Empat Sekawan

“Satu..dua…tiii…! Huuuh ! Nyaris..!!"

Sedari tadi dipajang, belum ada satu pun orang yang ingin menikmati kelezatanku. Baru saja, seorang gadis manis berkuncir dua, akan memindahkanku dari rak lemari pendingin ke tangannya. Tapi ternyata dia berubah pikiran. Aaah, kecewa lagi jadinya!



“Hijau,..kamu kenapa?” bisik Lemon mengusik lamunanku

"Enggak apa-apa, Lemon!”

“Mukamu jutek gitu! Ada apa? Hmmm, kamu sedih ya karena belum ada yang menginginkanmu?”

“Iyaa.., sudah tiga hari kita berempat bikin semarak kios “Jus Sehat – Kaya Manfaat” ini, tapi belum banyak yang mencoba kita. Kalaupun ada, Jambu atau Stroberi yang lebih diminati pembeli. Sedangkan kamu dan aku..hhhhhh! Atau karena mereka lebih enak rasanya yaa, Lemon?”

“Ya ampun Hijau..gitu aja dipikirin. Sudahlah, kios ini kan baru di sini. Ya, wajar kalau orang masih ragu-ragu. Terus, kenapa Jambu dan Stroberi yang dipilih, mungkin saja karena rasanya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang.”

“Hei! Kalian asyik berbisik, ngobrolin apa sih?“ Stroberi menyela dengan suara riangnya.

“ Aah..Stro, kamu happy terus yaaa… Kamu dan Jambu rasa jus yang paling disukai pembeli. Sementara aku dan Lemon..ya gitu deh..!”

“Oooh..dari tadi curhat tentang itu yaa…Hihihi…Pantesan, bisik-bisik, biar aku dan Jambu enggak dengar toh..! Teh Hijau..Teh Hijau..Kita kan baru berapa hari di sini, Pastilah banyak pembeli yang belum tahu rasa kita seperti apa. Juga, mungkin karena aku dan Jambu rasanya sudah umum, jadi mereka sudah bisa nebak. Beda dengan kamu dan Lemon. Tunggu saja, kalau orang sudah tahu betapa lezatnya kalian, mereka pasti bakal ketagihan”

“Enggak cuma rasa Stro, kalian berdua ku dengar juga banyak manfaatnya. Kamu bisa bikin orang rileks, penyakit kanker enggan datang, juga bikin kulit, jantung dan tulang jadi sehat. Lalu si Jambu, yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menambah darah, menyehatkan kulit dan mata, mengatasi penyakit darah tinggi...Banyaaak!. “

“Aduh Hijau..Memang kamu juga enggak ada penting-pentingnya apa? Tahu enggak, zat-zat di tubuhmu itu banyak manfaatnya lho. Karena kamu, orang bisa punya berat badan ideal, konsentrasi dan semangat bisa meningkat, tubuh tambah kebal, racun tubuh juga bisa berkurang”.

“Tuh dengerin Hijau!” Lemon yang sejak tadi jadi pendengar setia pun ikut bersuara

“Kamu juga Lemon…dengan vitamin C yang tinggi, kamu bisa mambantu tubuh menangkal penyakit dari yang ringan sampai berat seperti kanker, bikin orang jadi awet muda, baik untuk diet dan pencernaan dan bisa bikin kolesterol menurun“ imbuh Stroberi.

Teh Hijau dan Lemon manggut-manggut senang mendengar penjelasan Stroberi.

“Dan jangan salah, Aku dan Jambu pun punya keburukan lho. Kalau terlalu banyak Jambu, orang bisa diare. Lalu kalau terlalu banyak Stroberi bisa-bisa perut terganggu atau tekanan darah meninggi”

“Iya Stro. Benar juga! Aku pun enggak bagus kalau dikonsumsi terlalu banyak. Orang bisa mual, sakit perut, susah tidur, jantung berdebar, atau kena anemia !” Teh Hijau menimpali

“Sama, konsumsi Lemon berlebih juga bisa bikin pencernaan terganggu” sahut Lemon 

“Tuh kan. Jadi kita semua ada lebih dan kurangnya. Eggak perlu minder atas kekurangan kita juga sombong dengan kelebihan kita," kata Stroberi bijak.

“Oke Stro…” sahut Teh Hijau dan Lemon kompak

“Hoamz! Kalian berisik banget sih teman-teman!” Jambu yang sedari tadi tidur pun terbangun.

“Huh, Si Jambu tidur melulu! Ssstt…! Ayo kita bersiap, itu ada yang datang!” seru Stroberi.

Seorang ibu dan gadis kecil yang berambut ekor kuda.

“Ibu , aku mau coba ini. Ini baru Bu! Buat Ibu Jus Teh Hijau, aku Jus Stroberi, Kakak Jus Jambu dan Ayah Jus Lemon,” ucapnya riang sambil mengambil kami satu persatu.

Kami melompat senang. Kami empat sekawan: Jus Teh Hijau, Stroberi, Jambu dan Lemon siap menyehatkan semua!!💖


*nemu sebuah cerpen anak di file, yang saya tulis tahun 2008, dipindah aja ke blog😁

No comments