Camilan Praktis Buka Puasa


Berpuasa memerlukan banyak energi. Maka dari itu sebelum menjalankan puasa disunahkan melakukan sahur dini hari sebelum berpuasa. Setelah hampir seharian berpuasa tentu tubuh membutuhkan asupan gizi kembali. Maka dari itu disarankan berbuka dengan yang manis, Selain baik dari sisi medis, dalam ajaran agama Islam pun dianjurkan berbuka dengan yang manis sebagaimana Rasulullah SAW meneladankannya. Rasul memberi contoh mengonsumsi kurma pada saat berbuka puasa. Nah, kurma saat ini mudah didapatkan dengan beraneka jenisnya dan menjadi makanan berbuka puasa yang praktis bagi kita. Lalu sebagai pendamping kurma, apalagi camilan praktis buat buka puasa?


Camilan Praktis Buka Puasa


Es Buah

Es Buah jadi menu andalan praktis saya saat buka puasa. Berbekal sirup dan buah....sudah, es buah bisa tersaji di meja. Kadang berbahan timun suri, timun, nanas, pepaya, semangka, melon....segarnya! Tinggal potong buah, tambahkan sirup dan air dan siap diminum saat berbuka.


Gorengan

Meski karena kadar minyaknya gorengan banyak disebut enggak baik buat menu berbuka, saya tetap menyiapkan karena ini untuk mengimbangi menu manis yang ada pada kurma dan camilan manis lainnya. Amannya, gorengan memang bikin sendiri. Maka, saya biasa nyetok tepung bakwan, tepung goreng pisang atau tepung goreng tempe. Jadi tinggal siapkan bahan: jagung, sayuran, pisang, tape atau tempe. Jadi deh bisa bikin bakwan jagung, bakwan sayur, tape goreng, pisang goreng juga tempe goreng. Tipsnya gorengan disiapkan jelang berbuka dan secukupnya saja. Karena memang lebih enak kalau disantap saat masih fresh from wajan. Mending bikin adonan tepungnya juga sedang saja jumlahnya, agar tak bersisa.


Kolak

Kolak juga bisa jadi camilan praktis buka puasa. Kita sedia gula merah dan santan saja. Karena dengan #dirumahaja maka santan instan baik cair maupun bubuk bisa jadi pilihan. Kemudiakan siapkan bahan utama kolaknya: pisang, labu, ubi, singkong, kolang-kaling. Siapkan air mendidih, rebus bahan, tambahkan gula merah dan santan, ....kolakpun siap disajikan.


Buah Potong

Buah potong bisa jadi alternatif camilan praktis buka puasa. Kita bisa memilih beberapa jenis buah favorit seperti jeruk, pepaya, mangga, semangka, melon atau yang lainnya. Sediakan minimal tiga jenis buah dan potong-potong agar lebih praktis untuk dinikmati. Buah kaya akan serat, vitamin dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung air dan gula alami yang bisa menghidrasi sekaligus menambah energi setelah seharian kita berpuasa.



Pisang, ubi, kedelai, kacang tanah, jagung rebus bisa jadi alternatif camilan sehat untuk buka puasa yang praktis diolah. Pisang kaya akan potassium dan serat, ubi mengandung karbohidrat kompleks dan juga serat, kedelai makanan yang mengandung protein nabati paling tinggi diantara keluarga tanaman polong-polongan. Sementara kacang tanah kaya akan vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini berperan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Sedangkan  jagung mengandung serat, folat, tiamin, fosfor, vitamin C, dan magnesium. Sayuran yang seringnya ditemukan dengan warna kuning ini masuk sebagai sumber karbohidrat. Dalam 100 gram jagung kuning rebus kita akan mendapatkan 96 kalori. Jagung juga mengandung cukup banyak air, namun rendah lemak dan protein.


Pudding

Pudding berbahan agar-agar yang kaya akan serat. Kita bisa membuat pudding yang dicampur dengan buah-buahan, susu, santan, kelapa muda, roti tawar atau yang lainnya. Selain segar dan enak dimakan sebagai camilan, pudding juga bisa memberi rasa kenyang sehingga pas dijadikan kudapan saat Ramadan.



Bubur merupakan istilah umum untuk mengacu pada campuran bahan padat dan cair, dengan komposisi cairan yang lebih banyak daripada padatan dan keadaan bahan padatan yang tercerai-berai. Dalam dunia kuliner, bubur adalah jenis makanan yang dimasak dengan cara merebus bahannya sampai menjadi sangat lunak. Untuk camilan praktis buka puasa ada bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur pacar cina, bubur sagu mutiara dan lainnya. Bikinnya mudah, mantap rasanya, memasaknya berarti juga ikut melestarikan sajian bubur Nusantara. 


Nah, itulah camilan praktis buka puasa saya dan keluarga. No ribet dan nyiapinnya cepet. Kalau teman-teman, apa camilan praktis buka puasanya? 


camilan praktis buka puasa



Selamat Berpuasa

signature-fonts

1 comment

  1. Entah kenapa gorengan itu menu yang selalu ada di tiap bulan puasa dari tahun ke tahun ya. Namanya org Indonesia emang gak bs lepas dr gorengan ya :D

    ReplyDelete