Healthy Food, Healthy Lifestyle

 Bersama dr. Zaidul Akbar




"Good Food is Good Mood" 

"Penyakit akan muncul dari mood yang naik turun. Mood bisa memengaruhi hormon, fungsi jantung dan pembuluh darah, irama tidur, fungsi imun di tubuh. Bahan baku mood ada di enzim. Mau good mood? Ya makanlah good food, itu kuncinya! Maka jaga 5 panca indera dari hal yang tak penting dan bikin mood bermasalah!"

Demikian Dokter Zaidul Akbar mengawali materinya dalam acara pengajian akbar yang bertema "Healthy Food, Healthy Lifestyle", Rabu 12 Februari 2020 di Aula SDI Al Azhar 8 Kembangan, Jakarta Barat. 

Acara yang "sehat sekali", karena tak hanya materinya yang membahas seputar kesehatan tapi juga snack yang dibagikan kepada peserta adalah rebusan camilan yang terdiri atas ubi jalar (putih-orange-ungu), jagung dan kacang tanah rebus yang diwadahi besek. Tak hanya itu bagi 50 peserta yang datang pertama akan mendapatkan goodiebag berupa rimpang-rimpangan untuk dibawa pulang. 

Dokter Zaidul lebih lanjut mengingatkan jika semua penyakit berat asal muasalnya dari pikiran. Maka sebaiknya jangan berlebihan saat memikirkan sesuatu. Pasalnya perubahan fisiologis hormonal akan memengaruhi fisiologis umum. Untuk itu mumpung sehat kuatkan iman, bertobat dulu sebelum berobat. Solusi spiritual digunakan dulu jika ada penyakit mendekat. Bersihkan penyakit hati baru hilangkan sakit badani. Caranya, perhatikan asupan makanan..

Coz good food is good mood!


Healthy Food


Makanan yang Baik Seperti Apa?


Dokter Zaidul menjelaskan jika makanan yang baik adalah yang tidak banyak mengalami proses pengolahan. Semakin sedikit melewati proses pengolahan maka semakin sehat makanan. Misalnya sayuran, lebih baik dikonsumsi mentah saja. Lalu beri bumbu minyak zaitun, garam dan lada hitam..sudah! 

Dokter yang menyiapkan juga bahan makanan sehat untuk dijadikan contoh bagi seluruh peserta ini pun membagikan resepnya, Rainbow Salad. Di mana sayur-sayuran yang dipakai adalah yang aneka warna karena masing-masing sayuran berwarna ciptaan-Nya ini punya fungsi sendiri. Jadi mereka akan saling melengkapi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. 

Warna-warna itu adalah: 

Putih: menguatkan sistem imun tubuh. Contoh: kembang kol, sawi putih, lobak 
Kuning: membersihkan dan melenturkan kulit dari dalam. Contoh: nanas, paprika kuning 
Orange: mencegah inflamasi/peradangan. Contoh: kunyit, temulawak, labu 
Merah: berhubungan dengan darah - memperbaiki fungsi darah dan jantung. Contoh: tomat, paprika 
Ungu: melindungi sistem saraf. Contoh: terong, kol ungu, anggur 
Hijau: untuk detoks Contoh; sawi, brokoli, kacang panjang 



Healthy Food
pembuka acara tutorial make up dari Wardah



Selain itu ada beberapa makanan yang disarankan oleh dokter Zaidul Akbar yang lulusan FK Universitas Diponegoro ini, karena manfaatnya untuk kesehatan, diantaranya:

  • Kurma → kurma mentah yang punya efek ke liver, kurma basah ke lambung
  • Air kelapa muda → mengandung asam amino yang baik untuk detoks hormon. Bisa ditambahkan garam sehat, kasih kurma dan blender. Baik diminum 2-3 kali/minggu
  • Jahe, kunyit, sereh, lengkuas, kasih air panas, disaring lalu perasi air jeruk nipis, tambahkan kurma dan blender. Fungsi: jahe baik untuk pencernaan, lengkuas untuk imunitas, sereh kaya steroid, jeruk nipis baik untuk enzim dan kurma tinggi asam amino
  • Dressing bisa dibuat dari alpukat yang mengandung lemak baik. Caranya: blender alpukat, campurkan dengan garam, lada hitam dan bawang putih.
  • Kayu manis: mencegah kerusakan sel
  • Cengkeh: anti nyeri (Misal untuk sakit flu: minum campuran cengkeh, kapulaga, ketumbar, kembang lawang)






Question & Answer



Banyak pertanyaan yang diajukan peserta, diantaranya:

Apa perbedaan zaitun minum dan untuk urut?
→ Yang diminum adalah Extra Virgin Oil, sedangkan untuk urut minyak refinery

Bagaimana terapi makanan untuk penderita auto imun
→ Konsumsi sayuran dan buah organik

Garam yang sehat yang mana?
→ pilih garam bukan hasil proses pemurnian, sebaiknya pilih garam alami

Berapa lama ketahanan infused water?
→ 8 jam

Tips mengecilkan perut?
→ Konsumsi serat, no gula

Makanan yang efeknya tidak baik bagi tubuh apa saja?
→ gula dan turunannya, transfat (misal: minyak goreng), karbohidrat (beras dan tepung), daging olahan

Apa harus dimakan mentah untuk semua jenis sayur/buah?
→ Jika memang tidak bisa, bisa dikukus dulu sebentar

Bagaimana diet untuk penderita PCOS?
→Sindrom polikistik ovarium (PCOS) adalah penyakit ketika ovum atau sel telur pada perempuan tidak berkembang secara normal karena ketidakseimbangan hormon. Maka yang utama jauhi stres. Jika kecemasan tinggi sel telur tidak akan matang sehingga enggak bisa dibuahi, akhirnya kehamilan sulit terjadi.



Tips Sehat Ala Dokter Zaidul Akbar



Healthy Food



Oh ya, ada beberapa tips terkait "Healthy Food, Healthy Lifestyle" yang disampaikan oleh Dokter Zaidul Akbar pada acara, diantaranya:

  • Karena perilaku kita dipengaruhi oleh apa yang kita makan, maka ingat “Good Food is Good Mood” jika ingin mendapatkan mood yang baik, maka makanlah makanan yang baik, masih asli, alami tanpa diolah, salah satunya buah dan sayur 
  • Tidak hanya pola makan untuk bisa hidup sehat, pola makan itu hanya sebagian kecil. Dalam Alquran diajarkan kalau makan harus halal dan thayyib, sesuatu yang tidak membuat masalah bagi tubuh kita 
  • Berhenti makan sebelum kenyang, konsep Rasulullah SAW yang simpel karena 'Tidak ada bencana yang lebih buruk dari perut manusia'. Kalau dia ingin makan berlebih maka jadikan sepertiga untuk makan sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk udara," Jadi, makan itu bagi orang muslim bukan untuk kenyang, makan itu agar dia bisa beribadah 
  • Untuk sehat, stop yang bikin sakit, remove masalahnya, misalnya kurangi makan makanan berminyak. Pelajarilah yang bikin sehat, ditambah belajar puasa. 
  • Enggak ada gunanya kita konsumsi makanan herbal kalau isi piring tidak dibetulkan. Membiasakan diri untuk makan sehat, kalau tidak ya tidak akan terbiasa, jika yang sehari-hari dimakan itu sampah
  • Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap fit, adalah dengan menjaga pola tidur seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, Rasul tidur diawal waktu, gunanya untuk mengistirahatkan hormon dan enzim yang ada di dalam tubuh. 
  • Memperbanyak berpuasa. Ketika seseorang membiasakan menahan lapar selama 20 jam, tubuhnya akan menjadi mesin pembakar lemak yang luar biasa. Untuk mengatasi berbagai macam masalah penyakit degeneratif seperti stroke, darah tinggi, kencing manis dan asam urat. Adalah dengan dengan mengikuti pola hidup Rasulullah SAW dan science membenarkan hal tersebut, yaitu memperbanyak berpuasa, seperti puasa senin kamis, 
  • Mari kita berikan yang terbaik untuk tubuh, salah satunya dengan bersedekah pada diri sendiri. Ketika kita makan makanan yang sehat, saat itu kita sedang bersedekah untuk diri sendiri, dan niatkan menjaga badan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT 

Yuk..hidup lebih sehat lagi!

Ingat tubuh kita akan menjalankan fungsinya dengan baik jika kita tidak membebaninya!💖

Semoga bermanfaat!




Salam Sehat


Dian Restu Agustina














17 comments

  1. Aku udah follow id dokter zaidul. Walaupun masih jarang ngikuti pola hidup sehat nya 🙈 masih suka jajan makanan sampah.
    Dan btw baca paragraf soal sayuran mentah dituang dengan zaitun, aku ingat dulu pernah kursus turki dgn org turki langsung yang mengajar. Beberapa kelas kami pernah piknik gitu, dan ya hocam (guru) bikin salad sayur gitu aja, timun tomat selada dll terus dibaluri minyak zaitun. Pantes pas ketemu org turki kalau kita lagi umroh atau haji, udah tua tapi tetap sehat, kuat bahkan naik ke gua Hira gitu masih sanggup. Kaya misalkan orangtua zaman dulu nenek kakek kita yg usianya lama karena makanannya sehat dan murni
    Makanan mempengaruhi banget yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awakndah mulai ikilut pola makanan sehat, tapi blom konsisten.
      Masih angin-anginan. Tergantung mood.

      Tapi paling diusahakan sarapan itu buah dan smoothies.
      Sampe kenyang...

      Delete
  2. Saya juga menjalankan diet yang dr. Saidul Akbar jalankan.tidak makan gorengan,nasi,tepung,gula dan susu. Alhamdullah Alhamdullah sudah jalan 6 bulan saya menjalankannya.

    ReplyDelete
  3. Suami suka banget liat video tips hidup sehat dari dr zaidul ..
    Memang bener ya Mba Dian, pikiran harus tetap baik agar penyakit juga gak timbul. Biar pikiran baik (mood yang baik) pastinya didukung sama makanan yang baik..

    ReplyDelete
  4. "Penyakit akan muncul dari mood yang naik turun. Mood bisa memengaruhi hormon, fungsi jantung dan pembuluh darah, irama tidur, fungsi imun di tubuh. Bahan baku mood ada di enzim. Mau good mood? Ya makanlah good food, itu kuncinya! Maka jaga 5 panca indera dari hal yang tak penting dan bikin mood bermasalah!"

    Masya Allah, baru baca paragraf pertama saja diriku berasa tertampar karena mood lagi naik-turun hiks.

    Makasih sharing-nya Mbak, mau ku-save postingan ini. Baarakallahu fiik.

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah ... Aku kenal Dr. Zaidul Akbar ini sudah sejak tahun 2012. Tapi mengikuti tips sehat ala beliau susah banget dilakoninya. Lidah lebih suka makanan enak dibandingkan makanan sehat. Makanya, sampai sekarang masih saja suka menumis sayuran. Alasannya anak-anak nggak suka. Iyalah, soalnya nggak aku biasakan.

    Bapakku punya masalah dengan jantung. Beliau sudah beberapa bulan terakhir ini rajin konsumsi tomat dan terong mentah. MasyaAllah, kondisi jantungnya stabil. Dokternya sering bertanya bapakku pola makannya gimana.

    Bismillah ... Sedikit demi sedikit nih mau berubah ke arah hidup yang lebih sehat.

    Matur nuwun sudah bagikan tulisan ini ya, Mbak ...

    ReplyDelete
  6. Wah tulisan mbak Dian serasa sudah mewakili keahdiran saya di acara ini mbak. Good mood is good food setuju banget. Terus penyakit sumbernya timbul dari pikiran setuju juga ini. Dari dulu saya followernya dr. Zaidul Akbar. Di tambah tulisan mbak Dian ini nambah "good mood" saya mbak he he he

    ReplyDelete
  7. Saya suka banget dengan penjelasan kesehatan dari dr. Zaidul Akbar ini. Seringnya kan beliau menekankan kalau kita sakit, sebelum berobat kita tobat dulu karena udah zolim sama badan sendiri. Tapi sayang banyak juga muslim yang tidak senang dengan beliau

    ReplyDelete
  8. Serasa ketampar bacanya. Jadi kalo pengen sehat, kita harus bisa jaga makanan, pikiran, dan pola hidup ya. Pengen belajar hidup sehat juga nih.

    ReplyDelete
  9. Setuju bangat kaya-kata Pak Zaidul Akbar. Good food is good mood. Ayah saya pun bilang, sebetulnya sumber penyakit itu secara umum ada dua, yaitu dari kepala dan dari perut. Kalo kepala kita stay positive, penyakit jauh-jauh dari kita. Demikian juga urusan perut, kalao makanan-makanan yang kita makan stay healthy, penyakit pun ogah mampir. Semoga kita semua selalu sehat ya Mba Dian.

    ReplyDelete
  10. Wah, ini acaranya keren sekali ya, Mbak Dian. Sudah dipertegas juga dengan camilannya yang semua direbus. Dan pasti Mbak Dian masuk 50 peserta yang datang pertama kan? hehehe.
    Dan memang, semakin lama proses memasak bahan makanan, maka gizinya akan semakin berkurang ya, Mbak. Misalnya ada 4 tahapan memasak, nah di tiap tahapan proses itu pasti berkurang gizinya.
    Tapi ini saya belajar satu hal. Jangan banyak pikiran, karena itulah sumber penyakit. makanya kalau besok bakso langganan saya naik, tidak saya pikirin terus Mbak hahaha.

    ReplyDelete
  11. Saya memang ingin rajin lagi puasa senin kamis.
    Pas belum menikah rutin.
    Pas udah nikah, kok kadi sulit hiks..

    ReplyDelete
  12. Aku pengikut nya juga kak di Instagram MasyaAllah seneng banget dan , terkadang gak kita sadari kalau sehat tu iya kita yg buat,semoga lebih waspada menjauhi sumber penyakit

    ReplyDelete
  13. Setuju semua penyakit berat asal muasalnya dari pikiran.Kalo strss aku gak bisa makan terus maag kumat.Sakit perut bikin gak bisa tidur akhirnya tepar beneran. Kalau mau sehat badan emang harus sehatin pikiran dulu yak

    ReplyDelete
  14. Mantap semua tips sehatnya mba,pengen sekali-kali untuk ikutan kajian sehat dari Dokter Zaidul Akbar ini, boleh dong mba kapan dan dimana lagi untuk buka kajian sehatnya

    ReplyDelete
  15. Good food is good mood. Bener banget ya Mbak... Btw Ust Zaidul Akbar ini yg juga dikenal dg JSR nya kan ya... Jurus Sehat Rasulullah, bs juga diartikan Jus Sehat Rempah² hehe... Insyaallah sy juga mau nyoba cara²nya. Tfs yaa Mbak Dian, artikelnya sangat berfaedah

    ReplyDelete
  16. Aku juga lagi cobaan tips tips dan resep sehatnya Ustd Zaidul Akbar nih mbak. Bikinnya sebenernya gampang ya, yang susah konsistennya. Alhamdulillah, sekarang dah jarang jajan2 aneh gitu

    ReplyDelete