5 Tips Memilih Tempat Belanja Online Terpercaya

Masa pandemi yang belum berakhir sejak satu tahun terakhir dan semakin berkembangnya zaman seperti saat ini membuat banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja di tempat belanja online. Belanja secara online dinilai memiliki kemudahan daripada berbelanja secara langsung. Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan masyarakat stay at home, membuat peminat online shop semakin membludak.

Online shopping dinilai lebih efisien dari segi waktu dan harganya yang lebih murah. Selain itu, berbelanja online juga lebih memudahkan masyarakat karena tidak perlu jauh-jauh datang ke tokonya langsung. Karena kemudahannya inilah marketplace semakin menjamur di Indonesia. Maka dari itu untuk menghindari kerugian saat berbelanja, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja tips dalam memilih tempat belanja online terpercaya. Apa saja? Yuk simak infonya berikut ini yaa..!!


Ladara id
source: freepik.com

Tips Memilih Tempat Belanja Online yang Terpercaya 


Semakin banyaknya tempat belanja online termurah yang tersebar di internet, harus membuat kita lebih berhati-hati lagi. Karena bisa saja kita tertipu dengan tempat belanja online yang palsu sehingga bukannya dapat belanjaan yang diincar tapi bisa mendapat kerugian yang tidak sedikit jumlahnya. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kia harus tahu apa saja tips dalam memilih toko online yang aman dan juga terpercaya.


1. Cek Secara Detail Informasi Toko Online Tersebut

Langkah pertama yang wajib kita ketahui dalam memilih tempat belanja online adalah dengan mecari secara detail informasi tentang toko tersebut. Hal ini harus kita lakukan agar bisa memastikan dan menimbang apakah toko online tersebut aman dan terpercaya atau tidak. Jika toko online tersebut memang asli maka mereka akan mencantumkan informasi selengkap mungkin, beda halnya jika toko tersebut palsu alias abal-abal.


2. Cek Review Pengguna Sebelumnya

Setelah mengetahui informasi toko secara detail, kita juga harus cari tahu review atau testimoni toko dari pengguna sebelumnya. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa ulasan tersebut asli dari pembeli. Jika dirasa review tempat belanja online tersebut bagus dan mendapat rating yang diatas standar maka kita bisa menimbang untuk berbelanja di sana.


3. Lakukan Riset Harga

Jangan lupa juga untuk melakukan riset harga dari produk yang akan kita beli. Pastikan apakah harga produk di toko online tersebut sama dengan harga pasaran atau tidak. Jika dirasa terlalu mahal, maka kita bisa memilih tempat belanja online lainnya yang lebih murah.


4. Perhatikan Gambar produk dengan Detail

Visual gambar menjadi daya tarik yang sangat penting. Karena daya tariknya inilah yang membuat banyak tempat belanja online yang memasang gambar produk dengan gambar yang palsu. Nah inilah saatnya kita untuk mengetahui apakah gambar tersebut real pictures atau tidak.


5. Pilih Sistem Pembayaran yang Paling Aman

Tips yang terakhir ini juga tidak boleh dilupakan, setelah yakin akan menggunakan tempat belanja online tersebut kita juga harus memilih sistem pembayaran yang dirasa aman. Cara pembayaran yang paling aman adalah COD atau Cash on Delivery. Di mana kita akan membayar saat barang sudah sampai.


Nah itulah beberapa tips dalam memilih tempat belanja online yang aman dan terpercaya. Dengan mengetahui apa saja tips dalam memilih toko online, diharapkan kita semua tidak lagi tertipu. Semoga membantu!💖


Happy Shopping

signature-fonts

2 comments

  1. Memang hrs hati2 banget milih market place. Apalagi marketplace yg isinya banyak vendor.

    Tapi aku skr ini udh jrg ganti2 seller mba. Kayak soal baju, aku udh percaya Ama Zalora. Itu aja yg pas Ama bdn ku :p.

    Kalo utk kebutuhan rumah tangga bulanan, aku slalu beli di happyfresh dan pilih rokoknya tip top.

    Kalo utk vitamin2, masker sekali pakai, aku biasa beli di tokped, tapi Ama seller yg biasa aku beli barangnya, jd udh aku save gitu.

    Cm gadget aja yg aku msh ga sreg kalo online. Itu kyknya hrs DTG lgs :D.

    ReplyDelete