Tentang Jasa Sedot WC

Jasa Sedot WC adalah jasa yang saya gunakan di rumah kemarin. Awalnya, bak cuci piring saya mampet. Bukan total sih, cuma airnya enggak lancar dan bahkan meluap di bagian bawah sehingga meluap kemana-mana. Banjir dapur jadinya! Hiks!

Sudah dua bulanan terjadinya. Kalau pas cucian piring banyaaak (tahulah sukanya serumah kan nabung piring/gelas/panci kotor) sehingga nyucinya sekalian, di bagian bawah sink jadi banjir air.

Bagusnya ada, jadi mikir untuk tidak menunda cuci piring. Karena kalau nyucinya sedikit-sedikit enggak bakal banjir!

Tapi ya gitu deh, banyak nabungnya daripada enggak..kwkw. 


Jasa Sedot WC Jakarta


Akhirnya lagi-lagi piring kotor meninggi, bikin saluran yang mampet meluap kembali!

Sempat beli cairan anti sumbat, mulai dari soda api untuk anti mampet sampai bentuk botolan di supermarket. Beberapa hari (sedikit) lancar, sesudahnya balik ambyar! Duh!

Ya sudah, akhirnya panggil Jasa Sedot WC saja. 

Tahu nomor kontaknya dari mana? 

Dari stiker info jasa yang ditempelkan di tiang listrik depan rumah saya. (stiker yang merusak pemandangan namun berguna saat dibutuhkan, kwkw)

Lho, saluran air mampet kok manggilnya Jasa Sedot WC?

Ya, iya, mereka melakukan job desc itu juga..

Mengurusi segala yang mampet biar lancar, bisa sedot septik tank, ngelancarin WC mampet, saluran air yang seret...Kecuali hidung mampet, mesti minum obat dan istirahat kalau ini hihi

Akhirnya saya kontak via WA akhirnya deal, mereka akan ke sini esok pagi. Saya bilang kalau enggak hanya sedot saluran saja, tapi juga  nguras septic tank/sedot WC sekalian.

Cara Mengatasi Pipa Pembuangan Air yang Mampet


Esoknya truk Jasa Sedot WC-nya datang juga. Ada dua pekerja yang satu jagain mesin penyedot dan truk, yang lain memasang pipa ke dalam rumah.

Pertama, sedot pipa pembuangan air dulu. Selang panjang dan besar dimasukkan ke bagian bawah bak cuci piring. Lalu disedot dari sana yang bikin mampet tadi. Ada gumpalan sampah, lemak dan apalah...yang sepertinya sudah membatu. 

Pantesan menghambat jalannya air sehingga enggak bisa lewat situ!!

Setelahnya dites dulu, diguyur pakai air setimba, untuk memastikan saluran di sepanjang pipa sudah lancar jaya. Alhamdulillah, sudah. Problem solved! 

Air mengalir sehingga enggak bakal lagi banjir!

Nah, tips dari Pak Antok, petugas dari Jasa Sedot WC, untuk mengatasi pipa pembuangan air mampet adalah:

  1. Didihkan air di dalam panci besar. Siramkan ke bak cuci piring. Lakukan minimal seminggu sekali (hindari cara ini untuk bak cuci berbahan plastik)
  2. Letakkan tongkat penyedot (plunger) di ujung saluran pembuangan air di tempat cuci piring. Lalu, tarik beberapa kali supaya sisa kotoran terlepas.
  3. Masukkan sekitar setengah gelas garam dapur ke dalam bak cuci piring, biarkan selama beberapa menit, lalu siram dengan air panas untuk menghilangkan sumbatan.
  4. Masukkan 1 cangkir baking soda dan 1/2 cangkir cuka. Campuran ini mampu menimbulkan reaksi asam yang membuat kotoran dan sisa makanan melunak
  5. Panggil jasa Sedot WC jika semua cara sudah dicoba tapi enggak nyata hasilnya!

Oh ya, saran agar bak cuci piring enggak mampet lagi : 

Jangan pernah membuang sampah ke dalam bak cuci piring. Bersihkan semua piring dari sampah sebelum memasukkan ke bak. Juga jangan pernah membuang minyak, ampas kopi (atau rambut jika itu wastafel), karena semuanya bisa menyumbat saluran air kita

Minyak bisa menjadi benda padat di suhu dingin, ampas kopi bisa mengendap serta menutup saluran, sedangkan rambut akan berubah menjadi jaring, yang kalau dibiarkan terlalu lama akan menghambat kotoran yang lebih besar dan pada akhirnya menutup saluran pembuangan.

Tentang Layanan Jasa Sedot WC


Selanjutnya Pak Antok dan temannya menguras septic tank saya dengan cara menyedot pakai mesin yang ada di truknya.

Ya, sekalian manggil layanan untuk melancarkan saluran bak cuci piring yang mampet, saya minta bak penampungan tinja alias septic tank dikosongkan. Mumpung jasanya sama, biar enggak bolak-balik panggil mereka, begituuu

Etapiii, sebenarnya sedot WC itu perlu enggak sih? Idealnya tiap berapa lama ya? Terus kalau enggak disedot tinja di septic tank-nya memang ngaruh enggak buat kesehatan kita?

Lalu, seberapa sering sih perlu memanggil jasa sedot WC itu? Terus limbah tinjanya yang diambil tadi dikemanakan ya? Berapa biaya jasanya di Jakarta?

Nah, berdasarkan riset Kemenkes 2018, 73,9 persen rumah tangga di Indonesia telah memiliki akses sanitasi termasuk jamban. Sedangkan sisanya masih menggunakan gaya tradisional seperti buang air di sungai atau gali lubang lalu ditimbun tanah. 

Nah, ini menjadi peluang bagi usaha Sedot WC pastinya, karena sekian banyak warga sudah menggunakan jamban yang jika dipakai terus-terusan pasti akan numpuk kotorannya.

Dan ternyata septic tank juga memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI). Idealnya, septic tank dikuras setiap 2-3 tahun sekali (tergantung juga pada berapa orang yang pakai dan luasan). 

Penuh tidak penuh, harus dikuras agar sirkulasi dalam bak tetap sehat. Bagaimana kalau tidak? Lumpur tinja yang semula encer akan tertimbun keras jadi sulit disedot

Lalu cara kerjanya bagaimana?

Pertama, Pak Antok kemarin nanya dulu dimana lokasi septic tank di rumah saaya. Nah, di dalam septic tack tersebut terdapat lubang sedot (biasanya sudah ada paralon dop 3 atau 4 inci untuk menyedot) yang harus dibuka. 

Dengan menggunakan perlengkapan yang aman, selang panjang dan berdiamater lebar, disedotnya pakai mesin itu tinja. Butuh keahlian pasti agar tidak terpercik nantinya

Enggak pakai lama, kelar deh kerjanya. Selang digulung lagi diletakkan kembali di badan truk Sedot WC.

Oh ya, tinja ini akan dibuang di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) milik Pemprov DKI. Jadi enggak bisa asal buang. Pengusaha Jasa Sedot WC juga dikenai retribusi oleh pemerintah. saat membuang limbah.

Sedot WC Jakarta
Foto: Melisa Mailoa (detik.com)



Saya lansir dari detik.com, di Jakarta IPLT dikelola oleh PD PAL Jaya, perusahaan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hingga kini Jakarta baru memiliki dua IPLT yaitu IPLT Duri Kosambi di Jakarta Barat dan IPLT Pulo Gebang di Jakarta Timur. Kapasitas pengolahan limbah tinja di dua IPLT ini masih jauh sekali dari cukup untuk melayani megapolitan sebesar dan sepadat Jakarta.

Dalam pengolahan limbah domestik itu, IPLT Duri Kosambi menggunakan metode konvensional serta mekanik. Metode konvensional memakan waktu 27 hari, sementara metode mekanik hanya butuh 7 hari. Air hasil olahan limbah tinja dibuang kembali ke aliran sungai setelah memenuhi standar baku mutu. Sementara padatan lumpur tinja diubah menjadi pupuk, briket dan sumber energi biogas yang lebih bermanfaat. Pengembangan olahan limbah tinja ini masih dalam tahap riset dan uji coba.

Setiap hari, IPLT Duri Kosambi rata-rata menerima 150 truk tinja. Kebanyakan berasal dari penyedia jasa layanan penyedotan tinja swasta mitra PD PAL Jaya. Mereka dikenai pungutan sebesar Rp 27 ribu per satu meter kubik tinja. Sayangnya, jumlah limbah tinja yang diterima IPLT Duri Kosambi masih jauh dari harapan. Apalagi jika dibandingkan dengan kapasitas kemampuan pengelolaan limbah tinjanya.

Dengan kapasitas pengolahan 1800 meter kubik per hari, harusnya bisa melayani sampai 300 truk tinja. Tapi kalau dihitung dari jumlah penduduk dan jumlah truk tinja yang masuk cuma 150 truk. Pertanyaannya truk tinja yang lain buang kemana? Diam-diam dibuang di sungai? Duh, semoga saja enggak lagi ya...

Nah, lalu setelah dibuang di IPLT tinja ini disaring, difilter beberapa kali baru bisa masuk ke bahu sungai, dalam kondisi sehat dan aman buat lingkungan. Atau diresapkan ke tanah itu kalau sudah melewati proses penyaringan, jadi aman!

Berapa biaya untuk jasa ini? Rp 400.000,- per jasa. Jadi saya kemarin kena Rp 800.000,- untuk keduanya. Sekitar satu jam pengerjaan kelar!

Mahal ya?

Enggak lah...Jasa Sedot WC ini butuk peralatan, keahlian dan perijinan. Jadi saya kira sepadan. Demi kesehatan dan juga anggap ini biaya pemeliharaan rumah yang sifatnya berkala. Toh, kita enggak bisa ngerjain sendiri kan, ya?

Nah, itulah pengalaman saya memanggil Jasa Sedot WC untuk mengatasi saluran cuci piring saya yang mampet sekalian kuras septic tank di rumah? Oh ya, mohon maaf ya, saya enggak cantumkan fotonya, kuatir teman-teman baca artikel ini saat sedang makan...

Oh ya, kalau teman-teman sudah pernah belum coba jasa yang sama? 💖


Salam Sehat

signature-fonts

8 comments

  1. Tahun lalu apa ya, kami manggil sedot WC karena pas dicek septik tank udah jadi tanah. Sampai harus digelontor air sebak, supaya bisa disedot. Haha...
    Kalau zink pernah mampet juga, tapi engga tahu bahwa bisa manggil sedot WC lho. Manggil tukang dan dibongkar salurannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar ga bongkar semua pipa termasuk yang di bawah tanah, jadi disedot pakai selang SEdot WC,,,selesai

      Delete
  2. Selama ini belum pernah pake. Dulu waktu masih tinggal di rumah ortu, beliau pernah panggil jasa kuras wc, memang langsung lancar dan tidak menimbulkan bau lagi.

    Kalau masalah bak cuci piring mampet, saya udah beberapa kali mbak, tapi biasanya trus ganti pralonnya. Makasih tipsnya untuk melancarkan bak cuci biar gak mampet. Ini penting untuk Emak2, karena dapur adalah tempat ternyaman bagi selain kamar kalau bagi saya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi air ga bisa ngalir ke pembuangan akhir, akhirnya mbalik
      Bukan yang di bawah sink persis mampetnya..kalau itu sih mudah ya

      Delete
  3. belum pernah manggil jasa sedot WC nih..semoga nggak usah ya. Dulu pernah macet bak cuci piring, sama kayak mbak Ulfa manggil tukang n ganti pralon. penyebabnya sisa makanan n ada tulang yg nyangkut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah panggil tukang juga, Mbak
      Yang mampet saluran ke got di bawah lantai rumah..tapi enggak tahu sebelah mana, enggak mungkin bongkar semua

      Delete
  4. Waduh, saya termasuk yang suka buang bekas minyak goreng dan sisa ampas kopi di wastafel, Mbak. Ternyata bisa bikin mampet juga ya. Makasih sudah diingatkan Mbak Dian. Mulai besok gak buang sisa minyak dan ampas kopi di wastafel, deh!

    ReplyDelete