Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Memilih cemilan yang baik untuk tumbuh kembang anak memang enggak gampang. Banyak orang tua mengaku kesulitan membedakan cemilan yang baik atau tidak di pasaran, sehingga kadang anak ngemilnya jadi sembarangan. Enggak usah jauh-jauh, saya nih contohnya, karena bingung memilih jadi sering asal kasih cemilan tanpa memerhatikan kandungan gizinya. Mungkin bukan cuma saya, tapi banyak orang tua di luar sana, yang hanya fokus dan mengindahkan gizi anak pada asupan makanan pokoknya saja. Padahal cemilan tak kalah penting dari konsumsi makanan utama. 


Paddle Pop Cemilan Baik Untukmu


Ya, di sela makanan pokok, anak memang membutuhkan cemilan untuk melengkapi kebutuhan gizi harian. Maka, penting kiranya memerhatikan kandungan cemilan agar kadarnya sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini yang membuat anak-anak memiliki lebih banyak waktu di rumah sehingga konsumsi cemilan makin menjadi-jadi.

Well, sejatinya sih konsumsi ideal anak per hari adalah tiga kali makan utama dan diselingi cemilan minimal dua kali diantaranya. Hanya saja, di saat pandemi yang membuat anak lebih sering ngemil ini, orang tua perlu lebih cerdas memilih, lantaran banyak juga cemilan dengan kandungan yang kurang ideal. Khawatirnya, bukannya dapat manfaat, cemilan malah berdampak tidak sehat! Hiks!

Nah, mengingat pentingnya manfaat cemilan untuk tumbuh kembang anak, maka pemilihannya pun enggak boleh asal-asalan. Orang tua bisa menerapkan beberapa kriteria yang dapat menjadi panduan dalam memilih cemilan yang tidak hanya disukai oleh anak tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Penting kiranya peduli akan hal ini, apalagi berdasarkan studi, hampir semua anak Indonesia (97,7 persen) mengonsumsi lebih banyak cemilan dan minuman kemasan dibandingkan sayuran dan buah-buahan. Duh!

Kriteria Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


Adalah Dokter Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak yang mengingatkan jika pemilihan cemilan menjadi hal sangat penting untuk diperhatikan orang tua. 
“Yang utama kandungan kalori, gula, lemak jenuh dan garam tidak berlebih. Tak hanya itu, sebaiknya cemilan juga mengandung vitamin dan mineral,” kata Dokter Attila dalam webinar “Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak" bersama Paddle Pop yang saya ikuti bareng teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger pada hari Jumat, 22 Januari 2021 lalu.

Tips Memilih Cemilan Anak
host webinar: Kemal Mochtar

Dokter Atilla kemudian memaparkan jika berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebaiknya anak atau dewasa membatasi gula tidak lebih dari 50 gram, lemak tidak lebih dari 10 persen dan kalori tidak lebih dari 20 persen konsumsi harian. Dijelaskan juga jumlah ideal kalori untuk asupan cemilan anak-anak sehari-hari adalah 330 kkal yang dibagi menjadi 2 kali konsumsi. Tak itu saja, sebaiknya juga menghindari garam, perisa tinggi dan pegurih yang bisa membuat anak adiktif. Pasalnya, jika anak ingin terus yang gurih-gurih akan jadi lebih pemilih. 

Yes, menumbuhkan kebiasaan smart snacking itu penting. Karena kebiasaan memilih dan memberikan cemilan baik bagi anak dapat menumbuhkan kebiasaan gaya hidup sehat sejak dini. Di mana studi yang dipublikasikan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity tahun 2017 menunjukkan bahwa orang tua yang sejak dini memberikan contoh positif dalam memilih makanan dan cemilan sehat, pada akhirnya akan mewariskan kebiasaan baik pada anak yang terbiasa mengonsumsi makanan dan cemilan sehat pula. 

Sedangkan, jika anak dibebaskan mengonsumsi cemilan kapan saja, maka akan memicu kebiasaan ngemil yang buruk, yang dapat berujung pada kelebihan nutrisi atau nutrisi yang tidak seimbang. Selain itu jika jeda waktu antara snacking dengan waktu makan terlalu dekat, anak juga menjadi kurang berselera untuk mengonsumsi makanan berat.

Syukurnya sejak pandemi hadir, kesadaran terhadap gaya hidup yang lebih sehat pun semakin meningkat. Kepedulian akan asupan makanan termasuk cemilan jadi membaik. Mengingat saat ini, pemilihan cemilan sebagai konsumsi yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak sehari-hari pun kian krusial. Sebab, salah memilih cemilan bisa berakibat menurunnya kekebalan tubuh anak. Sehingga kita enggak boleh lagi sembarangan memilihnya.


Es Krim Paddle Pop
narasumber webinar "Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk tumbuh Kembang Anak"

Lalu, kriteria cemilan yang baik untuk anak itu seperti apa?

1. Pilih cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak. Berdasarkan rekomendasi dari WHO, dalam satu hari sebaiknya anak-anak dan orang dewasa membatasi konsumsi gula agar tidak lebih dari 50 gram dan lemak jenuh tidak lebih dari 10% total energi (misalkan, sekitar 18g untuk anak usia 7-9 tahun). Selain itu, cemilan untuk anak juga disarankan mengandung tidak lebih dari 20% kebutuhan energi harian atau sekitar 330 kalori untuk anak usia 7-9 tahun. 

2. Mengandung kebaikan susu karena susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak dan mempunyai kandungan kalori dan kalsium yang dapat menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. 

3. Mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan yang mudah dicerna anak. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan balita dan anak usia sekolah untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi buah per hari. Karena buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang anak. 

4. Cemilan telah memiliki ijin edar dari BPOM dan tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya dan dilarang oleh BPOM, seperti asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B. 

"Nah, mengingat semua kriteria ini maka orang tua perlu lebih bijak, cermat dan waspada memilih cemilan untuk anak mereka. Apalagi selama anak-anak beraktivitas dari rumah, orang tua memiliki kesempatan lebih besar untuk memilih cemilan yang lebih baik untuk tumbuh kembang anak-anaknya,” tegas Dokter Atilla.
Es Krim Paddle Pop


Tentang Logo "Cemilan Baik Untukmu" dari Paddle Pop



Selanjutnya, terkait dengan cemilan baik untuk anak dan bertepatan dengan perayaan Hari Gizi Nasional 2021, pada kesempatan yang sama Paddle Pop memperkenalkan logo "Cemilan Baik Untukmu". Ini merupakan wujud komitmen dalam menerapkan standar cemilan yang baik sesuai kebutuhan gizi  seimbang anak serta mengedukasi orang tua dan para caretaker tentang pentingnya memilih cemilan yang baik.

Di mana pada acara, Ibu Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director of Unilever Indonesia mengatakan jika Univeler akan terus berkomitmen membantu sekaligus mendukung pola makan anak Indonesia yang lebih baik dan aman. Salah satunya melalui merek es krim Paddle Pop, Unilever bertekad memberikan produk yang baik dan dibuat secara bertanggung jawab untuk anak.

“Kami telah berada di Indonesia selama 87 tahun dan menyediakan makanan yang mendukung pola makan sehat. Pada kategori es krim, semua dirancang khusus dengan gizi tinggi susu dan buah, dengan izin edar BPOM dan sertifikat halal MUI,” jelas Bu Hernie.

Well, Paddle Pop sebagai pionir es krim untuk anak yang telah ada dari generasi ke generasi selama 28 tahun di Indonesia, sangat mengerti tanggung jawab yang diemban para orang tua dan caretaker, yang menginginkan hanya yang terbaik untuk anak. Karenanya, Paddle Pop membawa standar cemilan es krim yang lebih baik dengan mengutamakan rasa yang enak dan kandungan nutrisi yang tepat. 

Nah, melalui kampanye #CemilanBaikUntukmu ini, semua es krim Paddle Pop dirancang khusus dengan standar nutrisi tinggi yang membatasi kalori (≤110 kilokalori), gula (≤12 gram) dan lemak jenuh (≤3 gram), serta terbuat dari susu dan buah, untuk meningkatkan asupan nutrisi. 

"Sehingga kalau misalnya kita ngomongin Angka Kecukupan Gizi (AKG), sehari cemilan bisa sampai 330 kkal. Setiap produk Paddle Pop tidak lebih dari 110 kkal. Jadi, secara matematis, sampai tiga kali makan Paddle Pop pun masih tidak apa-apa,” ungkap Ibu Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia pada kesempatan yang sama.
Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak
Oh ya, dipaparkan juga oleh Ibu Memoria, standar komposisi dalam produk Paddle Pop juga mengacu pada standar internasional dari WHO, Kementerian Kesehatan RI, serta mendapatkan persetujuan dari BPOM. Sehingga orang tua dan para caretaker bisa lebih tenang dalam memilih cemilan terbaik untuk anak-anak. Enggak hanya itu, es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI. 

Lalu, dijelaskan lebih jauh oleh Ibu Memoria bahwa Paddle Pop berkomitmen untuk menjadi mitra orang tua dan para caretaker di Indonesia dalam memberikan cemilan baik untuk anak. Dengan cara: Paddle Pop turut mengedukasi dan berkomunikasi langsung dengan orang tua melalui kanal digital, karena percaya bahwa orang tua dan para caretaker merupakan pembuat keputusan utama dalam menentukan cemilan baik untuk anak. 

Karenanya untuk memudahkan semua, produk Paddle Pop yang beredar di pasaran akan dilengkapi dengan logo Cemilan Baik Untukmu. Dengan memperkenalkan logo Cemilan Baik Untukmu ini, para orang tua akan lebih terbantu dan terfasilitasi untuk memudahkan mereka memilih cemilan mana yang baik untuk anaknya. Oh ya, logo akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop. 

Well, komitmen ini merupakan bagian dari brand purpose #PaddlePopMainYuk yang telah diluncurkan sejak bulan November 2020. Di mana Paddle Pop menyadari betul bahwa tumbuh kembang anak Indonesia yang optimal harus didukung dengan kreativitas dan keceriaan bermain, dan disempurnakan dengan pemilihan cemilan yang baik. Karena dengan cemilan yang mendukung pemenuhan gizi seimbang anak, anak mampu beraktivitas dan bermain dengan baik. Oleh karena itu, Paddle Pop mengajak semua orang tua bersama-sama menciptakan momen bermain dan ngemil yang seru dan menyenangkan bagi anak-anak.

Cemilan Baik Untukmu


Etapiiii, Bukankah Es Krim Menyebabkan Batuk? Kok Termasuk Cemilan Baik?


Tidak dipungkiri, sebagian besar orang tua merasa khawatir untuk memberikan es krim sebagai menu cemilan kepada anak. Ketakutan tersebut, biasanya didasari oleh kecemasan takut anak menjadi flu dan batuk. Apalagi seperti saya yang punya anak dua-duanya pengidap asma. Mereka mulai menunjukkan gejala batpil saja sudah puyeng kepala, hiks!

Hm...., jadi es krim bikin batuk itu mitos atau fakta?

Nah, mengenai hal ini, Dokter Attila menyebutkan, jika memang anak dalam kondisi sehat dan tidak memiliki alergi, pilihan menu es krim sebagai camilan di antara jadwal tiga kali makanan pokok yang utama itu sah-sah saja. Jika anak mengalami batuk setelah makan es krim, itu beda cerita. Bisa saja hal ini terjadi karena kondisi tubuh memang sedang menurun.

Meski Dokter Attila juga mengingatkan, ketahanan tubuh anak yang rentan terhadap penyakit patut diperhatikan. Misalnya ketika anak berpenyakit amandel sebaiknya tidak minum es krim karena bisa memicu pembengkakan.

"Sebenarnya jika anaknya dalam kondisi sehat enggak masalah. Namun jika anak memiliki alergi tertentu maka harus diperhatikan. Jadi es krim aman dikonsumsi ketika daya tahan tubuh anak bagus," terang Dokter Attila lagi.

Nah....cukup jelas, kan? Asal anak sedang sehat ngasih cemilan es krim gapapa

Apalagi kalau es krimnya Paddle Pop, selain enak juga cemilan baik untuk anak, pasalnya:

  • Semua es krim Paddle Pop dibuat khusus untuk anak dengan standar nutrisi tinggi yang membatasi kandungan tidak lebih dari 110 kkal, 12 gram gula dan 3 gram lemak jenuh, serta terbuat dari susu dan buah, untuk meningkatkan asupan nutrisi anak. 
  • Standar komposisi dalam produk Paddle Pop telah mengikuti standar internasional dari WHO dan Kementerian Kesehatan RI. Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI sehingga orang tua dan para caretaker bisa lebih tenang dalam memilih cemilan terbaik untuk anak-anak. 
  • Es krim Paddle Pop sebagai cemilan yang baik juga telah mendapatkan nomor izin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI. 

Apalagi enggak cuma jadi cemilan yang baik untuk anak, Paddle Pop juga mendukung anak tetap aktif bergerak meski di rumah saja agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Seperti aktivitas di hampers Paddle Pop limited edition yang saya punya. Ada permainan ular tangga, susun kata, isi TTS serta tarik garis dan warnai. Juga, magnet kulkas aktivitas 'Ngemil Apa Hari Ini?'  yang dilengkapi Treat-O-Meter untuk tebak-tebakan berapa jumlah kalori cemilan. Wah, happy!


Cemilan Baik Untukmu Paddle Pop

Cemilan Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Padlle Pop Cemilan Baik


Tips Pilih Cemilan Sehat untuk Anak Ala Sophie Navita


Next, narasumber lain di webinar, Sophie Navita, presenter sekaligus ibu dari dua anak, juga ikut menegaskan pentingnya menanamkan kebiasaan smart snacking kepada anak sejak dini.

Sophie percaya bahwa tugas utama dari orangtua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak. Karenanya Sophie berupaya memberikan alasan setiap kali melarang atau memperbolehkan anak dalam memilih cemilan, dengan harapan kebiasaan ini akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya.

Bagi Sophie, mengatur makan anak bukan hanya tentang pola makanan pokok yang utama. Tetapi juga mengatur cemilan pendamping di antara jam makan tersebut. Disebutkan pengaturan pemberian cemilan kepada kedua dua orang putranya, Rangga dan Radya di rumah jadi tantangan setiap hari untuk dirinya.

“Tantangan sih tiap hari ya, pertama buatku sendiri adalah tantangan bagaimana supaya tetap konsisten. Kita sebagai orang tua kasih contoh, harus melatih anak kenapa enggak boleh jajan ini, terus kenapa enggak baik,” kata Sophie.

Selain konsistensi, menurut Sophie memberikan contoh langsung kepada anak memang sangat diperlukan. Tantangan selanjutnya, sebagai orang tua Sophie merasa harus punya level ketelitian tinggi saat memilih aneka cemilan yang tersedia di pasaran. Pasalnya di pasaran banyak banget jenis cemilan, sehingga sebagai orang tua harus cermat memilihnya.

Lebih lanjut, istri musisi Pongki Barata ini juga mengatakan, sebagai orangtua dirinya tidak boleh malas mempelajari dan seksama memeriksa label gizi jajanan anak. Karena orangtua lah yang bertanggungjawab memperkenalkan makanan penuh rasa kepada anak. Maka, sejak awal dia berusaha untuk memberi pengertian kepada anak apa saja dampak bila terlalu banyak mengonsumsi cemilan yang tidak baik bila disantap berlebihan.

"Saya percaya bahwa tugas utama dari orangtua bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi anak kita," tegas Sophie lagi.


Wah....beneran webinar "Pentingnya Memilih Cemilan Baik untuk tumbuh Kembang Anak" ini memberi banyak insight baru bagi saya. Saya jadi makin paham mengapa kepedulian orang tua akan pemilihan cemilan baik untuk anak-anak itu penting adanya. Bikin saya enggak mau sembarangan lagi pilih cemilannya. Juga, enggak ragu lagi nyetok es krim Paddle Pop sebagai #CemilanBaikUntukmu di rumah sebagai teman menciptakan momen bermain dan ngemil yang seru dan menyenangkan bersama anak-anak saya.

Bagaimana dengan teman-teman?

Yuk berikan teladan terkait asupan cemilan baik pada anak-anak kita, lakukan pembiasaan sejak dini perihal cemilan baik ini, sehingga akan tertanam dalam diri mereka hingga dewasa, dan diwariskan juga ke anak-cucu generasi berikutnya!

Selalu sehat dan tetap semangat yaaa!💖


Es Krim Paddle Pop

With Love

signature-fonts

83 comments

  1. udah lama banget nggak nyemil paddle pop, terakhir kali mungkin waktu SD
    kadang sekarang ini aku nggak memperhatikan baik enggaknya cemilan yang dibeli. otomatis cuek sama kandungan bahan dan mungkin proses pembuatannya entah itu higienis atau enggak, biasanya untuk cemilan yang non kemasan pabrik
    kayaknya sekarang kudu lebih aware lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mesti aware apalagi mau kasih ke anak ya, Mbak

      Delete
  2. Biasanya cemilannya kan kue atau roti. Tenyata ada cemilan es. Ini merk favorit sedadi kecil kalo beli es krim. Kadang bisa beli per kotak oleh orang tua. Jadi nostalagoa

    ReplyDelete
  3. Wah, Paddle Pop ini es krim favorit anak saya, Mba. Tapi biasanya saya berikan setelah dia makan nasi yang banyak. Pernah setiap hari makan es krim dan ternyata memang bikin batuk. Tadi saya baca ternyata sebaiknya dikasih jarak tiga kali makan makanan berat ya.

    ReplyDelete
  4. Saya ssebagai ibu sih selalu milih cemilan baik untuk anak, sebisanya.
    Lah anaknya lebih tertarik seringnya ke cemilan yang kurang baik.
    Sembunyi-sembunyi lagi makannya, gak bagi-bagi sama emaknya, hadeeehhhh...

    Tapi soal paddle pop, emak dan anak sepakat untuk very very doyan.
    Btw, kemasan boxnya si paddle pop yang di foto itu bagus de mba dian

    ReplyDelete
  5. Memilih ceilan buat anak dengan memperhatikan kalori, gula, lemak jenuh dan garam ... nah ini yang susah anakku tu sembunyi2 makan hiks.

    ReplyDelete
  6. nah ini lho tips memilih cemilan anak yang anti ribet karena udah ada logo Cemilan Baik Untukmu. Bisa lebih cepat belanja nih yaa kalau si anak minta jajan yaudah kasih es krim Paddle Pop

    ReplyDelete
  7. Wahh Paddle Pop cemilan es krim favorit aku sejak aku kecol ini, karena kan dulunya cuma kenal Addle Pop aja. Dulu cuma ada rasa coklat aja.
    Emang penting bgt ya memilih cemilan yg sehat dan bergizi untuk anak², krn yg ada di pasaran kandungannya suka tinggi kalori and gula.
    Jd orgtua kudu bijak ya.

    ReplyDelete
  8. asik memudahkan sekali para orangtua dalam memilih cemilan yang sehat, enak, dan baik untuk anak di rumah.. jadi pas belanja bulanan bisa cuss lebih cepet

    ReplyDelete
  9. Saya cukup surprise Mba, ternyata Walls udah lama banget hingga 87 tahun di Indonesia ini.
    Saya pun merasa berwarna masa kecil dulu selalu dibelikan es krim Walls oleh ayah di sela makan siang.
    Memang cemilan berkualitas bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak ya mba..
    Tak salah emang pilihan jatuh ke Walls. Anak saya pun sekarang, kalo minta es krim selalu dikasih. Karena emang bagus mengandung susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 87 tahun Unilever, 28 tahun Paddle Pop, Mbak

      Jadi kenangan ya es krim Walls memang

      Delete
  10. Pas masa pandemi kaya gini, enaknya emang makan camilan. Pas ada kelas sambil icip-icip juga. Milih camilan sehat itu wajib apalagi kalau itu Paddle Pop. Enak sih. Aku aja suka

    ReplyDelete
  11. Ahhh, senangnyaaa, karena WALL'S sangat concern dengan tips serta memberikan kriteria camilan baik buat anak yaa.... Ini beneran deh, makin memudahkan ortu untuk memilih cemilan yang baik buat anak.

    Makin hepiii karena didukung dengan logo baru "cemilan baik untukmu", mantab jiwaa! Terobosan dan inovasi yang keren banget! Apresiasi buat WALL'S!

    ReplyDelete
  12. udah segede ini aja aku suka nyemil paddle pop sama adekku, hhh
    memang ya ternyata sepenting itu buat memperhatikan camilan yang masuk ke tubuh anak. sejak dini banget mestinya ortu aware biar smpe gede nanti anak punya kebiasaan ngemil baik. nggak kaya aku nih, ngemilnya yg micin2 mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ortu teladan bagi anaknya, termasuk kebiasaan ngemilnya

      Delete
  13. Saya heran dengan orang tua yang melarang anaknya makan es krim dengan berbagai alasan, bisa batuk lah, flu lah, demam lah, dsb.
    Nah dengan tagline barunya Paddle Pop "Cemilan Baik Untukmu" itu jadi penegasan kalo es krim Paddle Pop adalah es krim bergizi yang sehat buat anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya juga kasi alasan seperti itu kepada anak-anakku, bukan karena takut mereka batuk,flu, dsb, melainkan saya batasi belanjanya sebagai cara untuk menghemat. Harga es krim lumayan mahal bagi saya apalagi untuk 5 orang anak, hahaha

      Delete
  14. Es krim paddle pop memang enak dan sehat. Apa lagi kalau dimakan saat anak2 mulai ganti gigi dewasa begini.

    ReplyDelete
  15. Nah, orang tua jadi semakin yakin dan percaya manfaat ngemil es krim ya. Jadi ga usah takut bapil segala hihihihi yang penting sikon tubuh fit dan ga ada alergi susu. Anak2ku sering aku beliin Paddle Pop. Apalagi tetangga ada yang jual juga di toko kelontongnya... mantap.

    ReplyDelete
  16. Ngelihat tumpukan es krim begitu auto pengen Mbak haha. Btw ikutan seneng deh karena es krim Paddle pop ini yg menjadi rangkaian dari Wals sudah ada di Indonesia sejak 28 tahun. Lama juga ternyata ya, apalagi sekarang mengeluarkan logo camilan baik untukmu yang pastinya bisa jadi pilihan camilan sehat buat anak anak tanpa gula tinggi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, logo yang makin memudahkan kita dalam memilih cemilan

      Delete
  17. Asli eh buat ngiler gambar nya.

    Tapi aku nggak bisa makan es krim sih karena memang ada penyakit tenggorokan sehingga gampang sakit. Bener itu yang dikatakan kalau kondisi lagi sakit memang baiknya nggak usah minum es krim dulu. Aku biasanya habis minum es, sakitnya bisa lama

    ReplyDelete
  18. aku suka paddle pop yang rasa coklat kacangg.. itu enakk banget mbak. dari kecil ampe sekarang favoritnya ituu..

    ReplyDelete
  19. wahh paddle pop! es krim favorit dari dulu
    anak anak emang g bisa nolak klo ada camilan es krim gini
    klo es krimnya paddle pop, g cuma enak ya mbak tapi juga sehat
    btw foto paddle pop pelangi nya bikin ngiler

    ReplyDelete
  20. Yes, jadi makin yakin deh paddle pop ini emang camilan yang baik buat anak-anak. Omongan orang bisa dibantah sekarang, soalnya aku sering tuh dapat teguran dari tetangga dan sodara, gegara sering belikan es krim buat anak-anak. Katanya nggak bagus buat kesehatan anak. Selama ini aku cuek aja, dan sekarang aku bisa punya senjata untuk membuat mereka diam

    ReplyDelete
  21. Es krim favorit anak-anak ini mah. Rasanya bikin nagih, harganya terjangkau juga..

    ReplyDelete
  22. Terkadang suka ga terlalu merhatiin cemilan anak-anak. Ternyata banyak juga yang perlu diperhatikan. Makasih banyak infonya ya mbak.

    ReplyDelete
  23. Siapa bilang es krim itu bukan cemilan baik untuk anak-anak. Walau es krim itu dingin yang terkadang bisa bikin anak pilek namun kandungan di dalamnya itu ternyata bagus loh buat anak-anak. Bukan cemilan biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak sedang sehat enggak bikin pilek , begitu kata dokter anak di atas

      Delete
  24. Yak es krim bikin batpil itu mitos deh. Apalagi klo eskrim nya mengandung susu.. malah kebalikannya, jd camilan sehat ya. Keren unilever semua produk camilan anaknya dirancang khusus dengan gizi tinggi susu dan buah 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sesuai rekomndasi WHO dan Kemenkes, bersertifikat BPOM dan Halal MUI

      Delete
  25. Cemilan itu memang banyak sekali variannya ya mba,anak-anak pastinya harus dipilihkan cemilan baik yang tepat untuk kesehatannya. Kriteria-kriteria ini bisa dijadikan referensi untuk memilih cemilan baik.

    ReplyDelete
  26. Kok pas banget yaaa. Paddlepop rainbow itu juga kesukaan anakku bangett
    Makan tiap hari jg nggapernah ada gangguan perut. Artinya emang amaan. Karena dari susu asli itu yah

    ReplyDelete
  27. Salah seorang anakku paling doyan ngemil, hingga lupa makan. Kalau sudah ngemil, maka tanpa tedeng aling-aling semua dimakan. Turunan siapa tuh?
    Yap, itu kesalahan saya dulu. Kalau lagi sibuk, maka cemilan dan segala jenis kripik sebagai alat sogokan agar mereka diam dan ganggu emaknya.
    Duh, berdosa sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bener Bunda, anak ngikut pola ngemil ortu huhuhu

      Delete
  28. thanks mba Dian untuk sharing ilmunya, ini beenran manfaat banget, meksi aku belum punya baby, tapi ini bisa aku terapkan nanti saat punya anak dan pastinya sekarang bisa aku terapin ke keponakan aku yang cemilannya sering aku belikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya , Kak..biar cemilan yang baik untuk ponakannya ya

      Delete
  29. Dengan adanya logo "Cemilan Baik Untukmu" di kemasan Paddle Pop jd makin yakin buat ngasi camilan ini ke anak2.
    Soalnya anak2ku juga suka nyemil es krim, apalagi pandemi gini, mesti yang dibuka kulkas. Jd kami mesti nyetok es krim juga hehe.

    ReplyDelete
  30. Sampe skrg aku sll jadiin es krim sbg reward kalo anak naik level. Wkkw.. Sdh harganya terjangkau, enak, sehat pula. Klo ad yg bilang bikin batuk mungkin kebiasaan zaman dulu kali ya mba. Dulu org bebikinan es macem2 kadang pake air mentah n pewarna sembarangan. Kalo paddle pop sih juara di rumah.

    ReplyDelete
  31. Bener banget Mbak, kita sebagai manusia dewasa juga membutuhkan camilan di sela makanan pokok ya. Apalagi anak-anak

    Anakku juga sering banget nyari camilan di kulkas, apa aja ditanyain. Dan aku lebih memilih menyetok camilan baik dari Paddle Pop ini

    Logo baru ini memudahkan para orang tua untuk memudahkan menemukan camilan yang baik ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar dengan adanya logo jadi mudah tahu pilihan cemilan baik

      Delete
  32. auto mupeng, cemilan enak gini, sehat pula es krimnya, susunya ngga bikin boseb, jadi ngemilpun asik aja pake paddle pop, yummm....

    ReplyDelete
  33. buat aku yang penting kandungan gizi dan bahan - bahan yang terkandung di dalamnya tidak membawa masalah untuk kesehatan anak - anak nantinya

    ReplyDelete
  34. Semua yg dirumah suka bnget sama ice cream mba dn nyetok juga es cream Paddle Pop sebagai Cemilan, selain Aman kandungan nya juga bagus buat tumbuh kembang anak2 ya

    ReplyDelete
  35. Seperti biasa sukaa baca artikel mbak dian ini... Lengkapp, jd teredukasi deh soal cemilan sehat untuk anak. Hmm smart snacking juga harus kita biasakan yaa,, agar perilaku ngemil ortu yg positif bs diturunkan ke anak jg. Btw anak² memang suka sekali Paddle Pop ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Mbak Mia. Bener perilaku ngemil ortu bisa dicontoh anak

      Delete
  36. Ngomong-ngomong soal cemilan, ini kita emang kudu hati-hati banget ya Mba Dian. Seringnya itu orang tua lupa, camilan anaknya ternyata kandungan kalori, lemak trans, gula, garamnya justru lebih tinggi walau porsinya seiprit, dibanding makanan utama anak sehari-hari. Akibatnya anak yg ngemil gak terkontrol bisa jadi obesitas deh.

    Penjelasan dr Attila Dewanti ini benar-benar bermanfaat banget buat para ibu. Paddle Pop ini saya auto nyanyi. Kalo pas kecil saya nyebutnya ini tuh es krim anak orang kaya. Hehehe. Soalnya cuma orang-orang mampu di kampung saya yang bisa sering-sering beli es krim ini era 90-an dulu. Saya suka Paddle Pop. Super, duper, yummy!

    ReplyDelete
  37. wah aku gagal fokus sama bantal paddle pop nya mbak..gimana nih, cara dapetinnya? Bantal atau guling sih ya...hehehe lucuuukk. Paddle pop kesukaan anak saya terutama saat dulu sering bikin film itu lo. Sekarang kok lama nggak ngeluarin film animasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Special edition untuk media dan blogger peserta webinar, Mbak

      Delete
  38. Saat ini gak perlu khawatir lagi yaa..
    Ibu hanya perlu perhatikan label yang bertanda "Camilan Baik Untukmu".
    Sungguh memudahkan dan bikin Ibu makin yakin saat memberikan cemilan sehat untuk anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, logo akan mempermudah pemilihan cemilan baik untuk anak

      Delete
  39. Susah juga ya memilih cemilan yang sehat, karena umumnya cemilan yang dijual itu mengandung gula yang cukup tinggi. Untungnya ada cemilan baik ini, es krim paddle pop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cemilan baik mestinya kadar kalori , gula dan lemaknya tidak melebihi rekomendasi WHO dan Kemenkes RI

      Delete
  40. Wah kesukaan saya nih mbak Dian es krim Paddle Pop dulu waktu masih bocah saya suka ga mau masuk rumah kalau mamamng penjual Paddle Pop lewat harus dibeliin dulu baru mau mauk dalam rumah..wkwkw ..abis gimana donk enak pake banget sih es krim Paddle Pop ini

    ReplyDelete
  41. Udah lama gak jajan Paddle Pop, karena anak-anak saya sudah besar mereka jarang jajan es krim, klo pun beli es krim pilihannya yang di cup sedang atau besar.

    ReplyDelete