7 Alasan Website Toko Online Membutuhkan Blog SEO

Halohola, bila teman-teman berencana membuat toko online, pilihlah web host yang tepat yaaa.... Pastikan jika jasa jual hosting murah yang dipilih, dapat menunjang kebutuhan dalam membuat website dengan support yang baik, speed cepat, serta uptime yang stabil dengan harga terjangkau.


7 Alasan Website Toko Online Membutuhkan Blog SEO


Apalagi belanja online kini menjadi pilihan banyak orang karena transaksi yang mudah dan cepat. Peluang bisnis menjanjikan inilah yang membuat banyak pebisnis kemudian membangun toko online sebagai pendukung kenaikan omzetnya. 




Nah, bila teman-teman memiliki bisnis online, pastinya tak asing dong dengan Search Engine Optimization (SEO) sebagai salah satu trik pemasaran digital yang efektif.

SEO untuk Website Toko Online


Yup, SEO merupakan teknik pembuatan konten yang memaksimalkan kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan jenis produk atau jasa yang kita jual. Keyword ini nantinya akan ditempatkan secara tepat sebagai konten website yang sebelumnya telah kita buat menggunakan layanan hosting dan domain murah berkualitas untuk website toko online tersebut.


1. Jenis Keyword

Nah, bila website lain mengutamakan konten artikel dengan jenis keyword yang informatif, web toko online lebih fokus pada kata kunci yang bersifat transaksional dan membidik tingkat konversi tinggi. Dibandingkan dengan kata kunci umum yang lain, jenis keyword transaksional ini terbatas pada variasi seperti murah, beli, jual, dan sejenisnya.


2. Konten Produk Lebih Penting daripada Artikel

Kemudian, situs dengan format toko online pada awalnya memang tetap membutuhkan artikel untuk menunjang SEO. Tetapi seiring berjalannya waktu harus dikurangi dan beralih pada peningkatan kualitas konten produk atau jasa yang kita jual.


Lalu, Mengapa Website Toko Online Membutuhkan SEO?


Karena itulah, sangat penting bagi teman-teman sebagai pelaku bisnis online untuk memiliki toko online yang akan buka selama 24 jam. Nah, untuk menunjang operasional toko online ini, kita bisa berlangganan paket hosting di jasa jual hosting murah. Selain itu sebagai pemilik website, kita teteup harus menguasai dan mengaplikasikan teknik SEO agar online shop ini muncul di halaman utama mesin pencari dengan peringkat yang baik.

Pasalnya, meski banyak metode marketing digital lain yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk, seperti Search Engine Marketing atau beriklan di Google AdWords, Social Media Marketing, ataupun Email Marketing, teknik SEO memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Biaya relatif lebih murah dibandingkan bila kita harus membayar untuk beriklan
  • Efektif meningkatkan trafik dan conversion rate website
  • Calon pelanggan akan lebih percaya karena website kita berada pada peringkat yang baik di mesin pencari

Well, berikut ini 7 alasan mengapa toko online yang kita miliki membutuhkan SEO: 


1. Sumber utama lalu lintas website adalah pencarian organik

SEO menunjang online shop kita menjadi web yang muncul pada halaman utama mesin pencari melalui pencarian organik (tidak berbayar) dengan menggunakan keyword dalam website tersebut.


2. SEO membangun kredibilitas dan brand awareness

Bangun web toko online teman-teman dengan jasa jual domain dan hosting murah, kemudian optimalkan dengan SEO. Ini adalah langkah penting demi menciptakan fondasi kuat sebagai toko online kepercayaan konsumen. Karena toko online teman-teman akan menawarkan informasi dengan lebih mudah, cepat, dan sesuai kebutuhan.


3. SEO meningkatkan trafik

SEO yang dioptimalkan dengan tepat akan menaikkan trafik online shop kita, bahkan bisa mencapai ribuan pengunjung per harinya!!


4. Investasi lebih ekonomis

Seperti paket ekonomis jasa jual domain dan hosting murah, teknik SEO tidak memaksa kita berinvestasi dengan biaya tinggi, terutama bila kita sendiri serius mempelajari. Bayangkan bila visitor website mencapai ribuan setiap hari, bila kita menggunakan Google Adwords maka biaya yang harus dikeluarkan tentunya fantastis, kan?

Oh ya, kita boleh saja bekerjasama dengan SEO agency atau SEO specialist, tetapi investasi yang kita keluarkan hanyalah sedikit dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan.


5. SEO adalah strategi pemasaran digital untuk jangka panjang

Tak seperti iklan berbayar yang punya tanggal kedaluwarsa dan berhenti bekerja ketika kita telah berhenti membayar, SEO menghasilkan trafik yang bertahan dalam jangka panjang. Kita pun tidak perlu mengulang lagi dari awal walau meski waktu telah berlalu, tetapi hanya harus menguatkan SEO yang diterapkan sebelumnya.


6. Menemukan peluang baru melalui SEO

Kita akan diarahkan untuk melakukan riset terhadap kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang kita jual. Ini akan membawa kita ke pemahaman yang lebih baik mengenai bisnis, termasuk menciptakan peluang baru dalam menyesuaikan perubahan kebutuhan konsumen. 


7. Jika toko online kita tidak muncul di halaman utama, maka website akan sepi klik

Ini berarti kita benar-benar membutuhkan SEO untuk website toko online yang kita miliki. Hal ini amat disayangkan bila produk benar-benar berkualitas dan calon konsumen akan melewatkan begitu saja atau bahkan tidak bisa menemukan toko online kita, hanya karena tidak menemukan website di halaman pertama search engine.




7 Alasan Website Toko Online Membutuhkan Blog SEO



Nah, sudah siapkah teman-teman sukses membangun bisnis online dengan website toko online? Bantu konsumen menemukan toko online yang kita miliki dengan optimasi SEO. Selalu pastikan teman-teman berlangganan pada jasa hosting dan domain murah berkualitas terpercaya dan berkualitas. Serta pantau secara berkala perubahan kebutuhan konsumen untuk mendukung performa online shop yang kita punya. 💖



Salam Semangat


signature-fonts

12 comments

  1. Iya sih. Kalau kita kuat di teknik SEOnya maka traffic yang datang akan kebanyakan dari organik. Setuju Yuni dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tinggal kuatin SO ya, Mbak Yuni, dan trafik pun akan mengikuti

      Delete
  2. Ipeh jadi pengen belajar SEO juga. Karena masih belum paham cara memperkuat konten buat toko online. Pengen banget bikin buat jualan sari lemon ini

    ReplyDelete
  3. Saya masih belum paham tentang SEO ini mbak, biasanya hanya sekedar nulis aja. Pernah punya website online produk sarung instan anak, karena saya kurang bisa mengurus akhirnya mati deh. Sempat merasa sayang juga sih, apalagi tampilannya waktu itu cukup bagus menurut saya. Kayaknya harus semangat lagi deh belajar SEO ini. Ada kelasnya ya kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak kelas, Mbak..Tapi belajar sendiri bisa juga kok. Yuk kita semangat lagi!

      Delete
  4. Bener banget nih soal SEO. Duh sekian tahun ngeblog, baru ngeuh SEO akhir-akhir ini. Jadi deh ubek-ubek artikel lama, dibenerin, eh...dioptimasi ya istilahnya. Pantesan yg pejwan itu hampir semua olsop atau kantor berita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mbak Hani ini buktinya, setelah ubek-ubek makin meroket DA-nya

      Delete
  5. Saat aku berada di posisi pembeli, memang akan muncul trust terhadap toko yang berada di halaman pertama. Yakin gitu itu bukan toko abal-abal, kecil kemungkinannya pembeli bakal kena tipu. Nah, kalau sisi pembeli aja udah berpikir begini, pemilik toko online semestinya memang terus upgrade ilmu juga ya Mbak, agar tokonya nggak sekedar buka. Tapi gimana caranya berada di lokasi yang strategis dengan SEO ini.

    ReplyDelete
  6. makasiiiih. saya masih males ngulik. bukan males sih, karena gaptek, khawatir salah 😑

    ReplyDelete
  7. Wah bener mbak ngebenerin artikel yg hrs SEO bngt tuh sesuatu tp hasilnya oke banget hehe aplgi didukung hosting yg mumpuni ya makin manteb deh ..

    ReplyDelete
  8. nggak hanya blog personal saja yang paling nggak diterapin SEO, kalau bisa toko online pun juga diterapi SEO juga

    ReplyDelete