Film Drama Favorit Saya

Film drama favorit saya, kira-kira apa yaaaa? Kalau sebelumnya saya pernah menuliskan 5 film yang romantis habis, maka sekarang saya ingin ngulik sebuah film dari genre favorit saya yang lainnya, yakni drama!

Well, sebagai perempuan yang berperasaan lembut lagi penyayang saya memang lebih pilih nonton film drama dibandingkan genre thriller yang bikin tegang kepala saat nontonnya. 

(Hhh..mungkin inilah sebabnya hidup saya jadi penuh drama ya haha)

Nah, beberapa film drama, sukses bikin saya berlinang air mata saat menikmatinya. Ceritanya menyentuh hati dan penuh pesan moral yang bisa kita teladani.

Salah satunya adalah Forrest Gump!

Mengapa? 

Enggak usah berlama-lama... Yuk, mari kita ulas saja!!


Forrest Gump



Film Forrest Gump yang Inspiratif


Entah sudah berapa kali saya nonton film yang dibintangi aktor kawakan Tom Hanks ini. Pokoknya kalau di tipi tayang, saya nonton lagi dan enggak bosan ngulang. 

Dikisahkan pada 1981, Forrest Gump, duduk di kursi pemberhentian bus. Dia menceritakan kisah hidupnya pada orang yang duduk di sampingnya (sampai film habis berganti-ganti orangnya). 

Cerita diawali dari masa kecil Forrest yang terpaksa memakai penyangga kaki karena tulang belakangnya melengkung. Dia juga ber-IQ di bawah rata-rata, 75, di mana semua kekurangannya ini dijadikan bahan perundungan oleh teman-temannya.

Forrest tinggal di sebuah rumah pondokan di Alabama bersama ibunya yang mendidiknya dengan penuh kasih sayang. Sang Ibu berjuang dan selalu memotivasi Forrest untuk kuat dan berani menghadapi hidupnya. Juga mendukungnya mengembangkan kelebihan yang dia punya. 

Selain itu ada Jenny, teman sekolah sekaligus tetangga, satu-satunya anak yang mau berteman dengan Forrest. Ia mengajarkan banyak hal termasuk keberanian untuk menghadapi kehidupan.

Forrest akhirnya berjuang menjalani takdirnya hingga bisa jadi "orang" seperti yang diharapkan Ibunya. Dan di akhir cerita ia menemukan cinta sejatinya dan menikah (meski singkat) dengan Jenny yang berpulang duluan karena sakit.



Yang Paling Berkesan dari Forrest Gump 


Bicara tentang pesan moral, banyak hal bisa dipetik dari kisah si Forrest Gump. Tak heran film peraih banyak prestasi berbiaya 55 juta dollar dan menghasilkan pendapatan 677 juta ini disebut sebagai salah satu film epik yang sukses baik dari segi kualitas maupun komersial yang pernah ada. 

Tak heran karena banyak hal menarik diantaranya:


1. Ibu Forrest Gump yang warbiyasaa

Sebagai sesama ibu, salut akutuuuuGimana enggak cobak, si Forrest ini adalah anak ber-IQ 75. Tapi Ibunya mendidiknya dengan sangat baik, mendukungnya juga mengajarkan rasa percaya diri dengan keterbatasan yang dimiliki. Hingga Forrest jadi seorang yang mandiri dan penuh percaya diri. 

Seriusan, tanpa perlu ilmu parenting dari berbagai teori, film ini telah memberi pesan moral jika apapun kondisi buah hati kita, mereka tetaplah amanah yang mesti kita rawat sebaik-baiknya. Apalagi jika itu adalah Anak Berkebutuhan Khusus seperti si Forrest Gump.

Maka, buat Ibu-ibu yang belum pernah nonton, recommended banget..biar ngademin ati apalagi di situasi PJJ saat ini. Biar saya dan ibu-ibu lainnya belajar jadi ibu yang sabaaaar!


2. Akting Tom Hanks yang juwaraak 

Melakoni seseorang yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, tentu bukan hal yang mudah. Tapi Tom Hanks beneran melebur pada tokoh yang diperankannya. Menjadikan Forrest Gump benar-benar tokoh yang nyata. Penjiwaannya Tom Hanks beneran gila! 

Enggak heran, si Tom meraih Best Actor untuk film ini di Academy Awards 1995 karena dialah yang memberi nyawa filmnya!


3. Kisah yang menyentuh dan  menginspirasi 

Meski film ini diadopsi dari sebuah novel yang berjudul sama, Forrest Gump karya Winston Groom, tapi secara substansi ceritanya berbeda.

Sutradara Robert Zemeckis sukses mengarahkan film ini sehingga hasilnya sungguh menyentuh. Sehingga ia diganjar sebagai Sutradara Terbaik di Academy Awards 1995 untuk film Forrest Gump ini. 

Tak hanya itu, akting pemain lain dan setting yang menarik..., membuat film yang durasinya lebih dari dua jam ini beneran mengesankan. Tak heran, jika berhasil memenangkan 4 kategori terbaik lainnya di Academy Awards 1995. 


4. Pesan moral

Film ini bertabur pesan moral diantaranya: sosok Forrest Gump menunjukkan seseorang pasti punya kelebihan di balik kekurangannya. Didikan nilai-nilai kebaikan dari orang tua akan berbuah manis nantinya, seperti halnya Ibu Forrest mendidik anaknya sehingga menjadikan Forrest seorang yang selalu berpikir positif dan optimis dalam menghadapi hidup. 

Tak hanya itu ia juga dermawan, setia kawan, amanah, pun sangat menyayangi sang Ibu yang juga pahlawan baginya. Forrest juga setia pada satu wanita dan menjadi orang tua (tunggal) yang baik - seperti Ibunya- untuk anak semata wayangnya.

Nilai kebaikan lainnya, betapa kita mesti menghargai sesama, menghormati segala perbedaan dan menyikapi hidup sebagai sebuah takdir yang mesti diperjuangkan.


Well, itulah film Forrest Gump yang memberi banyak pencerahan saya setelah menontonnya. Tak heran saya jadikan sebagai salah satu film drama favorit saya. 

Memang pelajaran hidup tak hanya bisa kita dapatkan dari pengalaman saja, sebuah film bagus pun bisa jadi inspirasi bagi kita

Seperti quote ternama Forrest yang adalah pesan Ibunya tercinta "Life was like a box of chocolates, you never know what you are gonna get!" 

Yess, hidup ini misteri. Sebuah pergulatan antara takdir kita dan perjuangan memenangkannya. 

Maka, teruslah berjuang. Never stop believing in hope, coz miracle happens everyday!💖

Btw, apa nih film drama favorit teman-teman?


#KUBBU30HMC
#Day4


Salam Semangat


signature-fonts

14 comments

  1. Assalamualaikum...blogwalking silaturahmi

    Film drama yang dibintangi Tom Hanks, selain forrest gumps, yang saya sukai adalah Green Mile. mantab banget.

    Kalau yang film drama paling favorit sih PATCH ADAMS dibintangi Robin Williams. semangat kerja kalau nonton film itu. recommended dah

    keep posting mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, akting Robin Williams memang keren! Dan saat menjadi dokter di Patch Adams beneran total. Semoga banyak dokter seperti dia ya, enggak cuma ngobatin pasien saja tapi juga menyentuh sisi humanity-nya.
      Green Mile dah nonton juga saya..
      Memang Tom Hanks dan Robin Williams juwaraaak!

      Delete
  2. Mba Dian, aku jadi kepo dong langsung Googling cerita ini. rencana pengen nonton juga tengah malam.

    Kisah drama yang tokoh ibunya luar biasa kayak ibunya di forrest ini sebenarnya bisa kita adopsi di kehidupan pengasuhan kita dengan anak-anak.
    Bahwa anak-anak yang kuat karakternya tumbuh dari ibu yang mau menerima dan menguatkan anak.

    Inget juga Thomas Alva Edison, yang ditolak dari sekolah karena dianggap tidak mampu.
    Ternyata ibu yang menguatkannya berhasil membuat ia menjadi seterkenal sampai sekarang ini beserta karya nya yang bermanfaat.

    Thanks for sharing mba Dian

    ReplyDelete
  3. Aku paling tersentuh saat forrest bilang ke jenny "I'm not smart man, but i know love is.."
    Trus ketika dia merasa dia bukan suami yang baik.
    Nonton berdua sama suami paling pas ini Mba Dian..❤️

    ReplyDelete
  4. Bentar deh, Mbak, kepalaku auto tuing-tuing baca judul Forrest Gump ini. Setahuku film ini terkenal banget. Tapi kok aku sama sekali nggak ingat jalan ceritanya. Apa aku memang belum pernah nonton, ya? Hahaha ... Paraaah ...

    Sebuah film yang baik menurutku bisa membuat penontonnya memetik hikmah dari ceritanya. Bisa jadi nilai positif yang bisa diambil, atau nilai negatif yang harus kita hindari dalam kehidupan sehari-hari.

    Film drama favoritku? Duh, aku kok harus mikir keras nih. Kayaknya wawasan perfilmanku memang kacau, hahaha ...

    ReplyDelete
  5. iyes, sepakat. nonton di bioskop, lalu dibelain beli vcdnya. dibelain, karena harga vcd ori masa itu, 50ribuan itu udah niat banget belinya

    ReplyDelete
  6. Wah.. saya jadi pengin nonton ini Mbak Dian. Kalau pas tayang di televisi mungkin saya kelewatan terus kalau di tv banyak iklannya hahaha.

    benar sekali pesan yang terkandung dalam film ini. Bahkan semua anak itu terlahir istimewa dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Makanya memang penting sekali dukungan orang terdekat, terutama sang Ibu.

    Saya saja, kalau tidak didukung oleh Ibu saya di dunia menulis, pasti tidak akan pencapaiannya sejauh ini, Mbak. Soalnya Bapak saya dulu tidak suka saya menulis hehehe.

    ReplyDelete
  7. Kalau aku sebenenrnya ga begitu suka drama, lebih ke genre action. Tapi kok jadi tertarik ya sama jalan ceritanya dari ulasan disini, pengen juga nonton film ini, coba nyari deh filmnya.

    ReplyDelete
  8. Forrest Gump ini wajib tonton ya Mbak terutama bagi kita buibu yang zaman now kepo banget sama parentang-parenting, hihi... memang ya yg namanya ibu itu harus mendukung anaknya bagaimana pun kondisi si anak, noted. Tfs Mbasay

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah nonton film ini mba. Tapi dari yang aku baca di sini ceritanya menyentuh dan memotivasi ya. Jadi pengen nonton aku dan jadi pengen kayak ibunya forrest dalam membesarkan anak

    ReplyDelete
  10. Forrest gump emang ceritanya penuh makna ya ..betapa besar peran ibu dlm perjalanan anak.. jadi mikir sama anak yang kehilangan sosok ibu sejak kecil...

    ReplyDelete
  11. Film kesukaan aku juga ini. Kayaknya aku nonton lebih dari 2 kali deh. Beneran film yang luar biasa, aktingnya Tom Hanks baguuuuuuuus pake banget. Bahkan dibanding film sekarang pun, aku masih berani bilang kalau Forest Gump ini film yang brilian.

    ReplyDelete
  12. Forrest anak yang luar biasa dan ia juga memiliki ibu yang luar biasa hebat. Sehingga bagaimanapun dunia menertawakan akan fisiknya ia tetap memiliki cinta dari seorang ibunya yang begitu tulus terhadap forrest.
    Pasti kalau film ini ditonton bakalan jadi film drama favoritku juga sama suami.
    Karena menyentuh banget.

    ReplyDelete