Cerdas Kelola Konten Blog & Keuangan Pribadi Bersama Blogger Perempuan Network dan Jenius





"Dream - Plan - Do!!"


Teman.....

Sejak serius ngeblog, saya terus berusaha menambah ilmu, agar blog saya semakin maju. Diantaranya dengan mengikuti beraneka kegiatan yang diadakan komunitas blogger baik online maupun offline. Seperti ketika Blogger Perempuan Network (BPN) mengadakan blogger gathering yang bertajuk "Cerdas Kelola Konten Blog & Keuangan Pribadimu" pada Sabtu, 2 Februari 2019 yang lalu.

Begitu tahu, saya segera mendaftar dengan tujuan berburu ilmu dan bersilaturahmi dengan teman blogger lainnya yang pastinya bakalan seru!

Dan benar saja, Sabtu lalu saya, sungguh istimewa!


Jenius - Digital Banking by BTPN


Cara cerdas kelola keuangan
Kartika Putri - Socmed Relation BPN.


Acara yang berlangsung di Menara BTPN - SCBD Mega Kuningan, Jakarta Selatan ini dibuka sekitar pukul 11 pagi oleh MC, Mbak Kartika Putri - Socmed Relation BPN.

Kemudian dilanjutkan dengan welcome greeting dari Jenius yang disampaikan oleh Mas Ivan Loviano Soekarno - Social Media Manager BTPN.

Mas Ivan di sini menjelaskan tentang Jenius yang merupakan produk tabungan berbasis digital yang di-launching BTPN pada tahun 2016 silam. Di mana awal pembentukan Jenius ini didasari pada perubahan aktivitas masyarakat di keseharian yang makin ke sini makin didominasi oleh digitalisasi.

Yes, digital changes everything now! Mulai dari pesan makanan, penginapan, kendaraan, bebelian...semua bisa dikerjakan dengan hanya satu jangkauan tangan. Demikian juga dunia perbankan.

Inilah yang membuat BTPN yang meyakini bahwa every decision we make in our life has a financial consequences ini, mempersembahkan Jenius untuk Indonesia sebagai sebuah jawaban akan kebutuhan pengelolaan keuangan hanya dari smartphone saja. 

Dan ternyata proses kelahiran Jenius ini juga melibatkan netizen untuk menjawab kebutuhan generasi terkini. Bahkan BTPN bisa dibilang adalah institusi perbankan pertama yang mengikutsertakan netizen untuk pengembangan produk keuangan yang awalnya bernama Generation 1 ini. 

BTPN yang adalah Bank Tabungan Pensiunan Nasional tak ketinggalan ikut menjawab tantangan kehidupan milenial melalui Jenius yang membuat kita bisa melakukan aktivitas perbankan dimana saja dan kapan saja hanya dari smartphone kita.


Dan Jenius kini menjadi solusi pengelolaan keuangan yang praktis, pintar dan hemat karena keistimewaan yang dimiliki, diantaranya:


  1. Proses awal sampai akhir hanya dari smartphone saja
  2. Tidak ada potongan administrasi
  3. Satu akun Jenius bisa punya 10 tabungan untuk peruntukan berbeda
  4. Satu akun Jenius bisa mendapat 4 kartu untuk pengeluaran berbeda 
  5. Kartu itu bisa juga diberikan pada yang tercinta (pasangan/ortu/anak)
  6. Hemat waktu (misalnya: buka deposito hanya perlu waktu 3 menit saja)
  7. Bunga tinggi (bunga tabungan up to 5%, bunga deposito up to 7 %)
  8. Dream Saver: atur tabungan untuk impian tertentu dengan nominal tertentu
  9. Jika kartu hilang tinggal block aplikasi dan akan dikirimi kartu baru 
  10. Bisa mengontrol pengeluaran dengan adanya fitur In&Out


Blogger Perempuan
 Ivan Loviano Soekarno - Social Media Manager BTPN


Selain itu, BTPN juga memiliki Co.Create Spaces, sebuat tempat bagi komunitas untuk berkreasi dan berkarya. Di mana saat ini lokasinya ada di Jenius-Menara BTPN, The Goods Cafe-PIM dan JeniusxCoHive-Menara BTPN. Yang dilengkapi juga dengan acara Co.Creation Week dan Co.Create Website untuk wadah kepenulisannya.

Wah, lengkaaap ya? Jenius dan BTPN memang kereeen!!


Plan Your Life Finance in 2019 - Budi Rahardjo - Certified Financial Planner



Nah, setelah mengenal Jenius sebagai salah satu solusi pengelolaan keuangan dari BTPN, selanjutnya ada materi tentang perencanaan keuangan yang disampaikan oleh Mas Budi Rahadjo, CFP dalam Plan Your Life Finance in 2019.

Mas Budi mengawali materi dengan mengatakan bahwa dasar-dasar keuangan itu yang utama adalah pencatatan. Karena dengan pencatatan akan membuat kita tahu seberapa banyak pendapatan dan pengeluaran kita dan bukan hanya  di akhir bulan kok rasanya bablaaas saja uangnya.

Memang masih banyak diantara kita yang mengabaikan pencatatan dan pengelolaan keuangan ini. Bahkan faktanya di Indonesia tingkat literasi keuangan ini memang masih rendah sekali. Artinya orang tahu caranya tapi tidak benar-benar melakukannya.

Banyak diantara kita beranggapan bahwa melonjaknya pengeluaran akan bisa teratasi jika ada kenaikan pendapatan Padahal ternyata berdasarkan penelitian jika ada kenaikan pendapatan, pengeluaran malah naik signifikan. Ini membuktikan bahwa financial is not about the rate but about you control your habit!



Blogger Perempuan Network
Budi Rahardjo - Certified Financial Planner


Karena itulah diperlukan kecerdasan agar kita mandiri secara finansial, yaitu dengan:



1. Kecerdasan Menciptakan Uang

Kecerdasan menciptakan uang sehingga menghasilkan penghasilan tambahan agar pendapatan lebih besar daripada pengeluaran. Caranya dengan metode KASH before CASH: 

Knowledge (ilmu)
Attitude (keyakinan jika kita bisa)
Skill (keahlian)
Habit (kebiasaan keuangan yang baik)

Misalnya: mendapatkan penghasilan tambahan dari ngeblog


2. Kecerdasan Mengalokasikan Uang

Alokasikan keuangan dengan bijak sehingga keuangan tertata dan tercapai apa tujuan keuangan kita. Juga enggak bakal ada lagi cerita besar pasak daripada tiang yang bikin awal bulan hepi-hepi, tapi akhir bulan, puasa tiap hari.🙈


3. Kecerdasan Mengembangkan Uang

Kembangkan uang yang kita miliki dengan cara berinvestasi. Tapi mesti berhati-hati dan ingat rumusan investasi bahwa makin tinggi hasil yang didapatkan maka makin besar risiko yang akan dihadapi. Karena memang semua investasi ini berisiko. Nah, cara menghindari risikonya adalah dengan tidak berpikir untuk jangka pendek. Karena tujuan jangka panjang akan mengeliminir risiko investasi ini.


4. Kecerdasan Melindungi Uang (Proteksi)

Menyiapkan dana darurat sebesar 3-6 bulan pengeluaran dan membeli asuransi sebagai proteksi.


5. Kecerdasan Mengolah Informasi

Jika ada informasi yang terkait dengan keuangan harusnya kita lebih peduli. Misal berita tentang anjloknya nilai kurs rupiah. Berarti akan diikuti kenaikan suku bunga sehingga kita juga mesti siap-siap jika cicilan hunian/kendaraan kita pun akan mengalami kenaikan.


Blogger Perempuan



Eh tapi..., kenapa juga ya kita perlu repot-repot kita merencanakan keuangan? Apa pentingnya ya? 

Ya penting lah, karena:
  • Adanya perubahan cara mengelola keuangan: kini banyak pasutri sama-sama bekerja/berpenghasilan sehingga ada bagi-bagi pengeluaran menurut posnya berdasarkan pendapatan yang diterima
  • Inflasi: proses meningkatnya harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang  disebabkan oleh faktor konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar juga spekulasi
  • Demografi: dulu jumlah anak banyak, sekarang anak lebih sedikit.
  • Mandiri finansial: tidak tergantung pada anak saat tidak produktif lagi
  • Gaya Hidup: gaya hidup milenial, ikut-ikutan tren tanpa melihat pendapatan
  • Risiko Ekonomi 
  • Risiko Kehidupan
  • Teknologi yang terus berkembang

Selain itu manusia mengalami siklus kehidupan dari usia produktif sampai tidak produktif. Yang mana mesti dipikirkan berapa lama kita bisa bertahan jika nantinya sudah tidak produktif (bekerja) lagi. Maka kita mesti mengelola uang dengan baik sejak dini sehingga saat tidak produktif lagi, tidak bangkrut nanti.


Nah, berkaitan dengan hal ini diperlukan tahapan perencanaan keuangan, caranya:
  • Kalkulasi kebutuhan keuangan masa depan
  • Menetapkan tujuan keuangan
  • Membuat rencana keuangan
  • Analisa kondisi keuangan saat ini
  • Implementasi dan monitoring

Setelahnya tentukan Tujuan Keuangan dengan SMART, yakni:

  • Specific → Apa? Dimana?
  • Measureable → Bisa diukur berapa? 
  • Attainable → Sesuai dengan kemampuan diri
  • Realistic → Dapat dicapai
  • Time Bound → Ada waktu pencapaian. Kapan?

Nah, jadi bukan karena kurangnya pendapatan yang membuat pengelolaan keuangan kita itu belum tertata dan tercapai tujuannya. Tapi kebiasaan kitalah yang jadi penyebabnya. Karena jika semua dilakukan sesuai cara pengelolaan keuangan yang benar maka kita bisa mencapai tujuan kita.


"It's NOT YOUR SALARY that make you RICH but your SPENDING HABIT" (Cahrles A Jaffe)



Blogger Perempuan Network



And..., your spending habit is the answer!



Nah dari sini kita bisa menarik kesimpulan menurut teori keuangan bahwa KAYA itu adalah berapa lama uang kita bisa bertahan jika kita tidak bekerja. Dan kekayaan itu adalah total aset dikurangi semua hutang.

Jadi dirimu mau KAYA atau TAMPAK KAYA?

Hm..yuk periksa juga kebiasaan pengelolaan keuangan kita!

Menurut kebiasaan pengelolaan keuangan, manusia bisa dibedakan menjadi dominan otak kiri dan kanan. Di mana Left Brain itu bersifat: logical, sequential, rational. analytical, objective & looks at parts. Sementara Right Brain cenderung: random, intuitive, holistic, synthesizing, subjective, looks at wholes.

Mau tahu dirimu termasuk dominan otak kiri atau kanan?

Coba tepuk dan telungkupkan kedua tangan. Jika posisi jempol kanan di atas maka dominan otak kiri. Dan sebaliknya...


Selanjutnya terkait dengan Good Financial Habit ini maka ada beberapa kebiasaan yang mesti kita lakukan:



1. Kecerdasan membedakan apakah itu kebutuhan atau keinginan

Misal membeli kendaraan. Dikatakan BUTUH jika untuk bertahan hidup, produktivitas, penghematan atau berjaga-jaga. Tapi jadi INGIN jika hanya untuk kenyamanan, aktualisasi, kesenangan dan status saja.


2. Kecerdasaan mengalokasikan pengeluaran

Prioritas pengeluaran dengan melakukan bagi-bagi rekening, mana yang untuk belanja rumah tangga, dana pendidikan anak, tabungan &investasi dan lainnya. Misalnya, dengan memakai tabungan Jenius.


3. Menghargai uang

Menghargai uang dengan melakukan manajemen rekening. Misal rekening arus kas bulanan (teratur) → rekening arus kas tahunan (tidak teratur) → rekening rekreasi dan hiburan → rekening tujuan jangka pendek (1-2 tahun)


4. Belanja sebelum menabung vs Menabung sebelum belanja

Biar aman, lebih baik sisihkan pendapatan di depan untuk tabungan baru mikir belanjaan!


5 Tingkatkan pendapatan dan tabungan secara bertahap

Terus semangat menambah pendapatan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Dan sisihkan pendapatan tambahan ini untuk membuat tabungan kita meninggi.





Blogger Perempuan Network




Resolusi Keuangan 2019



Mas Budi Rahardjo, mengakhiri materi dengan mencontohkan beberapa resolusi yang bsia dilakukan di tahun 2019 ini, diantaranya:



1. Memiliki Catatan Keuangan

Mulai membuat catatan keuangan sederhana agar kita bisa memahami apakah pengeluaran sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan baik di masa kini maupun nanti.


2. Mengurangi Pengeluaran

Membangun masa depan dimulai dengan memiliki surplus atau sisa penghasilan yang dapat disisihkan untuk masa depan. Jika di saat ini kita sulit menabung maka bisa dicoba dengan membuat komitmen menyisihkan uang di depan sebelum dibelanjakan.


3. Mengurangi Utang

Utang selalu dikaitkan dengan biaya bunga. Semakin sedikit utang semakin sedikit biaya bunga yang dikeluarkan. Jika kita saat ini masih memiliki utang (apalagi yang sifatnya konsumtif), segera lunasi! Mengurangi utang bahkan bebas utang dapat menjadi sasaran utama resolusi keuangan saat ini.


4. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah tabungan yang disediakan khusus untuk mengantisipasi pengeluaran tak terduga. nilainya minimal 3-6 bulan pengeluaran. Tempatkan dana ini dalam rekening terpisah dan hanya digunakan untuk kepentingan mendesak.


5. Menabung Untuk Aset

Aset seperti rumah dan kendaraan butuh perencanaan yang matang dengan menabung dan berinvestasi. Mulailah menyisihkan sebagian penghasilan untuk membeli aset yang terus meningkat nilainya. Kelak kita akan dapat membedakan mana aset produktif dan mana aset konsumtif.


6. Mulai Investasi

Investasi membantu kita untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Dengan investasi uang kita bertambah nilainya tidak tergerus oleh inflasi. Mulailah memilih investasi yang kita pahami luar dalam potensi keuntungannya dan dapat dikelola risikonya. Jadi hindari berinvestasi karena tren atau ikut-ikutan saja!


7. Siapkan Dana Hari Tua

Dana ini harus disiapkan sejak dini. Jika kita memulai menyiapkan dana ini sejak usia 20 tahun dalam rekening investasi secara disiplin dengan hanya menyisihkan 10% dari penghasilan maka di masa pensiun kita dapat menikmati hari tua dengan aman dan nyaman.


8. Menyipkan Dana Pendidikan Anak

Mulailah menyisihkan dana yang ada dan investasikan dalam sebuah program yang dapat membantu mengalahkan kenaikan biaya pendidikan. Program asuransi pendidikan atau investasi pendidikan dapat membantu menyiapkan dana pendidikan yang semakin tinggi untuk masa depan anak


9. Tuliskan Mimpi

"A Dream written down with a date becomes a goal. A goal broken down into steps becomes a plan. A plan backed by action make your dreams come true! "(Greg S Reid)


10. Capai Tujuan Keuangan

Kembangkan pendapatan→ Kelola Gaya Hidup→ Investasi→ Miliki proteksi→ Disiplin→ TUJUAN



Platform Blog - Shintaries - Founder BPN



Shintaries - Founder BPN


Setelah mendapatkan ilmu cara cerdas mengelola keuangan beserta resolusi keuangan di tahun 2019 ini, selanjutnya saatnya saya dan semua peserta belajar tentang cerdas kelola blog agar makin oke nantinya.

Mbak Shintaries - Founder BPN, memulai dengan menceritakan tentang awal lahirnya Blogger Perempuan Network (BPN).

BPN sebagai komunitas blogger yang kini telah tumbuh dan berkembang menjadi komunitas blogger perempuan terbesar di Indonesia kini telah beranggotakan lebih dari 4000 orang. 

Nah, Mbak Shintaries mengingatkan terlebih dulu, sebelum lebih jauh membahas tentang blog, sebenarnya apa target blogging kita. Apakah:
  • Traffic: misal target traffic 50K/hari
  • Pembaca Loyal: engagement bagus
  • Popularitas: branding diri
  • Penghasilan: endorser

Lalu menurut Mbak Shintaries, apapun target blog kita tak perlu eyel-eyelan platform yang dipakai apa. Karena yang utama, bukanlah platformnya melainkan KONTEN-nya.

Saat ini sendiri ada 3 konten terpopuler: Blogspot, Wordpress com dan Wordpress org.

Yang penting kita konsisten dengan pilihan platform tersebut dan jika pun berkeinginan migrasi harus siap dengan konsekuensi karena Google akan sulit mengidentifikasi tulisan kita nanti.



Shintaries - Founder BPN
perbedaan platform blog



Visual Konten Blog - Almazia Pratita- Co Founder BPN



Berikutnya Mbak Almazia menyampaikan beberapa hal tentang visual konten blog, diantaranya:


How to make your blog enjoyable to read?
  • Easy to navigate
  • It's clear who the blogger is and what she blog about
  • Being friendly
  • Pleasant for reader's eyes


Almazia Pratita- Co Founder BPN



Dengan penjelasan sebagai berikut:



1. Is your blog easy to navigate?

Pastikan di blog kita ada:

Menu/Navigation Bar: berisi link penting dan kategori blogpost. Sematkan beberapa item saja di menu bar dan letakkan sub-menu jika dirasa perlu.

Search Box: pasang juga search box untuk memudahkan pembaca secara cepat menemukan apa yang diinginkan melalui keyword yang diketikkan. Search box ini bisa diletakkan di menu/navigation bar atau di sidebar.



2. Is your blog looking friendly?

Pastikan juga kejelasan:

Who is the blogger: jika kita mengampu blog pribadi maka penting kiranya pembaca tahu siapa bloggernya untuk membangun rasa percaya. Letakkan profile foto sepatutnya dan short bio di side bar dan berikan link ke About page untuk lebih detilnya jika diperlukan.

Sertakan juga alamat email dan link media sosial yang dipunyai atau bisa juga meletakkan di sidebar latest feed media sosial (meski risikonya akan membebani blog kita)



3. Is your blog pleasant for reader's eyes?

Theme/Template: kontrol keseluruhan desain dan layout blog dan pastikan itu bikin nyaman mata pembaca kita. Boleh template free/premium. Bedanya jika free ada keterbatasan, jika berbayar kita bayar biaya pemasangan dan bisa konsultasi sekalian.

Color: pastikan tulisan berwarna gelap dan background terang. Untuk warna bisa kombinasi asalkan hindari warna neon yang menyilaukan.

Font: pilih tipe, ukuran, style yang menyenangkan mata pembaca

White/negative spaces and let your reader's breathe: beri spasi atau ruang agar pembaca bisa mengambil jeda.



Konten Menarik - Nunik Utami - Professional Content Writer



Nunik Utami - Professional Content Writer


Selanjutnya Mbak Nunik Utami menyampaikan materi tentang bagaimana membuat konten yang menarik.

Sebelumnya Mbak Nunik mengingatkan jika blog memang bisa jadi tempat tjurhat tapi ingat hari gini kita bisa membuatnya jadi curhat yang bermanfaat.


Caranya dengan memakai tips konten strategi, yakni:

  • Chronological: bercerita tentang kronologis
  • Thematic: membahas mengenai topik khusus
  • Didactic: tulisan bersifat ilmu pengetahuan
  • Problem Solutions: memberikan solusi dalam tulisan

Sedangkan tips untuk membuat konten menarik:

  • Ingat paragraf pertama bisa menggiring pembaca untuk membaca keseluruhan tulisan kita
  • Informatif tapi tidak detil agar pembaca betah berada di blog kita
  • No typo: typo bisa fatal akibatnya
  • Perhatikan ejaan
  • Sertakan gambar: untuk menarik perhatian dan enggak melulu baca tulisan


Contoh 1 yang tepat!



Sharing Session with Professional Blogger



Next ada sharing session dari 4 professional blogger, yakni: Aprijanti (Beauty Blogger), Astari Ratnadya (Travel Blogger), Iva Asih (Beauty Blogger&Vlogger) dan Lia Harahap (Lifestyle Blogger&Vlogger)

Sharing session yang dipandu oleh MC, Mbak Kartika Putri ini, membahas banyak hal, termasuk tips dan saran untuk para blogger pemula, seperti saya...



Ki-Ka: Aprijanti, Iva Asih, Lia Harahap, Astari Ratnadya, Kartika Putri



Aprijanti - Beauty Blogger

Awalnya menekuni Twitter lalu ngeblog, hingga satu saat me-review kosmetik dan karena banyak yang baca akhirnya lebih menekuni tema beauty sampai kini.

Apri menyampaikan jika membuat konten jangan nanggung, buat yang berkualitas sekalian sehingga akan menarik bagi pembaca dan bikin kita puas dengan hasilnya.

Juga dia menyarankan ketika menulis selalulah beranggapan bahwa pembaca belum tahu apa yang dibagikan. Sehingga tulisan akan mengalir tanpa beban.



Astari Ratnadya - Travel Blogger

Memilih fokus ke niche travel setelah memenangi lomba blog pada tahun 2013 yang berhadiah trip keliling Flores Kemudian di tahun 2017 karena kejenuhannya ngantor akhirnya memutuskan untuk full time ngeblog.

Astari mengatur keuangan dengan nabung agar bisa traveling dan berpesan agar jangan takut jika tulisan kita salah. Tapi takutlah jika kita ogah menulis lagi nanti.

Juga buat reward&punishment untuk diri sendiri agar tetap konsisten ngeblog.



Iva Asih - Beauty Blogger & Vlogger

Ngeblog sejak 2014 dan karena memang passionnya di make up maka lebih fokus ke review kosmetik dan printilannya karena niatan ingin membagikan pengalaman. Hingga kini memproduksi review 2-3 kali/minggu berupa postingan Instagram, blog dan Youtube.

Tipsnya: biasanya untuk pengambilan gambar sekalian untuk menghasilkan beberapa postingan. Waktu editing baru tinggal olah dari video mentah.

Saran Iva: menemukan yang kita suka apa lalu set target yang realistik untuk mencapainya. Kalau sudah tercapai naikkan targetnya. Tapi ingat, jangan bandingkan diri dengan orang lain karena kita berjalan di zona masing-masing dan tetaplah jadi versi terbaik dari diri sendiri.



Lia Harahap - Lifestyle Blogger

Awalnya nulis tema palugada tapi akhirnya makin ke sini makin tahu tema apa yang diminatinya. Yang utama tunjukkan ciri khas kita dan konsisten dengan pilihan.

Lia menyarankan kita menyukai dulu apa kita lakukan. Karena jika suka maka kita akan sepenuhnya fokus padanya. Jika fokus maka blog akan terurus dan makin oke juga ketjeee!

Tips ngeblog anti bosan: keluar dari rutinitas misalkan ketemu teman. Jangan dulu fokus ke uang dan lainnya, fokus ke kualitas blog dulu nanti lain akan mengikuti.



sumber gambar: Instagram @BloggerPerempuan



Finally...



Selesai sudah acara Blogger Gathering "Cerdas Kelola Konten Blog & Keuangan Pribadimu" bersama Blogger Perempuan Network dan Jenius pada pukul 3 di hari yang sama.

Senangnya,... saya dapat ilmu, ketemu teman baru, goodie bag unyu juga hadiah voucher dari lomba Twitter. Alhamdulillah!😀

Lengkap happy-nya. Semoga resolusi ngeblog makin semangat dijalani berbekal ilmu yang didapat pada hari ini. Juga lebih cerdas mengelola keuangan agar lebih tertata untuk persiapan masa depan nanti. Apalagi sudah sekalian aktifin Jenius di tempat acara tadi. Jadi tahun ini bisa mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

Kalau dirimu, sudah download Jenius belum teman? Kuy, segera download juga!

Baiklah, semoga informasi ini bermanfaat yaa! Yuk semangat kita!😍


senyum pemenang lomba Twitter dan Instagram (sumber gambar: Ig @bloggerperempuan)



Blogger Perempuan Network

Website: bloggerperempuan.co.id
FB Page: @BloggerPerempuanCom / FB Group: Bloger Perempuan / Twitter: @bperempuan / Instagram: @bloggerperempuan / Community Web: komunitas.bloggerperempuan.co.id / Partnership: bpnetwork.co.id


Jenius

Website: Jenius.com
FB/Instagram/Twitter/Youtube: @jeniusconnect





Happy Sharing - Happy Blogging

Dian Restu Agustina















101 comments:

  1. Wow, mantul banget ini acaranya. Dapat ilmu,dapat teman, dapat hadiah juga.

    ReplyDelete
  2. Ya ampun Mbak, ini acaranya ibaratnya makanan bergizi semua ya. Saya yang baca tulisan ini sama waktu itu baca live tweet teman-teman aja berasa mupeng. Kayaknya tulisan ini bakal aku save buat entar pas senggang banget bisa bikin catatan khusus evaluasi blog. TFS ya Mbak...

    ReplyDelete
  3. Lengkap banget artikelnya. Semua ada. Ya finansial dan ngeblog yg bener.
    Pas baca, saya jadi ngelist diri sendiri nih...√ √ √...udah atau belum?

    Makasih sharingnya Mbak...

    ReplyDelete
  4. seru banget ya acaranya mbak.. pengen ikutan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya enggak perlu ikutan, tapi jadi narasumber :D

      Delete
  5. Whoaa asyik banget sharingnya komplit. Duh pengen dateng juga ya kalo domisili deket. Hehe. Ngomong2 ttg Jenius kok kayaknya menarik. Di ig berseliweran juga testimoninya, pengen cari tau lebih.

    ReplyDelete
  6. Wah pasti menarik dan senang sekali gabung bersama ya, kapan-kapan boleh ya infonya

    ReplyDelete
  7. Wah lengkap banget ilmunya mbak, duh bener banget kita harus punya good financial habit, dimulai dari pencatatan yg rapi, duh yg ini aku masih acak2an, pengen banget serius belajar tentang pengelolaan keuangan yg baik , makanya aku selalu suka kalo mbak dian sharing tentang financial planner gitu, lanjutkan ya mbak hehe

    ReplyDelete
  8. Huaah ini ex kantor aku tante. Jadi kangen.. terobosan jenius itu yang paling fenomenal semenjak BTPN berdiri sampai saat ini. Emang bener yah ga gagal langsung ke pasarnya millenial. Selain bunga yang bersaing cara pakai jenius juga mudah. Ga repot ga perlu ke bank tinggal pilih menu saver di aplikasi jenius. So pengelolaan keuangan pun bisa semakin mudah. Aku gak rugi pake jenius tante hehe

    ReplyDelete
  9. Suka dengan semangatnya mbak Dian untuk menjadi blogger profesional. BTPN ini kok ya mengadakan acara yang cocok banget dengan keadaan emak-emak macam saya.. yang kurang pinter mengatur keuangan. Aplikasi Jenius juga cocok untuk dunia yang menglobal seperti saat ini. Bagus banget mbak ini acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga kita jadi emak yang makin pinter kelola keuangan ya :)

      Delete
  10. Setiap kali membaca postingan teman-teman blogger baik di IG maupun FB, perasaanku gimana, ya? Sulit dijelaskan. Saat itu nggak ikutan daftar karena tanggal tersebut sudah diblock untuk pekerjaan. Yang bikin hati seperti diremas-remas itu apa, sih? Karena pekerjaanku saat itu juga berlokasi di Menara BTPN di jam yang plek-plek sama. Jadi sambil ngajar, aku sambil membayangkan lho, teman-teman yang sedang gathering - di menit ini sedang bahas apaa, ya? Hahaha ...

    ReplyDelete
  11. Wawww infonya all in one mb...ttg mengeloa keuangan dan hal kece terkait ngeblog. Rinciiii bnaget mb menulisnya. Noted deh mb jadi bacanya pelan2 sambil meresapi. Tengkiu yaa infonya keren mba Dian...

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah, seru ya ceritanya... Sharing ilmunya banyak, bersyukur banget bisa ketemu dengan pada nara sumber yang kece kece ya mbak, btw tempatnya ex.tempat kerjaku dulu kalau meeting di jakarte�� sempat galfok deh, hihihi

    ReplyDelete
  13. Jadi lebih mengerti bagaimana kita harus mengelola keuangan kita, karena saya biasanya hanya mencatat di catatan kecil saya saja. Mau download Jenius juga ah.

    ReplyDelete
  14. detail sekali tulisannya Mba.. acara ini memang full informasi dan pengetahuan bermanfaat.. salah satu pelajaran yg bisa aku petik adalah finance management itu bukan knowledge, tapi habit.. makanya penting banget pengendalian diri untuk bisa mengelola uang secerdas mungkin agar terus bisa meng-cover kebutuhan kita sampai di masa depan nanti.. semakin bijak mengelolanya, semakin kaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget..habis yang mesti diubah. Biar makin terkelola dengan baik keuangan untuk persiapan masa depan

      Delete
  15. kenapa yah kalau lihat teman-teman bloger belajar bareng, silaturahim, hati saya suka cenat-cenut, cemburu. Kan saya juga mau hihihi.. Apalagi baca artikel yang informatif begini, makin penasaran. Sayangnya tempatnya jauh.Tapi ku sudah puas baca tulisan ini. Biarlah tak hadir tapi ilmunya sudah didapat. Thanks ya. Jangan bosan berbagi.

    ReplyDelete
  16. Keren banget nih acaranya, Alhamdulillah, walau saya tidak hadir tapi dapat ilmunya juga, makasih ya mbak dian udah nulis ini

    ReplyDelete
  17. Keren nih acaranya mbak, Alhamdulillah, walau saya tidak berkesempatan hadir namun tetap dapat ilmunya makasih ya mbak dian, udah nulis ini

    ReplyDelete
  18. Keren banget, lengkap seperti biasanya. Mupeng banget pengen ikutan karena menariknya tema yang ada. Tapi kemupengan itu terobati usai membaca artikel ini.Mantul, mba...

    ReplyDelete
  19. Keren banget nih acaranya, ilmunya daging semua.
    Oiya,saya nih belum bisa konsisten mencatat keuangan. padahal udah beli workbook yang menarik juga biar rajin. Eh tetep aja niat belum full

    ReplyDelete
  20. Asik ya bisa datang di acara seperti ini. Tambah ilmu, tambah teman pasti. Sekali datang banyak hal yang bisa dibawa pulanh

    ReplyDelete
  21. Enaknya tinggal di Jabodetabek bisa ikut acara blogger kapan aja menyesuaikan. Kita yang di daerah berat di waktu dan ongkos hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di daerah ada juga nanti ya Mbak. Insya Allah

      Delete
  22. Wah ternyata banyak ilmu yang di dapat pada acara jenius x bpn, mulai dari menata keuangan hingga pembahasan tentang blog

    ReplyDelete
  23. Langsung tak bookmark ini, Mbak :)
    Tulisan Mbak Dian bakda event seperti ini selalu lengkap dan jelassss.
    Di postingan ini penting semua. Sip.
    Selamat udah jadi salah satu pemenang voucher, yak :)

    ReplyDelete
  24. acaranya padet dan bagus banget ya ini.. mulai dari cara mengelola keuangan hingga mengelola blog.. keren! selamat ya mbak udah menang voucher..

    ReplyDelete
  25. Seru banget nih acaranya, bahasannya juga ringan tapi padat ya. Sayangnya saya belum bisa ikut karena masih di luar kota, tapi thanks ya sudah berbagi cerita dan tips-tips dari acara tersebut.

    ReplyDelete
  26. Acaranya sangat bermanfaat banget ya, Mbak. Semoga kalau BPN ada blogger gathering di Semarang aku bisa ikutan. Ini tips seputar ngeblognya oke banget dan bikin aku semangat nulis di blog lagi.

    ReplyDelete
  27. Wah acara ini daging banget ya mba dian. Banyak ilmunya. Aku tu kurang jago ngelola keuangan. Tapi sekarang ngelola keuangan bisa lebih gampang dengan hp ya. Ngomong-ngomong sayang ya dari 4 blogger keren di atas nggak ada dari parenting blogger ya hihihi. Semoga nanti kita bisa seperti mereka ya Mba Dian bahkan lebih keren dari mereka ke 4 blogger itu hihihi *ngarep. Aaaminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..next ada Mbak Yeni mewakili Parenting Blogger :)

      Delete
  28. Acara yang seru ya mbak. Terutama bagian ngobrolin keuangan. Soalnya aku paling suka ngobrolin keuangan :D Pengen banget deh mraktekin supaya enggak keterusan terjebak jadi kelas menengah kecekek haha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..semoga bisa kita praktikkan ya..aku apalagi, sekian tahun kenyang teori praktiknya nanti-nanti..Hihihi
      Yuk semangat kita perbaiki:)

      Delete
  29. Aku baru tahu kalo BTPN punya produk yang nggam hanya untuk para nasabah pensiunan mb. Besok-besok bisa cobain deh buka akun. Makasih infonya ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mbak, produk BTPN engak cuma untuk pensiunan, ada Jenius untuk kaum Milenial:)

      Delete
  30. Wah asik banget eventnya BPN, ngiriii gak bisu ikut juga, sayangnya kejauhan huhu, but ulasannya sangat membantu. Bener yah katak Mba Shinta, gak perlu eyel-eyelan blognya karena yg dilihat Kontennya

    ReplyDelete
  31. Mbaaaa, aku seneng banget baca postingan ini.
    Runtut, padat bergizi!
    Thanks thanks thaaankkkss!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  32. Udah lama nih saya pengen bikin Jenius, tapi suka lupa aja hehe dan ternyata asik ya punya Jenius ini memudahkan banget kelola keuangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, Jenius memudahkan pengelolaan keuangan kita

      Delete
  33. Woo ini acaranya bagus banget mbak. Aku baca sampai akhir aja rasanya udah banyak dapet ilmu, gimana dateng ke event ini langsung. Bawa gelas kosong pulang penuh air ya mbk.. .kerennn

    ReplyDelete
  34. Kadang mengalokasikan uang memang suka salah penempatan, maka dengan cerdas dalam literasi keuangan alokasi uang bisa lebih baik

    ReplyDelete
  35. Wuih, lengkap banget ya materinya, asyik banget bisa ikut acaranya. Makasih udah dishare ya mbak, saya jd ikutan belajar...

    ReplyDelete
  36. Gara-gara kebanyakan baca blog teman-teman tentang Jenius, saya jadi punya akun di BTPN dan terus sekarang punya Jenius juga. Emang sih segala jenis aktivitas banking mandiri jadi gampang banget dengan aplikasi ini :)

    ReplyDelete
  37. PR banget nih buat saya..mengelola keuangan..dan konten blog. hehe. semoga bisa konsisten dan fokus pada tujuan

    ReplyDelete
  38. Happy nya bisa ikutan acara ini. Aku kemarin ngga daftar karena pas anakku lagi sakit perlu dirawat, alhasil ngga ikutan deh acara ini. Tapi senang bisa dapat ilmu dari review mu mba. Iyess, makin fokus lah mau nulis apa sesuai niche dan passion aku biar ngga palugada tulisan nya ehehe. Semangaat

    ReplyDelete
  39. Sediih gak bisa ikutan acara ini karena aku gak bisa mendaftar, pas mau login ga bisa-bisa aku give up. Tapi seneng sih baca reportasenya Mbak Dian, makasih yaaa. Jenius sekarang lagi happening banget, ya. Aku kebayangnya nih BTPN sekarang isinya millenial semua kali, ya. Soalnya produknya millenial abeees.

    ReplyDelete
  40. waah...superrr kompleet ulasan mbak dian. jadi jenius finansial jenius pula bloggingnya. eh kena banget tuh saran "saat menulis anggap pembaca belum tahu apa yg kita bagikan. dengan demikian kita bisa menulis dg lancar." yep saya tu masih sering mikir "ah kalau cuma gini pembaca udah tahu deh"...TFS mbak

    ReplyDelete
  41. Ya ampuun Maaak, ini materi isinya daging semua. Berguna banget buat saya sebagai pekerja sekaligus IRT yang juga blogger.

    ReplyDelete
  42. Bagus acaranya, aku blm sempet nulis nih mbak. Kayaknya mau takbagi dua atau 3 tulisan gtu kali ya haha. Seneng ya bisa ikutan acara kyk gini, apalagi bahas keuangan blogger :D

    ReplyDelete
  43. Acaranya superrr. Itu semacam bank tapi online gitu ya Mbak.

    ReplyDelete
  44. Lengkap banget...
    Aku jadi dapet ilmu dan feel nya saat baca tulisan kak Dian.

    Haturnuhun sharingnya, kak.
    Suka banget pas bagian kak Shintaries. Ini yang penting buat para blogger yaa..
    Jangan bingung pakai platform apa, yang penting rutin nulis dan kontennya baik.

    ReplyDelete
  45. Halo mba DIan tulisannya lengkap banget. Mengelola keuangan ini memang nggak mudah dan harus konsisten ya mba. Aku lagi mencoba menyiapkan anggaran dana darurat nih mba

    ReplyDelete
  46. Aku suka semua pembicaranya. Apalagi pembicaranya dari blogger perempuan idola aku. Sayangnya waktu itu gak bisa ikutan gabung karena ada urusan.

    ReplyDelete
  47. Waah satu acara langsung dapat ilmu segabrek-gabrek, ilmunya juga mantap semua.. aku tertarik sama jenius nih, nanti coba download ah :)

    ReplyDelete
  48. Acaranya keren banget ya. Ilmunya berguna banget.

    Aku udah pke jenius nih, dan emang berguna banget buat mengatur keuanganku.

    ReplyDelete
  49. Benar-benar acara yang full nutrisi dan useful ya. Jadi tahu cara mengelola keuangan secara bijak dan tips ngeblog yang asyik. Keren banget dah..

    ReplyDelete
  50. Pernah dibilangin soal jenius ini dari temen..... Ggada potongan administrasi..duh, pengen bikin tabungan
    Kpn2 aku mau nyoba

    ReplyDelete
  51. Pengin punya Jenius biar bisa bayar penginapan soal saya gak pake credit card, kebanyakan kalo pesan penginapan online syaratnya hrs pake CC. Btw bener nih jenius gak pake potongan admin ya?

    ReplyDelete
  52. Semenjak pakai Jenius aku jd lbh mudah saving2 mbak dan menganggarkan apa yg aku inginkan pakai fitur2nya itu :D

    ReplyDelete
  53. bener bener jenius ini acara, seru bangetttttt

    ReplyDelete
  54. BP the best deh
    bergabung di BP bikin nambah wawasan dan nambah saldo
    beneran
    banyak banget rezeki dari BP
    karena BP ini membuka diri untuk blogger lain bisa mendapatkan penghasilan
    bukan hanya tuk orang2 mereka aja..eh
    apa yang dilakukan BP sepertinya menginspirasi banyak orang
    ada yang membuat komunitas jg dan memberikan manfaat bagi blogger lain bahkan luar daerah

    ReplyDelete
  55. Waaa ini komplit plit plit banget postnya mbak. Saya gak sempat nonton live-nya BP waktu itu, eh baca ini jadi happy.

    Terimakasih mau membagikan ilmunya di tulisan ini ya mbak. Bakalan diterapkan

    ReplyDelete
  56. Wah ilmunya buanyak banget mba dari mulai tahu ttg Jenius dan aku salfok sama NO biaya administrasi wkwkk sampe cara atur keuangan

    Dan yang paling penting sharing dari bloher profesional, bener banget jangan takut salah kalau ngeblog justru yg ditakuti males ngeblog dan itu sedang terjadi padaku :D

    ReplyDelete
  57. Waah acaranya keren banget. Lengkap mulai dari keuangan sampai blogging. Kapan ya BP ngadain acara beginian di daerah?

    ReplyDelete
  58. Wahh lengkap bangett ulasannya, acaranya paket komplit pula dari bahasa keuangan di dunia blogger sampe bahasan tentang blog itu sendiri. Saya saya berhalangan hadir waktu iru

    ReplyDelete
  59. Whaaa, asyik banget pembahasannya berawal tentang finansial, konten blog, dan tips-tips ngeblog buat pemula. Bikin mupeng, asli! xD

    ReplyDelete
  60. Makin banyak bank yang berusaha memudahkan kita untuk menabung juga merencanakan keuangan dengan baik bahkan cuma dari smartphone.

    ReplyDelete
  61. Aku kok jadi pengen punya JENIUS juga ya
    Kemarin fee coachku ngajar SEO dibayari pakai apps JENIUS

    ReplyDelete
  62. Lengkap banget sharingnya mbaaak. Lengkap dan detail. Jujur baru tau ttg Jalius. aku juga jarang nyatat pengeluaran, wah harus nyatat nih sejak skrang. Makasih sharingnya mbak. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  63. Sarat ilmu banget ya acara ini. Komplit banget! Makanya saya betah meskipun dari pagi sampai sore

    ReplyDelete
  64. Acaranya menarik ya mba "bergizi" banyak ilmu dan informasi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing, sayang tak sempat ikut karena lagi diluar kota

    ReplyDelete
  65. Wah acara keren bertabur ilmu nih oengen banget ikutan sayang jauh ..coba diadakan lagi di Bandung ya..hehe..

    ReplyDelete
  66. Teman saya udah banyak yang punya tabungan di Jenius. Semua pada bilang bagus. Saya jadi tertarik juga nih buka tabungan Jenius.

    ReplyDelete
  67. Jenius bagus banget. Serimg ditawarin kalau di mall, tapi akunya terlalu banyak megang atm

    ReplyDelete
  68. Acara BPN selalu "berdaging" kayak gini ya. Mantap dan bikin nagih. Btw, aku tertarik juga punya JENIUS nih, kayaknya bakalan bisa lebih irit kalau punya tabungan bentuk aplikasi kayak gini. Jadi gak harus antri-antri lagi. Maksudnya biar gak banyak alasan gitu.

    ReplyDelete