari ketempelan virus COVID-19 yaa.


Rajin Cuci Tangan Sebanyak Dua Kali

Sebaiknya ketika kita masuk tempat umum, seperti supermarket  dan tempat lainnya, maka kita manfaatkan fasilitas mencuci tangan yang sudah tersedia. Mencuci tangan ini adalah sebuah langkah preventif  untuk mencegah dan menghindarkan diri kita terkena virus COVID-19 ini. Nah, mencuci tangannya ini lebih baik sebanyak dua kali.

Mencuci tangan yang pertama adalah ketika kita akan masuk ke suatu tempat, agar sesuatu yang menempel di tangan kita tidak terbawa masuk, dan yang kedua ketika keluar dari tempat itu, agar sesuatu yang menempel di tangan kita ketika berada di dalam tidak terbawa pulang nanti. Iya kalau yang menempel di tangan kita itu cuma kuman biasa, kalau ternyata yang menempel adalah virus corona, mmmmm, bisa gawat lah ya....! Maka, yuk biasakan cuci tangan!


Membawa Kertas Tisu Sendiri

Membawa kertas tisu sebagai langkah preventif untuk menghindarkan kita dari virus COVID-19 membawa pengaruh loh. Coba kita perhatikan, ketika kita mau duduk di tempat umum, Apakah ada yang menjamin kalau tempat yang kita duduki bebas dari virus COVID-19? Tidak ada, kan? Nah, agar kita merasa aman dari virus COVID-19 ketika duduk di tempat umum, maka kita gunakan tisu tersebut untuk menjadi pengelap/ pembersih di area duduk kita, namun sebelumnya ada bagusnya kalau tisu tersebut kita bahasi dahulu dengan cairan hand sanitizer agar kotoran atau kuman-kuman bisa terangkat oleh tisu. 


Menghindari Datang Ke Zona Merah

Di media pemberitaan sudah disiarkan mana-mana saja wilayah yang masuk zona merah penyebaran COVID-19, nah sebagai langkah preventif untuk menghindarkan diri dari penyebaran virus ini, maka sebaiknya kita tidak masuk atau menerobos secara diam-diam kayak Ninja ke sana. Lebih baik kita batalkan saja kunjungan ke zona merah, sebab risiko terpapar dari virus COVID19 jauh lebih besar ketimbang pulang dengan selamat. Ingat virus corana tidak bisa dilihat oleh mata biasa. Maka, tetap waspada!


Berusahalah untuk Tidak Stres

Stres akan membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan bisa membuat anti bodi tubuh kita menjadi ikutan lemah juga. Nah tubuh yang lemah ini akan menjadi sasaran empuk virus COVID-19. Sebaiknya kita menghindar dahulu dari menyerap informasi yang membuat kita stres. Alihkan perhatian kita untuk mengerjakan aktivitas yang membuat kita senang dan bahagia, misalnya dengan melakukan kegiatan yang postif di rumah bersama keluarga tercinta.



Musibah atau kejadian apapun yang terjadi, tidak akan terjadi jika tanpa Izin dari Allah SWT. Poin meminta perlindungan kepada Allah SWT melalui doa yang kita panjatkan adalah salah satu cara kita untuk terhindar dari virus corona. Selain itu, menjaga jarak ketika bertemu dengan orang lain juga merupakan tindakan preventif  agar terhindar dari penularan virus COVID-19 dan sering-seringlah berada di rumah ketika tidak ada hal penting yang kita lakukan di luar rumah. Ingat, penularan virus COVID-19 bukan karena si virus punya niat untuk menulari kita, melainkan kita yang memberi kesempatan pada virus untuk singgah di tubuh kita. Maka, waspadalah.....waspadalah!!!

Baiklah, itu dia 7 tindakan preventif penting agar kita terhindar dari virus COVID-19. Semoga kita selalu sehat dan tetap semangat yaa! Insya Allah kita bisa melalui ini semua...


#Day4
#BPNRamadan2020


Stay Happy

signature-fonts

No comments