Ciri Anak Sehat yang Wajib Diketahui

Ciri anak sehat wajib diketahui orang tua untuk membantu mereka mengatur asupan gizi yang cukup agar tumbuh kembang anak makin optimal. Memang tiada yang lebih membahagiakan orang tua selain melihat anak mereka tumbuh sehat, baik sehat fisik maupun mental. Ya, seorang anak membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dan berkembang. Ini berarti, anak-anak membutuhkan makanan dan minuman cukup nutrisi. Sehingga mereka dapat berkegiatan tanpa hambatan di keseharian.

Nah, ciri-ciri anak sehat ini tidak hanya dilihat dari segi fisiknya saja, tapi juga segi psikis dan sosialisasinya.

Lalu, apa saja ciri-ciri anak sehat itu?

Ciri Anak Sehat yang Wajib Diketahui


Ciri Anak Sehat Menurut Departemen Kesehatan RI


1. Tumbuh Sesuai Usia

Anak dikatakan sehat jika tumbuh dengan berat dan tinggi badan sesuai usianya. Hal ini bisa dipantau dari kurva pertumbuhan  yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) berdasarkan panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Di mana anak yang tercukupi gizinya akan memiliki grafik pertumbuhan yang baik pula. Yang menandakan ia terbebas dari penyakit yang mengganggu pertumbuhannya. Nah, kita dapat memantau tumbuh kembang anak ini dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS).


2. Perkembangannya Sesuai dengan Usia 

Anak yang sehat juga dicirikan dengan tahapan perkembangan yang sesuai usianya. Maka, orang tua semestinya memperhatikan kemampuan motorik, sensorik, dan kognitif anak-anaknya. Jika ada tahapan yang terlewati, segera konsultasi dengan dokter anak untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya dan pengaruhnya pada tumbuh kembang mereka.


3. Aktif, Gesit dan Gembira

Anak sehat adalah anak yang banyak bergerak, senang bermain, dan terlihat lebih sering menampilkan ekspresi wajah ceria.  Indikator ini berhubungan dengan asupan nutrisi berupa karbohidrat dan zat besi. Anak yang kekurangan kedua nutrisi tersebut biasanya mudah lesu dan tidak bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.


4. Mata Jernih dan Berbinar

Asupan nutrisi yang cukup akan membuat kualitas penglihatan anak yang sehat itu baik dengan mata jernih dan berbinar. Anak yang sehat juga ditunjukkan adanya kontak mata dan respon setiap ia diajak bicara. Untuk menstimulasi hal ini, ajaklah anak bicara setiap ada kesempatan. Sementara, untuk menjaga kesehatan matanya, orangtua juga harus memerhatikan gaya hidup sehat untuk anak, misalnya dengan membatasi penggunaan gawai dan menerapkan screen time.


5. Nafsu Makan yang Baik 

Anak yang sehat ketika waktu makan tiba, akan antusias dan lahap memakan menu yang disajikan. Selain itu, ia juga tidak mengalami gangguan mengunyah, seperti yang seringkali dialami anak berusia di atas satu tahun.


6. Bibir dan Lidah yang Segar

Ciri anak sehat selanjutnya adalah penampakan bibir yang segar dan tidak terlihat kering, karena produksi saliva atau air liurnya berjalan dengan baik. Sedangkan bagian lidah tidak terlihat bercak-bercak putih akibat jamur, melainkan nampak sehat dan berwarna merah


7. Pernapasan Tidak Berbau

Anak yang sehat memiliki ciri napas segar dan tidak berbau, akibat terawatnya gigi dan mulut mereka.


8. BAB/BAK Teratur

Anak sehat ditunjukkan dengan buang air besar dan buang air kecil yang lancar. Ini artinya pencernaan anak baik dan tidak kekurangan cairan karena kebutuhan serat dan cairan tercukupi setiap hari. Oh ya, standar BAB bagi anak-anak adalah sekali dalam sehari.


9. Tidur Nyenyak

Ciri anak sehat yang lainnya adalah tidur yang nyenyak. Jika kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka anak akan tidur dengan nyenyak di malam hari, sehingga pertumbuhannya akan optimal nanti. Tak hanya itu, kualitas tidur yang baik juga dapat meningkatkan konsentrasi.


10. Mudah Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan

Anak yang sehat akan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ketika berada di lingkungan luar, anak yang sehat dapat dengan mudah bermain dengan anak lainnya yang ada di sana. Mereka tidak akan canggung untuk beraktivitas pun berkreativitas.


Ciri Anak Sehat yang Wajib Diketahui


Yuk, Tanggap pada Ciri Anak Sehat!


Nah, itu dia ciri-ciri anak sehat yang wajib diketahui oleh setiap orang tua. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang mereka dengan memberikan makanan sehat dan bernutrisi, serta iringi dengan limpahan cinta dan kasih sayang demi hasil terbaiknya.

Karena anak merupakan aset penting bagi sebuah bangsa, sehingga pendidikan dan pengasuhan yang diberikan harus mampu meningkatkan kualitas anak di masa mendatang. Pendidikan harus dinomorsatukan, akan tetapi pola pendidikan yang diberikan harus mengarah pada potensi yang kita punyai. 
Artinya, bagaimana membangun nilai-nilai kerja keras, optimisme pada anak, bagaimana membangun karakter yang siap tahan banting serta berani bersaing. Dan, selain pendidikan dari rumah dan di bangku sekolah, aspek kesehatan sang anak juga sangat penting untuk menunjang semua hal itu.   

Jangan ragu juga untuk meminta bantuan dokter anak atau dokter spesialis tumbuh kembang anak jika mencurigai anaknya bukan termasuk anak yang sehat. Karena deteksi dini pertumbuhan dapat membantu anak menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan lebih baik lagi.💖



Happy Parenting

21 comments

  1. MasyaAllah makasih banget mba dian sharingnya. Sangat bermanfaat buat kita para orang tua. Seperti aku ini. Semoga anak-anak kita selalu dalam keadaan sehat. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Setuju. Sehat memang sebaiknya tidak hanya fisik. Tetapi, harus lahir batin. Anak yang bahagia adalah anak yang sehat

    ReplyDelete
  3. Aku jadi merhatiin ponakan aku yang masih kecil, ahamdulillah berarti keponakan aku tumbuh sehat 😍. Nuhun kak sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Aku tulis ulang semua poinnya buat ditempel dikulkas biar inget dan aktif ngecek bener ga anakku udah sehat dan berkembang sesuai usianya. Makasi mbak Dian, berasa diingetin kudu ceki-ceki KMS

    ReplyDelete
  5. Penting banget diketahui oleh orangtua secara lebih detail, memang harus banget yaa kita sebagai orangtua memantau tumbuh kembang anak-anak Kita sesuai grafik tumbang gak nih?

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat sekali buat saya yang sering lengah mengontrol tumbuh kembang anak. Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Makasih infonya ya mbak. Pengingat banget buat saya yang punya anak usia 3 tahun

    ReplyDelete
  8. Setiap oang tua pastinya senang sekali bisa melihat anaknya tumbuh dengan sehat ya, Mbak. Dan penting untuk diingat bahwa sehat itu bukan hanya secara fisik saja tetapi batinnya juga.

    ReplyDelete
  9. Iya ya mbak... Kalau kita sehari-hari bersama anak itu sedikit saja perubahan atau hal yang nggak biasa kita bisa tahu kalau anak lagi ada apa2. Ceria, warna lidah dan bibir, binar mata dan gesture badan itu seperti berbicara. Kadang bahkan kita tahu anak lagi demam dengan hanya melihat raut wajahnya yang tampak kemerahan. Dan rasanya bahagia banget kalau anak itu bahagia, makan lahap, BAB lancar dan tidur nyenyak. Buat saya itu indikasi sederhana bahwa anak sehat. Thanks tulisan mbak Dian memantapkan pemahaman saya tentang melihat tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah banget pas baca ini, langsung dong aku cek apakah semua itu ada di anakku tanda-tandanya. Kalau urusan soal tidur tuh aku disiplin banget bahkan kalau gak mau tidur aja kadang aku agak keras karena aku pengen dia tidurnya cukup.

    ReplyDelete
  11. Kalo lihat ciri-cirinya di atas, Alhamdulillah bocil-bocil di rumah masuk ke dalam kategori anak sehat. Palingan yang menyesuaikan dengan lingkungan. Kalo nemu ligkungan baru, mereka masih malu-malu. :D

    ReplyDelete
  12. Iyes.. Tumbuh kembang anak memang harus dipantau terus sesuai usianya ya, mom :)

    ReplyDelete
  13. Benar sekali mbak.
    Sbg ortu emang harus aware masalah tumbuh kembang anak ya

    ReplyDelete
  14. Terima kasih banyak atas sharing-nya Mba.

    Sebagai orangtua, memang tumbuh kembang anak yang sesuai dengan usianya itu suatu kebahagiaan dan tolok ukur perjuangan sepanjang membersamai masa kecilnya.

    ReplyDelete
  15. Bener banget mba. Teruatama anak yang memiliki nafsu makan besar tuh mba yang bikin kita juga jadi senang sebagai ortu. Anak makan lahap slalu tandanya anak sehat

    ReplyDelete
  16. Aktif, gesit, gembira...sungguh anak sehat yg menyenangkan. Anak saya nafsu makannya berkurang karena giginya sakit, malas gosok gigi sih. Maunya susu terus, dan saya paksa dia terus nyemil yg disuka.

    ReplyDelete
  17. Anakku gesit, lincah, ceria, dll tapi makannya agak susah kenapa ya mba..

    Kata orang GTM
    Tapi udah coba ini itu masih aja begitu susah makan..

    ReplyDelete
  18. Bener mbak, kalau ga sehat itu juga menghambat penyerapan dan kemampuan kognitif juga ya. Makasih remindernya :)

    ReplyDelete
  19. Setiap orng tua pastinya ingin punya anak yang tumbuh kembangnya bagus kayak nafsu makannya dan orangtua pasti happy babget

    ReplyDelete