Review Grand Surya Hotel Kediri

Grand Surya Hotel Kediri akhirnya jadi pilihan penginapan saat saya dan keluarga mudik ke kota kelahiran. Yes, roadtrip yang dimulai pada hari Rabu long weekend yang lalu, dengan tujuan pertama Kota Madiun akhirnya sampailah di Kediri. Teteup, alasan pandemi membuat kami enggak nginep dulu di rumah ortu tapi stay di Grand Surya Hotel Kediri, buat bebersih badan baru ke rumah Bapak Ibu esok hari.

Hotelnya gimana?

Kereeeennya! 

Sungguh saya bangga Kediri punya hotel sebagus ini. Meski saya telat banget nginepnya di sini hihihi


Review Grand Surya Hotel Kediri


Tentang Grand Surya Hotel Kediri


Mungkin diantara teman-teman ada yang mbatin, namanya kok ada "Surya"-nya ya...

Yes, Grand Surya Hotel Kediri adalah salah satu hotel milik Surya Hotel Group, lini bisnis PT Gudang Garam. Bagi yang belum tahu, Gudang Garam, salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia yang didirikan di Kediri yang memang memiliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor diantaranya transportasi udara, sawit, kertas, konstruksi, media, entertainment, tempat wisata, hotel, ....dan segera bandara!

Pabrik rokok yang memiliki sekitar 33 ribu karyawan ini (hanya pabrik rokoknya saja, belum anak perusahaan lainnya) memang menjadi nafas utama industri di Kediri. Meski kini bukan hanya di rokok saja kiprahnya tapi juga di berbagai sektor ekonomi lainnya yang berlokasi di Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan berbagai pelosok negeri.

Nah, hotel berbintang 4 ini adalah hotel termewah di Kediri dengan 10 lantai yang berlokasi di jalan utama yang paling fenomenal di Kota Tahu ini, Jalan Dhoho.

Berada di lokasi strategis, dekat ke pusat pemerintahan dan bisnis, stasiun kereta api dan tak jauh dari terminal bis, menjadikan Grand Surya sangat cocok dijadikan pilihan penginapan berbagai tujuan kegiatan.

Mau berbisnis, berwisata, mengunjungi sanak saudara, staycation, reunian, mantenan, ketemuan sama teman....lengkap tersedia layanannya. 

Ya, selain menyediakan kamar berstandar hotel berbintang 4 plus, Grand Surya Hotel juga memiliki restoran, ruang pertemuan, ballroom, kolam renang, spa, fitness centre, bar.....tinggal pilih aktivitas kita apa!

Lengkap ada!!


Hotel di Kediri

Hotel Gudang Garam

Hotel Mewah di Kediri

Grand Surya

Hotel bagus di Kediri

Kertajaya Bar Lounge


Fasilitas di Grand Surya Hotel Kediri


Tempat Parkir

Begitu sampai hotel, menuju tempat parkir. Cukup luas parkirannya dan tanpa biaya. Ada akses langsung ke lobby lewat lift, atau bisa juga turun dulu di depan lobby (drop on/off). Keamanan bagus di hotel ini, ada penjagaan oleh security dan petugas concierge dan bell boy yang berjaga menyambut dan membantu tamu.


Kamar Grand Surya Hotel Kediri

Saya memesan dua kamar Superior Twin untuk kami berempat dengan harga promo pandemi untuk semalam. 

Kami tiba di Kediri pukul 2 siang, rupanya kamar yang jejeran belum ready...Jadi deh nunggu dulu, karena kalau jauh-jauhan itu sesuatu, ribet bagi Ibu huhuhu

Begitu siap kamarnya, menuju ke lantai 5 dan tadaaa... buka pintu, langsung suka dengan satu hal. Ada kertas panjang ditempelkan di  cermin, kalimat motivasi yang cukup panjang, yang berjudul "7 Cara Cerdas Mengawali Hari Anda"

Inspirational Quotes ini tertulis dalam 2 bahasa, Indonesia dan Inggris yang menyebut: 7 Cara Cerdas Mengawali hari Anda:

  1. Abaikan ponsel sekitar 30 menit
  2. Mandi dengan air dingin
  3. Lakukan meditasi
  4. Sempatkan untuk sarapan
  5. Cari inspirasi
  6. Mulai bersyukur
  7. Tentukan prioritas

Wow, inspiratif, tiap ngaca baca ini!

Kemudian desain kamar hotel ini children/disability friendly!

Pasalnya, lemari kayu yang ada, bagian belakangnya bisa dibuka dan tembus ke kamar mandi. Jadi kalau misalnya ada anak-anak/lansia/orang dengan disabilitas terkunci di kamar mandi yang di luar kamar mandi bisa menolong mereka.

Menarik, kan?

Jujur, dari sekian banyak hotel yang pernah saya inapi, baru kali ini saya menemukan ide desain ini. Ada hotel ramah disabilitas juga yang pernah saya inapi di Edinburgh, UK. Tapi mereka memakai model sliding door untuk menghindari kasus terkunci ini. 

Oh ya, tak hanya pintunya saja, tapi tersedia juga keset anti slip di bathtub-nya, juga ada bangku kayu bergagang untuk pegangan tangan sehingga aman buat lansia dan kaum disabilitas.

Sementara, fasilitas kamar kurang lebih sama dengan hotel yang kami inapi di Madiun malam sebelumnya. 

Hanya saja, Grand Surya masih belum eco-friendly dengan menyediakan dispenser untuk kebutuhan air minum tamunya, melainkan masih menyajikan 2 botol air mineral dan kopi/teh/gula beserta coffe maker-nya.

Sedangkan fasilitas kamar lainnya: 2 twin bed, AC, sebuah single sofa dan meja, meja kerja dan kursi, meja TV dan TV kabel, kulkas, brankas, alat sholat, hair dryer, bathtub dengan toilettries.

Oh ya, ada koneksi internet di hotel ini for free tapi enggak lancar sekali (dibandingkan WiFi di rumah ya kwkw)

But so far, kamarnya sangat nyaman dan menyenangkan diantaranya karena dari jendela bisa kita nikmati pemandangan indah pegunungan Wilis. Dan, kalau malam bisa jalan kaki kulineran Sego Tumpang yang disajikan lesehan di sepanjang Jalan Dhoho sekalian menikmati suasana malam di Kediri.


Hotel di Jalan Dhoho Kediri

Hotel bagus di Kediri

Hotel di Kediri
Pintu lemari baju tembus ke kamar mandi

Hotel di Kota Kediri

Hotel dekat stasiun Kediri

Hotel berbintang di Kediri

Surya Group Hotel



Breakfast di Grand Surya Hotel Kediri

Pagi hari, waktu sarapan pun tiba...restoran yang berlokasi persis di atas lobby, dengan konsep indoor dan ourdoor punya pilihan makanan lengkap dengan sistem prasmanan. Sisi outdoor-nya menyatu dengan kolam renang sehingga segar di sekitar.

Makanan tersaji secara buffet dengan pilihan menu lokal maupun internasional. Yang bikin saya happy diantaranya ada set Nasi Tumpang - Pecel khas Kediri dengan pilihan lauk komplit di satu sudut tersendiri. Juga ada jejamuan yang bisa jadi pilihan minuman. Kedua menu ini mantap sekali!

Sementara menu lainnya, selain tersedia di meja buffet juga ada yang fresh siap dimasak di tiap outlet. Ada 4 stall beserta crew yang siap di egg station, lamian stall, roast chicken station, bakso dan bubur ayam.

Sungguh, pilihan menu yang lengkap untuk hotel di kelasnya....


Berenang di Tirta Kamandanu Swimming Pool - Grand Surya Hotel Kediri

Karena saat di Madiun belum berenang, anak-anak pun heboh minta berenang di sini. Saya lihat dulu situasinya, terkait pandemi. Kolam renang terbagi menjadi dua, kolam renang dalam dan kolam anak. Karena kedua anak saya sudah bisa berenang, maka mereka saya ijinkan, sebab di kolam renang dalam hanya ada seorang ibu dan 2 anaknya. Itupun cuma main air mereka. Kalau di kolam anak ramai, ada beberapa anak bermain air.

Kolamnya bersih dan ada penjaganya. Handuk bersih tersedia di sana bisa diambil di ruangan Ande-Ande Lumut Spa yang ada di lantai yang sama. Juga nampak ada Panjalu Fitness di ruang sebelahnya. Dan ada tempat duduk yang nyaman di sekitar kolam untuk penunggu seperti saya yang enggak bisa berenang kwkwkw..


Fasilitas Lain di Grand Surya Hotel Kediri

Oh, ya, sejatinya dulu saya sudah pernah mengunjungi hotel ini di tahun 2018 untuk menghadiri acara reuni SMA di Gong Wang Fu Chinese Restaurant,

Nah, selain ballroom yang berkapasitas sampai 400 tamu, ada juga Executive Meeting Room dan Tegowangi Room sebagai ruang pertemuan. 

Sementara untuk restoran, ada Kertajaya Bar Lounge yang berada satu lantai dengan lobby, di mana saya melihat beberapa tamu bule di sini. Nah, tempat ini berdekatan dengan Wine Shop dengan sebuah piano klasik di depannya. Saya kurang tahu apakah ada live music di sini setiap waktu tertentu...Maap, lupa nanya 

Kemudian, tempat sarapan tadi adalah Dhaha Coffe Shop. Juga, ada Gong Wang Fu Chinese Restaurant dan Healthy Juice Bar.

Tak hanya itu tersedia juga sewa sepeda bagi tamu yang ingin keliling kota dengan sepeda, menikmati kota yang menjadi lokasi kerajaan Kediri, sebuah kerajaan Hindu pada abad ke-11 itu.

Review Grand Surya Hotel Kediri

Review Grand Surya

Sambal Tumpang

Jamu

Grand Surya Kediri

Dhaha Coffe Shop

Penginapan di Kediri

Kolam Renang di Kediri

Ande-ande Lumut Spa

Panjalu Fitness


Jadi, Grand Surya Hotel Kediri ....


recommended buat diinapi! 

Hotel yang berlokasi strategis di jantung kota Kediri dengan fasilitas lengkap dan layanan ramah yang bisa jadi pilihan penginapan saat mengunjungi kota yang merupakan kota terbesar ketiga di Jawa timur sesudah Surabaya dan Malang berdasarkan jumlah penduduknya ini.

Btw, kalau ke Kediri kemana aja sih? Bisa cek postingan saya di label Kediri ya gaess!!

Selamat menikmati kota yang terkenal dengan kuliner Tahu Takwa, Gethuk Gedang, Sego Tumpang, Soto Bok Ijo/Tamanan, Keripik Bekicot, Tahu Lontong, Pelem Podang....dan masih banyak makanan enak lainnya!!

Wah bayanginnya belum-belum sudah kangen Kediri lagi saya hahaha

Yuk, main ke Kediri, siapa tahu bisa janjian dan jalan sama-sama kita (kalau saya juga lagi pulkam ya)! 

Oh FYI, semua foto outdoor diambil saat masker dilepas, setelahnya masker dipakai kembali! Tetap tegakkan protokol kesehatan ya, teman-teman!💖


Sego Tumpang Jalan Dhoho
kuliner lesehan sego tumpang Jl Dhoho, Kediri



Happy Traveling

signature-fonts




21 comments

  1. Mbak Dian hotel Surya keren banget sih, kan saya jadi terbayang-bayang kota kediri. Sarapan pagi menunya luar biasa sambal tumpangnya itu menggoda selera banget pasti.
    Soto bok ijo ini pernah ditulis kah mbak? Aku penasaran pengen baca soalnya dulu sempat diceritain teman tentang soto bok ijo ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, belum ditulis soto bok ijo..makasih idenya, Mbak

      Delete
  2. Waduh Mbk Dian saya baru tahu nih kalau PT gudang garam punya banyak anak perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Mulai dari transportasi udara, sawit, kertas, konstruksi, media, entertainment, tempat wisata, hotel, bahkan akan segera bandara. Keren ya.
    Nanti kalau saya ke Kediri nanti, bakalan ke hotel Surya deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..lini bisnis Gudang Garam Group lengkap
      Sekarang mereka sedang membangun bandara komersial di Kediri - sudah mulai pembangunannya, setelah lama punya Surya Air, jasa penyewaan helikopter dan pesawat kecil

      Delete
  3. Keren banget hotelnya, ramah untuk disabilitas. Gedee dan bersih pula.
    Dulu ke KEdiri enggak menginap, jadi tahunya cuma SLG, ternyata ada hotel yang sekeren ini. Lain kali pengen coba staycation di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau Simpang Lima Gumul (SLG) berlokasi di Kabupaten Kediri, Mbak. Kalau hotel ini masuk wilayah Kota Kediri. Orang tua saya juga tinggal di kota Kediri

      Delete
  4. Mbak Dian, uda lama banget aku ga mampir ke Blog nya.

    Seru banget ya bisa roadtrip bersama keluarga. Sehat selalu utk keluarga ya, mbak 😊

    Terima kasih utk rekomendasi hotelnya. Semoga suatu saat punga rejeki bisa mampir ke Kediri ❤️

    ReplyDelete
  5. Hotelnya terlihat bersih dan nyaman banget ya mba,pastinya bikin tamu hotel pengen balik lagi dan lagi.
    Bikin road trip nya berkesan banget, dan pastinya bikin pikiran fress lagi tuk cari inspirasi menulis ya.

    ReplyDelete
  6. Wah suasana, kuliner dan fasilitasnya bikin betah. Kalo saya nginep, yang paling dicari pool dan gym, biar bisa olahraga sekalian.

    Hotelnya bersih ya, punya view yang cakep pula. Recommended deh pokoknya, tapi gak tau kapan bisa main ke Kediri. Di sana gak ada saudara atau teman.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata Kediri punya hotel keren juga ya. Tapi wajar lah kalau punya Gudang Garam yang duitnya unlimited.

    BTW, saya baru kalau Mbak Dian ternyata orang Kediri. Kalau pulkam saya juga selalu lewat Kediri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..dah beberapa tahun..saya telat nginepnya kwkw
      Memang mudik kemana kok lewatnya Kediri Mas?

      Delete
  8. 10 lantai? Tinggi banget ya mbak. Untuk ukuran kota kabupaten ini emang udah mewah banget. Asyik banget nginep di hotel begini apalagi ada kolam renangnya, favorit anak-anak ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kota Kediri mbak ini..Kabupaten Kediri ada sendiri...dua wilayah administrasi yang berbeda.
      Iya 10 lantai sementara yang tertinggi di Kota Kediri

      Delete
  9. Patut dicoba nih nanti kalo pas di kediri. Mewah sekali untuk mneginap disitu. Thanks ya mbak artikelnya sudah kubaca.

    ReplyDelete
  10. Waaah seru banget, di samping kolam renang anak ada mini playground gitu deket air. restorannya juga menarik mba, tradisional banget. pasti menunya enak-enak ya kalo sarapan. pagi hari sudah langsung semangat pas ngaca baca 7 Cara Cerdas Mengawali hari Anda. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Waah viewnya bagus banget mbak. mau dong staycation di sini.

    ReplyDelete
  12. Saya sudah pernah sih singgah ke kediri tapi belum pernah menginap disana, bolwh lah ya kalau suatu saat menginap di kediri bermalamnya di hotel ini

    ReplyDelete