Channel YouTube Favorit Anak-anakku untuk Menambah Ilmu


Hari gini informasi via dunia digital jamak dicari. Berbekal ponsel pintar dan sambungan internet kita bisa melalang buana ke penjuru dunia untuk mendapatkan informasi yang kita ingini. Ilmu apapun mudah sekali kita dapatkan dengan cara ini, praktis dan tentunya for free! Seperti yang ada di aplikasi YouTube yang saat ini diakses oleh 2 milyar orang di dunia per bulannya. Yang artinya, jika kini ada 8 milyar penduduk bumi, maka 1 diantara 4 orang mengakses YouTube ini. Tak heran begitu banyak jenis channel disajikan di sini. Kita tinggal pilih kategori channel apa yang kita sukai, bisa disesuaikan dengan minat dan kebutuhan. Sama halnya dengan kedua anak saya yang adalah generasi Z alias iGeneration, yang mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti browsing dengan PC, update IG Story sekalian mendengarkan musik dari YouTube menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya karena sejak kecil mereka sudah mengenal teknologinya. Tak heran saya yang notabene generasi X kadang malah tahu (dan belajar) dari mereka dulu. Seperti list channel YouTube yang jadi favorit mereka berikut ini yang bisa menambah ilmu.


Channel YouTube Favorit Anak-anakku untuk Menambah Ilmu

Channel YouTube Favorit Si Sulung untuk Menambah Ilmu


Anak Sulung saya, kelas 9 SMP, ketika saya tanya channel YouTube favorit yang bisa menambah ilmu baginya, dia pun menyusun list-nya:


Great Big Story

Great Big Story adalah perusahaan media global yang menyajikan storytelling sinematik. Berkantor pusat di New York, dengan sebuah biro di London, media ini membuat dan mendistribusikan dokumen mikro dan film pendek, serta seri untuk rilis digital, sosial, TV dan teater. Sejak diluncurkan pada akhir 2015, Great Big Story telah melakukan perjalanan ke lebih dari 100 negara untuk menemukan hal yang tak terhitung, terlewatkan, dan benar-benar menakjubkan. 

Misalnya, ada video terbaru tentang Dee Bradley Baker, voice actor di balik aneka suara binatang di film-film Hollywood yang nyaris sama bisa menirukan suara asli binatangnya. Atau sebuah video yang menampilkan warga Desa Bengkala,  sebuah desa kecil yang terletak di Buleleng Bali. Di mana dari total 3.000 orang warga, sekitar 40 tuli. Kondisi mereka terkait dengan gen resesif yang diturunkan melalui tujuh generasi. Nah, tanpa mengucilkan anggota komunitas tuli ini, masyarakat Bengkala menciptakan Kata Kolok, bahasa isyarat lokal yang digunakan oleh 80 persen populasi. 

Juga banyak liputan keren lainnya yang disajikan bagi  hampir 5 juta subscribers-nya. Benar-benar channel yang menarik dengan aneka "great big story"-nya!


VICE

Channel yang menyajikan informasi yang bakalan mencerahkan wawasan kita karena digali dari setiap sudut planet ini. Dengan kisah mendalam dan mengejutkan, yang akan mengubah cara orang berpikir tentang budaya, seni, mode, dan subjek lainnya yang bahkan tidak memiliki nama di sudut-sudut dunia yang bisa jadi tidak pernah kita ketahui keberadaannya.

Misalnya, di video terbarunya ada DIY toilet paper (tisu gulung) yang saat pandemi ini menjadi stok penting bagi warga Amerika dan negara pengguna toilet kering lainnya. Atau video liputan upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja yang juga ada di channel ber-subscriber 12, 7 juta ini.


Techquickie

Bagi sesiapa yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang gadget favoritnya atau ketahui trending topic di bidang teknologi dengan campuran humor, sinisme, dan wawasan terkini, Techquickie bisa jadi solusi. Channel bersubscriber 3,3 juta ini menyajikan informasi misalnya: "How does Airplane WiFi Work?" atau video lain "Why Aren't Laptops Heavy Anymore?" juga "How Computers Can Think for Themselves?"


Channel YouTube Favorit untuk Menambah Ilmu


Channel YouTube Favorit Si Bungsu untuk Menambah Ilmu

Berbeda dengan kakaknya yang punya channel favorit berbahasa pengantar bahasa Inggris dengan konten yang lebih berat, si Adik, kelas 5 SD, memiliki channel favorit yang lebih ringan dan sesuai dengan kegemaran. Dan, ini dia channel YouTube favoritnya:


Belajar Menggambar

Menggambar itu mudah dan menyenangkan, demikian disebutkan di channel ini.  Channel yang mengajarkan cara menggambar dengan mengubah kata, dan menggambar berbagai hal. Serta berpedoman bahwa siapapun bisa menggambar asalkan terus melatihnya. Dengan subscriber sejumlah 1,8 juta channel "belajar menggambar" mengajarkan cara menggambar dengan mudah untuk anak ikuti dan menumbuhkan minat seni lukis dan belajar menggambar jadi lebih baik lagi. Nah, tutorial di channel ini diantaranya: "Menggambar Masjid dari Kata Masjid", "Menggambar dari Kata Dokter Menjadi Dokter dengan Masker" dan lainnya.


Om Mobi

Nah, karena si Adik suka sama mobil, maka channel yang dipantengin buat nambah ilmu seputar mobil adalah "Om Mobi". Channel dengan subscriber 670 ribu ini menyajikan aneka informasi tentang mobil dengan menarik. Seperti: "Mobil Offroad Milyaran Buatan Indonesia", "Review Motor Custom Presiden Jokowi" atau "Mobil Hotrod Buatan Indonesia"


MyusernameThis

Channel dengan 1 juta subscriber yang memuat informasi seputar game diantaranya ROBLOX yang memang saat ini dimainkan oleh si Adik.


Channel YouTube Favorit Anak-anakku untuk Menambah Ilmu


Well, itulah channel YouTube favorit Si Sulung dan si Bungsu untuk menambah ilmu. Kalau teman-teman bagaimana? Punya channel favorit jugakah anak-anaknya? Juga, apa channel favorit teman-teman sendiri? 

Apapun tetap bijak saat mengaksesnya ya...Terutama untuk anak-anak kita, tetap dampingi dan awasi sehingga mereka mendapat manfaat positif dari channel YouTube ini. Stay safe while browsing the internet! 

Then....tetap kuat, semangat dan selalu sehat!!!


#BPNRamadan2020


Happy Blogging

signature-fonts

1 comment

  1. selagi ada kuota harus dimanfaatkan dengan baik buat anak belajar dengan melihat youtube content positif.

    ReplyDelete