Yuk Tingkatkan Literasi Keuangan dan Kewirausahaan Bersama Bisnis Muda!



Pemahaman investasi dan semangat menjadi pengusaha harus ditingkatkan di kalangan generasi muda Indonesia untuk mempersiapkan diri menyambut bonus demografi yang diprediksi terjadi pada 2030-2040 nanti.

Ya, bonus demografi akan berdampak positif bagi Indonesia jika jumlah lapangan kerja bisa mencukupi permintaan yang ada. Indonesia tidak hanya bisa mengandalkan lapangan kerja yang ada atau menunggu investasi asing masuk, tetapi juga harus melahirkan pengusaha-pengusaha baru agar lapangan kerja terus bertambah. Selain itu, literasi keuangan (financial literacy) di kalangan usia muda harus ditingkatkan. Hal ini mengingat literasi keuangan - yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan - merupakan elemen penting dalam menjaga stabilitas ekonomi, keuangan, dan pembangunan nasional. 

Oleh karena itu, PT Navigator Informasi Sibermedia, anak usaha Bisnis Indonesia Grup, membuat platform Bisnis Muda untuk mendukung penguatan kemampuan generasi muda dalam mengelola keuangan dan semangat entrepreneurship di kalangan anak muda. 

Nah, Direktur Utama Navigator Informasi Sibermedia, Lulu Terianto, mengatakan Bisnis Muda akan menjadi platform komunitas dan blogging untuk berbagi cerita atau mencari inspirasi terkait wirausaha dan keuangan. 

"Harapannya, mereka yang berkumpul di Bisnis Muda bisa menjadi pengusaha-pengusaha baru," ujarnya. 

Selain itu, pengelolaan keuangan merupakan modal penting dalam menyambut bonus demografi di Indonesia. Ketika masyarakat dan generasi muda memiliki pemahaman literasi keuangan yang baik, ekonomi akan tumbuh lebih berkualitas dan memiliki ketahanan yang tinggi.

Lulu menuturkan, keberadaan Bisnis Muda diharapkan bisa meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, terutama untuk penduduk muda produktif. 

"Dengan berbagi pengalaman pengelolaan keuangan, penduduk muda produktif Indonesia diharapkan memahami instrumen investasi, asuransi, dana pensiun, dan sebagainya sebagai bekal keuangan di masa depan," tuturnya. 

Memang merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia mengalami kenaikan. Secara umum, indeks literasi keuangan pada 2019 naik menjadi 38,03% dibandingkan dengan 29,7% pada 2016. Indeks inklusi keuangan pada 2019 juga naik menjadi 76,19% dibandingkan dengan 67,18% pada 2016. Oh ya, inklusi keuangan ini didefinisikan sebagai akses masyarakat terhadap berbagai layanan keuangan formal. 

Sementara dalam survei OJK pada 2019, akses layanan keuangan formal meliputi, perbankan, perusahaan pembiayaan, dana pensiun, asuransi, pasar modal, dan pegadaian lewat jalur konvensional maupun teknologi finansial (Tekfin). 

Bisnis Muda tidak hanya sekadar menyediakan platform blogging sebagai wadah berbagi cerita terkait pengalaman bisnis dan pengelolaan keuangan saja, tetapi juga memberikan reward kepada para anggotanya yang aktif menulis. 

Direktur Navigator Informasi Sibermedia, Asep Mh. Mulyana mengatakan ada pemberian poin untuk setiap tulisan yang menginspirasi anggota lainnya maupun pihak yang masih belum menjadi anggota Bisnis Muda. Indikatornya akan dilihat dari jumlah likes, share, dan tayangan halaman. 

“Nantinya, para anggota akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan berbagai hal yang produktif maupun konsumtif," ujarnya. 
 
Tak hanya poin, nantinya akan ada acara spesial dari Bisnis Muda baik secara online maupun offline yang bisa diikuti para anggota. 

“Ada pelatihan-pelatihan yang bisa meningkatkan soft skills maupun mengembangkan bisnis dan investasi yang bisa diikuti para anggota Bisnis Muda," ujarnya.
 
Dengan pengalaman menarik ini, para anggota Bisnis Muda diharapkan makin berkembang dari sisi pengetahuan finansial, wirausaha, penulisan, dan soft skills lainnya yang dibutuhkan di era digital saat ini. 

Well, Bisnis Muda yang berada di bawah bendera Bisnis Indonesia Group diharapkan menjadi platform blogging sekaligus tempat bagi sesiapa yang ingin belajar dan berbagi pengetahuan tentang investasi, pengelolaan keuangan, serta kewirausahaan atau entrepreneurship. Bisnis Muda lahir dari inisiatif kecil yang membentuk BisnisCommunity sebagai wadah berkumpul anak-anak muda yang ingin belajar investasi dan wirausaha.

Mau kepoin lebih lanjut tentang Bisnis Muda, cuss langsung ke bisnismuda !

Oh ya, lagi ada writing contest di platform Bisnis Muda yang berhadiah jutaan rupiah juga! Periode lomba dimulai dari 09 Juni hingga 09 Agustus 2020 dengan tema "Bangkit dari Pandemi", pilihan subtemanya:

  • Sociopreneur & Local Heroes
  • Mengatur keuangan di masa pandemi
  • Curhat cuan dan boncos
  • Karantina berbuah kreativitas

Hadiah bagi para pemenang:
  • Juara 1 : Rp 3.000.000
  • Juara 2 : Rp 2.000.000
  • Juara 3 : Rp 1.000.000
  • 15 pemenang favorite @Rp 500.000

Yuk buruan ikutan! 😍



FB: https://www.facebook.com/bisnismudaid
Twitter: https://twitter.com/Bisnismudaid
IG: https://www.instagram.com/bisnis.muda.id/


Bisnis Muda



Semangat Muda

signature-fonts

31 comments

  1. Wah, menarik banget ini. Apalagi baca berita kalau literasi keuangan terpantau meningkat. Tentu ini jadi kabar menggembirakan dong bagi masa depan keuangan generasi muda kita.

    Mengenai bisnis muda sendiri, ini cakep loh. Aku tadi sudah sempat baca-baca. Bahasa yang digunakan pun sederhana jadi mudah dipahami. Ikutan nulis keuangan di sana bisa dong ya, hihihi ... Terus, terus, info lombanya menggoda bangeeet ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo nulis di sini dan ikutan lomba, dirimu kan pakarnya kalau hal keuangan

      Delete
    2. Sebatas memahami Mbak, belum pakar, hihihi ... Tapi dengan adanya platform kepenulisan yang khusus di bidang keuangan begini, tentu anak muda (xixxixi) sepertiku ini semakin termotivasi untuk terus belajar literasi keuangan dan menularkan kepada teman-teman lainnya lewat tulisan.

      Delete
  2. jadi bisnismuda ini semacam platfoarm kepenulisan gitu ya Mbak. Berbasis blog. Jadi kita bisa jadi contributor begitu?

    ReplyDelete
  3. Kalo liat perusahaan intinya sih so pasti kece ya Mba Dian. Bisnis Indonesia gitu loh. Jadi nggak perlu takut abal-abal ya mbaa.

    Trus trus itu kalo kita ikutan jadi penulis kira-kira

    ReplyDelete
  4. Wah kalo liat dari perusahaan intinya mah gak akan nyesel ya mba. Bisnis Indonesia gitu loh. Jadi gak perlu takut dan khawatir perusahaan abal-abal lahyaw.

    Btw aku perlu belajar lagi night soal keuangan biar bisa ikutan join jadi penulis di sana. Biar makin pinter hehe..

    ReplyDelete
  5. Saya senang sekali dengan program yang bisa menciptakan para pebisnis dari kalangan generasi muda. Sudah saatnya Indonesia mandiri dengan memiliki pebisnis yang handal. Mereka yang siap menyediakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya. Semoga Indonesia bisa tambah maju ya...

    ReplyDelete
  6. Wah anak-anak muda kudu gabung nih buat saling sharing melalui tulisan, jadi bisa belajar bareng. Bagus banget programnya ya mbak. Kudu join anak2 mahasiswa terutama. Jadi besok setelah lulus bs menciptakan lapangan kerja yang lebih luas lagi :))

    ReplyDelete
  7. Hmm, sepertinya bagus ya mba' Dian. Info lombanya mau ikutan, tapi sedikit kurang pede karena aku belum pernah sama sekali mengikuti lomba kepenulisan. Bisa ngga ya? :D

    ReplyDelete
  8. Wah...keren nih. Perlu banget anak muda udah melek literasi keuangan. Aku ini termasuk terlambat deh. Mana belajar sendiri dan kejeblos sendiri, kan rugi. Kepoin ah platformnya. Makasih mb Dian...

    ReplyDelete
  9. emang seharusnya jumlah pengusaha diIndonesia ini harus ditingkatkan ya kak. Tapi dgn budaya yg konsumtif sepertinya susah buat ngerubah tradisi ini ya kak. Alhmdulillah bisnis mida membuka peluang anak2 utk mengembangkan literasi khususnya dibidang keuangan. Biar anak2 generasi emas nantinya tidak lg mengharapkan gaji dari bekerja di perusahaan/instansi milik org lain teteapi lebih mengandalkan skill ygda utk bsa mengembangkan perusahaannya sendiri dimasa depan.

    ReplyDelete
  10. Wah, tema yang keren dan menarik kak. Generasi sekarang memang udah harus dibikin melek sama literasi keuangan. Supaya mental bisnis terasah dari muda dan gak cuma jadi generasi yang konsumtif dan suka ikut ikutan

    ReplyDelete
  11. Mau kumau..
    Aku dari SD cita2 mau jadi pengusaha.. meski udah bikin usaha2 kecil2an akhirnya mandek.. Dan sebenarnya itu lebih sering ke mental yg masih kurang persistent,,mau cari mentor Dan tempat belajar aku ini

    ReplyDelete
  12. Wah.. bagus sekali terobosannya dengan membuat flatform Bisnis muda ini ya, Mbak Dian. Jadi anak-anak muda semakin semangat berbisnis karena ada wadahnya. Pastinya ini bisa memperkuat mereka nantinya jadi pebisnis handal di masa mendatang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, bener banget, apalagi di bawah grup media bisnis ternama, Bisnis Indonesia

      Delete
  13. Untuk gabung bisnis muda harus ada syarat punya usaha atau sudah investasi dlu ga beb? Aq pengen gabung tapi bukan investor atay wirausahawati..😅

    ReplyDelete
  14. Literasi keuangan (financial literacy) di kalangan usia muda memang sudah selayaknya ditingkatkan ya mbak. Agar generasi muda mampu mengelola keuangan mereka dengan baik.

    ReplyDelete
  15. dengan adanya belajar untuk berbisnis saat muda membuat sya tidak ingin bermalasa"an cari uang dan lebih giat lagi

    ReplyDelete
  16. Bener Mba dian. Kita ga bisa nanemin k anak kamu harus kerja di sana sini. Menunggu lapangan kerja. Tapi kita harus tanemin ke anak bagaimana jadi pengusaha dan memberika lapangan kerja ke banyak orang. Allhamdulillah sekarang ada bisnis muda kayak gini ya mba Dian jadi bisa melatih kekuatan generasi muda, skill dan literasi keuangan juga ya

    ReplyDelete
  17. Diriku walau tidak dianggap muda lagi tetep berminat berbisnis.
    Tapi sampai saat ini blom juga terealisasikan.
    😒
    Baca tulisanmu mba jadi hidup lagi minatkuh..

    ReplyDelete
  18. Sudah saatnya kita menambah pebisnis muda di negara kita ya mbakk,
    Jangan hanya berebut di satu pintu (pns) padahal kalau mau usaha hasilnya bisa lebih baik, asal emang harus rajin dan gak mudah putus asa

    ReplyDelete
  19. Wah ... Ada writing contestnya juga ya ... Temanya banyak pilihan. Btw, ini terbuka untuk umum Khan mbak ...

    ReplyDelete
  20. Wah keren nih bisnis muda, platform blogging yg bs jd tempat sharing para wirausaha muda yaa... btw ada writing contest nya juga ya DL 9 Agustus, mudah2an kerjaan gak lg banyak biar bs ikutan hehe. Tfs Mbak Dian

    ReplyDelete
  21. wah ini berarti kita bisa jadi kontributor buat nulis disini ya mbak...eh ini ada lomba blognya ya..keren euy langsung arsip ikut lomba nya.. mksh infonya mba Dian..

    ReplyDelete
  22. Saya sudah tidak muda lagi, jadi tak bisa ikut. Tapi sebagai ibu saya selalu memberi anak masukan tentang pentingnya mencari uang tambahan dari apa yang ia sukai. Dan saya menyepakati dengan suami, membuat grup bisnis keluarga dengan ia di dalamnya agar belajar bagaimana kami melakukan proses penjualan dan ia pun dapat bonus jika mau menjual juga.

    ReplyDelete
  23. makasih mbak bahan bacaannya, karena jujur aku saat ini sedang tertarik untuk belajar tentang financial setelah beberapa kali menyimak PODCAST tentang financial juga

    ReplyDelete