Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Jagoan Bisnis Makanan Ala Chef William Gozali

Resep Jagoan Bisnis Makanan adalah tema dari Fun Talk yang saya ikuti semalam dengan narasumber chef, content creator dan pebisnis makanan, William Gozali. Sebuah talkshow super seru bersama host Bernard yang dipersembahkan oleh Home Credit Indonesia via tayangan IG Live-nya di akun @homecreditid.

Chef Willgoz, demikian pria yang merupakan pemenang MasterChef Indonesia 3 dan mendapatkan gelar The Next MasterChef Indonesia ini biasa disapa, memberikan banyaaak insight baru yang uwuwww bagi saya di acara yang dihelat tiap Rabu malam dengan tema dan narasumber berbeda. Diantaranya, tentang apa saja yang mesti dipertimbangkan ketika ingin membuka bisnis makanan, tips untuk bertahan, trik marketing yang bisa dicoba...dan masih banyak hal menarik lainnya!

Penasaraan?

Yuk, ..lanjut baca!

Chef William Gozali


Tentang Chef William Gozali


Willgoz memulai ketertarikan pada bidang culinary sejak kecil. Sang Mama yang membiasakannya makan masakan hasil karyanya membuat dia sering terlibat ikut membantu mempersiapkan menu. Dari situ passion-nya bertumbuh, meski saat kuliah dia sempat memilih jurusan yang sesuai dengan bisnis orangtuanya. Namun, akhirnya pria 29 tahun ini memutuskan memilih dan mendalami dunia kuliner di antaranya dengan bersekolah di Le Cordon Bleu Australia, sekolah kuliner dan perhotelan di Sydney, lalu serius terjun menjalani bisnis makanan ini.

Nah, selain aktif menjadi konsultan di bisnis makanan, Willgoz juga mengampu channel Youtube Willgoz Kitchen yang aktif membagikan video masakan dan R4W Project yang membagikan tips editing foto atau video makanan.

Tak hanya menjadi content creator, Willqoz juga memiliki bisnis makanan sendiri, Sunny Fatday, yang telah punya tiga cabang di Jakarta dan menawarkan menu rice bowl yang unik. Di mana bisnis ini dibuka awalnya hanya sebagai usaha sampingan dengan menerima pesanan. Dengan pemikiran bisnis makanan ini modalnya minim yang membuat risiko akan lebih rendah, sehingga akan relatif aman bagi yang mencoba bisnis ini. 

"F&B Business is very good busines but in the same time is very challenging!" tegas Wilgozz

 

Chef William Gozali


Bisnis Makanan di Mata William Gozali


Sementara, bicara tentang bisnis makanan saat pandemi, yang dibarengi dengan bermunculannya usaha makanan dari rumah, Willgoz mengingatkan bahwa enggak ada salahnya buat coba mulai usaha, tapi pastikan jika produk yang dijual itu layak jual. Karena seringkali kita tidak memposisikan diri secara netral, menganggap produk kita bagus, padahal sejatinya kurang. 

Nah, tips dari Willgoz sebelum melempar produk ke pasar adalah tanyakan pada diri sendiri, "Will you guys, eat your own food twice a week?"

Mau enggak, dirimu makan makanan itu 2 kali dalam seminggu? Kalau enggak mau ya jangan harap orang lain mau makan itu! Begituuuuu....

Ini perlu sebelum lebih jauh mikirin packaging, marketing...dll. Pikirkan saja dulu produk yang sangat solid yang kita sendiri pun mau makan sendiri dan membuatnya konsisten bahkan di saat kita (yang memasak) tidak berada di sana.

So, what about F & B Business during pandemic?

Jujur, Willgoz mengakui penjualan sangat turun dan ia menyiasati dengan aneka trik marketing sehingga paling tidak akan menutupi biaya operasional. 

Sementara tips menjalani kelesuan bisnis makanan di saat pandemi versi Willgoz:

  1. Mengikhlaskan situasi yang terjadi dan berdamai dengan kondisi ini
  2. Mengusahakan biaya operasional menurun dengan mengurangi jumlah menu. Jual  menu terlaris saja sehingga inventory tidak kebanyakan
  3. Memberikan message pada customer bahwa bisnis makanan kita sudah mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan pekerja dan pelanggan

Willgoz yang merasa bahwa bikin martabak adalah masak yang susah karena tricky jika memakai teflon sendiri dan penyuka Italian food ini, juga memberikan tips jika kita harus memilih antara dua pilihan, bisnis makanan kekinian atau yang disukai konsumen:

"Comfort food always win. Seberapa pun hebat inovasi makanan, itu enggak akan long last. Kalau makanan yang berinovasi akhirnya bisa bertahan sepertinya akan kecil kemungkinannya. Maka, menurut Willgoz lebih mending pilih comfort/classic food karena orang sudah paham dengan makanan itu tinggal kita membungkusnya dengan lebih baik. Dengan memberi cita rasa khas kita tanpa menghilangkan cita rasa aslinya."

Misalnya, kata Wilgozz, Rawon bisa dibuat berbeda tanpa menghilangkan rasa otentiknya dengan cara:

  1. Memotong daging ala potongan buntut/iga
  2. Membuat condiment tambahan selain taoge, telor asin, kerupuk
  3. Menggabungkan dengan menu lain menjadi: ramen rawon, nasgor rawon, mie rawon...dll

Home Credit Indonesia


Resep Jagoan Bisnis Makanan Ala William Gozali


Sementara ketika ditanya apa resep sukses bisnis makanan di masa pandemi, Willgoz menyampaikan jika penjualan secara online adalah koentji

Sedangkan caranya sendiri ada dua, yakni:

  1. Lewat e-commerce: pilih produk frozen food atau yang kering sehingga tahan lama dan kualitas makanan akan terjaga
  2. Lewat ojek online: tapi akan ada conversion fee yang dibebankan, produk harus selalu ready

Sehingga Willgoz lebih menyarankan lewat e-commerce

Dan untuk saat ini yang paling aman adalah jualan frozen food, ini bikin risiko lebih rendah, karena sekali produksi bisa disimpan di freezer sehingga life expand lebih panjang. Dan sekalipun hari itu enggak ada penjualan, bisa jadi besok atau minggu depan akan laku terjual.

Sedangkan untuk menyikapi kegagalan dalam bisnis makanan, Willgoz menyarankan untuk mencari tahu lebih dulu, masalahnya ada di mana. Apakah produknya berbahan baku kurang bagus sehingga tidak enak rasanya, eksekusinya yang salah, cara penyimpanannya yang salah...Nah, kalau dari makanan sudah layak jual tapi masih belum bagus sales-nya maka bisa jadi marketingnya yang kurang.


William Gozali

William Gozali


"Marketing is very costly!" tegas Willgoz. 

Jadi siasati dengan:

  1. Mengenalkan produk ke circle pertemanan kita dulu, ke saudara, teman, tetangga, ke grup WA kita
  2. Memakai media sosial untuk promosi, termasuk memanfaatkan fitur Advertising-nya
  3. Meminta bantuan buzzer, blogger (seperti saya🙈) untuk mengenalkan produk ke masyarakat

Lalu, menyikapi tentang makanan yang viral, enggak lama kemudian menghilang, menurut Willgoz itu dikarenakan:

  • Konsumen bisnis makanan di Indonesia itu sifatnya latah dan enggak loyal
  • Pebisnis yang juga ikut-ikutan: satu produk viral langsung berjamuran produk serupa keluar. Belum sampai produk itu bertahan sudah ada yang baru yang viral berikutnya
  • Bagaimana pebisnis menyikapi pola konsumen ini agar tetap survive
  • Balik lagi classic food  pilihan yang lebih aman

Nah, jika sudah coba bisnis makanan, gagal...coba lagi, gagal kembali, bagaimana cara memotivasi diri untuk bangkit lagi!

Jika memang tetap ingin berbisnis:

  1. Coba untuk perbaiki semua sisi, turun tangan sendiri, menu diperbaiki
  2. Marketing dioptimalkan
  3. Efisiensi cost
  4. Pesaing kita adalah pemain bisnis kuliner besar, jadi konsistensi adalah koentji!

So, Do and Don't dalam memulai bisnis makanan ala Willgoz:

DO:

  • Secara obyektif menilai produk layak jual, at least kita mau makan makanan kita sendiri 2 kali dalam seminggu
  • Jual di e-commerce by PO atau frozen food

DON'T:

Jangan jual via ojek online dulu kalau belum siap. Karena jual via ojol produk harus selalu ready yang membuat inventory kita harus oke! Selain itu marketing di ojek online ini sangatlah though. Kita pelaku bisnis pemula harus bersaing dengan pelaku besar yang marketingnya sudah sangat oke. Nanti kalau  produk sudah dikenal di e-commerce dan sosial media barulah ke ojek online. 


Home Credit Indonesia


Fun Talk #AyoMajuBersama yang Beneran Fun!


Nah, enggak terasa sejam sudah Chel Willgoz membagikan Resep Jagoan Bisnis Makanan di Fun Talk #AyoMajuBersama bareng Home Credit Indonesia di IG Live @homecreditid ini.

Acara yang juga diselingi dengan Tekatekikuis Live dan Games berhadiah voucher ini berlangsung seru! Bikin saya enggak sabar untuk pantengin lagi nanti jam tujuh malam di hari Rabu. 

Oh ya, bakalan ada tema dan narasumber yang berbeda! Jadi follow akunnya dan jangan sampai ketinggalan acaranya ya!!

Tetap semangat dan semoga artikel ini bermanfaat! 

Sssst, kepoin keseruan Fun Talk-nya, di tayangan berikut ini yuks:  https://www.instagram.com/tv/CFMreOeHa8r/ !💖


Home Credit Indonesia
pose dengan Chef Willgoz di sebuah acara😁




Salam Sehat





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

112 komentar untuk "Resep Jagoan Bisnis Makanan Ala Chef William Gozali"

  1. Asyiknya ya, Chef William ini berangkat dari dukungan ortu sampe bisa sekolah di Le Cordon Bleu Australia.

    Daan iya, benar coba tuh semua yang mau bisnis makanan ditanyain mau nggak makan masakannya dua kali seminggu sebelum memulai. 😁

    BalasHapus
  2. Uwaaa ini salah satu chef favorit, Wilgoz.. Aku follow ig nya. Selalu suka sama resepnya yang praktis dan enak enak

    BalasHapus
  3. WillGoz idolaquuuhh!
    Iya Mba, tipsnya bener banget. Kalo mau dagang makanan, kudu bener2 yakin produknya memang layak jual.
    Ini emak2 tetanggaku kan pada jual makanan juga... tapi, aduhaiii... beberapa ada yg kualitas rasanya bikin prihatin ala SBY. Jadi yaaa, daku ogah repeat order deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwwk..Ngakak so hard, prihatin ala SBY...tapi beneran, banyak yang jualan ngasal. Jadi males repeat order kan?

      Hapus
  4. Tips nya keren banget ya mba ^_^ secara pakarnya.. btw jadi pengin cobain rice bowlnya beliau haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun haha...agak jauh dari rumah nih masalahnya, mau ngecek by ojol ongkir berapa ya

      Hapus
  5. Seneng banget bs foto berdua Chef WillGoz yaa Mba Dian. Wah chef owner nya Sunny Fatday ya,, noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya juara master chef Indonesia, acara yang di TV itu, Mbak Mia
      Kalau Sunny Fatday bisnis sampingannya

      Hapus
  6. Pandemi yang masih berlangsung, harus move on dengan inovasi pada usaha yang digeluti, apalagi kuliner yang ternyata bisa dimodifikasi dengan cantik, tanpa perlu menghilangkan rasa aslinya.

    BalasHapus
  7. Hihi....bener juga ya, tolok ukurnya diri sendiri. Mau tidak kita mengkonsumsi makanan yang kita buat dan kita jual berkali-kali? Noted banget ini. Termasuk dalam pemilihan bahan baku juga ya...semua harus dibayangkan seandainya kita yang jadi konsumen..

    BalasHapus
  8. Baca ini kok jadi pengen masak mie instan di kasih tambahan kuah dan daging rawon.

    Iya ya, makanan kekinian yang lagi viral tuh kadang umurnya nggak lama. Orang beli karena menuruti rasa penasaran saja, kalau rasa penasaran sudah hilang, balik lagi deh ke classic food

    BalasHapus
  9. Di masa pandemi ini fun talk sangat menjamur dan bagus bagus ya mba. Salah satunya ini nih berdaging banget buat yang ingin menginisiasi bisnis kuliner.

    BalasHapus
  10. memang sekaarng bsinis kuliner lagi booming. tapi memang rasa dan tampilan itu penting banget. kalau rasa sdh enak dan hrs bisa mempertahankan arsa. kadang ada loh yang rasanay jadi gak enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, mempertahankan rasa penting ya, jangan sampai pas pesan lagi rasanya beda, jadi enggak seenak sebelunmnya

      Hapus
  11. Waaa keren banget mba pernah ketemu langsung sama Chef Wilgoz, tapi btw justru kalau mau bisnis ternyata jgn langsung daftar ke mitra ojol yaaa untuk penyebar luasan mangsa pasar, pdhl kadang2 hal spt ini yg sering terjadi ketika memulai sebuah usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecuali kalau sudah siap , ready terus produknya...yang pastinya butuh inventory alias semua bahan tersedia, laku enggak laku barangnya

      Hapus
  12. Duh, asik banget ya menyimak Fun Talk langsung dari Chef Wilgoz. Menurutku taste dan marketing penting banget ya untuk industri kuliner. Karena marketing yang wah kalau tastenya kurang juga lama-lama melempem, demikian sebaliknya. Jadi setuju deh sama chef Wil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, rasa yang utama, kalau suka, jadi balik lagi customernya

      Hapus
  13. Katanya bisnis makanan memang enggak terlalu terdampak saat covid ini, tapi tetap saja ya... namanya jual makanan, tentu harius enak. Kalau enggak bakal tersingkir sama pesaing yang banyak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau sudah rasa mengikat lidah bakal balik customernya

      Hapus
  14. Saat masa pandemi gini pun makin ramai yang mulai menjadi pengusaha kuliner ya mbak. Memang penting banget berinovasi untuk usaha makanan nih apalagi bener banget kata chef bahwa pembeli di Indonesia memang banyak enggak loyal. Nampak ada yang baru dan lebih greget viralnya langsung deh berubah haluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, viralnya kedatangan yang baru viral lagi terus ambyar

      Hapus
  15. Kayaknya seru banget ini Fun Talk nya. Saya suka loh dengan ulasan Mbak Dian ini. Terutama tentang tips dan trik yang perlu kita tahu dan kuasai jika ingin serius berbisnis di dunia kuliner.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak dibagikan tips buat memulai bisnias makanan ala william gozali

      Hapus
  16. Memang kalau di saat kondiai begini bisnis kuliner paling cepat lewat online ya. Jualan frozen food paling banyak diminati, krn org butuh makanan yg bisa awet. Biar ga bolak balik beli keluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang jual juga aman nyetoknya, karena ga cepat basi

      Hapus
  17. aku tahu chef wilgoz dari youtube dulu dan baru tau dia alumni masterchef pas nonton mci 5 hihi. senang bgt sih dapet ilmu dari ig live, home credit beberapa kali ngadain ig live terus yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tiap Rabu malam di akun homecreditid..pantengin ya

      Hapus
  18. Wah, saya harus follow dan stalking akunnya agar bisa ikut kuliah bisnis secara daring yang keren gini.
    Sedang drop gairah ngebisnis karena produk saya bukan produk yang dibutuhkan dan berepeat order tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tipa Rabu malam mbak ada Fun Talk narsumnya ganti-ganti di homecreditid

      Hapus
  19. Soal makanan kekinian yang lagi hits namun langsung hilang, biasanya emang karena konsumen Indonesia suka latah ya Mba.. mungkin lebih tepatnya KEPO, hihihi

    BalasHapus
  20. Wahh Willgoz ternyata jebolan Master Chef Indonesia tooh, pantesan ajaa channel Youtubenya masakan semuaa, hitss bangeet :)
    Dia suaminya temen aku si Maria selebgram. Baru tau aku :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak..ku juga baru tahu waktu acara kapan itu, benar istrinya Maria, selebgram

      Hapus
  21. Wahh seru banget nih. Ngeliat chef willgoz yang ganteng auto ga fokus. Hehe.. Sekarang usaha kuliner memang banyak jadi pilihan masyarakatt kan yah..

    BalasHapus
  22. Asyik banget sih ini dapat tips memasak seru. Setelah dipraktekkan pasti rasanya enak. Sayang banget terlewat acara ini hiks, untuk ada liputannya di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan tips memasak, Mbak..
      Ya Allah enggak baca ya, ini tips bisnis makanan

      Hapus
  23. Semula aku berpikir, bisnis makanan di era pandemik begini sedang heboh-hebohnya. Jual apa saja bakal laku. Ini pendapat yang aku simpulkan setelah melihat teman-teman di grup yang berjualan makanan dan laku keras. Tapi seiring berjalannya waktu, akhirnya setiap produk makanan menemukan pasarnya sendiri. Nggak selaku sebelumnya.

    Saran dari Chef Willgoz soal agar memilih comfort/basic food selama ini nggak terpikirkan sama aku, loh. Aku selalu berpikir, produsen makanan tuh mesti kreatif, jangan jualan yang itu-itu aja. Eh tapi comfort/basic food pun bisa dimodifikasi ya, jadi inovasinya tetap ada.

    Para produsen makanan kudu baca tulisan ini nih biar dapat info lebih dalam gimana seharusnya bisnis makanan itu. Fun Talk-nya Home Credit memang nggak pernah gagal mendatangkan narasumber kece!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mungkin dilihat dari comfort food sudah dikenal orang, jadi ada di zona nyaman jualannya. Meski makanan kekinian juga bagus di penjualan tapi kemungkinan bertahan butuh perjuangan

      Hapus
  24. Tentang tren makanan, jadi ingat tentang es kepal milo yang pada masanya sampai ada di mana-mana. Saya juga sempat beli gara-gara penasaran, macam mana sih kok sampe se-tren ini. Tapi ya cuma sekali itu doang beli-nya.

    Sekarang makanan apa ya yang lagi tren?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah es kepal milo contoh kasus yang viral terus tenggelam..

      Hapus
  25. Meminta bantuan blogger! betul sekaleee Mba Dian, hahaha.
    Btw pandemi ini makin banyak yang menggeluti bisnis makanan loh, baik produsen maupun reseller.

    Btw nih, home credit itu keren-keren selalu ya kalau ngadain funtalk, pembicaranya top-top, berbagi ilmunya mengena banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..lagi menjamur ya bisnis kuliner saat pandemi..dan semoga jadi rejeki kita juga buat bantuin promosi hihi

      Hapus
  26. Saya setuju banget sama Willgoz. Usaha kuliner yang bisa terus berjalan emmang biasanya yang enak. Makanya kadang-kadang saya gak antusias banget antre panjang untuk menikmati makanan/minuman kekinian. Karena kalau memang enak, kapan-kapan juga saya bisa menikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang ngantri.lain kali aja kita cobanya..orang-orang itu karena penasaran aja biasanya. Kalau enak ya beli lagi..kalau enggak enggan kembali

      Hapus
  27. Kecenya Mbak pose bareng chef Willgoz :D
    BTW, jadi mikir makanan layak jual itu ternyata yang begitu. Saolnya pengen buka usaha makanan juga, dan setiap hari ini bikin dan dimakan sendiri *kebangetan apa ya enaknya..kwkwk. Makasih, Mbak Dian sangat bermanfaat postingannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..kalau dah tiap hari dimakan sendiri suja berarti layak dijual kwkw..yuk dicoba Mbak Muyass

      Hapus
  28. Di masa sulit seperti ini kita dituntut untuk kreatif dan siap dengan situasi terkini ya. Untuk bisnis kuliner butuh variasi makanan yang umum tetapi unik dan beda dari yang lain. Saya juga sering melihat makanan yang viral di sosmed. Untuk membuka bisnis kuliner saat ini butuh pertimbangan yang seksama ya.

    BalasHapus
  29. Lama banget saya gak mengikuti master chef mbaaaa. Dulu nontonnya episode 1 sampai 2 aja sih. Keren ya ajang pencarian bakat master chef ini melahirkan banyak orang-orang yang berkualitas dalam menghasilkan masakan yang juga gak kalah kuallitas dengan masakan luar. Semoga bisnis kuliner bisa semakin maju yah walau pandemi menerpa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..semoga yang berbisnis kuliner dimudahkan..usaha lancar jaya

      Hapus
  30. Fun Talk yang diadakan Home Credit ini rutin mendatangkan narasumber yang keren ya mbak. Kemarin baca status di IG nya teman, dia sharing tentang tema bisnis. Kalo ini bisnis makanan ala cheff. Menarik banget buat diikuti nih IG Home Credit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tiap rabu jam 7 malam ada tema dan narsum berbeda

      Hapus
  31. Ohh Wilgoz itu kependekan dr namanya to keren banget nih cheff yang suka bantuin mamanya dari kecil. Emang di balik kesuksesan seorang anak pasti ada sosok Ibu di belakangnya ya.

    Nah dengan ilmu2 dan juga skill ditambah pengalaman yg dimilikinya pas banget nih doi berbagi dan sharing seputar bisnis makanan. Noted banget tuh kalau pertama jualan ke circle keluarga, tetangga dan teman terdekat dahulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kenalkan ke circle terdekat untuk mengenalkan produk

      Hapus
  32. uwuwww banget mbak Dian dapat ilmunya banyak banget. Jadi paham kalau makanan dengan inovasi suka ilang tiba2 gak exist lama. Benar ya yang clasiic food bisa konsisten exist di pasara. Tips Do dan Don't nya jadi paham lagi. Saya kira ojek online dulu baru e-comerce, ternyata sebaliknya ya. Cheft Eillian Gozalinya keren berbagi tips dan ilmu culinarynya. Ternyata ada foto andalan bersama cheft ya mbak Dian. Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Channel Cheft William Gozali nya bakal saya pantengin biar update terus ilmu culinary nya

      Hapus
    2. Iya..Mbak kenapa ga ojol dulu karena butuh menu ready setiap waktu. Kalau memang bisa ya gapapa

      Hapus
  33. aku follower willgoz dan istrinya kak maria karina dari dulu! seneng banget mereka suka share share konten bermanfaat. Jujur willgoz sering banget berbagi tips kaya resep masakan yang murah bisa buat ide jualan gitu dan sejauh ini resepnya willgoz ga ada yang fail di lidah aku hehehe

    BalasHapus
  34. Hai, mbak Dian salam kenal ya. Btw ini Wilgoz, salah satu chef favorit aku nih. Aku sering mantengin channel youtubenya buat cari inspirasi masakan. Mbak Dian, kalau boleh tahu kalau mau ikutan fun talk daftar dulu kah? Aku jadi tertarik nih buat ikutan fun talk selanjutnya 😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung tonton aja mbak..setiap Rabu jam 7 malam di akun IG homecreditid

      Hapus
  35. Aku baru tahu chef Wilgoz ini sekarang, mbak.
    Setuju dengan comfort food ini.
    Walau saya tumbuh besar di Bandung yang inovasi makanannya cepet banget berganti-ganti.
    Sementara sekarang tinggal di luar, ternyata orang-orang disini malah lebih memilih comfort food, yang klasik dibanding yang sudah bervariasi.
    Sepertinya ini juga berhubungan dengan efisiensi mengambil keputusan ... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..karena comfort food sudah bisa ditebak rasanya , sudah dikenal sebelumnya..jadi pembeli ambil keputusan beli

      Hapus
  36. Emang aga susah ya memulai bisnis kuliner masa pandemi. Tapi mah rejeki ada aja lah yaaa.
    Ini noted banget beneran: Will you guys, eat your own food twice a week?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kita suka ga sama makanan kita sendiri..mau makan berkali-kali..baru jual ke pembeli

      Hapus
  37. Masih ada recordnya nggak ya Mbak itu livenya. Pengen nontin euy, karena saya berencana buka usaha kuliner lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan di bagian akhir artikel saya sebutkan mbak..itu ada link nya di atas...dibaca lagi ta

      Hapus
  38. Memang kalau ingin berbisnia makanan harus turun tangan sendiri ya mba agar cita rasa masakan tetap terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..paling tidak pastikan sudah ada standar rasa baku jika yang masak orang lain

      Hapus
  39. Aq dong suka liat youtube nya wilgoz. Tapi liat doang praktek mah kagak hahaha

    BalasHapus
  40. Keren banget tips² Chef WillGoz buat usaha kulinernya ya Mba Dian...bener itu hrs tau masalahnya di mana jd bs nyelesainnya ya. Btw bisnis frozen food memang hype abis ya

    BalasHapus
  41. Wah, sangat bermanfaat sekali insight tentang bisnis makanan ini. Ternyata memang ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang

    BalasHapus
  42. Saya tuh, kelewat melulu dengan acara HomeCredit ini hihihi
    Padahal materinya bagus-bagus ya, termasuk yang satu ini, trik menjalani bisnis kuliner.

    Ternyata bisnis kuliner juga terdampak pandemi, saya kira bisnis makanan bisa tetap bertahan di masa pandemi. Harus cermat melihat keadaan pasar ya, Mbak

    BalasHapus
  43. Memposisikan diri untuk berfikir bahwa produk kita layak jual itu, memang penting ya, Mbak. Jadi nggak asal enak saja, tapi memang harus memikirkan macam-macam sebelum dijual. supaya nantinya nggak mengecewakan pelanggan

    BalasHapus
  44. Jadi motivasi banget ya mba, chef william ini, apalagi kalau tau perjuangan beliau saat audisi sampai menjadi pemenang di ajang kompetisi memasak.
    Yang tonton perjalanan nya pastu tau sama chef yang satu ini, apalagi berkesempatan mengikuti Fun Talk bersama Home Credit yang keren banget dan sayang tuk dilewatkan.

    BalasHapus
  45. Duh bener semua ini yang diomong willgozz,, better jual yang classie kalo invoasi harus bener2 bangun ekosistem dan brandingnya,,, duh beruntung mba bisa ikutan tapi thanks sharingnya jadi berasa ikutan nyimak

    BalasHapus
  46. wah aku ngikutin yutub wilgoz loh, suka banget liat dia masak-masakan, sekalian memotivasi lebih rajin masak selama di rumah aja haha

    BalasHapus
  47. Iya ya kalau mau bisnis kuliner harus obyektif menilai hasil makanan yang mau dijual. Kalau kita enggak begitu suka sama makanannya, ya gimana meyakinkan orang lain mau suka? Hehe.
    Tipsnya dari chef Willian Gozali oke juga yaa :)

    BalasHapus
  48. aku dapetin banyak insight banget dari IGlive nya chef willgoz ini nih, karena aku lagi jalanin bisnis minuman nih mba

    BalasHapus
  49. Allhamdulillah ya Mba, senang sekali bisa ngangsu ilmu langsung ke ahlinya.
    Ini berlaku juga sih buat aku yang jualan craft, bahwa produk jualan itu memang kudu yakin layak jual

    BalasHapus
  50. Mantul banget Mbak, fikiran jadi tergugah.
    Saat ini kami menjalankan bisnis makanan juga, tapi makanan kering seperti kurma dan teman temannya. Next boleh juga dicoba tipsnya tentang froen food. Solutif sekali untuk masa masa begini..

    BalasHapus
  51. Aku termasuk subscribernya willgoz nih, resep yang dia bagikan cocok untuk saya dan mudah di recook.

    BalasHapus
  52. wah seru banget ya mak topiknyaaa, pembicaranya juga chef terfavorit. hihi. yg punya bisnis makanan pas pandemi emang harus mesti pinter pinter menaati protokol kesehatan ya mak, biar bisnis tetep jalam dan customer ttp percayaa

    BalasHapus
  53. Keren banget ya tipsnya. Memang bener sih, di masa pandemi kayak sekarang, aku juga banyak beli makanan itu yang gak aneh2. Lebih milih yang comfort dan klasik. Sudah tahu seperti apa rasanya. Kalo yg baru, takut zonk rasanya. Jadinya malah buang-buang uang saja.

    BalasHapus
  54. Inspiratif banget nih Chef William Gozali. Banyak banget insight yang bisa kita dapatkan dari paparan beliau :) teman-teman yang mau berbisnis, terutama di bidang kuliner, jadi ada gambaran~

    BalasHapus
  55. wah ada chef William Gozali keren ni bisa mengajarkan masak dan memberikan resep jagoan bisnisnya. mantab benerr

    BalasHapus
  56. Ini acara berfaedah banget ya, sayang banget neh pas acara saya nggak bisa ikutan, padahal pengin banget ikutan

    BalasHapus
  57. Bener juga kata chef ni eat your food twice two week dulu sebelum melempar product ke pasar. Ada juga beberapa product yang ownernya gak pernah cicipin, yaitu burger yang viral itu, burger super pedas. dan satu lagi rokok kayaknya ya kak.

    BalasHapus
  58. Keren banget ya tips nya chef William Ghozali. Selain enak, pebisnis makanan juga harus ngerti strategi marketing dan juga rasa makanan enak itu gak cuma sekedar delicious tapi juga comfort untuk dimakan. Aku termasuk penyuka makanan klasik dan gak aneh-aneh soalnya mba.
    Kalo cuma tampilan aja, besok besok pasti kapok gak beli kedua kali

    BalasHapus
  59. Bener juga ya mba, makanan yang viral viral itu palingan cuma sebentar habis itu ilang. Orang cuma beli karena penasaran ya, habis itu sudah. Balik lagi ke makanan yang standar dan udah terbiasa di lidah. Oke juga nih tips dari William Gozali untuk para pengusaha kuliner.

    BalasHapus
  60. Wah, tipsnya sangat pas. Memang baiknya menginventarisir menu yang laris lalu mengembangkannya jadi menu lainnya. Jadi bisa dikatakan, punya basis menu sama. Inovasi gini juga bikin orang jadi penasaran dan beli. Laris manis dong

    BalasHapus
  61. Jadi terinspirasi untuk bisnis kuliner dong mba setelah ikutan live show yang satu ini? Aku dan anak bujangku hobi masak.. dia suka coba - coba dan masakannya enak memang hehe

    BalasHapus
  62. Yaa ampun, salfok sama foto terakhir berpose dgn willgoz jadi kangen event offline ya. Karena seru banget kalo event masak" yaaa

    BalasHapus
  63. Bener juga ya mbak.
    baiknya brand kita udah dikenal dulu sebelum masuk ke ojek online, apalagi persaingannya ketat.
    Tapi untuk di daerah yang jauh dari kota, menurut saya utk bisnis rumahan aja mah bisa langsung promote di ojek online. :D

    BalasHapus
  64. Suatu pandangan nih buat siapa aja yg sedang menjalankan bisnis kuliner, atau yg masih baru memulai bisnis.

    BalasHapus
  65. Waaah mau dong mbaa fettucininyaa. Aku sekali aja waktu itu masak fettucini hahaa rasanya B aja hiks

    BalasHapus
  66. Mbak Dian ini ulasannya lengkaaap bangets sih, terimakasih-terimakasih mbak. Aku baca-baca disini saja sudah full ilmu baru nih apalagi kalau lihat ig livesnya chef Willgozz ya ..

    BalasHapus
  67. aku tuh sering banget disuruh jualan hasil masakan yang aku buat, tapi entah kenapa suka gak pede. takut mengecewakan. pengen ikutan kelas ini juga supaya bisa lebih percaya diri lagi nih. huhu.

    BalasHapus
  68. Mba keren nih ulasanya dah grup reseo nya top bgt. pengen bgt aku bikin bisnis kuliner di persambelan tp blm berani nih

    BalasHapus
  69. Turun tangan sendiri dan menu diperbaiki. mantap tips ini kak. Jadi sebelum buka bisnis kuliner sebaiknya try dan eror dulu ya.

    BalasHapus
  70. saya jadi pengen follow IG nya juga. pengen belajar masak

    BalasHapus
  71. Pasti resep makanan ini bisa membuat UMKM kecil jadi go nasional karena sudah membagikan tips dan trik rahasia di pandemi ini

    BalasHapus