Tips Memakai Hijab yang Nyaman untuk Aneka Kegiatan

Tips memakai hijab yang nyaman untuk aneka kegiatan apa saja ya? Hijab atau scarf menjadi salah satu fashion item yang penting bagi hijabers. Apalagi kini begitu banyak pilihan yang membuat kita bisa bebas berekspresi dengan aneka scarf untuk dipakai sehari-hari. Namun, ternyata memilih hijab alias kerudung yang nyaman dan sesuai kebutuhan itu gampang-gampang susah lho. Karena seringkali designnya tuh cantik, tapi bahan enggak nyaman. Modelnya unik, tapi pasaran. Atau tampilannya unyu tapi susah diatur karena terlalu lentur...hiks!

Padahal scarf merupakan salah satu item yang multifungsi. Enggak hanya bisa digunakan sebagai hijab saja, tapi juga sebagai bandana serta dipakai di leher sebagai syal atau pelindung dari dinginnya cuaca. Nah, pemilihan scarf yang tidak tepat berisiko membuat kepala atau leher menjadi gatal, karena bahannya yang panas dapat membuat keringat berkutat hingga bikin aroma tak sedap. 

Tak itu saja, kesalahan pemilihan bahan scarf yang mudah pudar membuat kita enggak bisa lebih lama memakainya, lantaran cepat kusam warnanya. Karena itu, perlu beberapa pertimbangan dalam pemilihan bahan agar scarf bisa dipakai dengan nyaman.


Tips Memakai Hijab yang Nyaman

Lima Bahan Kain yang Cocok untuk Scarf


Nah, scarf yang biasa disebut juga hijab square atau hijab segi empat ini memang banyak digemari oleh kaum hijabers dari berbagai kalangan. Pasalnya, selain karena model hijab ini mudah dikenakan, kesannya juga simpel dan elegan. Juga, cocok digunakan oleh kaum hawa dengan aneka bentuk wajah mereka: oval, bulat, persegi, hati..... Ya, sifat hijab ini mudah dibentuk sesuai selera pemakainya.

Sementara, bahan yang direkomendasikan untuk dipakai dalam pembuatan scarf diantaranya:

Voal: voal adalah jenis bahan scarf yang nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan. Bahannya ringan, lembut dan enggak transparan. Meski voal juga memiliki kekurangan karena kurang lentur sehingga enggak mudah diatur. Tapi ini akan menguntungkan karena membuat hijab jadi tegak dan tidak mudah berantakan.

Cornskin: material yang bertekstur mirip kulit jagung dan bersifat tidak mudah kusut sehingga praktis digunakan. Tapi, sayangnya bahan ini enggak menyerap keringat, membuat panas saat kenakan.

Polycotton: merupakan bahan campuran polyester dan cotton. Tampilan bahan lebih jatuh daripada voal. Teksturnya halus dan enggak panas saat dipakai. Namun tampilan enggak bisa tegak karena materialnya yang lembut.

Diamond Crepe: bertekstur pasir serupa kulit jeruk dengan sifat lentur dan enggak kaku sehingga mudah dibentuk. Hanya saja cepat berantakan setelah beberapa lama dikenakan.

Double Hycon: bahan adem, tekstur lembut dan tampilan jatuh saat dipakai. Jenisnya mirip dengan bahan paris tetapi serat kainnya lebih rapat. Nyaman digunakan meski untuk mendapatkan tampilan tegak masih kurang.


Tips Memilih Hijab


Tips Berhijab yang Nyaman untuk Aneka Kegiatan


Dalam memilih scarf, kenyamanan adalah hal penting agar pemakainya dapat menjalani aktivitas dengan lancar. Terlebih saat harinya panas, bisa terasa gerah jika kita enggak pintar-pintar menyiasati. Maka scarf yang nyaman dikenakan di segala cuaca itu wajib hukumnya.

Nah, berikut tips memakai hijab yang nyaman untuk aneka kegiatan, diantaranya:


1. Sesuaikan dengan Aktivitasnya
Untuk kegiatan di luar ruangan yang cenderung membutuhkan banyak gerak dan bikin keringatan, pakailah model scarf yang simple dan berbahan nyaman. Sementara jika mau kondangan, boleh saja pakai bahan satin yang licin karena tampilannya lebih mewah dengan warna yang stand out.


2. Gunakan Ciput (inner/dalaman)
Jika scarf berbahan transparan yang biasanya lebih ‘menerawang’ pemakaian ciput penting agar rambut enggak nampak dari luar dan enggak berantakan. Pilihlah model ciput yang sederhana seperti bandana. Hindari memakai ciput ninja terlebih jika durasi pakai hijabnya lama karena dapat membuat kepala kurang nyaman dan cepat keringatan.


3. Pastikan Rambut Kering Sebelum Berhijab
Memakai hijab dalam keadaan rambut basah akan terasa enggak nyaman, bikin rambut lepek hingga pusing kepala. Maka pastikan rambut kering sebelum memakainya.


4. Ikat Rambut dengan Rapi
Membiarkan rambut panjangmu tergerai tak terikat saat berhijab akan membuat kepala terasa panas dan gerah. Rambut jadi berantakan dan mudah keluar-keluar. Hingga bikin enggak nyaman ketika menjalankan kegiatan.


5. Jaga Kebersihan Hijab
Ganti kerudungmu saat dirasa perlu. Cuci bersih, jemur, dan pastikan kering dengan sempurna. Hindari memakai hijab yang basah atau lembap, karena bisa menimbulkan bau tak sedap. Setrika dengan rapi, jika perlu semprotkan pelicin dan pewangi kain untuk menambahkan kesegarannya.


6. Jaga Kebersihan Rambut
Meski berhijab, bukan berarti enggak peduli dengan kebersihan rambut ya, Genks! Merawat rambut tetap penting demi kesehatan kulit kepala kita. Jadi, pastikan untuk rajin keramas dan merawatnya supaya rambut dan kulit kepala sehat, ya.


7. Bahan yang Nyaman
Pilihlah bahan kerudung yang nyaman dikenakan. Bahan yang dengan memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga kulit kepala tidak cepat lembab dan pemakainya tidak merasa gerah. Hindari material yang berat dan tebal untuk kenyamanan pemakaian hijab di keseharian.

Giok Scarf

Giok Scarf, Pilihan Scarf yang Nyaman dan Kekinian


Well, terkait scarf yang nyaman dikenakan, saya coba pakai Giok Scarf yang ternyata istimewa, karena:

  • Memiliki material Voal Ultra Fine yang nyaman digunakan
  • Ukuran 110 cm x 110 cm pas untuk aneka aktivitas
  • Tepi laser voal premium yang eksklusif, rapi dan trendi
  • Design enggak pasaran karena dibuat sendiri secara khusus 
  • Bahan halus, adem, tegak dan mudah diatur
  • Design elegan bisa dipakai untuk sehari-hari maupun acara resmi
  • Kemasan unik dan cantik, cocok buat kado yang tersayang maupun diri sendiri

Seriusan deh, Giok Scarf beneran bisa jadi pilihan buat tampilan kerudung yang cantik, nyaman dan kekinian. Pas untuk aneka kegiatan di keseharian. 

Penasaran?? 

Cus kepoin langsung akun Instagram @giok_scarf aja atau WA 081321786666 ya, ada banyak pilihan di sana!💖

Tips Hijab Nyaman



Be Beauty, Be You!

signature-fonts

9 comments

  1. aku tadi sudah lihat di Instagram mba Dian manis pakai hijab dari Giok Scarf. Emang bahan menjadi pertimbangan dalam memilih jilbab yang tepat karena kita pakainya khan juga lama hehe :) Motifnya juga bagus-bagus, bener-bener kekinian :) Jadi pengen kepoin instagramnya Giok Scarf nih :)

    ReplyDelete
  2. Motif scarfnya bagus-bagus ya, jadi kepengen. Ukurannya cukup lebar lagi, jadi bisa ketutup bagian dada. Cuss ah ke ig nya

    ReplyDelete
  3. Pilih-pilih scarf tuh engga ada habisnya. Pengeeen aja yg baru, kalau ada yg lucu motifnya. Aku ya milih yg adem dan engga licin sih. Yg licin suka bikin budeg...hihi...
    Bagus nih Giok terbuat dari voal...

    ReplyDelete
  4. materialnya cucok banget nih...Voal ultra fine memang nyaman beuud. Mudah dipakai dan nggak gampang rusak. Biasa pakai merk A, tapi kayaknya motifnya Giok cantik2 ya...cuzz kepo IGnya

    ReplyDelete
  5. yuni adalah salah satu cewek yang juga menyukai kerudung motif. Dan emang sih, hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahan kerudung. Pinginnya yang mudah dibentuk, adem dan motifnya bagus. Banyak banget maunya ya. Hehehehe

    ReplyDelete
  6. Saya suka bahan voal tapi nggak nolak juga kalau dikasih bahan diamond, tapi bukan yang crepe. Tergantung ke butuhan sih, kalau sehari-hari enakna yang voal. Btw, untuk Giok Scarf ini motifnya unik juga ya. Gak terlalu ramai tapi tapi keliatan ceria. Cus ah, kepoin IGnya.

    ReplyDelete
  7. Aku selalu suka liat temen-temen yang berhijab dan tetep trendy mba. Rasanya seger gitu. Apalagi kalo pas ketemu mereka yang pinter memadupadankan warna dan bentuk hijab dengan bajunya. Wah makin suka liatinnya heheh.
    Tadi aku sempet luat IG-nya mba Dian hijabnya asli kece.. kusuka liat motifnya. Giok scarf rekomended ya mba ....

    ReplyDelete
  8. Dalam pemilihan hijab, saya lebih senang dengan bahannya yang adem dan mudah untuk dibentuk. Selanjutnya baru memilih motifnya. Lihat model dan motif Giok Scarf kayaknya mudah untuk dibentuk ya, Mbak. Cocok untuk segala suasana

    ReplyDelete