Budaya Foto Sebelum Makan

Budaya Foto Sebelum Makan!

Makanan telah terhidang di meja. Pegang HP langsung siap posisi kamera. Cekrek dari atas, kiri, kanan, tampak muka dan lanjut cekrek sama teman-teman. Pilih foto terbaik, lalu share di semua akun sosial media. Balas komentar sebentar. Kriuuuuk! Perut terasa lapar, langsung tancap, serbu makanan! Dan… lupa doa sebelum makan!


Adab Sebelum Makan
 


Fenomena ini sudah umum terjadi, bisa kita amati saat kita makan di restoran atau saat ngeriung dengan teman. Sebenarnya tidak ada larangan untuk melakukannya. Hanya sayangnya, adab makan yang terlupa bisa jadi mengurangi keberkahan makanan kita. Rasulullah SAW sendiri memberi kita teladan, dalam sebuah riwayat yang menyebutkan tentang sabda Beliau kepada Umar bin Abu Salamah, yang saat itu masih anak-anak, yaitu: 
“Wahai Anakku, bacalah “Bismillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR Bukhari)

Dari hadis tersebut bisa diteladani bahwa sebelum makan ada adabnya, pun sesudahnya. Maka, yuk kita mengingat lagi adab makan agar dari makanan itu kita dapatkan keberkahan dengan:


1. Membaca Doa 

Membaca doa sebelum makan bertujuan untuk menghalangi setan ikut bergabung makan bersama kita, sehingga kita akan memperoleh keberkahan dari makanan tersebut. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

“Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca Bismillah sebelum makan”. (HR. Muslim dan Ahmad)

Dan akan lebih baik lagi jika kita lengkapi bacaan doanya dengan:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 
"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar."

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."


Kemudian, apabila kita telah selesai menikmati rezeki berupa makanan yang Allah berikan, maka hendaknya kita berdoa kepada-Nya:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

"Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin."

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin."


Namun tidak semua orang hafal doa tersebut, kan? Maka setidaknya cukuplah kita membaca “Alhamdulillah”

Seperti riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah Ta’ala sangat suka kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (Alhamdulillah) sesudah makan dan minum” (HR. Muslim no. 2734)


2. Makan dengan Tangan Kanan

Setan itu makan dengan tangan kiri, jadi kalau tangan kanan kita tetap pegang HP, sementara sendok/garpu di tangan kiri untuk mengambil makanan, berarti kita termasuk… (jawab sendiri yaa!)

Selain itu, Rasulullah SAW biasa menggunakan tangan kanan untuk sebagian besar urusannya yang baik-baik. Sebagaimana hadis Aisyah radhiallahu’anha: 
“Rasulullah membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya.” (HR. Bukhari)

3. Makan Hidangan yang Ada di Hadapan

Jika makanan dihidangkan di depan masing-masing, kita sebaiknya tidak mengambil makanan yang berada di hadapan orang lain. Larangan ini mengandung hikmah: merupakan perbuatan kurang sopan, bahkan bisa saja orang lain merasa tidak suka dengan tindakan kita. Kecuali jika sedang berada di jamuan makan bersama, yang hidangannya disajikan berderet di hadapan kita, atau di rumah makan Padang yang beragam makanannya dihidang di meja. Atau jika memang kita enggak nahan penginnya, minta bantuan pada teman yang ada di dekatnya untuk mengambilkan.


Well, Islam adalah agama yang penuh dengan petunjuk untuk menjalani kehidupan atau way of life. Sebab, Islam mengajarkan banyak hal, termasuk memberi anjuran bagaimana bersikap dan berperilaku, diantaranya ketika makan, yang kesemuanya ditujukan untuk kebaikan. Maka, budaya foto sebelum makan bukannya tidak diperbolehkan. Namun sebaiknya kita mendahulukan adab dulu agar keberkahan senantiasa menyertai termasuk pada makanan yang akan kita konsumsi.

Hm....jadi, fotonya kapan dong?🙈

Berakit-rakit dahulu berenang-renang ke tepian, yuk berdoa dahulu baru berfoto kemudian!😍


Selamat Makan

signature-fonts

3 comments

  1. iya sih mbak, anak2 suka gemes kalau aku foto2 dulu, karena belum boleh dimakan hahaha jadinya sekarang aku jarang foto2 makanan, juga biar kasih contoh ke anak2 adab makan. duh jadi malu kalau ingat masa lalu

    ReplyDelete
  2. Kalau di rumah aku selalu membiasakan anak untuk menjalankan adab sebelum makan, dan ngurangi gadget juga di meja makan. Kebiasaan kecil yang pengaruhnya besar.

    ReplyDelete